Review ban mobil

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Review ban mobil

Post by BADAK »

Nice review pak anwan :e-clap: :frm_salut:
Saya mau2 aja ambil, tp posisi saya yg jauh (saya di Jatim) tentu menghalangi kerja sama dgn pak anwan.
Pak anwan, itu muatan light truck dgn ban radial bisa mencapai 15ton? Apa gak salah nih pak? Muatan standard LT kisaran 7-8 ton, 10ton udah termasuk overload. Wah gak bisa membayangkan LT dgn muatan 15ton.
Dr buyer ditempat saya, rata2 untuk perjalanan jauh ribuan kilometer (hampir non stop) menggunakan LT, dimuati beban kisaran 6-8ton. Itupun akhirnya banyak yg meledak n balik lg pakai ban standard.
Logika saya adalah, ban radial walopun jarak tempuh 2x lipat ban standard, namun ban radial memiliki resiko meledak lbh tinggi. Jadi dgn harga yg hmpr 2x lipat ban std, ban radial hrs fix berjalan 2x lipat jg, bahkan lebih. Kalau kurang dr 2x lipat, bisa dianggap pengusaha merugi krn ban radial tdk bisa divulkanisir. Bagaimana menurut bapak?
Satu lg, itu Michellin yg bisa divulkanisir yg serat kawat baja ya? Saya pernah menjual Michellin serat benang, gak bisa divulkanisir pak.
Just for share pak, merk R*adsh*ne menurut sopir2 ditempat saya pemakaian awal ckp bagus. Tapi setelah kondisi di bawah 50% kemungkinan ban meletus semakin tinggi..
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
anwan98
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 318
Joined: Sat Aug 14, 2010 2:06
Location: Bandung, Jakarta, Surabaya, Singapore, Shanghai

Re: Review ban mobil

Post by anwan98 »

BADAK wrote:Nice review pak anwan :e-clap: :frm_salut:
Saya mau2 aja ambil, tp posisi saya yg jauh (saya di Jatim) tentu menghalangi kerja sama dgn pak anwan.
Pak anwan, itu muatan light truck dgn ban radial bisa mencapai 15ton? Apa gak salah nih pak? Muatan standard LT kisaran 7-8 ton, 10ton udah termasuk overload. Wah gak bisa membayangkan LT dgn muatan 15ton.
Dr buyer ditempat saya, rata2 untuk perjalanan jauh ribuan kilometer (hampir non stop) menggunakan LT, dimuati beban kisaran 6-8ton. Itupun akhirnya banyak yg meledak n balik lg pakai ban standard.
Logika saya adalah, ban radial walopun jarak tempuh 2x lipat ban standard, namun ban radial memiliki resiko meledak lbh tinggi. Jadi dgn harga yg hmpr 2x lipat ban std, ban radial hrs fix berjalan 2x lipat jg, bahkan lebih. Kalau kurang dr 2x lipat, bisa dianggap pengusaha merugi krn ban radial tdk bisa divulkanisir. Bagaimana menurut bapak?
Satu lg, itu Michellin yg bisa divulkanisir yg serat kawat baja ya? Saya pernah menjual Michellin serat benang, gak bisa divulkanisir pak.
Just for share pak, merk R*adsh*ne menurut sopir2 ditempat saya pemakaian awal ckp bagus. Tapi setelah kondisi di bawah 50% kemungkinan ban meletus semakin tinggi..
Wah posisi di Jatim tdk masalah Pak, karena kami ada cabang di Surabaya, lokasinya di:
031-5018623, 5016675(Senin-Sabtu, 8pagi-5sore)
UD. Lautan Ban, Jalan Kertajaya No.162, Surabaya

Cabang kami yg di Surabaya byk menyuplai ke Indonesia bagian Timur & wilayah Jawa Timur.

Untuk angka2 pastinya, saya blm bisa memberikan karena hasilnya ada di bagian teknis pabrik. Nanti coba saya minta & saya konfirmasi ulang angka2nya.
Intinya kalau ban standar, dindingnya keras, jadi memang resiko meledaknya karena overweight tidak sebesar ban Radial. Ada byk kesalahan dari pihak supir/pengguna yg sengaja mengisi angin lebih tinggi lagi supaya ban tersebut lebih kuat membawa muatan yg berat. Ini salah, karena efeknya dinding ban jadi seperti senar gitar yg dikencangkan. Begitu ban melewati jalanan yg berlubang2, dinding akan main dan dengan sendirinya suatu saat dinding ban tsb akan pecah saat getarannya sdh tdk tertahankan lagi.
Intinya ya kalau bisa memang berat di seimbangkan supaya tidak terlalu overweight.
Penataan barang yg baik supaya distribusi beban merata, pengisian angin yg maksimal (dengan nitrogen) & mengecek ban & tekanan angin secara reguler akan memperpanjang umur ban (tapi kalau memang sangat berat bebannya, merk apapun pasti lama2 akan hancur juga). Tidak ada ban yg bisa tahan selamanya kalau dikasih tekanan yg lebih dari spesifikasinya.

Ban radial, secara fisik telapaknya lebih lebar dari ban standar, dengan sendirinya beban berat juga distribusinya lebih merata & oleh karena itu beban bisa lebih untuk ukuran ban yg sejenis. Tapi lebihnya itu tentunya tdk bisa sampai 50%.
Saya ambil contoh merk Continental, telapaknya byk yg memiliki fungsi istimewa, dimana batu akan sangat sulit menempel (ini jarang dimiliki oleh merk2 lainnya). Disamping itu, kalau memang batu atau kotoran ada yg menempel, telapaknya dapat membersihkan kotoran/batu2an tersebut secara otomatis saat ban dipacu.
Kalau batu yg menempel tdk dibersihkan, ban akan terluka & bisa terkena resiko pecah ban.

Kalau soal harga, saya rasa ban Truk jenis radial tdk sampai sampai 2x lipat harganya dari jenis biasa. Tentunya perbandingan harus dengan merk yg premium juga. Misalnya Ban radial Michelin & Continental dibandingkan dgn harga ban truk standar merk Bridgestone, perbandingan harganya paling cuma 30%. Kalau dibanding dgn merk Gajah Tunggal atau merk dari China ya mungkin bedanya hampir 50%.
Keawetan kalau muatan dijaga, bisa paling tidak 2x atau bahkan 3x. Katakanlah cuma 2x, jadi 200%, tapi bayar lebih mahal 30%, berani dong?

Soal merk sih, pilihannya ada Maxxis, ChengShin, Bridgestone, Continental & Michelin yg kita bisa supply (tergantung ukurannya), baik yg ban standar maupun yg radial.
Soal divulkanisir, ban radial baik yg serat baja ataupun benang sdh bisa divulkanisir. Kalau tdk bisa, mungkin sudah rusak atau perusahaan vulkanisir yg dipakai teknologinya ketinggalan. Bahkan kalau di Eropa atau Amerika, vulkanisirnya hasilnya malah ban tampak seperti ban barunya (atau aslinya), karena dindingnya juga seperti baru kembali.

Jaman sekarang penjual ban truk terutama yg radial, dianjurkan untuk memiliki partner pabrik vulkanisir yg canggih, karena kalau ban radial tdk bisa divulkanisir, jelas pembeli hanya akan membeli ban standar yg jauh lebih murah.

Kalau ban dibilang bagus, tapi kondisi 50% gampang meledak, ya itu ban jelek dong pak, hehe... Masa cuma bisa pakai 1/2nya saja, ya kalau harganya misalnya 1jt, artinya 1jt hanya buat kondisi 50%, alias harga full usagenya 2jt dong.
Anwan International
http://anwaninternational.com
[email protected]
Jual segala jenis & merk Ban luar(Radial,Light Truck,Off-Road),Baut Racing,Pentil Besi & Karet(eceran/grosir)
Jl.Radio Dalam No. F7(021-72790508, 72790517)
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Review ban mobil

Post by BADAK »

Kalo ban yg kondisi 50% beresiko tinggi meledak, itu saya dengar sendiri dr beberapa buyer ditempat kami pak. Dan bukan hny dr 1 ato 2 buyer. Maka dr itu buyer ban radial di daerah saya mental semua akhirnya, balik ke ban std. Hanya beberapa user yg tetap bertahan menggunakan ban radial Michellin.
Kalo pak anwan bisa supply ban radial dgn ketahanan setara ban std, bolehlah nanti saya contact cabang Sby. Konsumsi ban LT di daerah saya termasuk cukup tinggi walopun kota nya gak trll besar. BTW, kira2 bolehkan saya contact cabang Sby dgn menggunakan referensi pak anwan?
:thanks:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
anwan98
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 318
Joined: Sat Aug 14, 2010 2:06
Location: Bandung, Jakarta, Surabaya, Singapore, Shanghai

Re: Review ban mobil

Post by anwan98 »

BADAK wrote:Kalo ban yg kondisi 50% beresiko tinggi meledak, itu saya dengar sendiri dr beberapa buyer ditempat kami pak. Dan bukan hny dr 1 ato 2 buyer. Maka dr itu buyer ban radial di daerah saya mental semua akhirnya, balik ke ban std. Hanya beberapa user yg tetap bertahan menggunakan ban radial Michellin.
Kalo pak anwan bisa supply ban radial dgn ketahanan setara ban std, bolehlah nanti saya contact cabang Sby. Konsumsi ban LT di daerah saya termasuk cukup tinggi walopun kota nya gak trll besar. BTW, kira2 bolehkan saya contact cabang Sby dgn menggunakan referensi pak anwan?
:thanks:
Ya bisa menghubungi Pak Yohanes di sana, atau kalau bapak tdk keberatan, bisa pm nomor yg bisa dihubungi, nanti saya sampaikan. Sekarang disana sudah libur, jadi Tgl 5 September baru buka kembali.
Ban standarnya pun kami bisa coba bandingkan harganya, siapa tau kami bisa memberikan yg lebih kompetitif.
Michelin kami ada tipe Agilis, sedangkan utk merk Bridgestone ada tipe MRB, MRN & SMR. Untuk merk Maxxis ada tipe C846.
Anwan International
http://anwaninternational.com
[email protected]
Jual segala jenis & merk Ban luar(Radial,Light Truck,Off-Road),Baut Racing,Pentil Besi & Karet(eceran/grosir)
Jl.Radio Dalam No. F7(021-72790508, 72790517)
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Review ban mobil

Post by maskopat »

om badak, emang berapa tekanan angin yang dipake LT itu sampe meledak?
kalo di ban mobil penumpang, ada tekanan angin maksimum. jadi sepertinya kalo kita mengisi angin lebih dari tekanan angin maksimum, lebih gampang meledak.. cmiiw..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Review ban mobil

Post by BADAK »

@pak anwan: PM sent, pak..

@pak kopat: saya lupa om sopir2 isi tekanan angin brp. tapi saya asumsikan tek angin normal, krn mereka tentu sudah pengalaman di lapangan. Just info, ban tsb meletus krn panas yg dihasilkan perjalanan panjang (hampir non stop), ditambah menopang berat sekitar 6-8 ton.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
anwan98
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 318
Joined: Sat Aug 14, 2010 2:06
Location: Bandung, Jakarta, Surabaya, Singapore, Shanghai

Re: Review ban mobil

Post by anwan98 »

BADAK wrote:@pak anwan: PM sent, pak..

@pak kopat: saya lupa om sopir2 isi tekanan angin brp. tapi saya asumsikan tek angin normal, krn mereka tentu sudah pengalaman di lapangan. Just info, ban tsb meletus krn panas yg dihasilkan perjalanan panjang (hampir non stop), ditambah menopang berat sekitar 6-8 ton.
Thank you buat PMnya pak. Nanti akan saya suruh dari Surabaya menghubungi setelah libur lebaran.

Soal ban meledak, inilah keuntungan pakai angin nitrogen & ban radial, karena nitrogen suhunya tetap, jadi resiko meledaknya diperkecil.
Tapi yang namanya ban, dindingnya dari karet, jadi kalau beban berat, pasti dindingnya lama2 rusak atau bisa pecah. Kalau nitrogen, mau dipakai berapa lamapun itu ban, suhunya harusnya normal.

Di lapangan, sopir2 bermuatan berat pasti akan mengisi tekanan angin lebih dari normal, karena ini sudah jadi tradisi sopir di Indonesia. Memang ban jadi kuat memikul beban berat, tapi ya begitu kena jalan tdk rata, dinding ban akan bergetar seperti senar gitar yang sangat tegang, dan akan putus, alias pecah.

Tentunya dibutuhkan training yg reguler utk para sopir2 supaya rajin mengukur tekanan angin dan membersihakn telapak ban dari kotoran. Tapi biar dijaga bagaimanapun, tdk ada solusi yg bisa mengawetkan ban yg membawa beban lebih. Gajahpun akan patah tulang belakangnya...
Anwan International
http://anwaninternational.com
[email protected]
Jual segala jenis & merk Ban luar(Radial,Light Truck,Off-Road),Baut Racing,Pentil Besi & Karet(eceran/grosir)
Jl.Radio Dalam No. F7(021-72790508, 72790517)
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Review ban mobil

Post by jalu »

nescafe wrote:oya, untuk tekanan ban-nya apa memang harus 25 psi ya? apa tidak terlalu rendah?
sepengalaman kami untuk lintasan yg dominan gravel paling enak sbenernya di tekanan 20 psi...tapi riskan juga krn banyak kejadian dinding ban yg robek duluan.........tekanan 25 sudah cukup nes...karena kalo ditambah jadi 28 atau 30 udah terlalu keras...mobil bisa pontang panting, bahkan ada temen yg sampe terbalik krn mblnya susah dikendalikan... :shrug:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Review ban mobil

Post by BADAK »

Jal, kl untuk panther grand turing kira2 tekanan angin yg pas brp ya? Selama ini saya pake depan 35psi, belakang 40psi. Apa gara2 terlalu keras ini makanya koq badan sakit semua abis perjalanan jauh :upss:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Review ban mobil

Post by ak4ng »

BADAK wrote:Jal, kl untuk panther grand turing kira2 tekanan angin yg pas brp ya? Selama ini saya pake depan 35psi, belakang 40psi. Apa gara2 terlalu keras ini makanya koq badan sakit semua abis perjalanan jauh :upss:
Ente terlalu banyak bergoyang dak... Jd skt bdn.... Hihihi....
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Review ban mobil

Post by jalu »

BADAK wrote:Jal, kl untuk panther grand turing kira2 tekanan angin yg pas brp ya? Selama ini saya pake depan 35psi, belakang 40psi. Apa gara2 terlalu keras ini makanya koq badan sakit semua abis perjalanan jauh :upss:
coba aja dikurangin dak....depan 32, belakang 35....., tapi kadang2 akurasi alat ukur ini beda2 sih....selama ini yg jadi acuan saya itu di spbu shell, krn nilai yg terbaca disitu itu sama dengan alat ukur di beres....jadi ada referensinya.
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Review ban mobil

Post by NYoman »

hmm sedikit review

Latitude Tour (Terios) 215/65 R16
1. Lumayan mahal buat ban kayak
2. Daya cengkram di jalan kering sangat baik
3. Daya cengkram di jalan basah sedikit penurunan performa tapi tetap dalam hitungan baik
4. Selama 15.000 Km ini belum terlihat botak (mungkin rajin rotasi dsb)
5. Ini yg anda dapat dari harga yang agak mahal ini, yaitu sangan nyaman dan tidak bising

Dunlop ST20 215/65 R16
1. Harga ga tau dulu bawaan terios
2. Daya cengkram kurang bagus di jalan kering
3. Daya cengkram kurang bagus di jalan basah
4. 40.000km tidak begitu terlihat gundul, tapi cengkraman berkurang drastis
5. Hehe, salah satu alasan ganti ke latitude karena ya satu ini, berisik

Achilles 123 195/50 R15 (sirion)
1. Harga termasuk murah untuk ban sport (dibandingkan GIII)
2. Daya cengkram sangat baik di jalan kering (semi silk dan memang ban sirkuit)
3. Daya cengkram kurang baik di jalan basah sering terjadi aquaplaning
4. 5600km udah mulai keliatan (signifikan) karena ini ban dengan kompon "soft"
5. Tidak begitu berisik di jalan aspal, namun jalan beton akan terasa berisik dan ban langsung keliatan berkurang ketebalan nya

Potenza GIII 195/50 R15 (sirion)
1. Harga termasuk mahal (dibandingkan Achilles)
2. Daya cengkram di jalan kering cukup baik, sering terjadi understeer
3. Daya cengkram di jalan basah baik, maka itu ban ini sering di gunakan pada saat hujan di beberapa balapan
4. 8000km kompon ban sudah terlihat sedikit aus namun tidak terjadi penurunan performa
5. Nyaman di aspal tapi tidak untuk di beton

Achilles ATR Sport (sirion) 195/50 R15
1. Harga termasuk murah untuk ban dikelasnya
2. Daya cengkram di jalan kering kurang baik boleh dibilang agak licin
3. Daya cengkram di jalan basah baik, ban ini sering digunakan racer untuk kondisi wet (ban ini kebalikan dari saudara nya yaitu Achilles 123)
4. Baru 2500km belum terlihat
5. agak berisik di jalan aspal

Achilles Desert Hawk (Terios) (kurang ngerti ukuran nya soalnya kok pake kali2an gitu maklum newbie hhe)
1. Harga termasuk murah (apalagi dibanding simex dan bighorn hhe)
2. Daya cengkram di jalan kering licin (maklum MT)
3. Daya cengkram di jalan basah (belum pernah)
4. Sekitar 1000km an (lho kok sedikit? iya soalnya kalo lagi offroad baru di pake)
5. karakter nya hampir persis dengan bighorn (kembangan juga kyknya hampir sama) dibandingkan simex ban ini lebih hening

sekian dari saya :big_peace:
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
anwan98
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 318
Joined: Sat Aug 14, 2010 2:06
Location: Bandung, Jakarta, Surabaya, Singapore, Shanghai

Re: Review ban mobil

Post by anwan98 »

NYoman wrote:hmm sedikit review

Latitude Tour (Terios) 215/65 R16
1. Lumayan mahal buat ban kayak
2. Daya cengkram di jalan kering sangat baik
3. Daya cengkram di jalan basah sedikit penurunan performa tapi tetap dalam hitungan baik
4. Selama 15.000 Km ini belum terlihat botak (mungkin rajin rotasi dsb)
5. Ini yg anda dapat dari harga yang agak mahal ini, yaitu sangan nyaman dan tidak bising

Dunlop ST20 215/65 R16
1. Harga ga tau dulu bawaan terios
2. Daya cengkram kurang bagus di jalan kering
3. Daya cengkram kurang bagus di jalan basah
4. 40.000km tidak begitu terlihat gundul, tapi cengkraman berkurang drastis
5. Hehe, salah satu alasan ganti ke latitude karena ya satu ini, berisik

Achilles 123 195/50 R15 (sirion)
1. Harga termasuk murah untuk ban sport (dibandingkan GIII)
2. Daya cengkram sangat baik di jalan kering (semi silk dan memang ban sirkuit)
3. Daya cengkram kurang baik di jalan basah sering terjadi aquaplaning
4. 5600km udah mulai keliatan (signifikan) karena ini ban dengan kompon "soft"
5. Tidak begitu berisik di jalan aspal, namun jalan beton akan terasa berisik dan ban langsung keliatan berkurang ketebalan nya

Potenza GIII 195/50 R15 (sirion)
1. Harga termasuk mahal (dibandingkan Achilles)
2. Daya cengkram di jalan kering cukup baik, sering terjadi understeer
3. Daya cengkram di jalan basah baik, maka itu ban ini sering di gunakan pada saat hujan di beberapa balapan
4. 8000km kompon ban sudah terlihat sedikit aus namun tidak terjadi penurunan performa
5. Nyaman di aspal tapi tidak untuk di beton

Achilles ATR Sport (sirion) 195/50 R15
1. Harga termasuk murah untuk ban dikelasnya
2. Daya cengkram di jalan kering kurang baik boleh dibilang agak licin
3. Daya cengkram di jalan basah baik, ban ini sering digunakan racer untuk kondisi wet (ban ini kebalikan dari saudara nya yaitu Achilles 123)
4. Baru 2500km belum terlihat
5. agak berisik di jalan aspal

Achilles Desert Hawk (Terios) (kurang ngerti ukuran nya soalnya kok pake kali2an gitu maklum newbie hhe)
1. Harga termasuk murah (apalagi dibanding simex dan bighorn hhe)
2. Daya cengkram di jalan kering licin (maklum MT)
3. Daya cengkram di jalan basah (belum pernah)
4. Sekitar 1000km an (lho kok sedikit? iya soalnya kalo lagi offroad baru di pake)
5. karakter nya hampir persis dengan bighorn (kembangan juga kyknya hampir sama) dibandingkan simex ban ini lebih hening

sekian dari saya :big_peace:
Reviewnya lumayan top. Soal Michelin Latitude 215/65R16, ada yg harganya dibawah ini sedikit, tapi performanya diatas, yaitu Continental tipe 4x4Contact (http://anwaninternational.com/conti4wd4x4C.html). Waktu di review oleh majalah Auto Express di Inggris, mereka memberikan pernyataan berikut ini "Untuk pemakaian di jalan beraspal, tdk ada ban lain yg dpt mendekati Continental"
Nissan Krom Rogue edisi 2010, Mercedes GLK edisi 2010 & Land Rover LR4 HSE edisi 2011 memakai ban ini sbg ban standarnya.

Buat ban MTnya, mungkin solusinya kalau jarang off-road, bisa coba ban AT yg 50/50, bisa dipakai di jalan biasa atau buat off-road, jadi otomatis lebih tdk bising, lebih nyaman & lebih awet. Bisa cari yg telapaknya bisa membersihakn kotoran2 secara otomatis saat ban dipacu. Contohnya seperti ContiCrossContact AT (http://anwaninternational.com/conti4wdcrcAT.html).
Anwan International
http://anwaninternational.com
[email protected]
Jual segala jenis & merk Ban luar(Radial,Light Truck,Off-Road),Baut Racing,Pentil Besi & Karet(eceran/grosir)
Jl.Radio Dalam No. F7(021-72790508, 72790517)
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Review ban mobil

Post by jalu »

NEXEN....

Image

diplesetin jadi :

Image



lantas kalo Image

diplesetin jadi :











































NOKIAN....
Image

:upss: :upss: :upss:


.......................................... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
salah obat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Wed Aug 10, 2011 13:56

Re: Review ban mobil

Post by salah obat »

lalu apa ada saran buat nambal ban tubeless saya?
Mau saya tambal di tukang tambal ban langganan sayang bgt kalo harus liat ban dilubangin, trus kalo ban dibuka dari velg, velg-nya jd gripis2 pinggirnya.... :off_no:
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Review ban mobil

Post by NYoman »

anwan98 wrote:
NYoman wrote:hmm sedikit review

Latitude Tour (Terios) 215/65 R16
1. Lumayan mahal buat ban kayak
2. Daya cengkram di jalan kering sangat baik
3. Daya cengkram di jalan basah sedikit penurunan performa tapi tetap dalam hitungan baik
4. Selama 15.000 Km ini belum terlihat botak (mungkin rajin rotasi dsb)
5. Ini yg anda dapat dari harga yang agak mahal ini, yaitu sangan nyaman dan tidak bising

Dunlop ST20 215/65 R16
1. Harga ga tau dulu bawaan terios
2. Daya cengkram kurang bagus di jalan kering
3. Daya cengkram kurang bagus di jalan basah
4. 40.000km tidak begitu terlihat gundul, tapi cengkraman berkurang drastis
5. Hehe, salah satu alasan ganti ke latitude karena ya satu ini, berisik

Achilles 123 195/50 R15 (sirion)
1. Harga termasuk murah untuk ban sport (dibandingkan GIII)
2. Daya cengkram sangat baik di jalan kering (semi silk dan memang ban sirkuit)
3. Daya cengkram kurang baik di jalan basah sering terjadi aquaplaning
4. 5600km udah mulai keliatan (signifikan) karena ini ban dengan kompon "soft"
5. Tidak begitu berisik di jalan aspal, namun jalan beton akan terasa berisik dan ban langsung keliatan berkurang ketebalan nya

Potenza GIII 195/50 R15 (sirion)
1. Harga termasuk mahal (dibandingkan Achilles)
2. Daya cengkram di jalan kering cukup baik, sering terjadi understeer
3. Daya cengkram di jalan basah baik, maka itu ban ini sering di gunakan pada saat hujan di beberapa balapan
4. 8000km kompon ban sudah terlihat sedikit aus namun tidak terjadi penurunan performa
5. Nyaman di aspal tapi tidak untuk di beton

Achilles ATR Sport (sirion) 195/50 R15
1. Harga termasuk murah untuk ban dikelasnya
2. Daya cengkram di jalan kering kurang baik boleh dibilang agak licin
3. Daya cengkram di jalan basah baik, ban ini sering digunakan racer untuk kondisi wet (ban ini kebalikan dari saudara nya yaitu Achilles 123)
4. Baru 2500km belum terlihat
5. agak berisik di jalan aspal

Achilles Desert Hawk (Terios) (kurang ngerti ukuran nya soalnya kok pake kali2an gitu maklum newbie hhe)
1. Harga termasuk murah (apalagi dibanding simex dan bighorn hhe)
2. Daya cengkram di jalan kering licin (maklum MT)
3. Daya cengkram di jalan basah (belum pernah)
4. Sekitar 1000km an (lho kok sedikit? iya soalnya kalo lagi offroad baru di pake)
5. karakter nya hampir persis dengan bighorn (kembangan juga kyknya hampir sama) dibandingkan simex ban ini lebih hening

sekian dari saya :big_peace:
Reviewnya lumayan top. Soal Michelin Latitude 215/65R16, ada yg harganya dibawah ini sedikit, tapi performanya diatas, yaitu Continental tipe 4x4Contact (http://anwaninternational.com/conti4wd4x4C.html). Waktu di review oleh majalah Auto Express di Inggris, mereka memberikan pernyataan berikut ini "Untuk pemakaian di jalan beraspal, tdk ada ban lain yg dpt mendekati Continental"
Nissan Krom Rogue edisi 2010, Mercedes GLK edisi 2010 & Land Rover LR4 HSE edisi 2011 memakai ban ini sbg ban standarnya.

Buat ban MTnya, mungkin solusinya kalau jarang off-road, bisa coba ban AT yg 50/50, bisa dipakai di jalan biasa atau buat off-road, jadi otomatis lebih tdk bising, lebih nyaman & lebih awet. Bisa cari yg telapaknya bisa membersihakn kotoran2 secara otomatis saat ban dipacu. Contohnya seperti ContiCrossContact AT (http://anwaninternational.com/conti4wdcrcAT.html).
:thanks: om awan.. =)
dilihat dari tapaknya terlihat bagus continental nya, untuk ban ht saya punya jaminan dengan tapak yang seperti itu, ban akan lebih hening dijalan..tapi sayang latitude nya masih belum begitu botak hhe, sebagai acuan untuk ganti ban selanjutnya..

saya jarang offroad soalnya memang kondisi di surabaya lebih sering dijalan highway daripada setengah2, makanya begitu di bali saya langsung ganti velg + ban nya..soalnya pengalaman dengan A/T (bridgestone) cepet gundul juga ban nya..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Review ban mobil

Post by NYoman »

jalu wrote:NEXEN....

diplesetin jadi :

diplesetin jadi :
NOKIAN....
Image

:upss: :upss: :upss:


.......................................... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
hehe nokia itu kan memang dulu nya sebelum jadi hape dia adalah produsen ban untuk traktor, jadi ya memang bener kalo dia pernah punya ban tapi bukan nokian ada2 aja bang jalu ini :wkkk:
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
anwan98
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 318
Joined: Sat Aug 14, 2010 2:06
Location: Bandung, Jakarta, Surabaya, Singapore, Shanghai

Re: Review ban mobil

Post by anwan98 »

NYoman wrote:
jalu wrote:NEXEN....

diplesetin jadi :

diplesetin jadi :
NOKIAN....
Image

:upss: :upss: :upss:


.......................................... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
hehe nokia itu kan memang dulu nya sebelum jadi hape dia adalah produsen ban untuk traktor, jadi ya memang bener kalo dia pernah punya ban tapi bukan nokian ada2 aja bang jalu ini :wkkk:
Nokian sih buatan Finlandia, cukup baik kualitasnya apalagi dibanding merk2 dari Korea seperti yg diatas.
Kalau di Asia, ban ini baru ada di Singapore & di China.
Anwan International
http://anwaninternational.com
[email protected]
Jual segala jenis & merk Ban luar(Radial,Light Truck,Off-Road),Baut Racing,Pentil Besi & Karet(eceran/grosir)
Jl.Radio Dalam No. F7(021-72790508, 72790517)
User avatar
anwan98
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 318
Joined: Sat Aug 14, 2010 2:06
Location: Bandung, Jakarta, Surabaya, Singapore, Shanghai

Re: Review ban mobil

Post by anwan98 »

NYoman wrote: :thanks: om awan.. =)
dilihat dari tapaknya terlihat bagus continental nya, untuk ban ht saya punya jaminan dengan tapak yang seperti itu, ban akan lebih hening dijalan..tapi sayang latitude nya masih belum begitu botak hhe, sebagai acuan untuk ganti ban selanjutnya..

saya jarang offroad soalnya memang kondisi di surabaya lebih sering dijalan highway daripada setengah2, makanya begitu di bali saya langsung ganti velg + ban nya..soalnya pengalaman dengan A/T (bridgestone) cepet gundul juga ban nya..
Soal ban yang ATnya Continental, seharusnya lebih tahan dari ban AT merk lainnya. Di Australia, Landrover Experience Tour (salah satu tour cukup berat medannya di dunia), memilih ban ContiCrossContact AT untuk kendaraan Landrovernya. Malah 40% dari semua ban Landrover baru memakai Continental tipe ini.

Di Moroko ada tour menjelajahi padang pasir dgn menggunakan mobil Hummer, semua kendaraan yg dipakai memakai ban Continental tipe ini utk menjelajahi gurun Sahara yg cukup berat medannya. Artikelnya bisa dilihat di (http://www.hummer-desert-driving.com/welcome.htm).

Bisa juga dilihat di forum di negara India, mengenai seorang user yg sudah memakai ban ini sebanyak 30ribu km melintasi pegunungan Himalaya dengan baik (http://www.team-bhp.com/forum/tyre-allo ... -down.html).
Anwan International
http://anwaninternational.com
[email protected]
Jual segala jenis & merk Ban luar(Radial,Light Truck,Off-Road),Baut Racing,Pentil Besi & Karet(eceran/grosir)
Jl.Radio Dalam No. F7(021-72790508, 72790517)
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Review ban mobil

Post by jalu »

mau ngasi laporan lagi, Corsa 838 M/T :mky_08:

Triton jadulrail dr ban GY Xtragrip udah ganti pake Corsa 838 M/T (sayang foto2nya kehapus di hape :frm_bang_head: )
fotonya culik dr website aja dah :shrug:

Image

ukuran yg dipake adalah 265/75R16, untuk tampilan huruf merek di sidewall ada perbedaan dng foto diatas krn yg dipake triton tsb hurufnya embos tapi tanpa warna putih seperti OWL. Kesan pertama secara visual, Corsa ini rada janggal krn meski lebar telapaknya 265 tapi kalo disandingkan dng ban merek lain yg seukuran justru dia paling ramping (hampir sama lebarnya dng ban maxxis buckshot lebar 245), namun total diameternya malah lebih besar sekitar hampir 2cm dng merek lain yg seukuran....aneh :e-think:

Model telapaknya rapet2 di tengah tapi dibagian sisinya agak renggang, dan disidewallnya gak ada treadnya yg menonjol, jd lbh mirip GT savero...sejauh ini kalo dipake di lumpur gripnya masih cukup bagus meski gak sebaik savero tp lbh baik dibanding nexen, mungkin krn thread bagian sisi yg renggang itu memudahkan lumpur terlepas, namun sayangnya untuk kondisi gravel yg bercampur lumpur/tanah basah gripnya bener2 kurang, terasa licin dan arah mbl jd gampang liar. Untuk dijalan raya tentu ada noise namun gak sekeras GT savero tp msh lbh bising dibanding Nexen roadian, di kondisi aspal kering dan aspal basah/hujan gripnya masih oke.

Saya suka dng karakter sidewallnya, krn punya kelenturan yg baik. Dng tekanan 25 psi untuk di jalan gravel sudah bisa meredam hentakan yg terasa dikabin, dan dijalan aspal saat menikung ternyata gak oleng, pada umumnya ban m/t lain dng tekanan segitu di jalan aspal sidewallnya gampang plintat plintut jd distir terasa oleng, tapi Corsa ini msh bisa konsisten.

sekian dulu laporannya, thanks bagi yg sudah berkenan membaca :thanks:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review ban mobil

Post by AD74YA »

Panggilan kepada om jembey, tolong repiu dulu Michelin Latitude barunya.,,,
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Review ban mobil

Post by ZombiEE »

Aman Go....silent..handling blm bisa diberitau.masih beads in....lagian spooringan blm cocok due to steering gone bad:):)
Yang perli ane garisbawahi itu adalah silent dan lembut nya itu memang sangat baik,even geolandar hts saja tidak sebaik ini..
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review ban mobil

Post by AD74YA »

Lah kenapa pulak steering ente?...

Berarti dibanding dunlop lebi bagus lah yaa,,,

Wekekekeke
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Review ban mobil

Post by ZombiEE »

Dibanding hp680 juga jauuuhhhh....
Steering rack nya confirmed rusak go..jd sementara gini dulu dah...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review ban mobil

Post by AD74YA »

makanya kalau kimpoi di passenger seat jem...
Anda sudah TEST DRIVE belum?...