Re: Aki mobil yang dipakai
Posted: Fri Apr 06, 2012 13:01
Tapi kalau pakai aki basah untuk grand livina berpotensi menetes trus kena kopling. Jadi gimana tuh Om DOHC?
Indonesian Automotive Discussion Forum
https://www.serayamotor.com/diskusi/
Aki MF yg masih pakai material calcium mungkin beda harganya ga begitu jauh dibanding yg basah (merk umum disini)DOHC wrote:itu lah om... serba salah kalo mobil lipina...
make aki basah, pasti air nya bakal sering kurang, seminggu bisa sperempat botol nambahin air aki... dan tentu nya ngisi nya musti bener2 pas, kalo ga kena resiko netes...
make aki MF... kayanya ruang mesin yg kelewat panas atau charge listrik yg kelewat gede, jadi nya ntuh gel2 di dalem aki MF tsb jadi menguap melalui cover aki tsb...
tapi saran ane sehh, mungkin tetep lebi baik stick wit aki MF aj kali yahh... at least resiko kena netes air aki kaga ada, dan harga aki MF jg ga mahal2 amat dibanding yg basah...
cmiiw
kira-kira gambarnya seperti dibawah ini waktu tempohari bandingin GS yg "calcium" dan amaron yg katanya "silver"imsus2c wrote:Aki MF yg masih pakai material calcium mungkin beda harganya ga begitu jauh dibanding yg basah (merk umum disini)DOHC wrote:itu lah om... serba salah kalo mobil lipina...
make aki basah, pasti air nya bakal sering kurang, seminggu bisa sperempat botol nambahin air aki... dan tentu nya ngisi nya musti bener2 pas, kalo ga kena resiko netes...
make aki MF... kayanya ruang mesin yg kelewat panas atau charge listrik yg kelewat gede, jadi nya ntuh gel2 di dalem aki MF tsb jadi menguap melalui cover aki tsb...
tapi saran ane sehh, mungkin tetep lebi baik stick wit aki MF aj kali yahh... at least resiko kena netes air aki kaga ada, dan harga aki MF jg ga mahal2 amat dibanding yg basah...
cmiiw
tapi kalau sudah silver (perak) atau merk "branded", lumayan juga loh bedanya...
minggu kemarin coba bandingin di surabaya, aki MF merk GS paling 800ribuan (standard santi, NS70), habis itu nanya merk amaron, dengan kapasitas/ukuran yg sama, pricelistnya 1.2 juta, alias beda 50%
yg jual sih, bilangnya beda di material plat-nya, kalau GS masih calcium based-, yg amaron sudah silver-based
ane coba bantu jawab yah bro.....ilhami wrote:Tapi kalau pakai aki basah untuk grand livina berpotensi menetes trus kena kopling. Jadi gimana tuh Om DOHC?
penyederhanaan dan penyamarataan dari pengucapan merk dagang produk anti karat dari SHELL; FLINTKOTEy_anjasrana wrote:plinkut itu apa ya? yg buat anti karat itu ya?
nahhhh...... betul sekaleeee.... hehehe......imsus2c wrote:penyederhanaan dan penyamarataan dari pengucapan merk dagang produk anti karat dari SHELL; FLINTKOTEy_anjasrana wrote:plinkut itu apa ya? yg buat anti karat itu ya?
ya saking populer-nya, semua anti karat dibilang Flintkote (plinkut)
sama seperti di air minum kemasan, semua dibilang "AQUA"
sjamsul wrote:ane coba bantu jawab yah bro.....ilhami wrote:Tapi kalau pakai aki basah untuk grand livina berpotensi menetes trus kena kopling. Jadi gimana tuh Om DOHC?
Ane ga tau di mbl lipina, apakah ada tatakan aki yg terbuat dr plastik. Nah, klo ada cairan aki yg meluap, akan tertampung di tatakan aki tsb. Jadi ga akan merusak bagian lainnya. Trus ada baiknya di bagian bawah aki, diberikan pelindung spt plinkut.... yg berguna melindungi bagian bawah aki.....
smoga bermanfaat.....
AD74YA wrote:Hallo,
Mencoba share aki yang saya gunakan di mobil saya New CRV 2009. Yaitu Amaron tipe 55B24LS dan Rocket NX100-S6LS, keduanya adalah aki MF (maintenance Free) karena saya malas isi air aki...
Latar belakang: Pertama kali mobil datang menggunakan aki Yuasa, yang mana menurut saya juga termasuk aki bagus.. Berhubung beberapa bulan setelah mobil datang saya memasukkan perangkat audio tambahan, saya juga keracunan installer untuk "membenahi" sistem kelistrikan dengan penggantian aki dengan "Spek Audio" yang mana memiliki CCA lebih tinggi. Dengan CCA lebih tinggi, maka kelistrikan mobil yang dipenuhi oleh banyak perangkat tambahan seperti Audio, dan HID bisa lebih stabil dan semakin kuat tenaganya dibanding memakai aki standar. CCA sendiri singkatan dari Cold Cranking Amps.. Saya yakin master-master disini sudah tau...
Nyaris 2 tahun yang lalu saya kepincut dengan Amaron, jujur saja karena advertising performanya yang menggiurkan. Akhirnya saya pesan satu ke poeticmind. Berikut bentukannya:
Review saya mengenai Aki ini adalah :
Kelebihan:
1. Made in India (masih asli sana hehehe)
2. Bentuk, design yang unik dan warna yang eye-catching
3. Tenaganya besar, CCA 360, RC 75. (compare yuasa basah CCA 300)
4. Silver based, saya gak gitu ngerti, tapi......
5. ....Awet dan cepat re-charge nya....
Kekurangan :
1. Berat, mungkin karena terlalu banyak tambahan di casingnya
2. Warnanya...... Hijau.........
3. Harganya tinggi, mungkin karena advertising yang gencar
4. Nggak ada keterangan spesifikasi apapun di casing akinya
Juli 2011 umur aki Amaron saya berumur 2 tahun, sayangnya karena ke bloonan yang jaga rumah, ketika saya tinggal ke Bali selama 4 hari, kunci kontak tiap dia selesai memanaskan mobil saya berada di ACC, bukan OFF. (sistem kunci sudah saya ganti juga, sehingga kunci selalu menempel di lubang starter.. err agak susah menjelaskan). Walhasil, setelah 3 hari berada di ACC, Amaron saya jadi soak (D*MN IT!!), padahal terakhir service saya cek CCA nya masih 330... Bahkan Amaron saya kali ini nggak mau di charger,,, berarti udah bener-bener soak dalemannya... (sebelumnya sudah pernah kejadian seperti ini juga beberapa kali)
Akhirnya saya berniat untuk ganti Aki... berhubung Batcap stock sedang kosong... Saya coba cari yang lain... Jaman dulu aki MF dan kering yang terkenal bagus untuk audio adalah Optima... Lagi-lagi Optima sudah nggak tau siapa yang pegang merk (harganya kemahalan, nggak ada yang mau beli). Lalu saya adakan pencarian manual keliling bandung.
Yang saya dapati sebagai berikut (aki untuk new CRV):
1. Delkor NS70MF, MF, 330 CCA (-18 'C)
2. Quantum, MF, CCA 350
3. Global, MF, CCA 330
4. Yuasa, MF, CCA 310
5. Rocket NX100, CCA 430.
Yang lain: Amaron, Stinger, dll lagi kosong stok dari distributornya di bandung.... Sial bener.. Udah mobil ga bisa jalan, cari sendiri keliling toko, malah lagi pada kosong...
Jadi mau gak mau pilihan jelas ke Rocket, sebuah aki performance dari Global group. Sebenernya di advertisingnya Rocket dipake di mobil balap...
Coba Rocket... Dengan CCA 430... Bongkar-pasang aki sendiri.. cukup repot karena banyak kabel audio dan VS yang seliweran... Begitu di starter: Buset!!! Starter mobil jadi jauh lebih instan.... Saya coba setel audio, suara jadi lebih open dibanding menggunakan Amaron.
Berikut gambar Rocket:
Review singkat tentang aki Rocket ini:
Kelebihan:
1. Bentuknya OEM, I like it that way...
2. Posisi pembaca kondisi aki mudah dibaca dibanding amaron
3. CCA dan RC besar, 430 + 75
4. Murah
5. Made in Korea
Kekurangan:
1. Built quality terlihat kurang baik.. casing terasa kasar, bahkan Yuasa keliatan lebih baik perlindungan akinya dari luar
Kesimpulan:
Overall saya cukup kaget dengan performa Rocket, yang lebih baik dari Amaron sebagai penyedia daya. Tetapi bagaimana ketahanannya belum terbukti...Amaron di sisi lain memiliki daya tahan yang sangat baik, tetapi harga yang tinggi.
Harga Amaron saat saya beli dari poetic adalah 800 ribuan, saat ini sudah saya cek ulang untuk tipe saya di jakarta berada di 1 jutaan.
Rocket di harga 600 ribu flat...
NB:
1. Alternator (dinamo ampere) mobil dalam kondisi standar.
2. Ini hanya berupa sharing, saya tidak menjual, atau mempromosikan barang-barang yang saya tulis disini
Mohon maaf jika ada kesalahan2, maaf saya newbie... Mohon koreksinya
imsus2c wrote:sundul trid lama....sekalian nanya...
apa sudah ada yg pernah pake aki merk "hankook"?
tempohari ganti buat odyssey (2002), yg tanpa disangka-sangka aki-nya soak mendadak...
tubruk sana-sini, akhirnya disalah satu bengkel (di semarang), nawarin barang promo, aki merk Hankook jenis aki MF
harga promo, plus masih dikurangi lagi aki lama/bekas dihargai rp. 200.000,-
penawaran yang sangat menarik, karena jatuhnya hanya keluar duit sekitar 400ribu saja, akhirnya diputuskan untuk ambil
kalau lihat kardus dan body-nya, ada tulisan "made in korea"
lihat-lihat referensi di internet, pabrikannya ternyata bernama atlasbx http://www.atlasbx.co.kr/eng/main/mainAction/Init.do
merk hankook battery sendiri ada dihalaman catalogue: http://www.atlasbx.co.kr/eng/customer/c ... og_List.do
padahal saya kira juga bikinan pabrik ban dengan merk yang sama
posisi sekarang masih dipakai kurang lebih 3 bulan, jadi belum bisa kasih review sejauh ini sih kalau performa start mesinnya masih instant
rumus ini msh berlaku smapai skrg kah?doq wrote:kaget jg ternyata umur aki d mobil udah 4 taon...............ini aki kering lhoooo.
..........umumnya aki kering berumur rata2 lbh pendek dr aki konvensional, at least begitu yg sy dengar
so boleh donk seneng punya aki kering yg awet melebihi ekspektasi? hehehehehehehe
jujur aja, ekspektasi sy terhadap umur aki ini paling hanya sekitar 3 taunan.....................
laporan lah lg, udah 1.5 taun skrg ya?...masih maknyus?Hansen wrote:akhirnya aki bawaan x-trail T31 ane yg berjenis GS astra Hybrid 55D23L udah ane pensiunkan karena udah mulai kurang tokcer starternya alias kalo starter pagi2 puanjang banget kayak uda hampir ga bisa starter... umur aki tsb 2 tahun 5 bulan
dan penggantinya ane pake GS astra MF 55D23L yg warna akinya hitam.....
sekian laporannya...
imsus2c wrote:
pengalaman dengan ody dengan aki hankook ini, kejadian baru 3 minggu laluandy1800 wrote:udah setengah taun....
tetep blm lama siih ya...tp mengingat ini merk yg tidak umum...jd reviewnya perlu dipersering
weh 5 taon full audio....... bagi dong tip triknya.... ntuh mobil tiap hari dipake ato banyak nganggunya ?poeticmind wrote:udah ane bilangin amaron butut... aneh kalo orang2 audio nyaranin pake amaron... dijual nya mahal pula, wong aki murah... semprul...
cape de...
ane pake rocket dari taun 2005, cuma bertahan sampe tahun 2010... full audio..
dari 2010, ane sekarang pake delkor 80amps NX100... konyol nih aki belum soak2... bosen...
4 tahun = 48 bulan kan ? kalo 36 bulan ntuh 3 taonNightster Guy wrote:Pake Rocket MF, casing putih, bertahan tepat 4 taun (36 bulan) tapi 2-3 bulan terakir tinggal dipaksa aja, mesti panasin mobil tiap pagi-sore.
Karena puas ama performa Rocket, beli lagi, kali ini udah bodi item, tipe sama persis. Sejak Januari 2010, gak da penurunan performa.
Catatan: Mobil full estede gak da utakatik apapun sektor kelistrikan/audio/tanpa alarm.
nah iya...untung ga jadi ambil amaron tempohari, jadinya pakai rocket buat si santipoeticmind wrote:udah ane bilangin amaron butut... aneh kalo orang2 audio nyaranin pake amaron... dijual nya mahal pula, wong aki murah... semprul...
cape de...
ane pake rocket dari taun 2005, cuma bertahan sampe tahun 2010... full audio..
dari 2010, ane sekarang pake delkor 80amps NX100... konyol nih aki belum soak2... bosen...
dengan ini :
masihandy1800 wrote:laporan lah lg, udah 1.5 taun skrg ya?...masih maknyus?Hansen wrote:akhirnya aki bawaan x-trail T31 ane yg berjenis GS astra Hybrid 55D23L udah ane pensiunkan karena udah mulai kurang tokcer starternya alias kalo starter pagi2 puanjang banget kayak uda hampir ga bisa starter... umur aki tsb 2 tahun 5 bulan
dan penggantinya ane pake GS astra MF 55D23L yg warna akinya hitam.....
sekian laporannya...
lha itu bukannya udah saya review di atasandy1800 wrote:klo GS Calcium MF ini kok mlh blm ada yg review ya?imsus2c wrote: