Komparasi antara kijang innova diesel VS new panther!

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

viqi-
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Fri Feb 04, 2011 8:36

Re: Komparasi antara kijang innova diesel VS new panther!

Post by viqi- »

BADAK wrote:Oh gitu ya Sen think:
Cuman masalah nya ada di ATPM donk knapa koq memasang harga tinggi untuk mobil diesel modern.
Pengen jg sih beli Captiva Diesel kyk om esh. Tapi msh ngumpulin duit dulu :off_good:
klo mo beli captiva .... si kucing jangan di jual..... w ada mobil hibahan waktu dari kuliahan dulu phanter LS 01. meski pun udah g pake lagi... tp gw cinta tuhhhh ama tuw phanter....teknologinya yg konvensional or kuno yg bikin phanter istimewa. klo phanter udah g perlu di pertanyakan lagi masalah reability nya tp ipah diesel pernah denger kabar di tarik peredarannya dari indonesia periode 2006- 2008 akhir ( info g pasti, yg ngomong jg tukang bengkel t*y*t*) katanya bermasalah ama pump injectionnya dll.....alias g cocok ama diesel indonesia,,,, n sekarang udah beredar lagi...
klo pny duit pengen jg sihh beli ipah diesel tp tnggu model barunya ipahh aaah.... ntar lagi jg nongol
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Komparasi antara kijang innova diesel VS new panther!

Post by Turboman »

viqi- wrote:ipah diesel pernah denger kabar di tarik peredarannya dari indonesia periode 2006- 2008 akhir ( info g pasti, yg ngomong jg tukang bengkel t*y*t*) katanya bermasalah ama pump injectionnya dll.....alias g cocok ama diesel indonesia,,,, n sekarang udah beredar lagi...
Koreksi dikit, Ipah D4 D diskontinu hanya dr awal 2007 sampe medio 2007 aja.

Kalo dibilang D4 D gen 1 gak cocok ama solar Indonesia terus terang aja saya heran krn ane punya D4 D gen 1 th 2006 dgn odometer sdh hampir 100 rb Km gak pernah ada masalah sedikitpun, walau selama ini mimik-nya Biosolar 80% + solar lux 20% + additive solar

Bahkan ada hopeng oweh pernah nemuin D4 D gen.1 milik rental yg udah jalan 250 rb Km dgn perawatan standard juga fine2 aja, solar hanya isi solar biasa.

Salah 1 sebab Ipah D4 D bisa survive dgn solar Indonesia, kalo kita pakai OBD2 reader saat jalan akan tahu bahwa pressure CRD-nya nggak tinggi, jadi kalo pake normal2 aja FRP nya jarang sekali melewati 1000 Bar. (idle 275 - 280 Bar, cruising normal 550 - 600 Bar, akselerasi bejek agak dalam 960 Bar)

*Bukan pro Toyota, hanya report realita ajah*
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Komparasi antara kijang innova diesel VS new panther!

Post by esh »

Turboman wrote:
viqi- wrote:ipah diesel pernah denger kabar di tarik peredarannya dari indonesia periode 2006- 2008 akhir ( info g pasti, yg ngomong jg tukang bengkel t*y*t*) katanya bermasalah ama pump injectionnya dll.....alias g cocok ama diesel indonesia,,,, n sekarang udah beredar lagi...
Koreksi dikit, Ipah D4 D diskontinu hanya dr awal 2007 sampe medio 2007 aja.

Kalo dibilang D4 D gen 1 gak cocok ama solar Indonesia terus terang aja saya heran krn ane punya D4 D gen 1 th 2006 dgn odometer sdh hampir 100 rb Km gak pernah ada masalah sedikitpun, walau selama ini mimik-nya Biosolar 80% + solar lux 20% + additive solar

Bahkan ada hopeng oweh pernah nemuin D4 D gen.1 milik rental yg udah jalan 250 rb Km dgn perawatan standard juga fine2 aja, solar hanya isi solar biasa.

Salah 1 sebab Ipah D4 D bisa survive dgn solar Indonesia, kalo kita pakai OBD2 reader saat jalan akan tahu bahwa pressure CRD-nya nggak tinggi, jadi kalo pake normal2 aja FRP nya jarang sekali melewati 1000 Bar. (idle 275 - 280 Bar, cruising normal 550 - 600 Bar, akselerasi bejek agak dalam 960 Bar)

*Bukan pro Toyota, hanya report realita ajah*
Menurut om Turboman batas aman FRP untuk solar subsidi di kisaran berapa ya? Berarti kalau pasang piggyback otomatis FRP naik ya om? :thanks:
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Komparasi antara kijang innova diesel VS new panther!

Post by BADAK »

Dr yg saya tau, ipah diesel Gen1 lubang nozzle lebih kecil drpd Ipah D4D gen2. Makanya ipah gen1 suaranya lebih halus & mudah buntu nozzlenya kl solar yg diminum kotor. Setelah dihentikan sementara, ipah D4D gen2 muncul dgn lubang nozzle lebih besar, sehingga suara lebih kasar tapi lebih tahan thd solar kotor. CMIIW.
@viqi: tentu saja kucing garong saya gak akan dilego. kalopun pake captiva, mgkn digunakan sbg 2nd car. tp msh agak ragu ketahanan thd solar kotor di daerah.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Komparasi antara kijang innova diesel VS new panther!

Post by Turboman »

esh wrote:[
Berarti kalau pasang piggyback otomatis FRP naik ya om? :thanks:
Yes, jika setting Fuel ditambah maka FRP pasti naik.

Sebetulnya dgn FRP yg lebih tinggi pakai solar subsidi gak pa pa, asal kita campur additive yg sifatnya Fuel Conditioner / Lubricant en usahakan juga oplos dikit dgn solar Lux setiap X isi solar.
viqi-
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Fri Feb 04, 2011 8:36

Re: Komparasi antara kijang innova diesel VS new panther!

Post by viqi- »

Koreksi dikit, Ipah D4 D diskontinu hanya dr awal 2007 sampe medio 2007 aja.

Kalo dibilang D4 D gen 1 gak cocok ama solar Indonesia terus terang aja saya heran krn ane punya D4 D gen 1 th 2006 dgn odometer sdh hampir 100 rb Km gak pernah ada masalah sedikitpun, walau selama ini mimik-nya Biosolar 80% + solar lux 20% + additive solar

Bahkan ada hopeng oweh pernah nemuin D4 D gen.1 milik rental yg udah jalan 250 rb Km dgn perawatan standard juga fine2 aja, solar hanya isi solar biasa.

Salah 1 sebab Ipah D4 D bisa survive dgn solar Indonesia, kalo kita pakai OBD2 reader saat jalan akan tahu bahwa pressure CRD-nya nggak tinggi, jadi kalo pake normal2 aja FRP nya jarang sekali melewati 1000 Bar. (idle 275 - 280 Bar, cruising normal 550 - 600 Bar, akselerasi bejek agak dalam 960 Bar)

*Bukan pro Toyota, hanya report realita ajah*[/quote]

makanya ane bold tulisan tuww.... temen2 gw jg banyak pake tuw ipah diesel, pada muji smua yg make ipah.... tp sumpah om gw dapet informasi dari kepala bengkel n anggota2 nya oom :off_no:
katanya sihhhh gt,,,,, kebetulan jg gw pernah baca sekilas masalah itu pas lagi browsing ( tp g tau alamatnya lagi).....
gw jg sebenarnya lagi ngayal mo beli ipah diesel nihhh om... tp liat mainnya ajha akhir taon nihhhh... kabarnya bakal major change....sukur2 mesinnya di ganti sama hi-lux punya.....
viqi-
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Fri Feb 04, 2011 8:36

Re: Komparasi antara kijang innova diesel VS new panther!

Post by viqi- »

@viqi: tentu saja kucing garong saya gak akan dilego. kalopun pake captiva, mgkn digunakan sbg 2nd car. tp msh agak ragu ketahanan thd solar kotor di daerah.[/quote]
temen gw ada 4 orang yg pake captiva, dari cerita mereka semuanya pake diesel + aditif lainnya...kadang jg g pake...n konon sihh ga ada ngaruhhh nya. dulu pas ane minjem mobil captiva temen bawa jalan sekitar 500KM isi diesel biasa.... g ngaruh tuhhh kayaknya .....
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Komparasi antara kijang innova diesel VS new panther!

Post by VanzMatic »

BADAK wrote: @viqi: tentu saja kucing garong saya gak akan dilego. kalopun pake captiva, mgkn digunakan sbg 2nd car. tp msh agak ragu ketahanan thd solar kotor di daerah.
Jadi ragu negh oweh buat rekomen ganti Kuda Diesel babeh dengan Ipah Diesel :e-naughty:
Wong Kuda Diesel taon 2002 dari baru aja, baru skarang tuh ane rekomen kalibrasi ulang injektor ama kuras tangki solarnya,.....

Apa Ipah Diesel akan kuat selama itu juga untuk kedepannya? Hmmm...belum terbukti.....
Kuda Diesel temen ane yg taon 2000 aja masih santai bebeh nggada masalah tuh...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Komparasi antara kijang innova diesel VS new panther!

Post by Turboman »

VanzMatic wrote: Jadi ragu negh oweh buat rekomen ganti Kuda Diesel babeh dengan Ipah Diesel :e-naughty:
Wong Kuda Diesel taon 2002 dari baru aja, baru skarang tuh ane rekomen kalibrasi ulang injektor ama kuras tangki solarnya,.....

Apa Ipah Diesel akan kuat selama itu juga untuk kedepannya? Hmmm...belum terbukti.....
Kuda Diesel temen ane yg taon 2000 aja masih santai bebeh nggada masalah tuh...
Om

Ipah D4 D itu udah keluar since 2004, jadi kalo dihitung per tahun 2011 ini udah mau genap 7 tahun sejak pertama kali launching

Jadi inget pertama kali Ipah D4 D keluar, komen orang berbagai macam, inilah - itulah......heheheh

Oweh nebus si D4 D baru gress di th 2006........Kilometer demi kilometer terus bertambah en gak kerasa Odo udah mau 100 rb Km en usia mobil tsb menjelang 5 tahun.......semua berlalu dgn sgt memuaskan.

*Bukan sales Ipah D4 D*
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Komparasi antara kijang innova diesel VS new panther!

Post by BADAK »

Hah, masak sich Ipah D4D plg tua umur 2004? Dl waktu cari2 seken koq gak pernah nemu yg 2004 ya :e-think:
Kalo odo br 100rb kyknya msh termasuk kecil untuk ukuran mbl diesel.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Komparasi antara kijang innova diesel VS new panther!

Post by Hansen »

seingat ane ipah lahir di bulan September/Oktober taon 2004 dak... trus di saat itu juga D4D lahir


CMIIW kalo ane salah inget :ungg:
Image
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Komparasi antara kijang innova diesel VS new panther!

Post by BADAK »

Berart ipah D4D muncul pd tahun yg sama dgn ipah bensin ya? Tapi knapa gak pernah nemu ipah D4D 04 yah :e-think:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Komparasi antara kijang innova diesel VS new panther!

Post by maskopat »

BADAK wrote:Berart ipah D4D muncul pd tahun yg sama dgn ipah bensin ya? Tapi knapa gak pernah nemu ipah D4D 04 yah :e-think:
coba ente cari di showroom mobkas om dak.. jangan di kandang kijang... :ngacir:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Komparasi antara kijang innova diesel VS new panther!

Post by ak4ng »

maskopat wrote:
BADAK wrote:Berart ipah D4D muncul pd tahun yg sama dgn ipah bensin ya? Tapi knapa gak pernah nemu ipah D4D 04 yah :e-think:
coba ente cari di showroom mobkas om dak.. jangan di kandang kijang... :ngacir:
di kandang BADAK!!!
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Komparasi antara kijang innova diesel VS new panther!

Post by Turboman »

BADAK wrote: Kalo odo br 100rb kyknya msh termasuk kecil untuk ukuran mbl diesel.
D4 D yg dipake rental juga byk um.......odo nya udah jauh2 bgt.....mungkin per hari ini udah makin byk D4 D yg udah masuk angka 300 rb an Km.
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Komparasi antara kijang innova diesel VS new panther!

Post by BADAK »

Turboman wrote:
BADAK wrote: Kalo odo br 100rb kyknya msh termasuk kecil untuk ukuran mbl diesel.
D4 D yg dipake rental juga byk um.......odo nya udah jauh2 bgt.....mungkin per hari ini udah makin byk D4 D yg udah masuk angka 300 rb an Km.
Udah pernah ada kejadian turun mesin om?
Kalo cerita panther2 tua turun mesin gw udah sering nemuin di lapak gw. Paling biaya yg dikluarkan untuk penggantian parts "hanya" sekitar 5jt. Nah bagaimana dgn innova D4D? Berapakah estimasi biaya yg hrs dikeluarkan? Apakah bakal mencekik leher?
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Komparasi antara kijang innova diesel VS new panther!

Post by Turboman »

Kalo spare parts Isuzu sih rata2 mmg lebih murah, apalagi mesin 4JA en 4JB itu udah banyak "replika"-nya di China, ini yg membuat harga parts2 penting-nya semakin terjangkau.

sebetulnya mesin 2KD-FTV itu juga termasuk mesin yg sgt populer secara Global, harusnya sih harga komponen mesin-nya termasuk kategori wajar yah. Sebab semakin populer suatu jenis mesin maka yang membuat parts-nya juga biasanya makin banyak.

Ini kita bicara mesin-nya "thok" en bukan pompa injeksi en sistem injeksi-nya yah.

Kalo perbaikan sistem CRD di kita masih mahal krn keterbatasan parts & resources, walau utk mesin2 kalibrasi-nya sih ada yg punya spt si Untung Diesel.

Beda dgn Thailand en Korea, di sana spt nya reparasi sistem injeksi CRD udah kayak reparasi karburator aja, parts2 kecil pritilan ada semua......

Well, tinggal tunggu waktunya aja, nanti juga lama2 harga parts en service CRD akan turun juga seiring massal-nya sistem CRD.

Utk informasi :
Isuzu di Thailand sudah tidak menjual mobil dgn mesin Diesel konvensional lagi, bahkan Pick Up single cab yg paling basic-pun mesinnya udah CRD 2.5 type 4JK1-TC :mrgreen:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Komparasi antara kijang innova diesel VS new panther!

Post by VanzMatic »

Turboman wrote:[

Om

Ipah D4 D itu udah keluar since 2004, jadi kalo dihitung per tahun 2011 ini udah mau genap 7 tahun sejak pertama kali launching

Jadi inget pertama kali Ipah D4 D keluar, komen orang berbagai macam, inilah - itulah......heheheh

Oweh nebus si D4 D baru gress di th 2006........Kilometer demi kilometer terus bertambah en gak kerasa Odo udah mau 100 rb Km en usia mobil tsb menjelang 5 tahun.......semua berlalu dgn sgt memuaskan.

*Bukan sales Ipah D4 D*
Hmmmm... bukannya ipah D4D skrg 'istilahnya' nih, mesinnya lebih manja dibanding Kuda diesel?
Tempo Hari waktu Merapi 'batuk' aja tangguh bener dipakek buat anter bantuan ke para pengungsi....

ngngngng.....takut ajah, apa sebadak itu Ipah D4D?? :ungg: :ungg:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Komparasi antara kijang innova diesel VS new panther!

Post by BADAK »

Turboman wrote:Kalo spare parts Isuzu sih rata2 mmg lebih murah, apalagi mesin 4JA en 4JB itu udah banyak "replika"-nya di China, ini yg membuat harga parts2 penting-nya semakin terjangkau.

sebetulnya mesin 2KD-FTV itu juga termasuk mesin yg sgt populer secara Global, harusnya sih harga komponen mesin-nya termasuk kategori wajar yah. Sebab semakin populer suatu jenis mesin maka yang membuat parts-nya juga biasanya makin banyak.

Ini kita bicara mesin-nya "thok" en bukan pompa injeksi en sistem injeksi-nya yah.

Kalo perbaikan sistem CRD di kita masih mahal krn keterbatasan parts & resources, walau utk mesin2 kalibrasi-nya sih ada yg punya spt si Untung Diesel.

Beda dgn Thailand en Korea, di sana spt nya reparasi sistem injeksi CRD udah kayak reparasi karburator aja, parts2 kecil pritilan ada semua......

Well, tinggal tunggu waktunya aja, nanti juga lama2 harga parts en service CRD akan turun juga seiring massal-nya sistem CRD.

Utk informasi :
Isuzu di Thailand sudah tidak menjual mobil dgn mesin Diesel konvensional lagi, bahkan Pick Up single cab yg paling basic-pun mesinnya udah CRD 2.5 type 4JK1-TC :mrgreen:
Om TM, knapa IAMI gak berani memasukkan produk baru Isuzu dgn mesin common rail? Padahal toyota aja berani dgn Innova D4D & Fortuner D4D. Isuzu yg mengatakan dirinya sbg "Raja Diesel" kyk nya hrs menyerahkan mahkotanya pd Toyota dgn D4D nya :mrgreen:
Kyk nya isuzu di indo bnr2 dijadikan anak tiri neh :off_lazy:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Komparasi antara kijang innova diesel VS new panther!

Post by ak4ng »

CEO IAMI ganti jadi om BADAK aja deh,,,
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR