Page 1 of 1

HoNDA Genio

Posted: Tue May 19, 2009 11:16
by natal2007
Minta reviewnya dari temen temen yang punya honda genio donk...
ini info yang saya dapat
-Konsumsi irit >10km
-Cpet panas karena radiator kecil???apa benar??? yang punya genio help plzz??
-Suspensi agak keras
-Ecu nya uda harus diganti
-understeel uda rapuh terutama yang kaki belakang???

Tq . :big_peace:

Re: HoNDA Genio

Posted: Tue May 19, 2009 15:14
by roadtrain99
coba bantu ya bro...

gw pernah pk genio GL '93, terus terang gw kurang tau yg beredar di indo versi yg mana, tp mudah2an garis besar nya sama.

- fc nya lumayan irit
- seinget gw ga pernah masalah overheat. Rasanya ukuran radiator nya lumayan wajar kok. Mungkin itu over heat, ada yg selang tersumbat, bs jd evaporator nya karatan/penyok/jarang disemprot.
- utk suspensi, ini agak relatif, utk gw lumayan enak, ga tau utk org lain.
- ecu..gw ga yakin genio udah pk ecu apa blm. tp klo ga ada masalah, rasanya ga perlu ganti.
- soal rapuh, tergantung..bs di cek kali bro...

mudah2an membantu...

Re: HoNDA Genio

Posted: Tue May 19, 2009 16:40
by toratora
benar bro natal, genio tahun2 awal yg beredar di indo memang punya masalah overheat karena radiatornya kecil. Tp kalo genio yg udah facelift (taon2 terakhir) sudah tidak ada masalah ini lagi

sy inget pernah baca ini di majalah autobild dulu. Di edisi yg membahas genio di rubrik mobkas. Tp ga inget edisi kapan punya.

Klo ecu da harus ganti ya maklum deh, kan mobil udah tua banget

Re: HoNDA Genio

Posted: Wed May 20, 2009 1:52
by artoodetoo
Pengalaman teman saya juga masalah overheat.
Dia cerita sama saya kalo ke mana2 mendingan matiin AC daripada overheat.
Terlalu mahal harga yang harus dibayar :big_smoking:

Padahal dia sebenarnya mau beli Greco, tidak jadi hanya gara-gara lebih mahal beberapa juta.

Re: HoNDA Genio

Posted: Wed May 20, 2009 2:11
by GTR
genio mestinya upgrade radiator ke model facelift.
mesin alumunium, mesti ex pemakai yg disiplin pakai coolant specnya or water jacket yg terkikis air biasa, bikin mampet radiator.
belum vtec, performa tergantung periode setting klep, juga si montir.
udah 4 wheel discbrake & doublewishbone, tapi ball-joint mahal.

Re: HoNDA Genio

Posted: Wed May 20, 2009 14:35
by Diki_Oke_Deh
Inget waktu dulu pernah nyari mobil second...pilihannya genio...
Cari2 sampai 1 bulan keluar masuk showroom ..nggak ada yang cocok..
Rata2 mesinnya kasar....
Akhirnya pilih Ferio.....

Ternyata setelah cari tahu sana sini... emang untuk generasi 92-94 radiatornya kecil( hanya 1 Ply).
Generasi yg terakhir udah diupgrade 2 ply radiator.

Yg Juga hrs diperhatikan adalah karat di list2 karet khas Honda. Cari yg mulus...
Masalah kaki2 itu mah udah biasa juga utk sedan lain seusia itu... ball joint gak mahal2 amat kok.Yang mahal Kokel orisinil.

Piihan yang non-orisinil juga banyak...dan lumayan kuat...Pemakaian bisa 3 sd 4 tahunan(Pengalaman pribadi).Yg paling sering rusak adalah ball joint roda depan atas(arm)... Harga merk CHIBAN rp 275 ribu aja. Bisa pasang sendiri , cuma pake 3 baut ukuran 12.
kalo mau pilih yg Ori...jauh lebih awet.

karakter mesin SOHC kurang smooth utk rpm tinggi. Saya kok lebih cenderung Great Corolla../allnew corolla
Body ama mesin juga lebih awet.

Kalu emang ngebet pilih Genio...Lihat air radiatornya. Kalo warna coklat karatan...urungkan niat utk membeli...krn seusia itu korosi pasti terjadi di pipa saluran aluminium dan water jacket(bisa merembes ke ruang bakar). Hrs pake coolant dari baru.

Re: HoNDA Genio

Posted: Wed May 20, 2009 14:48
by mandala1
Kalo gue koq malah lebih demen liat Estilo yah, kayak-nya ga ngebosenin dipandangnya pun masih sedap dimata .... :e-dance:

Re: HoNDA Genio

Posted: Wed May 20, 2009 15:12
by Diki_Oke_Deh
natal2007 wrote:Minta reviewnya dari temen temen yang punya honda genio donk...
ini info yang saya dapat
-Konsumsi irit >10km
-Cpet panas karena radiator kecil???apa benar??? yang punya genio help plzz??
-Suspensi agak keras
-Ecu nya uda harus diganti
-understeel uda rapuh terutama yang kaki belakang???

Tq . :big_peace:
ECU UDAH HARUS GANTI??????? Gak salah tuh...
Ecu biasanya rusak karena ada Konsleting. Bisa jadi karena di kabel2 /biasa karena modiff berlebih semisal pemasangan Piggyback yg kurang rapi instalasinya.
Atau karena kerendam banjir...
Diluar itu hampir dikatakan usianya lifetime.....Gak usah diganti...(walaupun mungkin namanya buatan manusia ata keterbatasan juga) , tapi sangat jarang terjadi.
ECU adalah part yang Very Slow Moving.
Mungkin yang bisa rusak adalah sensor2 karena mesin sering dicuci/semprot ama air(makanya utk mobil efi jangan cuci mesin ama air, karena soket2 listrik biasa berkarat hijau).Tapi pengalaman memakai nggak ada masalah kok.
antara lain sensornya:MAP sensor Honda/toyota terkenal awet dibandingin ama airflow(MAF) mitsubishi atau suzuki yg sering bermasalah karena kotor.
Justru utk civic yg lebih baru ...Pernah tanya ama bengkel Honda, yang sering rusak khusus pada CIVIC(vtec) VTI th 2002 adalah Crank Position sensornya.

O yaa... kembali pd Genio ,yg sering ditemui rusak adalah CDI ( biasa juga terjadi utk produk Honda berusia belasan tahun lainnya). Letaknya di dalam distributor, menjadi satu bagian bersama Koil.
Harganya ORI sekitar 500 ribu. Nggak usah mengganti distributor utuh(mahal).Bentuknya kotak kecil seperti kiprok sepeda motor.Cirinya nggak bisa start engine.

Re: HoNDA Genio

Posted: Thu May 21, 2009 1:05
by kutching
Pengalaman ce aq yang pake genio sampe sekarang koq ngga ada problem serius ya.
Suspensi cukup nyaman koq (aq biasa naek jeep...jelas ngga bisa buat dibandingin ya).
Kalo overheat katanya si ngga pernah, tapi pernah beberapa kali aq coba bila speed ditas 100 km/jam hampir menyentuh titik merah/H. Usut punya usut biasanya dipake cuma max speed sampe 80 km/jam saja ....memang pengaruh ya?
Oh ya ini genio tahun 93 masih 1ply radiator.
Aq suruh ganti yang baru ngga mau dia ... katanya masih enak ngga pernah ngerepotin dan banyak kenangan dengan mobil ini ...OOT=mode ON

Re: HoNDA Genio

Posted: Thu May 21, 2009 4:08
by GTR
Diki_Oke_Deh wrote: Yg Juga hrs diperhatikan adalah karat di list2 karet khas Honda. Cari yg mulus...
Masalah kaki2 itu mah udah biasa juga utk sedan lain seusia itu... ball joint gak mahal2 amat kok.Yang mahal Kokel orisinil.

Piihan yang non-orisinil juga banyak...dan lumayan kuat...Pemakaian bisa 3 sd 4 tahunan(Pengalaman pribadi).Yg paling sering rusak adalah ball joint roda depan atas(arm)... Harga merk CHIBAN rp 275 ribu aja. Bisa pasang sendiri , cuma pake 3 baut ukuran 12.
kalo mau pilih yg Ori...jauh lebih awet.
maksud nya mahal juga disitu bro, ada extra cost buat "balljoint atas", secara semua mobil lain di kelasnya kan cuma ada cost "balljoint bawah". patokan harga2 parts, yg ori lebih pas kali ya.

engine mounting juga udah 5 titik kalo ga salah, yg lain 4 titik.

keunggulannya pada jaman nya yah itu, mobil ini lincah, funtodrive, berasa stabil & lengket ke jalan, karakter mesinnya juga masih "narik" di putaran atas. interior, paling lega di kelasnya.

Re: HoNDA Genio

Posted: Mon Jan 17, 2011 7:32
by tuqij4n
natal2007 wrote:Minta reviewnya dari temen temen yang punya honda genio donk...
ini info yang saya dapat
-Konsumsi irit >10km
-Cpet panas karena radiator kecil???apa benar??? yang punya genio help plzz??
-Suspensi agak keras
-Ecu nya uda harus diganti
-understeel uda rapuh terutama yang kaki belakang???

Tq . :big_peace:
Coba jawab berdasar pengalaman selama pakai Genio 95MT, sudah pake sejak th 2005 dalam kondisi standar:
- Konsumsi BBM : dalam kota (pemakaian Jakarta) sekitar 1:9 s/d 1:11, luar kota beberapa kali dibawa ke jogja mencapai 1:12 s/d 14,5. biasanya ngisi sekali full tank di Jkt, nggak ngisi lagi sampai di rumah di jogja.
- Pernah mengalami mesin panas ketika dibawa kenceng, chek dan bersihin radiator tidak membantu ini memang nyebelin. ganti radiator 2 ply.. langsung sembuh tanpa masalah
- Suspensi memang agak keras dan rendah (dibanding all new corrola 96 ), tapi lebih enak buat nikung, dan stabil buat kenceng
- nggak pernah ganti ECU, pernah ECU diperbaiki karena terendem air :mad: ... tapi gak ada masalah lagi
- Kaki2, untuk suspensi depan sekitar 2 tahun sekali ganti, trus suspensi belakan baru ganti 1x sekitar 4 bulan lalu sejak pakai selama 5 tahun.

Tambahan :
- Rem aslinya agak kurang pakem agak nyelonong dikit, saya ganti piringan cakram depan pake merek ATX? (beli 750 rebu), mak nyuss
- Karena mobil udah cukup tua, sudah banyak suara2 luar yg masuk...
- Pernah mbanding2in, saling mencoba dengan all new corolla 96 MT standar juga milik teman :
-> Corrola lebih empuk, nyaman, enak untuk stop & go di kemacetan tarikan di RPM bawah enak, tapi diatas 150km/jam agak berat nambahnya, untuk tikungan berasa lebih limbung bandingin genio.
-> Genio lebih keras bantingannya, dalam kota harus agak lebih dalem nginjak pedal gas jadi agak cape kalo dalam kota, paling enak buat kenceng jalan 170km/jam masih baru disentil dikit pedalnya sisa masih banyak, nambah kecepatan juga masih gampang... nyali aja yg kurang