personal review kia optima (k5) 2.0 mpi at 2011 - 110820
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 102
- Joined: Thu Jan 27, 2005 8:54
personal review kia optima (k5) 2.0 mpi at 2011 - 110820
selama 4 hari di pertengahan bulan agustus 2011, penulis berkesempatan menggunakan sebuah sedan kia optima 2.0 mpi bertransmisi otomatis rakitan tahun 2011 ( di korea selatan sering disebut juga sebagai kia k5 ), sekaligus sedikit mengamati sejumlah detail kendaraan tersebut dan merasakan impresi selama mengendarainya.
sekeliling exterior didominasi oleh warna snow white pearl, dengan sedikit kombinasi warna chrome di beberapa bagian seperti pada bagian atas pintu belakang, di sekeliling 'tiger nose' grille dan muffler tip juga berwarna chrome.
pada bagian depan unit tersebut, dilengkapi dengan projector type headlamp, foglamp dan daytime running light.
lampu sein, selain berada dalam batok headlamp, juga terdapat pada batok spion samping.
di bagian belakang, lampu pengereman dan lampu sein menggunakan tipe led, serta tambahan lampu rem bertipe led yang terpasang pada kaca bagian belakang.
pada bagian roda, unit tersebut menggunakan velg alloy berukuran 18 inchi dan ban berukuran 225/45r18-95v menggunakan ban oem merk nexen bertipe cp662.
memasuki bagian interior, warna gelap sangat mendominasi, mulai dari dashboard, door trim dan kursi penumpang, dengan sedikit tambahan warna terang di beberapa bagian seperti di sekeliling meter cluster, sekeliling tuas transmisi dan pada bahan pelapis bagian atap.
unit tersebut dilengkapi dengan panoramic sunroof, yang bisa dioperasikan dalam beberapa kombinasi bukaan.
pada kursi pengemudi dilengkapi kontrol otomatis untuk menaik-turunkan dan memaju-mundurkan posisi jok tersebut.
untuk kedua kursi depan, dilengkapi fasilitas ventilasi yang akan menyesuaikan dengan suhu lingkungan. udara sejuk atau hangat akan dihembuskan melalui di sekeliling kursi untuk menambah kenyamanan penumpang bagian depan.
kontrol suhu kabin bisa diatur dengan adanya dual zone full auto temperature control, yang bisa mengatur suhu berbeda untuk sisi kiri maupun kanan kabin.
sistem audio terintegrasi termasuk di dalamnya dilengkapi fasilitas gps dan rear camera viewer, dengan 8 speaker di sekeliling kabin.
dapur pacu unit kendaraan tersebut menggunakan mesin theta ii 2.0 mpi bertipe cvvt dohc 16 katup bervolume bersih 1998 cc, yang mampu menghasilkan tenaga 165 ps dan bertorsi 20.2 kg.m dan menggunakan transmisi otomatis 6 percepatan.
dalam hal perangkat keselamatan, unit tersebut dilengkapi 6 buah airbag, front active headrest dan diameter cakram rem yang lebih besar.
perangkat pengereman dilengkapi anti-lock braking system ( abs ) dan electronic stability control ( esc ), serta hill-start assist control ( hac ).
kesan yang penulis dapatkan selama menggunakan kendaraan tersebut, dalam hal kecepatan, penulis kurang bisa mengembangkan kecepatan karena banyaknya kamera lalulintas dan alarm gps yang seringkali aktif karena memasuki kawasan berkecepatan terbatas, sehingga sangat jarang mencapai kecepatan di atas 100 km/jam.
penulis sempat beberapa kali melintasi jalur jalan yang berkelok-kelok dengan jarak cukup jauh, hampir mirip seperti jalur kawasan puncak bogor. di jalur berkelok-kelok tersebut, tarikan mesin terasa responsif sewaktu penulis harus menaik-turunkan kecepatan di kelokan dan kendaraan terhitung stabil melintasinya.
demikian informasi hasil pengamatan pada kia optima tersebut, tambahan foto-foto dan informasi bisa dilanjut pada link di bawah ini
http://amzas.wordpress.com/2011/09/05/p ... stus-2011/
trims…
r1
http://amzas.wordpress.com/
sekeliling exterior didominasi oleh warna snow white pearl, dengan sedikit kombinasi warna chrome di beberapa bagian seperti pada bagian atas pintu belakang, di sekeliling 'tiger nose' grille dan muffler tip juga berwarna chrome.
pada bagian depan unit tersebut, dilengkapi dengan projector type headlamp, foglamp dan daytime running light.
lampu sein, selain berada dalam batok headlamp, juga terdapat pada batok spion samping.
di bagian belakang, lampu pengereman dan lampu sein menggunakan tipe led, serta tambahan lampu rem bertipe led yang terpasang pada kaca bagian belakang.
pada bagian roda, unit tersebut menggunakan velg alloy berukuran 18 inchi dan ban berukuran 225/45r18-95v menggunakan ban oem merk nexen bertipe cp662.
memasuki bagian interior, warna gelap sangat mendominasi, mulai dari dashboard, door trim dan kursi penumpang, dengan sedikit tambahan warna terang di beberapa bagian seperti di sekeliling meter cluster, sekeliling tuas transmisi dan pada bahan pelapis bagian atap.
unit tersebut dilengkapi dengan panoramic sunroof, yang bisa dioperasikan dalam beberapa kombinasi bukaan.
pada kursi pengemudi dilengkapi kontrol otomatis untuk menaik-turunkan dan memaju-mundurkan posisi jok tersebut.
untuk kedua kursi depan, dilengkapi fasilitas ventilasi yang akan menyesuaikan dengan suhu lingkungan. udara sejuk atau hangat akan dihembuskan melalui di sekeliling kursi untuk menambah kenyamanan penumpang bagian depan.
kontrol suhu kabin bisa diatur dengan adanya dual zone full auto temperature control, yang bisa mengatur suhu berbeda untuk sisi kiri maupun kanan kabin.
sistem audio terintegrasi termasuk di dalamnya dilengkapi fasilitas gps dan rear camera viewer, dengan 8 speaker di sekeliling kabin.
dapur pacu unit kendaraan tersebut menggunakan mesin theta ii 2.0 mpi bertipe cvvt dohc 16 katup bervolume bersih 1998 cc, yang mampu menghasilkan tenaga 165 ps dan bertorsi 20.2 kg.m dan menggunakan transmisi otomatis 6 percepatan.
dalam hal perangkat keselamatan, unit tersebut dilengkapi 6 buah airbag, front active headrest dan diameter cakram rem yang lebih besar.
perangkat pengereman dilengkapi anti-lock braking system ( abs ) dan electronic stability control ( esc ), serta hill-start assist control ( hac ).
kesan yang penulis dapatkan selama menggunakan kendaraan tersebut, dalam hal kecepatan, penulis kurang bisa mengembangkan kecepatan karena banyaknya kamera lalulintas dan alarm gps yang seringkali aktif karena memasuki kawasan berkecepatan terbatas, sehingga sangat jarang mencapai kecepatan di atas 100 km/jam.
penulis sempat beberapa kali melintasi jalur jalan yang berkelok-kelok dengan jarak cukup jauh, hampir mirip seperti jalur kawasan puncak bogor. di jalur berkelok-kelok tersebut, tarikan mesin terasa responsif sewaktu penulis harus menaik-turunkan kecepatan di kelokan dan kendaraan terhitung stabil melintasinya.
demikian informasi hasil pengamatan pada kia optima tersebut, tambahan foto-foto dan informasi bisa dilanjut pada link di bawah ini
http://amzas.wordpress.com/2011/09/05/p ... stus-2011/
trims…
r1
http://amzas.wordpress.com/
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1217
- Joined: Fri May 20, 2011 1:06
Re: personal review kia optima (k5) 2.0 mpi at 2011 - 110820
Mesinnya sama dg sportage ya om?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3050
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: personal review kia optima (k5) 2.0 mpi at 2011 - 110820
ini mau dimasukin atau cuma coba aja om
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 102
- Joined: Thu Jan 27, 2005 8:54
Re: personal review kia optima (k5) 2.0 mpi at 2011 - 110820
menurut info yang saya dapat, mesinnya sama pak spt di all new sportage, sama-sama theta ii 2.0 l ( 1998 cc ), dipakai juga di beberapa tipe lain merk kia dan hyundai ( spt sonata ).vote42ner wrote:Mesinnya sama dg sportage ya om?
sekedar mengamati kendaraan yang beberapa waktu kebetulan dipinjamkan ke saya pak, belum dengar ada info bakal masuk ke indonesia atau tidak.solar_kerosen wrote:ini mau dimasukin atau cuma coba aja om
trims...
r1
http://amzas.wordpress.com/
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: personal review kia optima (k5) 2.0 mpi at 2011 - 110820
btw om arwan... ni dr ngara mn???
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1490
- Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16
Re: personal review kia optima (k5) 2.0 mpi at 2011 - 110820
Exteriornya keren uy, namun sayang interiornya kurang bisa ngimbangin,, ini desain karya si Peter Schreyer kan,,
Kyknya klo punya ini mobil, utk dibangun interiornya oke juga, dr mulai audio, jok, etc..
Kyknya klo punya ini mobil, utk dibangun interiornya oke juga, dr mulai audio, jok, etc..
Etme Bulma Dünyası
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3050
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: personal review kia optima (k5) 2.0 mpi at 2011 - 110820
sepertinya ini bukan design pribadi peter schyer secara lihat potongannya masih ada unsur unsur asia seperti ada sudut sudut tajam pada body dan lampu . hal ini mungkin variasi untuk perbedaan dibandingkan dengan mobil dari eropa maupun amerika yg cenderung bulat
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: personal review kia optima (k5) 2.0 mpi at 2011 - 110820
bener juga...interiornya memang rapi dan presisi...tp kesan WAH nya kurang greget,,,grandscenic wrote:Exteriornya keren uy, namun sayang interiornya kurang bisa ngimbangin,, ini desain karya si Peter Schreyer kan,,
Kyknya klo punya ini mobil, utk dibangun interiornya oke juga, dr mulai audio, jok, etc..
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 102
- Joined: Thu Jan 27, 2005 8:54
Re: personal review kia optima (k5) 2.0 mpi at 2011 - 110820
mobil tsb untuk pasaran domestik di korea selatan pak...ak4ng wrote:btw om arwan... ni dr ngara mn???
trims...
r1
http://amzas.wordpress.com
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1217
- Joined: Fri May 20, 2011 1:06
Re: personal review kia optima (k5) 2.0 mpi at 2011 - 110820
Om amzas, mengenai mesin theta ii, bagaimana review di negeri asalnya sana..banyak pujian apa banyak keluhan..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5884
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: personal review kia optima (k5) 2.0 mpi at 2011 - 110820
di tengah speedometer kok ditaruhnya info kons bbm
padahal kan ini paling dipantaunya sesekali aja
lebih penting mantau gigi transmisi, misalnya
padahal kan ini paling dipantaunya sesekali aja
lebih penting mantau gigi transmisi, misalnya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: personal review kia optima (k5) 2.0 mpi at 2011 - 110820
pesen untuk pak arwan...
kalo ada kesempatan...tulung direview juga Kia Sorento II....(mudah2an berkenan)
kalo ada kesempatan...tulung direview juga Kia Sorento II....(mudah2an berkenan)
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 102
- Joined: Thu Jan 27, 2005 8:54
Re: personal review kia optima (k5) 2.0 mpi at 2011 - 110820
kebetulan saya sendiri belum nemu info atau tulisan yang menjelaskan secara detail pro and cons dari mesin theta ii tsb ya pak, sorry...vote42ner wrote:Om amzas, mengenai mesin theta ii, bagaimana review di negeri asalnya sana..banyak pujian apa banyak keluhan..
imho, mesin theta ii tsb dibagi pakai oleh banyak tipe dari hyundai dan kia ( plus mitsu juga infonya ), mestinya secara umum sudah teruji keandalannya ya, karena kalau ternyata bermasalah, bisa banyak tipe yang kena, hehehe...
satu info mengenai bagi pakai mesin theta ii misalnya sbb
http://en.wikipedia.org/wiki/Hyundai_Th ... ine_-_2.0L
ada info juga, kalau mesin theta ii tsb yang persis sama adalah blok silindernya saja, utk kepala silindernya spesifik di tiap-tiap tipe kendaraan yang menggunakan blok silinder tsb. satu info diantaranya sbb
http://forum.autoworld.com.my/index.php?showtopic=94354
kalau dari sekedar pengamatan versi pribadi, 3 model, optima, sonata dan sportage banyak banget beredar disana, bahkan sampe taxi pun pake 2 model sedan tsb, jadi saya kira secara umum oke ya.
afaik, indikator gigi transmisi tampil juga kok pak di bagian tengah agak bawah meter cluster tsb ( terlihat juga di foto... ).evolution21 wrote:di tengah speedometer kok ditaruhnya info kons bbm
padahal kan ini paling dipantaunya sesekali aja
lebih penting mantau gigi transmisi, misalnya
pada bagian tengah tsb, kita bisa mengganti informasi yang yang ditampilkan dengan menekan tombol trip yang ada di lingkar setir, mulai dari pintu yg terbuka, info kons bbm, info jarak tempuh maksimal dengan sisa bbm dll.
contoh tampilan bagian tengah lainnya sbb
bukan hanya berkenan pak, tapi mau banget, moga-moga aja kapan-kapan 'hoki' lagi 'dicolek' kia motors utk tengok-tengok tipe-tipe produksinya, hehehe...jalu wrote:pesen untuk pak arwan...
kalo ada kesempatan...tulung direview juga Kia Sorento II....(mudah2an berkenan)
kemarin sebetulnya ngeliat lumayan banyak juga sorento yang seliweran di jalan umum, malah yang masih dikerudungi cover dibawa muter-muter kompleks juga banyak ( tipe lainnya juga, di kia namyang r&d center ), tapi ya itu dia, securitynya ketat banget, sampe semua kamera dan hp disita selama berada di kia namyang, jadi ya terpaksa hanya jadi pengamatan pribadi saja, tidak bisa diambil gambarnya, hehehe...
satu info mengenai kia sorento 2012 bisa dibaca sbb
http://www.autohotest.com/6023/2012-kia ... di-engine/
demikian sekedar tambahan info saja, trims...
r1
http://amzas.wordpress.com/
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1217
- Joined: Fri May 20, 2011 1:06
Re: personal review kia optima (k5) 2.0 mpi at 2011 - 110820
Om amzas..saya baca di link yg bapak berikan tadi..di sebutkan bahwa sportage memakai theta ii single cvvt sedangkan sportage sudah dual cvvt..
Info yg selama ini saya dapat sportage juga sudah pake dual cvvt..yang bener yg mana ya pak..mohon penjelasannya..nuhun
Info yg selama ini saya dapat sportage juga sudah pake dual cvvt..yang bener yg mana ya pak..mohon penjelasannya..nuhun
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 652
- Joined: Sat May 29, 2010 2:49
Re: personal review kia optima (k5) 2.0 mpi at 2011 - 110820
wow, saya pernah ulas di thread review Nissan Teana saya bahwa, jika andaikan KIA sudah memasarkan mobil ini, pilihan saya pasti jatuhnya ke mobil ini, karena sebagian besar exterior nya itu loh. Merk mungkin memang kurang gengsi lah kalau di Indonesia, tapi siapa peduli kalau design nya sekeren itu. Tapi kalau sudah test drive, yah ga tau juga ya...
Powerfully smooth V6 but boros bensin!
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 102
- Joined: Thu Jan 27, 2005 8:54
Re: personal review kia optima (k5) 2.0 mpi at 2011 - 110820
untuk sportage, dari info berikut ini disebutkan menggunakan d-cvvt, berarti dual ccvt ya pak, cmiiw ya...vote42ner wrote:Om amzas..saya baca di link yg bapak berikan tadi..di sebutkan bahwa sportage memakai theta ii single cvvt sedangkan sportage sudah dual cvvt..
Info yg selama ini saya dapat sportage juga sudah pake dual cvvt..yang bener yg mana ya pak..mohon penjelasannya..nuhun
http://www.kiamotors.com/vehicles/sport ... ation.aspx
http://www.kia-sportage.com/
trims...
r1
http://amzas.wordpress.com/
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 102
- Joined: Thu Jan 27, 2005 8:54
Re: personal review kia optima (k5) 2.0 mpi at 2011 - 110820
saya sependapat pak, untuk modelnya, imho, lumayan keren ya... kemarin saya liat disana kayaknya juga jadi mobil sejuta umat, mulai dari taxi sampai spek yang paling tingginya, banyak seliweran dimana-mana...everester wrote:wow, saya pernah ulas di thread review Nissan Teana saya bahwa, jika andaikan KIA sudah memasarkan mobil ini, pilihan saya pasti jatuhnya ke mobil ini, karena sebagian besar exterior nya itu loh. Merk mungkin memang kurang gengsi lah kalau di Indonesia, tapi siapa peduli kalau design nya sekeren itu. Tapi kalau sudah test drive, yah ga tau juga ya...
trims...
r1
http://amzas.wordpress.com/
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 174
- Joined: Sun Oct 07, 2012 2:43
Re: personal review kia optima (k5) 2.0 mpi at 2011 - 110820
Ini baru mobil ekonomi class yang bagus! Interior & exteriornya terasa mewah ala Eropa, mesin bagus, safety bagus.