Review New Hyundai Santa Fe 2013

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

FMEAKD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1497
Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by FMEAKD »

intinya ?

belilah pajero sport dakar om htannis :big_weee:






........................................... :ngacir:
*sebelum ditimpuk filter solar*
Last edited by FMEAKD on Tue Dec 04, 2012 14:54, edited 1 time in total.
Izark
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 670
Joined: Thu May 17, 2012 16:30

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Izark »

maskopat wrote:emang ada mobil transmisi matik yang ada engine break kalo lagi turunan dengan posisi tuas di D?
gak ada ya :e-think:

...berarti selama ini saya aja yang reflek ngerem kali ya... :e-whistle:
mau nulis apa ya...
User avatar
mr-saga
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
Location: Lamongan - Jawa Timur

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by mr-saga »

Izark wrote:
maskopat wrote:emang ada mobil transmisi matik yang ada engine break kalo lagi turunan dengan posisi tuas di D?
gak ada ya :e-think:

...berarti selama ini saya aja yang reflek ngerem kali ya... :e-whistle:
kalo ane dulu pake CRV gen 3, utk mendapatkan engine break itu tuas perseneling ane aktifin di tombol D3.
dimana sebelumnya posisi perseneling masuk di gigi 4 atau 5 gitu..
karna setelah ane pencet tombol D3, laju mobil langsung tersentak drop(kecepatan menurun dan RPM mesin naik).
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by ZombiEE »

Izark wrote:
maskopat wrote:emang ada mobil transmisi matik yang ada engine break kalo lagi turunan dengan posisi tuas di D?
gak ada ya :e-think:

...berarti selama ini saya aja yang reflek ngerem kali ya... :e-whistle:
kalau tidak salah xtrail t31 at nya asal ngelepas throttle akan engine brake....dgn jeda tentu nya..cmiiw :thanks:
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by evolution21 »

engine brakenya t31 malah terlalu ngerem rasanya
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by ZombiEE »

evolution21 wrote:engine brakenya t31 malah terlalu ngerem rasanya
bisa dibilang demikian juga..
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by AD74YA »

iamwewe wrote: entah feeling saya doang apa nggak.. rasa2nya mobil toyota matic yg saya coba nggak ada fasilitas engine breaknya.. dulu pake yaris A/T, kalo turunan or lagi jalan lurus, angkat gas, pasti lgsg rpm turun spt di netral.. pinjem fortuner 2.7, sama nggak ada engine breaknya.. skrg innova d4d a/t, lebih parah lagi, engine break nggak ada, dan rem bawaan saya rasa nggak pakem..

mobil yg saya coba ada engine breaknya walopun matic: ANJ, crv 3rd gen, dan mazda2 skrg..
Semua mobil automatic tidak memiliki yang namanya automatic engine break seperti layaknya di manual.. Fitur engine break di mobil automatic digantikan dengan fitur yang bernama Downhill Assist Control (DAC) yang biasanya diperuntukkan untuk SUV.. DAC itu apa? DAC itu support transmisi di mobil yang nge-lock mobil di maksimal kecepatan tertentu saat downhill (biasanya 5 kpj). Kenapa SUV? Karena beban yang lebih berat dibanding tipe mobil yang lain..

Pada mobil modern yang tidak memiliki DAC, biasanya transmisinya sudah memiliki sistem fail-safe untuk menghambat pergerakan mobil dalam menuruni jalan terjal.. mungkin ini yang dirasakan oom iamwewe sebagai "engine break", tetapi sebenernya bukan - karena semakin turun kecepatan mobil tetep bertambah tanpa limit. Tapi engine break - engine break-an juga bisa dimainin dengan menggeser gigi dari D ke 2. Hal ini tidak akan berpengaruh apa-apa ke transmisi.

Lalu kemudian kenapa ada mobil yang ndelosor dan tidak? Hal itu disebabkan oleh perbedaan respon torque converter pada mobil.. pada mobil yang responnya cepet, ketika pedal gas diangkat, rpm seketika turun, biasanya dibarengi gigi turun, dan walhasil kecepatan juga akan menurun. Sebaliknya jika lambat, maka rpm akan terjaga meskipun pedal sudah dilepas hasilnya mobil akan ndelosor.

Intinya sih mirip engine break yak? hehehe...

CMIIW
Izark wrote:
Tapi begitu buka pintu, dikasih interior bertaburan plastik murah yang udah pasti bakal berbekas kalo dipegang sama jari yang keringetan, posisi pertombolan yang semuanya bikin repot driver, amat sangat minim fitur elektronis, audio seadanya, airbag cuman dikasih dua, kursi baris ketiga yang jelas banget cuman hiasan bentuk kursi dengan akses yang minta ampun ribetnya, harganya 452 jeti, mending saya tutup lagi deh pintunya trus dikembaliin ke delaer. :e-snooty:

perpindahan transmisi gak smooth,

Yah paling gak dapet panoramic roof super kasta buat pelipur lara. ACnya dual zone yang dingin banget (apa karena pas nyoba lagi musim hujan jadi kerasa dingin banget?), Peredaman kabinnya pun termasuk bagus.

Paling bikin ngakak, salesnya ngotot kalo Santape ini saingannya Parejo sama Portuner. Ditanya dasarnya apa, malah ngasi review a certain automative magazine sebelum bilang kalo gara-gara kursinya 7. Bubar blas! Belum lagi salesnya minim product knowledge. Ditanya apa jawabnya apa, malah saya (dan modjay) yang lebih ngerti itu mobil benernya kenapa. :e-doh:

btw saya mikirnya ini Santape saingannya Harrier ato CX-7. CMIIW sangat

Super duper sorry agak esmosi bikin komentarnya :ngacir:
Oya saya lupa review mengenai plastiknya di mobil ini... betul kata Izark... Plastiknya sangat cinta dengan minyak.. Dan mudah sekali berubah warna.. Odong banget.

Peredaman mobil ini bagus dari road noise, tapi wind noise termasuk besar, terasa ketika ngebut.

Adalagi yang bagus dari Santa fe, yaitu turning radius nya yang cukup kecil untuk SUV medium.. Membuatnya agile di area perkotaan. :frm_tumbright:

Mengenai sales... yah... gitulah....

Jangan pernah berharap lah sales Indonesia lebih pinter product knowledge nya dibanding anak SM... Bikin malu SM aja kalau kalah... :upss: Selama test drive semua pertanyaan yang ditanyakan akhirnya dijawab sendiri karena sales ngaco jawabnya.. :big_slap:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by AD74YA »

ZombiEE wrote:
evolution21 wrote:engine brakenya t31 malah terlalu ngerem rasanya
bisa dibilang demikian juga..
Kegunaannya mirip engine break, tetapi rasanya pabrikan tidak pernah menyebutkan kalau itu engine break..

Jadi saya nyebutnya sistem fail safe aja kali ya?

CMIIW
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by ZombiEE »

AD74YA wrote:
ZombiEE wrote:
evolution21 wrote:engine brakenya t31 malah terlalu ngerem rasanya
bisa dibilang demikian juga..
Kegunaannya mirip engine break, tetapi rasanya pabrikan tidak pernah menyebutkan kalau itu engine break..

Jadi saya nyebutnya sistem fail safe aja kali ya?

CMIIW
wah..istilah nya apa nubie kurang tau deh...
jadi kalau kita angkat throttle kecepatan akan melambat dibarengi dgn putaran mesin akan naik sedikit untuk membantu menahan laju kendaraan...since ini mobil cvt ane gak tau dia downshift atau tidak :upss: :upss: :upss:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by AD74YA »

Nah kalau itu berarti namanya DAC.. Hebat juga Xtrail bisa ada DAC ya... :off_good_job:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by ZombiEE »

AD74YA wrote:Nah kalau itu berarti namanya DAC.. Hebat juga Xtrail bisa ada DAC ya... :off_good_job:
ooowww...makasih oom joyo :cupss: :cupss: :cupss: :cupss:
MazNisHo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Fri Oct 19, 2012 3:07

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by MazNisHo »

Akhirnya ada juga review new santafe yg ane tunggu2.....nice review bro....lumayan buat nambah2 pengetahuan K-car.

Awalnya sih ane juga termasuk yg tertarik sama boil ini
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by AD74YA »

ZombiEE wrote:
AD74YA wrote:Nah kalau itu berarti namanya DAC.. Hebat juga Xtrail bisa ada DAC ya... :off_good_job:
ooowww...makasih oom joyo :cupss: :cupss: :cupss: :cupss:
ai lap yu tu :cupss:
MazNisHo wrote:Akhirnya ada juga review new santafe yg ane tunggu2.....nice review bro....lumayan buat nambah2 pengetahuan K-car.

Awalnya sih ane juga termasuk yg tertarik sama boil ini
yu tu ai lop :cupss:
:ngacir: :ngacir: :ngacir:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by andy1800 »

Turboman wrote: Kalo yg ane coba TD mobil2 K-Car yg ada di sini sih yahhh .....
MazNisHo wrote:...nice review bro....lumayan buat nambah2 pengetahuan K-car.
loh....skrg2 ini istilah K-car tu digunakan juga utk merefer ke Korean Car ya? sejak kapan ini merebak sih?
mgkinkah sejak populernya K-pop disini? trus jadinya dianalogikan?....gitu kali ya?
istilah itu hanya merebak di indo saja, atau di seluruh dunia?

soalnya yg sejak lama dipakai dlm dunia otomotip (timur) ni, K-car tu kan refers to Japanese Kei Car ?
*sdgkan di belahan amrik k-car jg refers to Chrysler K platform
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
garfield
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Fri Oct 19, 2012 9:13
Location: JAKARTA

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by garfield »

:off_good_job: Mr. AD74JA
Menjadi input bagi saya untuk meng-upgrade si santi khususnya dari sisi interior dan suspensi :off_good:
Klo pke santi ane lebih senang mematikan fitur "eco" dan menggunakan transmisi manual-nya sehingga torsi diesel bisa digunakan sesuai hasrat yang diinginkan :big_smoking: @ Om Turbo, apakah ada saran untuk menaikkan performa all new santa fe ini dari kemampuan standarnya ?
Btw masalah worth atau tidak kembali kepada masing2 buyer :big_peace: yang ane sesalkan malah kenapa HMI tidak memberikan alternatif kepada konsumen dengan hanya mengeluarkan 1 varian saja :off_no:
User avatar
boilers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1023
Joined: Wed Dec 01, 2004 10:17

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by boilers »

Nice review. :frm_salut:
Sayang yah kurang ok, padahal dari luar tampilan exteriornya ok banget nih mobil, udah kaya kelas di atas 500 juta-an.
serakahmotor
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Thu Nov 29, 2012 6:21

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by serakahmotor »

@ AD74YA, ente waktu ngetes mobilnya lewatin jalan Kosambi ga? Ane liat mobil ente lgi belok dari Kosambi ke jalan Gatot Subroto. Waktu ane liat dari jauhdari belakang, sekilas kayak Hyundai Tucson yang lampu belakangnya ditutupin kayak kaca film agar terkesan smokey. Ane waktu liat pas tail lamp-nya nyala. Kayaknya nyala tail lamp-nya lebih gelap daripada Tucson. Menurut ane, New Santa Fe hanya untuk pengguna yang jatuh cinta pada KESAN PERTAMA, liat bodynya bagus langsung beli. Penggunaan hanya sebatas setir, pedal, tuas lampu dan audio. Tapi, bagi dia yang sangat pemilih dan sangat memperhatikan detailnya dan menimbang apakah harga segitu worthed atau tidak. Siap2 kecewa.

Kalo ane punya Rp 452 juta dari rejeki nomplok, bolehlah ane beli. Tapi kalo Rp 452 jt dari nol sambil berdarah-darah berusaha bekerja keras hingga mungkin mengorbankan kesehatan misalnya. Ibarat AIR SUSU DIBALAS AIR TUBA.
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by AD74YA »

garfield wrote::off_good_job: Mr. AD74JA
Menjadi input bagi saya untuk meng-upgrade si santi khususnya dari sisi interior dan suspensi :off_good:
Klo pke santi ane lebih senang mematikan fitur "eco" dan menggunakan transmisi manual-nya sehingga torsi diesel bisa digunakan sesuai hasrat yang diinginkan :big_smoking: @ Om Turbo, apakah ada saran untuk menaikkan performa all new santa fe ini dari kemampuan standarnya ?
Btw masalah worth atau tidak kembali kepada masing2 buyer :big_peace: yang ane sesalkan malah kenapa HMI tidak memberikan alternatif kepada konsumen dengan hanya mengeluarkan 1 varian saja :off_no:
Betul... Tombol ECO di Santa Fe itu kayak dikasih gula cair waktu mesen ocha.. Useless, dan gak akan kepakai sama sekali. Malah yang ngasih keliatan kayak idiot.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by AD74YA »

boilers wrote:Nice review. :frm_salut:
Sayang yah kurang ok, padahal dari luar tampilan exteriornya ok banget nih mobil, udah kaya kelas di atas 500 juta-an.
Lebih baik coba dulu sih oom.. Siapa tau selera kita berbeda dan saya banyak salahnya.. :frm_salut:
serakahmotor wrote:@ AD74YA, ente waktu ngetes mobilnya lewatin jalan Kosambi ga? Ane liat mobil ente lgi belok dari Kosambi ke jalan Gatot Subroto. Waktu ane liat dari jauhdari belakang, sekilas kayak Hyundai Tucson yang lampu belakangnya ditutupin kayak kaca film agar terkesan smokey. Ane waktu liat pas tail lamp-nya nyala. Kayaknya nyala tail lamp-nya lebih gelap daripada Tucson. Menurut ane, New Santa Fe hanya untuk pengguna yang jatuh cinta pada KESAN PERTAMA, liat bodynya bagus langsung beli. Penggunaan hanya sebatas setir, pedal, tuas lampu dan audio. Tapi, bagi dia yang sangat pemilih dan sangat memperhatikan detailnya dan menimbang apakah harga segitu worthed atau tidak. Siap2 kecewa.

Kalo ane punya Rp 452 juta dari rejeki nomplok, bolehlah ane beli. Tapi kalo Rp 452 jt dari nol sambil berdarah-darah berusaha bekerja keras hingga mungkin mengorbankan kesehatan misalnya. Ibarat AIR SUSU DIBALAS AIR TUBA.
Saya gak lewat Gatsu, tapi yang bawa mobil ke tempat saya lewat sana..

Sudah coba kah oom? :e-think:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
serakahmotor
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Thu Nov 29, 2012 6:21

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by serakahmotor »

AD74YA wrote:
Saya gak lewat Gatsu, tapi yang bawa mobil ke tempat saya lewat sana..

Sudah coba kah oom? :e-think:
Belom sih. Tapi ane bisa analisa berdasarkan review ente, Santa Fe cocok untuk dibeli orang yang "Judge the Book by It's Cover", orang yang menilai berdasarkan kesan pertama. Seperti designer, stylish atau orang yang profesinya berdasarkan art dan visual dan ingin tampil beda (minoritas) dan sudah paham risikonya menjadi pemilik minoritas. Ane pernah liat Adji Notonegoro menggunakan New Tucson. Ane bisa liat dia milih tucson karena stylish (doang) atau mungkin ingin tampil beda. Mungkin untuk orang yg berprofesi yang menuntuk analisa berdasarkan logika, angka dan science, pasti memilih yg sudah teruji walupun sudah mayoritas (pasaran).
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by AD74YA »

tapi saya suka ngaco loh kalau review...

ada baiknya di coba dulu oom.. hehehe
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by maskopat »

AD74YA wrote:tapi saya suka ngaco loh kalau review...

ada baiknya di coba dulu oom.. hehehe
pandangan tiap orang emang akan berbeda... :cupss:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by ZombiEE »

AD74YA wrote:tapi saya suka ngaco loh kalau review...

ada baiknya di coba dulu oom.. hehehe


Ahhhh macaaaaaaaaa
User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1239
Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
Location: Surabaya

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Xous »

Sekedar sharing, biasa buka sm tanpa log in krn mikir pake inet kantor n biar cepet lsg open window topik2 baru. Nyelenehnya gitu sadar ad mod helm post topik testdrive, close lg tuh window, buka lg n log in dulu. baru baca seksama testdrive reviewnya. Haha.
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by solar_kerosen »

gak dimasukin yg manual nih , sayang juga yg worth cuma mesinnya
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun