Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

HouseOfDetailing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sat May 11, 2013 12:01

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by HouseOfDetailing »

Jazz GE sudah makai TC,seharusnya di Monyong bukan boks CVT yang 100% baru juga :D

http://asia.vtec.net/Engines/LSERIESG2/
jalananDOHC
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Sat Oct 26, 2013 2:48

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by jalananDOHC »

Whitevalentine
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Wed Oct 16, 2013 15:27

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by Whitevalentine »

Ganteng gan mobilio RS :D
Ada info perkiraan launching ?
Jangan2 buat nandingin ertiga Sporty nih :D
Last edited by Whitevalentine on Thu Feb 20, 2014 14:47, edited 1 time in total.
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by ricz »

Keren ini mobilinyonk RS...

Tp velgnya gak matching ama keseluruhan body...

Liat dalemannya sih udh pake jok warna item, good job...

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
HouseOfDetailing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sat May 11, 2013 12:01

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by HouseOfDetailing »

Aw sh1t...keren bener yang RS :big_chicken:

Err wait a sec...kayaknya rada keramean bokongnya :big_slap:
CloneySM
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Tue Nov 19, 2013 14:32

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by CloneySM »

kidding me,
apanya yg lebih bagus ?
velgnya kecil, ban nya jelek , bemper depan ada tambahan plastik di fog lamp..

sayap belakangnya kek ABG baru punya mobil.. *addmorehp.com

apa cuman aku yg berpikiran demikian ?
Clonengan juga manusia loh. :mky_08:
User avatar
papa3r
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Fri Feb 14, 2014 5:05

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by papa3r »

Soal CVT dapet dari http://www.honda-indonesia.com/technolo ... mission%29

05 October 2004
CVT (Continuously Variable Transmission)

Apakah Sistem CVT?

CVT adalah tipe perangkat transmisi yang ramah bagi pengendara dan lingkungan. Meskipun konsep transmisi CVT ini sudah sama tuanya dengan sejarah otomotif itu sendiri, pihak Honda harus bekerja keras untuk merekayasa ide ini agar sesuai dengan tuntutan jaman di abad ke 21 ini, termasuk perangkat full grade logic electronic controls dengan moda drive dan sport sebagai pilihan.

Dimana Sistem CVT didapat?

CVT digunakan pada Honda Civic, Logo dan HR-V sebagai pengganti transmisi otomatis yang konvensional. CVT diyakini mengoptimalkan kinerja mesin-mesin berkadar emisi rendah seperti tipe-tipe mobil di atas.

Mengapa Sistem CVT Diperlukan?

Transmisi otomatis yang konvensional terdiri atas sejumlah rasio tingkat kecepatan yang tetap. Sistem transmisi dengan otomatis memilih tingkat kecepatan yang paling sesuai dengan kecepatan aktual kendaraan dan posisi pedal gas. Meskipun begitu, kondisi ideal kerap masih tidak tercapai. Oleh karena itu, sejumlah transmisi otomatis menggunakan perubah torque ("torque converter") yang terhubung langsung dengan mesin. Meski perangkat di atas terpasang dengan sistem "lock-up clutch:" atau kopling yang terkunci, hanya sekitar 90 persen tenaga mesin yang terpakai dengan efisien. CVT tidak menggunakan perangkat rasio tingkat percepatan yang tetap. CVT juga tidak menggunakan "perubah torque" (torque converter) yang justru mencuri tenaga mesin. Sesuai dengan namanya, sistem ini tidak beroperasi secara bertahap, melainkan bekerja dari posisi diam ke kecepatan maksimum dengan halus dan tak terputus. Dengan terus-menerus mencocokkan rasio ideal transmisi dengan kerja mesin, maka mesin kendaraan anda bekerja dengan sangat efisien baik dalam pengopera- sian moda "D" atau drive di jalan raya atau penampilan yang lebih garang dengan moda "S" atau sport untuk kondisi off-road (HR-V 4WD).

Bagaimana Sistem CVT Berfungsi?

Secara teknis, roda bergigi konvensional dalam CVT diganti dengan dua drum yang ukurannya dapat berubah, dan selembar sabuk baja (steel drive belt). Pergerakan sabuk baja ini dibentuk oleh setiap drum. Diameter dari setiap drum diatur oleh sebuah komputer transmisi yang menambah atau mengurangi tekanan minyak ke dalam setiap bagian yang bergerak dari setiap drum. Ini adalah rasio rendah (gigi 1). Didalam gigi tinggi (top gear) tekanan tinggi minyak masuk ke dalam katrol penggerak "drive pulley". Diameter drum sekarang berputar balik sehingga katrol penggerak berputar lebih cepat dari katrol yang bergerak. Di dalam kedua posisi ini, rasio terendah dan tertinggi, komputer transmisi membantu menyeimbangkan tekanan minyak ke setiap drum dan ini menghasilkan rasio yang tepat ke kondisi jalanan dan posisi akselerator dan moda pengendaraan mobil (drive mode).

::Index Teknologi
Gak tau yg di simonyong sama kagak.... :big_peace:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by billyd1773dz »

HouseOfDetailing wrote:Jazz GE sudah makai TC,seharusnya di Monyong bukan boks CVT yang 100% baru juga :D

http://asia.vtec.net/Engines/LSERIESG2/
thx linknya bro.. banyak inpoh ahond bergunda di sono wkwkw :D

CVT GD3 sepertinya memang tidak pakai TC diganti multiple plate clutch.... sedangkan yang GE8 pakai TC, sayang g ada mode stepped rationya

TC punya reliabilitas yang uda proven di gearead AT konvensional, punya kemampuan untuk multiplying torque saat start awal, dan TC modern sudah bisa lockup dengan cepat untuk ngurangin slipage dan drivetrain loss

dan cvt di GE8 ga pelan loh
https://www.youtube.com/watch?v=6kkOizV2_d8
0-100 sekitar 9s

mesin L15 ane malah ragu pke camphasing +camchanging kya d K20 engga... atau hanya camchanging ala vtec klasik bseries dimana ada mild cam dan hot cam....
gtw d mobiliong gmn....

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
akur79
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Tue Jan 21, 2014 2:46
Location: Semarang
Daily Vehicle: KWR AGS - ANGL CVT - ANF TRD

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by akur79 »

Selamat malam smuanya bos2, om2, tante2, silent readers, aktive readers, passive readers dan semua rekan2 SM sebangsa setanah air yg terhormat.. Ane malem ini sedikit berbagi cerita sedikit setelah sempat tadi sore mencicipi sedikit menunggangi Mobilio e prestige CVT warna brownish yg disediakan salah satu dealer di kota Semarang ini. Mungkin mobil ini juga mobil yg sama, yg sempat di test drive oleh bro Chz dan diulas lengkap mantap dihalaman depan.
Dan saat test drive mobilio ini, ane coba rute berbeda dari bro Chz, sampai ke tanjakan siranda di semarang. Ane minta ke jalan tol, buat tes rpm tinggi, langsung ditolak halus ama sang sales, alesannya lah bos nya aja kagak pernah bawa mobil ini ke tol.

Tidak perlu panjang lebar lg, langsung tunjep point, ane keluar dari dealer didampingi sales, rute yg dilewati, simpang lima, pahlawan, tanjakan siranda, puter bundaran dan turun ke siranda, simpang lima, balik ke dealer. Saat stop go di perempatan merah hijau dan sedikit merayap di simpang lima, memang tidak perlu diragukan lagi untuk mesin dan kemampuan CVT nya. Tanjakan siranda juga nggak masalah. Enteng2 aja. Yg bikin ane tertarik adanya indikator ECO, yg menandakan kita bejek gas nya sopan atau nggak sopan, dan saat ane bawa, ECO selalu menyala (salesnya aja bilang, bpk udah lama bawa mobil matic ya? kok halus banget bejek gas nya?).. dalam hati saya, lah kalo saya asal bejek, ntar disuruh bayar bensin tambahan..
Sempat mencet klakson, kok bunyinya cempreng yah.. haduh.. kagak ada bass atau enak2nya kalo didengar.. speaker klakson pake apa sih?
Handling juga nyaman. Oke juga. Audio 2 din kenwood nggak saya bunyikan, sengaja, soalnya pengen cek peredaman. Satu kata menurut ane: peredaman kurang bagus untuk disandingkan di mobil harga 200jt.
Suspensi : empuk juga. Libas lubang juga nggak kedubrakan banget2. Tp kalo dibilang nyaman pake banget.. hmmmm.. ndak juga bnyk mobil yg lebih empuk.
Posisi duduk : ada yg bilang jok nya tipis dll. ah.. nggak juga kok. saya dudukin jok nya juga gak kempes.
Posisi nyetir : pas juga kok.. enak duduknya.

Kesimpulan : kalo buat harian, dan menjagokan CVT nya, oke juga nih mobilio buat daily.. tp dari segi harga.. no way.. masih overprice buat ane. (ane gak peduli merek H tegak, H miring, T, D, N, S, F, K, B, M atau lainnya lah)

Ada point2 tmbhan aja dan sedikit perbandingan menurut ane newbie amatir kelas anak teri mengenai Mobilio ini versus ANGL SV CVT (yg udah ane tebus dan pakai sejauh 1100 km dalam 2 minggu ini) :
1. eksterior dan interior : udah banyak yg direview didepan. Menurut ane pribadi : exterior dan interior tetap ANGL unggul. Ane bener2 gak demen ama warna beigenya di doortrim yg seperti beige pucat pasi dan sedikit berkilap.
2. peredaman suara dan bunyi mesin : lebih senyap ANGL. Di mobilio benar2 parah, suara deru mobil diluar masih kedengaran lebih keras. ANGL kalah dari mobilio disegi suara blower AC yg lebih berisik.
Kalo mobilio, suara ban memang lebih sunyi (sepertinya pake gt radial ya?).
Mesin mobilio menurut ane masih bisa terdengar sayup2 didalam kabin dibanding suara mesin ANGL yg hampir gak terdengar di dalam kabin.
Jadi dalam kabin ANGL itu terdengar deru blower AC dan dimobilio masih terdengar deru mobil dari luar plus mesin.
3. kenyamanan CVT : sama2 enak dan nyaman. buat nanjak atau stop go di macet2, menurut ane sama aja.. Ada yg bilang GL gak bisa nanjak ? gak juga ah. Ane rute naik turun tanjakan di semarang, juga rasanya seperti di jalan datar aja kok. Mobilio ane hanya coba di tanjakan siranda, dan sama juga karakternya ama CVT ANGL. entah teknologi walau keduanya berbeda, earth dream, sun dream, moon dream dll.. tp rasanya kok sama2 aja tuh..
4. suspensi dan kenyamanan mobil : lebih empuk ANGL.
5. akomodasi dan volume bagasi : sama. Banyak yg bilang mobilio lebih luas dll.. wah.. nggak juga, relatif menurut saya. Row ketiga Mobilio untuk penumpang memang sedikit lebih lega dari ANGL, tapi untuk urusan barang, ANGL jika row 2 dan row 3 diratakan alias flat, benar2 bisa dijadikan mobil barang (seng ama tripleks 2 meter bisa masuk lumayan bnyk tuh.. eh malah jadi mobil angkutan material yah). Mobilio setau saya nggak bisa dilipat flat untuk row 2 dan 3 nya.
6. kecepatan tinggi : gak bisa bandingin. lah gak boleh test drive mobilio di jalan tol, kalo ANGL, coba di 140 km/jam masih belum limbung dan anteng2 aja. Tp speedo ANGL ini kacau, selisih 8 km/jam dibanding GPS . Jd anggap aja 130 km/jam enak2 aja. diatas itu, kaki ane gak tega nginjek dan ngurut pedal gas lebih dalam lagi.

Mobilio CVT vs ANGL CVT ? buat ane :
vote ANGL jika harga mobilio dan ANGL sama atau harga ANGL maximal diatas mobilio sd 30 juta...
vote mobilio jika harga net mobilio CVT 50 juta dibawah ANGL CVT

tmbhan : saat ini ane dapat harga ANGL SV CVT nik 2013 area Jateng, di 174jt. ANGL XV CVT nik 2013 di 195jt, Mobilio E CVT di 196,5jt dan Mobilio E CVT Prestige di 206,5 jt

Oia, itung2 test drive ini ane 'bayar' mahal, dari hasil cancel 50% inden mobilio sejak bulan november..
Untuk sales honda yg dibilang jutek, nggak juga ah.. mungkin di kota lain. Kalo di sini, disales ane.
Ane pun udah cancel mobilio sebelum test drive ini, dan ane salut ama Sales Honda di dealer ane, walaupun ane cancel mobilio, dia tetap ramah dan jawab pertanyaan2 ane, juga tetep nyempatin waktu nemenin ane test drive.

itulah sedikit gambaran ane mengenai mobilio, jika ada kata yg nggak berkenan mohon dimaafkan soalnya ini review ane pribadi, jadi mungkin selera dan kebutuhan org berbeda..
User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by DDR »

@ Bro Akur79... wah asyik bahasan Mobilio nya... kae nya saya bakal nungguin Mobilio facelift nih (tadi saya liat di jalanan, hmm... memang saya bener naksir hehe)... semoga aja yang di komplen selama ini ada perbaikan (interior sama peredaman)... beneran saya masih penasaran sama performa Mobilio + CVT nya di tanjakan Subang-Tangkuban Perahu (ekstrim) yang selama ini saya lewatin... kalau ada testimony positif wah makin condong deh saya ganti mobil pas ada Mobilio Revisian hehehe... sebetulnya R3 saya kuat di tanjakan itu, cuman karena Geared AT yg cuman 4 biji, jadi pada kondisi tertentu jadi awkward... kalau L, RPM ketinggian (4000-5000RPM), begitu 2 eh RPM terlalu drop... jadi kudu tega denger suara mesin hehehe... nah kalau CVT kan teori nya bakal lebih leluasa cari posisi ratio yang pas untuk dapetin RPM yang pas untuk nanjak... betul begitu?
jalananDOHC
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Sat Oct 26, 2013 2:48

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by jalananDOHC »

test drive versi majalah otomotif untuk mobilio e cvt prestige, konsumsi bbm cukup irit..
dalam kota = 12.8 km untuk 1 liter
luar kota = 15 km untuk 1 liter
konstan = 20 km untuk 1 liter
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by VanzMatic »

jalananDOHC wrote:test drive versi majalah otomotif untuk mobilio e cvt prestige, konsumsi bbm cukup irit..
dalam kota = 12.8 km untuk 1 liter
luar kota = 15 km untuk 1 liter
konstan = 20 km untuk 1 liter
Untuk load berapa orang di satu mobil?
Konsumsi FC segitu kok sama aja dengan sampan metik saya untuk isi 1 orang?
Mpv Rwd A/T, bbm setara ron95.

:big_think:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
akur79
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Tue Jan 21, 2014 2:46
Location: Semarang
Daily Vehicle: KWR AGS - ANGL CVT - ANF TRD

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by akur79 »

DDR wrote:@ Bro Akur79... wah asyik bahasan Mobilio nya... kae nya saya bakal nungguin Mobilio facelift nih (tadi saya liat di jalanan, hmm... memang saya bener naksir hehe)... semoga aja yang di komplen selama ini ada perbaikan (interior sama peredaman)... beneran saya masih penasaran sama performa Mobilio + CVT nya di tanjakan Subang-Tangkuban Perahu (ekstrim) yang selama ini saya lewatin... kalau ada testimony positif wah makin condong deh saya ganti mobil pas ada Mobilio Revisian hehehe... sebetulnya R3 saya kuat di tanjakan itu, cuman karena Geared AT yg cuman 4 biji, jadi pada kondisi tertentu jadi awkward... kalau L, RPM ketinggian (4000-5000RPM), begitu 2 eh RPM terlalu drop... jadi kudu tega denger suara mesin hehehe... nah kalau CVT kan teori nya bakal lebih leluasa cari posisi ratio yang pas untuk dapetin RPM yang pas untuk nanjak... betul begitu?
@bro DDR .. ya menurut saya juga begitu bro.. saya rasakan di tanjakan ini, CVT lebih bisa cari ratio yg pas. untuk teorinya, mungkin suhu2 SM yg bisa bantu nerangin, kalo ane cuman kelas teri yg bisanya cuma bejek gas aja..
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by billyd1773dz »

DDR wrote:@ Bro Akur79... wah asyik bahasan Mobilio nya... kae nya saya bakal nungguin Mobilio facelift nih (tadi saya liat di jalanan, hmm... memang saya bener naksir hehe)... semoga aja yang di komplen selama ini ada perbaikan (interior sama peredaman)... beneran saya masih penasaran sama performa Mobilio + CVT nya di tanjakan Subang-Tangkuban Perahu (ekstrim) yang selama ini saya lewatin... kalau ada testimony positif wah makin condong deh saya ganti mobil pas ada Mobilio Revisian hehehe... sebetulnya R3 saya kuat di tanjakan itu, cuman karena Geared AT yg cuman 4 biji, jadi pada kondisi tertentu jadi awkward... kalau L, RPM ketinggian (4000-5000RPM), begitu 2 eh RPM terlalu drop... jadi kudu tega denger suara mesin hehehe... nah kalau CVT kan teori nya bakal lebih leluasa cari posisi ratio yang pas untuk dapetin RPM yang pas untuk nanjak... betul begitu?
Cvt bwat nanjak seharusnya mantep bro.....

Gw pke mirage di tanjakan emen panteng di torsi maksimal ngisi terus g abis2 percepatan juga nambah terus............ bebas hunting gear hehe

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
jalananDOHC
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Sat Oct 26, 2013 2:48

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by jalananDOHC »

VanzMatic wrote:
jalananDOHC wrote:test drive versi majalah otomotif untuk mobilio e cvt prestige, konsumsi bbm cukup irit..
dalam kota = 12.8 km untuk 1 liter
luar kota = 15 km untuk 1 liter
konstan = 20 km untuk 1 liter
Untuk load berapa orang di satu mobil?
Konsumsi FC segitu kok sama aja dengan sampan metik saya untuk isi 1 orang?
Mpv Rwd A/T, bbm setara ron95.

:big_think:
di majalah'a tertulis, TD dengan 1 keluarga (2dewasa 3anak, cmiiw) perjalanan dari jakarta menuju bandung via tol dengan memainkan tongkat transmisi dari D ke S ..
billyd1773dz wrote:
DDR wrote:@ Bro Akur79... wah asyik bahasan Mobilio nya... kae nya saya bakal nungguin Mobilio facelift nih (tadi saya liat di jalanan, hmm... memang saya bener naksir hehe)... semoga aja yang di komplen selama ini ada perbaikan (interior sama peredaman)... beneran saya masih penasaran sama performa Mobilio + CVT nya di tanjakan Subang-Tangkuban Perahu (ekstrim) yang selama ini saya lewatin... kalau ada testimony positif wah makin condong deh saya ganti mobil pas ada Mobilio Revisian hehehe... sebetulnya R3 saya kuat di tanjakan itu, cuman karena Geared AT yg cuman 4 biji, jadi pada kondisi tertentu jadi awkward... kalau L, RPM ketinggian (4000-5000RPM), begitu 2 eh RPM terlalu drop... jadi kudu tega denger suara mesin hehehe... nah kalau CVT kan teori nya bakal lebih leluasa cari posisi ratio yang pas untuk dapetin RPM yang pas untuk nanjak... betul begitu?
Cvt bwat nanjak seharusnya mantep bro.....

Gw pke mirage di tanjakan emen panteng di torsi maksimal ngisi terus g abis2 percepatan juga nambah terus............ bebas hunting gear hehe

:beer:
pernah liat mobil tiga berlian 1200cc cvt, di tanjakan nagreg kayak'a enteng banged, bisa nyalip 6mobil sekaligus (isi 2org) tp suara agak mendengung..
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by VanzMatic »

jalananDOHC wrote:
di majalah'a tertulis, TD dengan 1 keluarga (2dewasa 3anak, cmiiw) perjalanan dari jakarta menuju bandung via tol dengan memainkan tongkat transmisi dari D ke S ..
-cut-
Jakarta-bandung via tol cipuljamil 1 keluarga dapetnya 15 km/liter?
Sedikit lebih baik dibanding sampan matik saya. Tiap tanjakan panjang, saya tetep hajar 80 dengan lever di posisi 3. Dapetnya 1:13,6. Sudah termasuk barang brg bawaan untuk luar kota.

Konstan, pernah dari Tembalang lewat pantura, masuk jabar 20km, mencetak 1:18.
Sama mobilnya. Kondisi: Pulang balik dari mudik lebaran.

Beti lah.
:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by dogar »

Waduh kalo beneran ada trim yg ini jadi pengen protes sama HPM, knapa ngga ada di brosur ya?
Grill dan headlamp lebih oke, meskipun headlamp ngga gitu suka yg terlalu "chromey" kayak gitu, tapi paling tidak ngga "Brio banget".
Tapi sekitaran foglamp masih bagusan yg standard.
Roof spoiler belakang ngga suka, IMO kosmetik yg begituan cocoknya di HB bukan di MPV.
Belakang bagian bawah bagus, ngga kayak yg sekarang dimana tailpipe nekuk ngga jelas ke bawah.
Kayaknya ini special order nih.

Velg rada nanggung, mestinya sekalian kayak begini:

Image
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by dogar »

Very nice repiu bro akur79 :big_exellent:
Apalagi dgn komparasi ANGL nya yg sama-sama CVT.
akur79 wrote: Yg bikin ane tertarik adanya indikator ECO, yg menandakan kita bejek gas nya sopan atau nggak sopan, dan saat ane bawa, ECO selalu menyala (salesnya aja bilang, bpk udah lama bawa mobil matic ya? kok halus banget bejek gas nya?)..
Saya pertamakali bawa matic sering ajrut-ajrutan, apalagi blom terbiasa kaki kiri nganggur, bawaannya pengen nginjek pedal aja :D
Jadi orang yg baru pake matic dan yg udah biasa memang langsung bisa keliatan bedanya.
Mobilio setau saya nggak bisa dilipat flat untuk row 2 dan 3 nya.
Seinget saya waktu coba masuk kabin di pameran row 2 bisa dilipat sampe "jungkir", row 3 bisa dilipat ke depan tapi ngga sampai rata 100%. CMIIW.
tmbhan : saat ini ane dapat harga ANGL SV CVT nik 2013 area Jateng, di 174jt. ANGL XV CVT nik 2013 di 195jt, Mobilio E CVT di 196,5jt dan Mobilio E CVT Prestige di 206,5 jt
Berarti head to headnya adalah ANGL XV CVT vs Lio E CVT dgn selisih harga hanya 1,5jt (jangan-jangan harga ANGL NIK 2014 sama atau
lebih mahal?).
Dengan selisih yg tipis itu jadi pilihan yg sungguh berat.
ANGL populasi sudah lumayan banyak, tidak perlu kuatir dgn "surprise yg tidak perlu".
Lio lebih fresh, NIK 2014, brand image nya juga relatif lebih kuat.

itulah sedikit gambaran ane mengenai mobilio, jika ada kata yg nggak berkenan mohon dimaafkan soalnya ini review ane pribadi, jadi mungkin selera dan kebutuhan org berbeda..
Yang namanya repiu pasti subjektif, jadi ngga perlu kuatir ada yg kesinggung atau gimana (I hope so :) ).
Justru repiu beginian yg lebih berguna daripada repiu yg sarat dengan "pesan sponsor" atau "ego pribadi".
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by dogar »

billyd1773dz wrote: dan cvt model ini tergolong bnyk kasus failurenya, sekalipun performanya paling baik di audi 0-100 sudah bisa mengalahkan comparable 5speed AT bahkan MT.
Setuju. CVT tanpa TC mengakibatkan dibutuhkannya sistem kopling sebagai mekanisme untuk stop maupun untuk mencegah stall.
Sistem kopling inilah yg bikin CVT jadi banyak masalah.

"These clutches are pulsed on and off very frequently and are susceptible to failure. This can cause a variety of complaints, such as chatter on takeoff, sudden slipping or neutralizing conditions, unusual idle fluctuations or a loss of hill-hold function."
Tomiko_Van
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Mon Jan 18, 2010 8:42

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by Tomiko_Van »

Ini versi RS atau Modulo?? Kyknya ini versi aksesoris (Modulo), Biasanya kalau ada satu grade lagi bakal dimasukin di brosur. lampu depan terlalu "advanced".
アイドリング!!!
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by dogar »

papa3r wrote:Soal CVT dapet dari http://www.honda-indonesia.com/technolo ... mission%29

05 October 2004
CVT (Continuously Variable Transmission)

Apakah Sistem CVT?
...
Oleh karena itu, sejumlah transmisi otomatis menggunakan perubah torque ("torque converter") yang terhubung langsung dengan mesin. Meski perangkat di atas terpasang dengan sistem "lock-up clutch:" atau kopling yang terkunci, hanya sekitar 90 persen tenaga mesin yang terpakai dengan efisien. CVT tidak menggunakan perangkat rasio tingkat percepatan yang tetap. CVT juga tidak menggunakan "perubah torque" (torque converter) yang justru mencuri tenaga mesin.
Yang di atas itu artikel honda-indonesia.com yg dipublish hampir 10 tahun yg lalu (jaman Jazz gen 1).
Kemungkinan problem CVT pada Jazz gen 1 di Indo itu muncul gara-gara ngga pake TC.

Yang ini artikel yg lebih fresh dipublish dari world.honda.com (saya requote, pernah ada yg quote juga di sini):
http://world.honda.com/automobile-techn ... VT/detail/
Merits of Honda’s new torque converter-equipped CVT

As a step in our ongoing efforts to make the CVT even more comfortable, Honda has developed a CVT equipped with a torque converter, just like the ones used in automatic transmissions.
papa3r wrote: Gak tau yg di simonyong sama kagak.... :big_peace:
Mestinya HPM bisa menjelaskan hal ini di situs resminya.
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by liep »

Quote:
tmbhan : saat ini ane dapat harga ANGL SV CVT nik 2013 area Jateng, di 174jt. ANGL XV CVT nik 2013 di 195jt, Mobilio E CVT di 196,5jt dan Mobilio E CVT Prestige di 206,5 jt

Dogar:
Berarti head to headnya adalah ANGL XV CVT vs Lio E CVT dgn selisih harga hanya 1,5jt (jangan-jangan harga ANGL NIK 2014 sama atau
lebih mahal?).
Dengan selisih yg tipis itu jadi pilihan yg sungguh berat.
ANGL populasi sudah lumayan banyak, tidak perlu kuatir dgn "surprise yg tidak perlu".
Lio lebih fresh, NIK 2014, brand image nya juga relatif lebih kuat.

Nambahin aj di malang update kmrn utk ANGL 2013:193.45jt (blm tekan lg negonya), prit sd: 231.3jt (blm tekan jg negonya), dbanding lio prestige yg kisaran 200-205jt, meskipun beda tipe jenis dan merk tp sama2 matic di kisaran 200an jt yg masing2 ad plus minusnya, tambah binggung yg milih hehehe
akur79
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Tue Jan 21, 2014 2:46
Location: Semarang
Daily Vehicle: KWR AGS - ANGL CVT - ANF TRD

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by akur79 »

dogar wrote: Berarti head to headnya adalah ANGL XV CVT vs Lio E CVT dgn selisih harga hanya 1,5jt (jangan-jangan harga ANGL NIK 2014 sama atau
lebih mahal?).
Dengan selisih yg tipis itu jadi pilihan yg sungguh berat.
ANGL populasi sudah lumayan banyak, tidak perlu kuatir dgn "surprise yg tidak perlu".
Lio lebih fresh, NIK 2014, brand image nya juga relatif lebih kuat.
ya bro dogar, perbandingannya XV CVT ama lio E CVT, ane juga sempat bingung pilihnya, bahkan sempat bikin post thread di suggestion corner tanya sesepuh2, senior2 dan rekan2 disini mau ambil ANGL atau si Lio. Tapi akhirnya jatuh ke ANGL pada akhirnya, alasan utama :
1. Lio lebih mahal jatuhnya (ane akhirnya meminang yg versi SV CVT yg di 174jt, karena dipikir2 budget selisih 20jt ama si lio, bisa dibuat upgrade audio 3way, pake 2din+GPS dan rear camera, bikin cover jok, kaca film depan, antikarat/paint protection.. dan eng ing eng.. sekarang malah ANGL ane udah ane tmbh2in pernik2 tsb)
2. Barang ready stok untuk ANGL, ane pesan, langsung 2 hari dikirim kerumah. Kalo si Lio, sampai saat ane batalin inden kemarin persis dan tanya si sales honda, si lio brownish yg ane dulu inden sejak november, unit belum datang di semarang.
si ANGL malah skrg genap berusia 3 minggu di garasi ane.

kalo NIK 2014 kayaknya diskon max cuma 10 jt, jadi jatuh2nya bisa lebih mahal ANGL NIk 2014 dari si lio ini.
HouseOfDetailing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sat May 11, 2013 12:01

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by HouseOfDetailing »

GL sebenarnya berada 1 kelas di atas Monyong.Dia berbasis sasis Note yang sekelas dengan Jazz dkk.Yah no comparison lah di compare ama Monyong yang basisnya... :ngacir:
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by madcat015 »

HouseOfDetailing wrote:GL sebenarnya berada 1 kelas di atas Monyong.Dia berbasis sasis Note yang sekelas dengan Jazz dkk.Yah no comparison lah di compare ama Monyong yang basisnya... :ngacir:
Berio Sotoy... :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat: