Aki mobil yang dipakai

Mau mengadakan polling? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply

Merk aki mobil yang bagus

Poll ended at 03 Sep 2008, 10:52

Bosch
1
8%
Delkor
2
15%
G-Force
0
No votes
Global
0
No votes
GS
8
62%
Massiv
0
No votes
Rocket
1
8%
Yuasa
1
8%
 
Total votes: 13

User avatar
Rebellion
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: 18 Apr 2013, 11:40
Location: Bandar Lampung

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by Rebellion »

sjamsul wrote: susah starter maksudnya apa yah bro ?...apakah saat distarter putaran mesinnya melemah atau putaran mesin kenceng, tp agak susah idupnya ?....klo putaran mesin agak melemah saat distarter, boleh diperiksakan kondisi akinya, tp klo putaran mesinnya normal dan idupnya agak susah, boleh diperiksakan kondisi mesin nya....mungkin perlu tune up mobilnya...

smoga bermanfaat...............
putaran mesin normal kok bro, ini memang gejalanya sama persis dengan aki yg dulunya bawaan baru beli mobil (aki non MF) barusan td uda saya bawa ke sh#p n drove memang akinya yg kena klo yg laen masih sehat, sekarang uda pake yg ns 60 sudah gress lg :mky_02: oiya FYI klo yg dlampung mo beli aki yg ada garansi 18 bulan bisa coba
ke sh#p n drove nanti dikasih kartu servis akinya (kalo saya per 3 bln bawa kesana lg untuk cek rutin dan wajib klo gk garansi hangus :mky_06: ) [imo,cmiiw] :big_peace:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by sjamsul »

Rebellion wrote:
sjamsul wrote: susah starter maksudnya apa yah bro ?...apakah saat distarter putaran mesinnya melemah atau putaran mesin kenceng, tp agak susah idupnya ?....klo putaran mesin agak melemah saat distarter, boleh diperiksakan kondisi akinya, tp klo putaran mesinnya normal dan idupnya agak susah, boleh diperiksakan kondisi mesin nya....mungkin perlu tune up mobilnya...

smoga bermanfaat...............
putaran mesin normal kok bro, ini memang gejalanya sama persis dengan aki yg dulunya bawaan baru beli mobil (aki non MF) barusan td uda saya bawa ke sh#p n drove memang akinya yg kena klo yg laen masih sehat, sekarang uda pake yg ns 60 sudah gress lg :mky_02: oiya FYI klo yg dlampung mo beli aki yg ada garansi 18 bulan bisa coba
ke sh#p n drove nanti dikasih kartu servis akinya (kalo saya per 3 bln bawa kesana lg untuk cek rutin dan wajib klo gk garansi hangus :mky_06: ) [imo,cmiiw] :big_peace:
sip bro... :)
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: 08 Feb 2012, 18:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by Jambangan »

sjamsul wrote: hmmm.....susah distarter maksudnya putaran mesin rendah saat distarter atau putaran mesin normal saat distarter bro ?....klo putaran mesinnya normal saat distarter, baiknya mobil di tune up....tp klo putarannya lemah saat distarter, boleh curiga akinya.... klo sdh diperiksa disana dan katanya akinya ok, ada baiknya nt bersihkan kepala aki....ada kemungkinan kepala akinya kotor, shg arus listrik yg dipake akan terhambat....akibatnya starter jadi berat atau beberapa kali baru idup mesinnya....

Nah, mulainya dari melihat kepala akinya...apakah ada putih2 spt garam gitu apa kaga...klo ada putih2 spt itu, baiknya segera dibersihkan......
Ada baiknya nt tulis mobil apa yg dipake bro.....apakah kijang atau panther atau bemo gituuuuu......biar jelas....hahahahaha... :upss:

sip bro...ur welcome....
Lapor om

Jumat kemaren ane bawa mobil ane ke beres ternyata aki,dinamo starter & sensor2 msh oke om. Penyebabnya ternyata tekanan BBM rendah makanya sulit starter
Kemungkinan masalah di fuel pump atau filter BBM. Berhubung fuel pump harus inden jadinya filter BBM dulu yg diganti. Syukurlah ternyata setelah filter diganti starter normal lagi. Masalahnya ternyata filternya yg retak jadinya tekanan BBM turun
Padahal filter baru ane ganti di odo 37rb KM di bengkel deket rumah. Masak di odo 48rb KM filternya retak. Kyknya dapet barang aspal nih :e-think:

Mobilnya nissan x-trail 2003 om. Odo 48rb KM. Jarang bgt dipake :big_peace:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by sjamsul »

Jambangan wrote:
sjamsul wrote: hmmm.....susah distarter maksudnya putaran mesin rendah saat distarter atau putaran mesin normal saat distarter bro ?....klo putaran mesinnya normal saat distarter, baiknya mobil di tune up....tp klo putarannya lemah saat distarter, boleh curiga akinya.... klo sdh diperiksa disana dan katanya akinya ok, ada baiknya nt bersihkan kepala aki....ada kemungkinan kepala akinya kotor, shg arus listrik yg dipake akan terhambat....akibatnya starter jadi berat atau beberapa kali baru idup mesinnya....

Nah, mulainya dari melihat kepala akinya...apakah ada putih2 spt garam gitu apa kaga...klo ada putih2 spt itu, baiknya segera dibersihkan......
Ada baiknya nt tulis mobil apa yg dipake bro.....apakah kijang atau panther atau bemo gituuuuu......biar jelas....hahahahaha... :upss:

sip bro...ur welcome....
Lapor om

Jumat kemaren ane bawa mobil ane ke beres ternyata aki,dinamo starter & sensor2 msh oke om. Penyebabnya ternyata tekanan BBM rendah makanya sulit starter
Kemungkinan masalah di fuel pump atau filter BBM. Berhubung fuel pump harus inden jadinya filter BBM dulu yg diganti. Syukurlah ternyata setelah filter diganti starter normal lagi. Masalahnya ternyata filternya yg retak jadinya tekanan BBM turun
Padahal filter baru ane ganti di odo 37rb KM di bengkel deket rumah. Masak di odo 48rb KM filternya retak. Kyknya dapet barang aspal nih :e-think:

Mobilnya nissan x-trail 2003 om. Odo 48rb KM. Jarang bgt dipake :big_peace:
hmmm.... filter bbm pada mbl yg ane pake (kijang diesel 97), biasanya tiap 10 rb km ane ganti.....termasuk filter oli, oli vers dan gardan....ane ga tau brp km di mbl tsb baiknya diganti...mungkin nt dapet produk yg kurang bagus..... :)
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by kompresorz »

aki varta mf blue dinamik e36 saya mulai jalan mendekati 6 tahun...semoga sanggup 10 tahun...
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: 21 Dec 2007, 11:45

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by BADAK »

kompresorz wrote:aki varta mf blue dinamik e36 saya mulai jalan mendekati 6 tahun...semoga sanggup 10 tahun...
Wah dahsyat akinya :frm_tumbleft:
Dulunya beli harga berapa om?
Mungkin bisa dihitung kalo dibandingkan dgn aki biasa, dr segi harga dan keawetan worthed mana yah :e-think:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by kompresorz »

saya beli di bengkel bmw tahun 2008..

varta MF blue 95 AH 2.2jt..belum lama tanya 2.4 jt di bengkel bmw sama..tp msh 95AH apa 100 AH yg terbaru lupa..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by Turboman »

BADAK wrote:
kompresorz wrote:aki varta mf blue dinamik e36 saya mulai jalan mendekati 6 tahun...semoga sanggup 10 tahun...
Wah dahsyat akinya :frm_tumbleft:
Dulunya beli harga berapa om?
Mungkin bisa dihitung kalo dibandingkan dgn aki biasa, dr segi harga dan keawetan worthed mana yah :e-think:
Ingat, itu posisi akinya di bagasi belakang, nggak kena panas mesin :mrgreen:
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by kompresorz »

aki varta Mf w204 ns 70 5,3 tahun...gak tau harganya..posisi di mesin blakang

delkor MF ns 70 beli 1 juta lewat dikit...lupa...n masih aktif belum 1 tahun
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by kompresorz »

kalo w204 pemakaian 103ribuan...waktu itu dengan kondisi ganti lampu HID 55wat atas bawah..kalo awal buka pintu n matikan mesin otomatis hidup lampu senja n foglam HID bbrp saat..
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: 21 Dec 2007, 11:45

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by BADAK »

Turboman wrote:
BADAK wrote:
kompresorz wrote:aki varta mf blue dinamik e36 saya mulai jalan mendekati 6 tahun...semoga sanggup 10 tahun...
Wah dahsyat akinya :frm_tumbleft:
Dulunya beli harga berapa om?
Mungkin bisa dihitung kalo dibandingkan dgn aki biasa, dr segi harga dan keawetan worthed mana yah :e-think:
Ingat, itu posisi akinya di bagasi belakang, nggak kena panas mesin :mrgreen:
Coba beli merk aki yg biasa ada di pasaran om, trz ditaruh dibagasi belakang, tetep aja gak bisa seawet itu :mrgreen:
Dari segi tekhnologi dan material udah jelas2 beda dgn aki konvensional pada umumnya.
Aki basah DIN konvensional 100 ampere seingat saya harganya jg di atas 1juta lebih, itupun mungkin cmn bisa awet 2,5-3tahun aja. Jadi dgn harga 2juta bisa sampe 6th saya rasa worthed neh..
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by kompresorz »

klo saya berpikir sebenarnya spy gak kerja 2x..krn merepotkan ketika ada urusan penting mendadak dijalan mogok..apalg matik..syukur2 ada rejeki 5 tahun ganti mobilnya sebelum K O akinya...

nah skrg yang seri terbaru itu namanya silver n yang ada 100AH 2,4 jt(klo gak salah)...n klo mau beli merk varta lebih baik ke bengkel spesialis bmw krn ada garansi 1 tahun di bengkel langganan...

ya di mobil jepang sempat jg rasain aki2 merk lain rata2 sih 1,5-2 tahun...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by Turboman »

BADAK wrote: Coba beli merk aki yg biasa ada di pasaran om, trz ditaruh dibagasi belakang, tetep aja gak bisa seawet itu :mrgreen:
Dari segi tekhnologi dan material udah jelas2 beda dgn aki konvensional pada umumnya.
Aki basah DIN konvensional 100 ampere seingat saya harganya jg di atas 1juta lebih, itupun mungkin cmn bisa awet 2,5-3tahun aja. Jadi dgn harga 2juta bisa sampe 6th saya rasa worthed neh..
Hoki2-an juga

ada Hopeng ane pake aki basah merek Massive bisa kuat ampe 4 tahun, di mobil Diesel, posisi aki di ruang mesin malah.......temen ane orangnya analitis, jadi reportnya gak mungkin boong punya

ada lagi teman lain pakai Optima Yellow Top gak sampe setahun RIP.......wekeekkeekekek

Konon ada yg pernah mengatakan kalau aki MF itu tergantung bulan / tahun produksinya, sebisa mungkin dapetin yg masih Fresh from d oven.

Plus faktor "hoki" dan gimana sistem charging mobil kita juga sgt berpengaruh....hehehehe
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by kompresorz »

susah jg klo soal hoki..seperti ada jg varta 2-3 tahun udah mati...

tapi lihat dr sekian bnyk produksi...n anggaplah sama2 kondisi mobil baik..

makanya peran garansi penjual itu jg utama...
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: 21 Dec 2007, 11:45

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by BADAK »

Turboman wrote:
BADAK wrote: Coba beli merk aki yg biasa ada di pasaran om, trz ditaruh dibagasi belakang, tetep aja gak bisa seawet itu :mrgreen:
Dari segi tekhnologi dan material udah jelas2 beda dgn aki konvensional pada umumnya.
Aki basah DIN konvensional 100 ampere seingat saya harganya jg di atas 1juta lebih, itupun mungkin cmn bisa awet 2,5-3tahun aja. Jadi dgn harga 2juta bisa sampe 6th saya rasa worthed neh..
Hoki2-an juga

ada Hopeng ane pake aki basah merek Massive bisa kuat ampe 4 tahun, di mobil Diesel, posisi aki di ruang mesin malah.......temen ane orangnya analitis, jadi reportnya gak mungkin boong punya

ada lagi teman lain pakai Optima Yellow Top gak sampe setahun RIP.......wekeekkeekekek

Konon ada yg pernah mengatakan kalau aki MF itu tergantung bulan / tahun produksinya, sebisa mungkin dapetin yg masih Fresh from d oven.

Plus faktor "hoki" dan gimana sistem charging mobil kita juga sgt berpengaruh....hehehehe
Percaya. Ane sendiri jg pernah nemuin langganan pake Mas*iv* yg notabene termasuk cheap battery bisa smp 3-4th, mengalahkan aki dgh harga di atasnya.
Tapi ane gak setuju kalo umur aki ini banyak dipengaruhi oleh hoki :mrgreen:
Hoki ini cmn sedikit faktor aja, lebih banyaknya karena faktor teknis yg berpengaruh mengakibatkan umur aki pada tiap mobil tidak sama. Taruhlah aki A & B dgn ampere yg sama, aki A harga 600rb, dibandingkan aki B seharga 400rb, tentunya komposisi material dan tekhnologi yg diterapkan sudah berbeda. Kalopun aki B ada yg awet, itu tidak akan mengalahkan jumlah persentase keawetan aki A. Kalo aki B bisa mendekati persentase aki A, maka pabrik aki A bakal gulung tikar semua :mrgreen:

Semua aki pada umumnya mmg lebih baek yg fresh, karena aki MF dan hybrid sudah ada stroom nya makanya waktu aktifnya jg lebih pendek.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by Turboman »

BADAK wrote: Hoki ini cmn sedikit faktor aja, lebih banyaknya karena faktor teknis yg berpengaruh mengakibatkan umur aki pada tiap mobil tidak sama. Taruhlah aki A & B dgn ampere yg sama, aki A harga 600rb, dibandingkan aki B seharga 400rb, tentunya komposisi material dan tekhnologi yg diterapkan sudah berbeda. Kalopun aki B ada yg awet, itu tidak akan mengalahkan jumlah persentase keawetan aki A. Kalo aki B bisa mendekati persentase aki A, maka pabrik aki A bakal gulung tikar semua :mrgreen:
Teorinya begitu

tapi realita di lapangan sering berkata lain

ane pernah pake aki murah INCOE di ToKiDies bisa bertahan hampir 3 tahun, walau garamnya dah gak ketulungan banyaknya

Pake Yuasa bertahan hanya 1 tahunan juga pernah, di mobil yg sama.

Memang scr general sih teori yg om sebut masuk akal, dengan catatan jika akinya lahir dr persh yg sama

barang ginian kan dah kayak shampoo / sabun aja.......harga jual juga dipengaruhi biaya "iklan" mereka....hehehehehehe

Just my two cecengan
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: 21 Dec 2007, 11:45

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by BADAK »

Saya berpendapat bukan hanya dr teori koq om, tp juga dr kenyataan di lapangan :)
Biaya "iklan" bisa dimasukkan, seandainya harga aki tidak terpaut jauh. Tapi kalo harga aki sudah terpaut jauh, maka bisa dipastikan tekhnologi & komposisi material pada aki berbeda.
Secara general:
Kalo ada aki murah yg lebih panjang umurnya drpd aki yg mahal, ini yg bisa disebut hoki.
Tapi kalo aki mahal (dgn komposisi & teknologi lebih bagus) lebih awet drpd aki murah, menurut ane ini sudah mutlak.

Just my two cecengan juga :big_peace:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by Turboman »

BADAK wrote: Tapi kalo aki mahal (dgn komposisi & teknologi lebih bagus) lebih awet drpd aki murah, menurut ane ini sudah mutlak.

Just my two cecengan juga :big_peace:
Kalo menurut saya sih gak semua........perlu pembuktian juga......nanti akan ketahuan mana produsen yg bener dan yg san ci pa

Juga kalo akinya improt = ada beban biaya ongkir yg gak murah

Well...daripada ributin aki mahal vs aki murah vs teori awet / nggak awetnya gimana kalo sharing utk aki2 yg well proven berdasarkan realita aja

Teman2 saya di IC lately cukup banyak yg pake Amaron hijau dan report puas, kinerja stabil dlm jangka panjang.

Lalu utk Delkor MF, komen yg saya dengar macam2, katanya Delkor yg skg kurang awet lah dll, tapi ane skg pake di Ipah udah setahun lebih sih puas, kinerja relatip stabil.

Bagaimana dengan merek Rocket & merek2 Korea lainnya ? any opinion ?

Kalo yg bikin ane curious sih Amaron Pro :
Image

Mrk kasih garansi sampe 5 tahun.......apa benar bisa awet sampe 5 tahun yak ?
richard t
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 291
Joined: 19 Nov 2012, 13:45

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by richard t »

Turboman wrote:
BADAK wrote: Tapi kalo aki mahal (dgn komposisi & teknologi lebih bagus) lebih awet drpd aki murah, menurut ane ini sudah mutlak.

Just my two cecengan juga :big_peace:
Kalo menurut saya sih gak semua........perlu pembuktian juga......nanti akan ketahuan mana produsen yg bener dan yg san ci pa

Juga kalo akinya improt = ada beban biaya ongkir yg gak murah

Well...daripada ributin aki mahal vs aki murah vs teori awet / nggak awetnya gimana kalo sharing utk aki2 yg well proven berdasarkan realita aja

Teman2 saya di IC lately cukup banyak yg pake Amaron hijau dan report puas, kinerja stabil dlm jangka panjang.

Lalu utk Delkor MF, komen yg saya dengar macam2, katanya Delkor yg skg kurang awet lah dll, tapi ane skg pake di Ipah udah setahun lebih sih puas, kinerja relatip stabil.

Bagaimana dengan merek Rocket & merek2 Korea lainnya ? any opinion ?

Kalo yg bikin ane curious sih Amaron Pro :
Image

Mrk kasih garansi sampe 5 tahun.......apa benar bisa awet sampe 5 tahun yak ?
Boleh dicoba nih , thanx inpo nya om Turboman. Delkor & Rocket mirip2, pernah dicoba di kijang disel . Kalau yg agak awet di saya yuasa black top , bawaan mobil asli nya.
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by kompresorz »

amaron bukannya lumayan mahal harganya ya...walau msh dibawah varta(jerman)...jd msh tetap pake varta

garansi toko 6 bulan pernah ditawarin...ktnya buatan amerika yg pabriknya pindah ke india..cmiiw

tp setau saya aki yg bagus ato lebih ato imbang dgn varta saya di beritahu pemilik bengkel bmw sih die hard buatan amerika(bnar gak tuh namanya)...harga entah lebih mahal dr varta ktnya...

varta gak salah ingat sih di komunitas bmw bisa sampe 7 tahun...semoga saya bisa menyamai minimal...

saya sih biasanya praktekin spy tau n gak penasaran..die hard aja gak tau beli dmana n pedagang yg bisa dipercaya seperti varta..
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Location: almost there...

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by imsus2c »

Turboman wrote:
BADAK wrote: Tapi kalo aki mahal (dgn komposisi & teknologi lebih bagus) lebih awet drpd aki murah, menurut ane ini sudah mutlak.

Just my two cecengan juga :big_peace:
Kalo menurut saya sih gak semua........perlu pembuktian juga......nanti akan ketahuan mana produsen yg bener dan yg san ci pa

Juga kalo akinya improt = ada beban biaya ongkir yg gak murah

Well...daripada ributin aki mahal vs aki murah vs teori awet / nggak awetnya gimana kalo sharing utk aki2 yg well proven berdasarkan realita aja

Teman2 saya di IC lately cukup banyak yg pake Amaron hijau dan report puas, kinerja stabil dlm jangka panjang.

Lalu utk Delkor MF, komen yg saya dengar macam2, katanya Delkor yg skg kurang awet lah dll, tapi ane skg pake di Ipah udah setahun lebih sih puas, kinerja relatip stabil.

Bagaimana dengan merek Rocket & merek2 Korea lainnya ? any opinion ?

Kalo yg bikin ane curious sih Amaron Pro :
Image

Mrk kasih garansi sampe 5 tahun.......apa benar bisa awet sampe 5 tahun yak ?
Rocket ok pak, setidaknya sesuai pengalaman saya pakai di santi dan oddy, yg oddy sebelumnya pakai hankook

Entah kebetulan atau tidak, tempohari mampir di 2 bengkel (spesialis) di 2 kota berbeda

- di surabaya, spesialis Mitsubihi tuner, dari yg evo iv sampai x, dan galant 6a13tt, semuanya pakai Rocket, mekanik/tuner-nya juga sarankan rocket, balans antara performa dan harga
- di semarang, ada beberapa tokinov d4d, pakai rocket juga
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by marmut »

dapet tips dari temen, kalau mau aki panjang umur, setelah diisi accu zuur jangan langsung dipakai. alangkah baiknya didiamkan minimal 24 jam dulu. iseng saya praktekkan waktu beli aki baru yuasa 70 amper, saya diamkan dulu 2 hari sebelum dipasang di mobil, bisa bertahan 3,5 tahun.
pernah juga langsung dipakai setelah beli (yuasa 65 amper), bisa bertahan 2 tahun lebih 2 bulan.
apakah ini hanya kebetulan atau memang ada pengaruhnya, entahlah....
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by Turboman »

Utk aki basah kalau mau awet kasih EDTA setahun sekali

kalau usia udah di atas 1,5 tahun kasih EDTA sekitar 6 bulan sekali (dosis perawatan)

Adalagi teknik lain dulu teman saya pernah lakukan :
6 bulan sekali buang total air aki dan masukkan aki zuur baru......konon akinya awet juga

cuman limbahnya iniii........meracuni lingkungan........
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by marmut »

walaupun menurut saya harga 600-700ribu untuk 2 tahun adalah wajar, tapi tidak ada salahnya mencoba EDTA.....
matur nuwun oom Turboman.
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 673
Joined: 20 Jun 2012, 01:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Aki mobil yang dipakai

Post by azu »

Baru saja tadi pagi ganti aki untuk Civic VTI-S 2001 AT, karena sudah ga kuat starter.. Aki sebelumnya adalah GS MF (warna ijo tua) berumur 18 bulan.. sedikit di bawah ekspektasi saya, karena awalnya saya kira aki ini bisa sampai 2 tahun umurnya.. dulu beli sekitar 600 ribuan.. sebelum pakai GS MF ini, saya pakai Hitachi MF.. umurnya lebih pendek lagi sekitar 1 tahun saja sampai tidak kuat start..

tadi pagi ke toko aki langganan (Sumber Makmur Abadi, Kebonjati Bandung) utk cari aki MF pengganti.. sampai disana, ditawarin Delkor dan Amaron sedanhkan merk lain spt GS dan Rocket tidak ada. utk yg 45ah harga delkor adalah 600rb dgn garansi 3 bulan, sedangkan amaron 800 ribu dgn garansi 1 tahun..

akhirnya tadi beli amaron dan aki bekasnya dihargain 50ribu :mrgreen:

Alasan pilih amaron krn punya pengalaman bagus jg dengan aki ini..
Dulu bapak sy punya APV.. dalam 3 tahun, udah ganti aki sampai 4 kali.. ini karena letak aki di kompartemen mesin bawah, jd males utk meriksanya.. setelah mudik lebaran 2008, aki ke 4 itu sudah ga kuat starter.. bahkan pas mudik kerjaannya dorong mobil utk starter :D begitu sampai di bandung langsung ke toko aki langganan, dan ditawarin Aki MF delkor, rocket, dan Amaron.. dulu tertarik Amaron karena berani ngasih garansi 1 tahun, dimana kami pakai aki basah biasa ga pernah sampai 1 tahun umurnya.. meskipun harganya 2 kali aki basah biasa, kami pilih amaron ini.. pas tahun 2012 kemarin mobil ini dijual, dan saat itu belum terasa ada penurunan kinerja yg signifikan dan masih mudah starter.. padahal kami sering menggunakan inverter utk charge gadget dan laptop kalau pergi2, dan untuk nyalain lampu darurat kalau PLN mati.. umur pemakaian sampai mobil dijual adalah 4 tahun krg 2bln.. jujur saja ini melebihi ekspektasi awal kami yg cuma 1 tahun bisa hidup aja udah lumayan :mrgreen:
Attachments
dus amaron
dus amaron
IMG_20140112_225042_438.jpg (102.62 KiB) Viewed 1144 times
amaron terpasang
amaron terpasang
IMG_20140112_224638_290.jpg (100.87 KiB) Viewed 1144 times
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post