Fuel Saver.

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Steknika
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Mon Jun 30, 2008 8:10

Fuel Saver.

Post by Steknika »

Begitu Banyak Fuel Saver yg beredar akhir2 ini. mau nanya nih kalau fuel saver seperti ini X-power, Ionizer, Turbo cyclone, malah ada yg tinggal di colok di lighter rokok itu gimana ya..utamanya yang dicolok di lighter rokok itu bener efektif ya? please help
User avatar
frandika
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Wed Jun 25, 2008 16:17
Location: Jakarta Barat

Re: Fuel Saver.

Post by frandika »

yg dicolok di lighter itu maksud bro merk apa? kalo i-charge saya udah trial minggu lalu,
nah fuel saver nya belom terbukti buat mobil saya, ndak tahu bagi mobil lain yg juga udah pernah coba :mrgreen:
-------#BIC-701#--------
Steknika
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Mon Jun 30, 2008 8:10

Re: Fuel Saver.

Post by Steknika »

iya bener merek i-charge. itu memang bener2 working ya. Masalahnya yg paling geli waktu sy lihat ada yang namanya auto-saver di catalog kartu kredit BCA. Apakah barang2 ini bener berguna. gimana ya logikanya..sorry bro belum mengerti. Kalo yg udah pake, apa udah kerasa dari power dan yg paling penting hemat bahan bakar ??? gimana ya?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fuel Saver.

Post by Turboman »

Steknika wrote:Begitu Banyak Fuel Saver yg beredar akhir2 ini. mau nanya nih kalau fuel saver seperti ini X-power, Ionizer, Turbo cyclone, malah ada yg tinggal di colok di lighter rokok itu gimana ya..utamanya yang dicolok di lighter rokok itu bener efektif ya? please help
Isinya capacitor yg dipasang parallel bukan ?

Ane skg pake yg modelnya dipasang di aki (kotak warna biru), pasang baik di Ipah D4 D maupun R20A, yg di Diesel efeknya cuman terasa di lampu2 / audio / klakson, yg di R20A pun efeknya juga cuman terasa di lampu2 / audio & klakson :mrgreen:
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Fuel Saver.

Post by evolution21 »

kotak warna biru = VS Pivot?
sebenarnya logikanya gimana yah dari kelistrikan kok bisa membuat tambah irit?
apa mungkin kalo untuk aki yang udah butut banget, dah nyaris tekor lalu pasangin tu alat jadi berasa manfaatnya lebih banyak hingga keiritan segala
hehehe :D
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Fuel Saver.

Post by andy1800 »

mari kita do sedikit math aja.
katakan mobil kita jalan 16rb km setahun.... asumsikan isi premium, ..FC 1:8 ...maka 2000 liter/thn .... = IDR 12.000.000,-

dg fuel saver, ..spt misalnya "turbo" cyclone..... mgkin akan didapat penghematan real sebesar 3-4 %....
itupun kalau luar kota (terus)... ..kalau dalkot hampir gak ada saving.
ok. katakan, fuel saving 3 % ... = IDR 360.000

sedangkan DC-nya kalau kita beli cyclone yg aman (gak kawatir hancur & tersedot ke TB atau ruangbakar).... katakan yg seharga 1.2 jt...
jadi..... kalau dihitung dg peride investasi cuma setahun....... akan masih tekor dooong...??

jadi, 3-4 tahun pemakaian, barulah kita dapetin BEP.... tahun ke4, ke5 dan berikutnya, baru lah kita akan menangguk "profit".
dan, mgkin kalau makin sering mobil dipakai (luarkota), barulah akan (tambah sedikit lg) lbh berasa savingnya...

then, IMO
dalam fungsinya sbg fuel saver... ...itu nggak terlalu signifikan....
maksdu gw, kurang sebanding dg effort yg musti kita keluarken.

jadi, penyikapan gw mengenai hal-ihwal perangkat2 itu, adalah bukan di sisi fuel saving nya,... tp pada sisi begini:
yg biasanya berasa, adalah dlm fungsinya spy kita mendapatkan slightly peningkatan performa...
memang kecil saja, bahkan kadang nggak ternotifikasi.... tp keuntungannya, sedikit peningkatan performanya ini, tidak dibarengi dg peningkatan keborosan.

ini berbeda dg peningkatan performa yg didapat dr engine-tuning... misalnya remapping/piggybacking, turboing, dsb...
memang peningkatannya sangat signifikan, ....namun biaya jg signifikan, dan jg akan dibarengi keborosan yg meningkat cukup tajam pula.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Fuel Saver.

Post by AD74YA »

Pinternya... bung andy ini...

saya sendiri yakin yang dikatakan bung andy ini bener..

sebenernya akan lebih terasa efek ke performance daripada FC.. (ke performance pun nggak terlalu berasa pastinya..)

meskipun di klaim bisa dape 10% tenaga lebih dan semacamnya.. kalo ga salah udah ada yang pernah bahas di SM kalo itu palingan yang didapat kalo pake semua alat fuel efficiency 0,7 dk-an .. dan biasanya paling kerasa di tarikan..

jadi nilai value nya menurut saya rendah sekali..

dan menurut saya;

not recommended
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Fuel Saver.

Post by esh »

Setuju
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fuel Saver.

Post by Turboman »

andy1800 wrote: 1. dalam fungsinya sbg fuel saver... ...itu nggak terlalu signifikan....
maksdu gw, kurang sebanding dg effort yg musti kita keluarken.

2. ini berbeda dg peningkatan performa yg didapat dr engine-tuning... misalnya remapping/piggybacking, turboing, dsb...
memang peningkatannya sangat signifikan, ....namun biaya jg signifikan, dan jg akan dibarengi keborosan yg meningkat cukup tajam pula.
1. Fuel saving yg paling efektif = Sekolah kaki kanan :mrgreen:

2. Ya, dan sebetulnya tuning peningkatan performa enggak melulu membuat BBM jadi boros.

Jika peningkatan performa bisa dilakukan sejak RPM rendah & membuat proses ganti gigi bisa dilakukan di RPM yg lebih rendah justru akan membuat kons. BBM menjadi lebih ekonomis, asal dibarengi dengan teknik nyetir "sekolah kaki kanan" (Eco Drive)

CMIIW
Steknika
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Mon Jun 30, 2008 8:10

Re: Fuel Saver.

Post by Steknika »

keewwwll...

fuel saver ini semakin membodohi kita2 ya. Tapi yg dicolok di cigar lighter itu aneh banget, g gak bisa ambil logikanya.

Kalo x power sih lumayan membantu, Mobil g GV 2006 awalnya sekitar 1:8 setelah kepasang bisa dekat2 1:9-10 kalo performance gak begitu beda, mgkn krn pake matic.

Tolong dong logic-nya fuel saver yg dicolok di lighter :) thx b4
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Fuel Saver.

Post by andy1800 »

Turboman wrote:1. Fuel saving yg paling efektif = Sekolah kaki kanan :mrgreen:
BBM menjadi lebih ekonomis, asal dibarengi dengan teknik nyetir "sekolah kaki kanan" (Eco Drive)
setuju dg bang turbo.....
yg paling menentukan adalah "seberapa beratnya" kaki (kanan).
spt yg telah diberikannya link (mgkin isinya adlh tata cara eco drive, gw blm baca soalnya bahasanya susah...huehehe) : http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... f=4&t=9151


cuma ingin menambahkan,
bahwa masalahnya, hal Eco Driving ini, lbh umum dipahami dlm bentuk: "Sabar & Lelet, maka pasti irit."
nah, kemampuan & kesimpulan yg semacam gini ini, alih2 memperirit FC... tp malah sebaliknya, ...
ditambah lagi dg munculnya disadvantage yg besar, yaitu: partisipasi yg signifikan thd macetnya jkt.

sebenanrya, Eco Drive tu malah sulit & cukup rumit loh... (okay, bagi yg bakat nyetirnya udah baik itu memang mudah, tapi...dst dst dst)
misalnya, bagaimana menjaga spy RPM stay di range tertentu... lbh buka gas cuma utk nyundul doang...
lepas gas jg halus, yaitu tidak sampai membrake engine... usahakan sebisa mgkin nggak ngerem...dsb (intinya: cruising).
nah malsalhnya, itu sangat berhubungan dg kemampuan seseroang dlm melihat atau menganalisis medan lalulintas, secara sepersekian detik.

misalnya,
byk yg nggak bisa menduga bahwa si angkot yg ada di depan kita akan berhenti tiba2, yg membuat kita jg hrs nge-rem dan berhenti...
tp bukannya menunggu angkot itu jalan, ....tp lalu baru belokin stir, pindah lajur memotong arus di lajur kanan.
(bukan cuma mobil loh, motor jg...mlh lbh sering begitu..pdhl meskipun bodynya kecil, motor udah cukup membuat lajur kanan yg "diganggu"nya menjadi takut, lalu ngerem... dlm lalin jkt yg debitnya tinggi, hal2 spt ini sangat signifikan mengawali kemacetan)

pdhal, bagi yg kemampuan analisis-medannya bagus, akan ada feeling bahwa itu angkot atau mobil di depan kita akan brenti/belok kiri,
sehingga dari agak jauh kita akan mulai menyetir mobil kita pindah lajur ke kanan, go with the flow dg lajur kanan.


nah, hal-ihwal semacam itu, mgkin memang bisa diasah kemampuannya...
tp nampaknya, lbh banyak lagi yg udah harga mati... kalaupun diajari, akan seolah2 masuk telinga kiri, keluar telinga kanan.
memang kemampuan nyetirnya maksimal segitu, ...gak bisa diapa2in lagi.
apalagi situasi rutinitas & lalulintas jkt yg sedemikian hingarbingar, membuat org2 tdk ada kemauan utk melatih diri.

nah, (situasi psikis & pemikiran suka dg shortcut) inilah yg secara cerdas dibidik oleh para produsen Fuel Saver melalui iklan2nya....
"fuel saving, tanpa perlu mengubah your driving behaviour....dijamin!"

tp, kalau gw sebagai produsen, mgkin gw jg akan memanfaatkan situasi & pemikiran konsumen jkt yg semacam ini...:mrgreen:
nothing's personal, it's just business.... hueheheheeee
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Fuel Saver.

Post by sjamsul »

sedikit menambahkan,
untuk mengetahui irit / tidak suatu alat yg disebut fuel saver ini :
ambil contoh sebelum pakai alat ini 1 lilter bensin dapat bertahan berapa lama dg kira-kira 2000 rpm. Misalkan didapatkan hasil 30 mnt mbl baru mati stelah bahan bakarnya habis. Setelah itu dipakai alat fuel saver yg dimaksud dg kondisi yg sama, lihat hasilnya apakah bisa melebihi 30 menit atau tidak. Kalau bisa lebih lama misalkan jadi 35 menit mesin mbl baru mati, bearti ada penghematan, tapi klau tidak ya lupakan saja. ok
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fuel Saver.

Post by Turboman »

andy1800 wrote: sebenanrya, Eco Drive tu malah sulit & cukup rumit loh... (okay, bagi yg bakat nyetirnya udah baik itu memang mudah, tapi...dst dst dst)
misalnya, bagaimana menjaga spy RPM stay di range tertentu... lbh buka gas cuma utk nyundul doang...
lepas gas jg halus, yaitu tidak sampai membrake engine... usahakan sebisa mgkin nggak ngerem...dsb (intinya: cruising).
nah malsalhnya, itu sangat berhubungan dg kemampuan seseroang dlm melihat atau menganalisis medan lalulintas, secara sepersekian detik.
Betul sekali bang Andy

Kalau melihat dari cerita2 para Eco drivers di luar negeri, bukanlah hal yg mudah utk mencapai suatu level MPG tertentu, butuh pemahaman yg mendalam akan karakteritik mobil & mesinnya, kontur jalan yg dilewati serta karakteristik traffic-nya.

Bagi yg udah memahami teknik Eco driving biasanya akan menjadi keasikan tersendiri, utk mencapai mileage yg lebih tinggi & lebih tinggi lagi, ibarat mencapai score yg lebih tinggi pada sebuah game.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fuel Saver.

Post by Turboman »

sjamsul wrote:sedikit menambahkan,
untuk mengetahui irit / tidak suatu alat yg disebut fuel saver ini :
ambil contoh sebelum pakai alat ini 1 lilter bensin dapat bertahan berapa lama dg kira-kira 2000 rpm. Misalkan didapatkan hasil 30 mnt mbl baru mati stelah bahan bakarnya habis. Setelah itu dipakai alat fuel saver yg dimaksud dg kondisi yg sama, lihat hasilnya apakah bisa melebihi 30 menit atau tidak. Kalau bisa lebih lama misalkan jadi 35 menit mesin mbl baru mati, bearti ada penghematan, tapi klau tidak ya lupakan saja. ok
Kalau bisa lakukan test dengan 1 liter BBM (di botol / tangki khusus) di atas Dyno, berjalan dgn putaran konstant, atau cari jalan yg sepi, jalan dgn kec. konstant.

Dan yg paling penting : penghematan di zona RPM range tertentu jangan sampai membuat trade off di zona RPM yg lain.
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Fuel Saver.

Post by y_anjasrana »

Kalu mau irit, iritkan kerja kaki kanan. Maksudnya jarang ngegas dan jarang ngerem.

Cuma dipikir2 susah bener yaa.... :ungg:
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
neo88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
Location: didepanmu gitu lhoo

Re: Fuel Saver.

Post by neo88 »

kaloo mo lebihh iritt...
doronk aja tuhhh mobill.... pakee.. kaki kanan n kiri.. hueehehueeeeueee :mrgreen:

sorry... maksud neoo.. kalo mo irittt jgn pake mobill... pake motorrr atoo jogingg alias jalaan sehatt.. :e-dance: peacee....
Maximum speed ......................... Setting ON
User avatar
neo88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
Location: didepanmu gitu lhoo

Re: Fuel Saver.

Post by neo88 »

atoo....
juall tuhh mobill.. ganti ama yg HYBRIDDD tuhhh modell baru dari JEPANG yg cuma 2 orang ato single person... JAMINNNN... pastii iritt....
:off_good:
Maximum speed ......................... Setting ON
Steknika
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Mon Jun 30, 2008 8:10

Re: Fuel Saver.

Post by Steknika »

lahhh kok :ungg:
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Fuel Saver.

Post by evolution21 »

Solusi :
kalo fuel saver nya agak repotan dikit
seperti : ganti header, piggyback aja gimana?
tujuannya memang lebih ke performance sih, tapi bbm nya bisa sama / lebih irit

lebih menguntungkan menurut saya

Tanya :
oh ya, kalo dikombinasi sama proxima turbojet bisa gak ya?
User avatar
HyundaiTucson
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Sun Dec 30, 2007 11:56
Location: Pejaten - Jakarta

Re: Fuel Saver.

Post by HyundaiTucson »

Mau konsumsi BBM maksimal? Coba alat ini :mrgreen: http://www.pivotracing.com/product/EDM
Semua balik ke drive habit
Cheers,
HT
cvsmb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: Mon Jun 25, 2007 15:03
Location: SURABAIA

Re: Fuel Saver.

Post by cvsmb »

Betul. Kaki kanan kita yg dikatakan bang turboman. Ini pengalaman saya. Waktu itu 1 mingguan saya pake all new CRV utk kerja soalnya sopir sakit.. isi bensin full pertamax. dengan cara jrang2 injak gas.. saya bisa dapat 1:8 dalkot. trus abis itu gantian sopir yg setir.. walah2.. dia bisa hit 1:6.5... GILE caranya gimana ya?

Saya ajak dia keliling beberapa blok di jalanan.. nyatanya cara dia nyetir ala FORMULA 1 driver.. hehehehe.. gas rem gas rem yang sangat mendadak... trus saya bilangin dia " Pak, kalo kamu cara nyetir kaya gini pertama bosmu bisa bokek beli bensin terus kedua rem bisa cepet abis coba ambil jarak sebelum rem dan kalo gas pelan2"... bingung deh dia dia rasa cara nyetir uda ok. trus dia coba cara gw .. waduh kaya siput deh setirnya hehehehehe... ya saya akhirnya kasih dia cara spt gw cara nyetirnya.. hasilnya lumayan bisa dapat 1:7... skg dia nyetir panther ga tau lagi kalo cara nyetirnya balik ke f1 mode lagi hehehe....
Steknika
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Mon Jun 30, 2008 8:10

Re: Fuel Saver.

Post by Steknika »

mo tanya juga neh..kalo bensin premium campur pertamax gak apa2 ya?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Fuel Saver.

Post by Turboman »

Steknika wrote:mo tanya juga neh..kalo bensin premium campur pertamax gak apa2 ya?
Nggak pa pa

Saya sering mix premium dgn Pertamax Plus ata premium dgn Shell Super di R20A

Kalau sesama gasoline full additive semisal Pertamax campur Shell Super Extra nah itu saya nggak berani.
cvsmb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: Mon Jun 25, 2007 15:03
Location: SURABAIA

Re: Fuel Saver.

Post by cvsmb »

ga apa kok... ya itu kadang2 saya pake full premium kalo lagi bokek... hehe... biasanya banyak pertamax plusnya daripada premium.. tarikan berat..
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Fuel Saver.

Post by y_anjasrana »

Orang sini gawat2 yah.. Gw sih kalu minum paling2 aqua, soft drink, teh manis, kopi atau jus buah. Ga pernah tuh minum premium atau pertamax.

Ckckckc.... :upss:
Accurate V5 Accounting System Consultant