
http://asia.vtec.net/Engines/LSERIESG2/
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Gak tau yg di simonyong sama kagak....
05 October 2004
CVT (Continuously Variable Transmission)
Apakah Sistem CVT?
CVT adalah tipe perangkat transmisi yang ramah bagi pengendara dan lingkungan. Meskipun konsep transmisi CVT ini sudah sama tuanya dengan sejarah otomotif itu sendiri, pihak Honda harus bekerja keras untuk merekayasa ide ini agar sesuai dengan tuntutan jaman di abad ke 21 ini, termasuk perangkat full grade logic electronic controls dengan moda drive dan sport sebagai pilihan.
Dimana Sistem CVT didapat?
CVT digunakan pada Honda Civic, Logo dan HR-V sebagai pengganti transmisi otomatis yang konvensional. CVT diyakini mengoptimalkan kinerja mesin-mesin berkadar emisi rendah seperti tipe-tipe mobil di atas.
Mengapa Sistem CVT Diperlukan?
Transmisi otomatis yang konvensional terdiri atas sejumlah rasio tingkat kecepatan yang tetap. Sistem transmisi dengan otomatis memilih tingkat kecepatan yang paling sesuai dengan kecepatan aktual kendaraan dan posisi pedal gas. Meskipun begitu, kondisi ideal kerap masih tidak tercapai. Oleh karena itu, sejumlah transmisi otomatis menggunakan perubah torque ("torque converter") yang terhubung langsung dengan mesin. Meski perangkat di atas terpasang dengan sistem "lock-up clutch:" atau kopling yang terkunci, hanya sekitar 90 persen tenaga mesin yang terpakai dengan efisien. CVT tidak menggunakan perangkat rasio tingkat percepatan yang tetap. CVT juga tidak menggunakan "perubah torque" (torque converter) yang justru mencuri tenaga mesin. Sesuai dengan namanya, sistem ini tidak beroperasi secara bertahap, melainkan bekerja dari posisi diam ke kecepatan maksimum dengan halus dan tak terputus. Dengan terus-menerus mencocokkan rasio ideal transmisi dengan kerja mesin, maka mesin kendaraan anda bekerja dengan sangat efisien baik dalam pengopera- sian moda "D" atau drive di jalan raya atau penampilan yang lebih garang dengan moda "S" atau sport untuk kondisi off-road (HR-V 4WD).
Bagaimana Sistem CVT Berfungsi?
Secara teknis, roda bergigi konvensional dalam CVT diganti dengan dua drum yang ukurannya dapat berubah, dan selembar sabuk baja (steel drive belt). Pergerakan sabuk baja ini dibentuk oleh setiap drum. Diameter dari setiap drum diatur oleh sebuah komputer transmisi yang menambah atau mengurangi tekanan minyak ke dalam setiap bagian yang bergerak dari setiap drum. Ini adalah rasio rendah (gigi 1). Didalam gigi tinggi (top gear) tekanan tinggi minyak masuk ke dalam katrol penggerak "drive pulley". Diameter drum sekarang berputar balik sehingga katrol penggerak berputar lebih cepat dari katrol yang bergerak. Di dalam kedua posisi ini, rasio terendah dan tertinggi, komputer transmisi membantu menyeimbangkan tekanan minyak ke setiap drum dan ini menghasilkan rasio yang tepat ke kondisi jalanan dan posisi akselerator dan moda pengendaraan mobil (drive mode).
::Index Teknologi
thx linknya bro.. banyak inpoh ahond bergunda di sono wkwkwHouseOfDetailing wrote:Jazz GE sudah makai TC,seharusnya di Monyong bukan boks CVT yang 100% baru juga
http://asia.vtec.net/Engines/LSERIESG2/
Untuk load berapa orang di satu mobil?jalananDOHC wrote:test drive versi majalah otomotif untuk mobilio e cvt prestige, konsumsi bbm cukup irit..
dalam kota = 12.8 km untuk 1 liter
luar kota = 15 km untuk 1 liter
konstan = 20 km untuk 1 liter
@bro DDR .. ya menurut saya juga begitu bro.. saya rasakan di tanjakan ini, CVT lebih bisa cari ratio yg pas. untuk teorinya, mungkin suhu2 SM yg bisa bantu nerangin, kalo ane cuman kelas teri yg bisanya cuma bejek gas aja..DDR wrote:@ Bro Akur79... wah asyik bahasan Mobilio nya... kae nya saya bakal nungguin Mobilio facelift nih (tadi saya liat di jalanan, hmm... memang saya bener naksir hehe)... semoga aja yang di komplen selama ini ada perbaikan (interior sama peredaman)... beneran saya masih penasaran sama performa Mobilio + CVT nya di tanjakan Subang-Tangkuban Perahu (ekstrim) yang selama ini saya lewatin... kalau ada testimony positif wah makin condong deh saya ganti mobil pas ada Mobilio Revisian hehehe... sebetulnya R3 saya kuat di tanjakan itu, cuman karena Geared AT yg cuman 4 biji, jadi pada kondisi tertentu jadi awkward... kalau L, RPM ketinggian (4000-5000RPM), begitu 2 eh RPM terlalu drop... jadi kudu tega denger suara mesin hehehe... nah kalau CVT kan teori nya bakal lebih leluasa cari posisi ratio yang pas untuk dapetin RPM yang pas untuk nanjak... betul begitu?
Cvt bwat nanjak seharusnya mantep bro.....DDR wrote:@ Bro Akur79... wah asyik bahasan Mobilio nya... kae nya saya bakal nungguin Mobilio facelift nih (tadi saya liat di jalanan, hmm... memang saya bener naksir hehe)... semoga aja yang di komplen selama ini ada perbaikan (interior sama peredaman)... beneran saya masih penasaran sama performa Mobilio + CVT nya di tanjakan Subang-Tangkuban Perahu (ekstrim) yang selama ini saya lewatin... kalau ada testimony positif wah makin condong deh saya ganti mobil pas ada Mobilio Revisian hehehe... sebetulnya R3 saya kuat di tanjakan itu, cuman karena Geared AT yg cuman 4 biji, jadi pada kondisi tertentu jadi awkward... kalau L, RPM ketinggian (4000-5000RPM), begitu 2 eh RPM terlalu drop... jadi kudu tega denger suara mesin hehehe... nah kalau CVT kan teori nya bakal lebih leluasa cari posisi ratio yang pas untuk dapetin RPM yang pas untuk nanjak... betul begitu?
di majalah'a tertulis, TD dengan 1 keluarga (2dewasa 3anak, cmiiw) perjalanan dari jakarta menuju bandung via tol dengan memainkan tongkat transmisi dari D ke S ..VanzMatic wrote:Untuk load berapa orang di satu mobil?jalananDOHC wrote:test drive versi majalah otomotif untuk mobilio e cvt prestige, konsumsi bbm cukup irit..
dalam kota = 12.8 km untuk 1 liter
luar kota = 15 km untuk 1 liter
konstan = 20 km untuk 1 liter
Konsumsi FC segitu kok sama aja dengan sampan metik saya untuk isi 1 orang?
Mpv Rwd A/T, bbm setara ron95.
pernah liat mobil tiga berlian 1200cc cvt, di tanjakan nagreg kayak'a enteng banged, bisa nyalip 6mobil sekaligus (isi 2org) tp suara agak mendengung..billyd1773dz wrote:Cvt bwat nanjak seharusnya mantep bro.....DDR wrote:@ Bro Akur79... wah asyik bahasan Mobilio nya... kae nya saya bakal nungguin Mobilio facelift nih (tadi saya liat di jalanan, hmm... memang saya bener naksir hehe)... semoga aja yang di komplen selama ini ada perbaikan (interior sama peredaman)... beneran saya masih penasaran sama performa Mobilio + CVT nya di tanjakan Subang-Tangkuban Perahu (ekstrim) yang selama ini saya lewatin... kalau ada testimony positif wah makin condong deh saya ganti mobil pas ada Mobilio Revisian hehehe... sebetulnya R3 saya kuat di tanjakan itu, cuman karena Geared AT yg cuman 4 biji, jadi pada kondisi tertentu jadi awkward... kalau L, RPM ketinggian (4000-5000RPM), begitu 2 eh RPM terlalu drop... jadi kudu tega denger suara mesin hehehe... nah kalau CVT kan teori nya bakal lebih leluasa cari posisi ratio yang pas untuk dapetin RPM yang pas untuk nanjak... betul begitu?
Gw pke mirage di tanjakan emen panteng di torsi maksimal ngisi terus g abis2 percepatan juga nambah terus............ bebas hunting gear hehe
Jakarta-bandung via tol cipuljamil 1 keluarga dapetnya 15 km/liter?jalananDOHC wrote:
di majalah'a tertulis, TD dengan 1 keluarga (2dewasa 3anak, cmiiw) perjalanan dari jakarta menuju bandung via tol dengan memainkan tongkat transmisi dari D ke S ..
-cut-
Waduh kalo beneran ada trim yg ini jadi pengen protes sama HPM, knapa ngga ada di brosur ya?jalananDOHC wrote:mobilio RS
1. http://instagram.com/p/kocEHvBvbU/
2. http://instagram.com/p/koclMlBvbs/
Saya pertamakali bawa matic sering ajrut-ajrutan, apalagi blom terbiasa kaki kiri nganggur, bawaannya pengen nginjek pedal ajaakur79 wrote: Yg bikin ane tertarik adanya indikator ECO, yg menandakan kita bejek gas nya sopan atau nggak sopan, dan saat ane bawa, ECO selalu menyala (salesnya aja bilang, bpk udah lama bawa mobil matic ya? kok halus banget bejek gas nya?)..
Seinget saya waktu coba masuk kabin di pameran row 2 bisa dilipat sampe "jungkir", row 3 bisa dilipat ke depan tapi ngga sampai rata 100%. CMIIW.Mobilio setau saya nggak bisa dilipat flat untuk row 2 dan 3 nya.
Berarti head to headnya adalah ANGL XV CVT vs Lio E CVT dgn selisih harga hanya 1,5jt (jangan-jangan harga ANGL NIK 2014 sama atautmbhan : saat ini ane dapat harga ANGL SV CVT nik 2013 area Jateng, di 174jt. ANGL XV CVT nik 2013 di 195jt, Mobilio E CVT di 196,5jt dan Mobilio E CVT Prestige di 206,5 jt
Yang namanya repiu pasti subjektif, jadi ngga perlu kuatir ada yg kesinggung atau gimana (I hope soitulah sedikit gambaran ane mengenai mobilio, jika ada kata yg nggak berkenan mohon dimaafkan soalnya ini review ane pribadi, jadi mungkin selera dan kebutuhan org berbeda..
Setuju. CVT tanpa TC mengakibatkan dibutuhkannya sistem kopling sebagai mekanisme untuk stop maupun untuk mencegah stall.billyd1773dz wrote: dan cvt model ini tergolong bnyk kasus failurenya, sekalipun performanya paling baik di audi 0-100 sudah bisa mengalahkan comparable 5speed AT bahkan MT.
Ini versi RS atau Modulo?? Kyknya ini versi aksesoris (Modulo), Biasanya kalau ada satu grade lagi bakal dimasukin di brosur. lampu depan terlalu "advanced".jalananDOHC wrote:mobilio RS
1. http://instagram.com/p/kocEHvBvbU/
2. http://instagram.com/p/koclMlBvbs/
Yang di atas itu artikel honda-indonesia.com yg dipublish hampir 10 tahun yg lalu (jaman Jazz gen 1).papa3r wrote:Soal CVT dapet dari http://www.honda-indonesia.com/technolo ... mission%29
05 October 2004
CVT (Continuously Variable Transmission)
Apakah Sistem CVT?
...
Oleh karena itu, sejumlah transmisi otomatis menggunakan perubah torque ("torque converter") yang terhubung langsung dengan mesin. Meski perangkat di atas terpasang dengan sistem "lock-up clutch:" atau kopling yang terkunci, hanya sekitar 90 persen tenaga mesin yang terpakai dengan efisien. CVT tidak menggunakan perangkat rasio tingkat percepatan yang tetap. CVT juga tidak menggunakan "perubah torque" (torque converter) yang justru mencuri tenaga mesin.
Merits of Honda’s new torque converter-equipped CVT
As a step in our ongoing efforts to make the CVT even more comfortable, Honda has developed a CVT equipped with a torque converter, just like the ones used in automatic transmissions.
Mestinya HPM bisa menjelaskan hal ini di situs resminya.papa3r wrote: Gak tau yg di simonyong sama kagak....
ya bro dogar, perbandingannya XV CVT ama lio E CVT, ane juga sempat bingung pilihnya, bahkan sempat bikin post thread di suggestion corner tanya sesepuh2, senior2 dan rekan2 disini mau ambil ANGL atau si Lio. Tapi akhirnya jatuh ke ANGL pada akhirnya, alasan utama :dogar wrote: Berarti head to headnya adalah ANGL XV CVT vs Lio E CVT dgn selisih harga hanya 1,5jt (jangan-jangan harga ANGL NIK 2014 sama atau
lebih mahal?).
Dengan selisih yg tipis itu jadi pilihan yg sungguh berat.
ANGL populasi sudah lumayan banyak, tidak perlu kuatir dgn "surprise yg tidak perlu".
Lio lebih fresh, NIK 2014, brand image nya juga relatif lebih kuat.
Berio Sotoy...HouseOfDetailing wrote:GL sebenarnya berada 1 kelas di atas Monyong.Dia berbasis sasis Note yang sekelas dengan Jazz dkk.Yah no comparison lah di compare ama Monyong yang basisnya...