alo all..
ada yg pernah lihat atau bahkan modif motor dengan dual swingarm tidak?maksudnya kl pada motor biasa swingarm kan biasa dibelakang doang..nah gimana kalo swingarm itu dipasang di depan sekaligus di belakang motor?(apa yah istilahnya..lupa..)..setahu saya sih udah ada yg pernah modif kaya gini tapi saya lupa..ada yg bisa membantu??
Modif motor dual swingarm (apa yah namanya)??
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 143
- Joined: Fri May 23, 2003 7:48
- Location: jakarta nih..diatas motor
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
- Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
Re: Modif motor dual swingarm (apa yah namanya)??
aVi wrote:alo all..
ada yg pernah lihat atau bahkan modif motor dengan dual swingarm tidak?maksudnya kl pada motor biasa swingarm kan biasa dibelakang doang..nah gimana kalo swingarm itu dipasang di depan sekaligus di belakang motor?(apa yah istilahnya..lupa..)..setahu saya sih udah ada yg pernah modif kaya gini tapi saya lupa..ada yg bisa membantu??
YAMAHA GTS & BIMOTA TESI
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 570
- Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
- Location: 600km away
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 570
- Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
- Location: 600km away
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Thu Aug 28, 2003 7:51
- Location: Depan Karfur MT
gw dah pernah baca filosofinya tuh mekanisme, ...... klo ada yg salah boleh di-comment-in .
Tujuan utama design suspensi depan pake lengan ayun adalah memindahkan tumpuan beban roda depan. Jika design konvensional beban akan diteruskan ke front fork ( shockbreaker depan ) hingga terasa di stir, nah ...... klo model lengan ayun beban akan diserap shockbreaker ( biasanya mono ) yg dihubungkan ke chasis bagian tengah. Keuntungannya adalah mereduksi efek guncangan yg sangat terasa di stir sehingga pengendalian makin mantap, keuntungan ke dua adalah efek menukik saat pengereman mendadak/panic breaking bisa dihilangkan ... so, terasa nyaman dan stabil. Sedangkan system kemudinya biasanya menggunakan mekanisme beberapa batang penghubung ( connecting rod ) plus universal joint.
Kenapa tidak populer ? ........ karena mekanismenya jadi ribyek dan motor jadi semakin berat ..... rawan rusak, lagian .. sudut beloknya jadi makin kecil ... so, manuvernya jadi kurang lincah saat meliuk-liuk di kemacetan kota.
Sebenarnya udah ada motor lokal dg suspensi model beginian ..... skutik merk Surya
Tujuan utama design suspensi depan pake lengan ayun adalah memindahkan tumpuan beban roda depan. Jika design konvensional beban akan diteruskan ke front fork ( shockbreaker depan ) hingga terasa di stir, nah ...... klo model lengan ayun beban akan diserap shockbreaker ( biasanya mono ) yg dihubungkan ke chasis bagian tengah. Keuntungannya adalah mereduksi efek guncangan yg sangat terasa di stir sehingga pengendalian makin mantap, keuntungan ke dua adalah efek menukik saat pengereman mendadak/panic breaking bisa dihilangkan ... so, terasa nyaman dan stabil. Sedangkan system kemudinya biasanya menggunakan mekanisme beberapa batang penghubung ( connecting rod ) plus universal joint.
Kenapa tidak populer ? ........ karena mekanismenya jadi ribyek dan motor jadi semakin berat ..... rawan rusak, lagian .. sudut beloknya jadi makin kecil ... so, manuvernya jadi kurang lincah saat meliuk-liuk di kemacetan kota.
Sebenarnya udah ada motor lokal dg suspensi model beginian ..... skutik merk Surya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Ckckck... cukup jelasss. Minggu lalu baca di dictionary motor, tapi gak begitu ngerti.
Pantesan model swing arm model begini gak pernah dipake utk balap. Soalnya cuma ngandelin kestabilan doank. Mungkin hanya cocok utk balap macem dragrace atau sirkuit model nascar yg oval. Soalnya rada repot buat belok-belok. Tapi tetep aja bobotnya jadi over gitu ya? Mungkin kalu dibikin single swing-arm mustinya lebih ringan kali ya?
Pantesan model swing arm model begini gak pernah dipake utk balap. Soalnya cuma ngandelin kestabilan doank. Mungkin hanya cocok utk balap macem dragrace atau sirkuit model nascar yg oval. Soalnya rada repot buat belok-belok. Tapi tetep aja bobotnya jadi over gitu ya? Mungkin kalu dibikin single swing-arm mustinya lebih ringan kali ya?
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 269
- Joined: Tue Jul 22, 2008 8:20
- Location: Karawang
Re: Modif motor dual swingarm (apa yah namanya)??
Padahal pasti lebih empuk tuh. Cm memang ribet dan cost nya pasti tinggi bgt.
Dulu Kesekolah naik Bajaj, Kemarin Kekampus naik Bajaj, Sekarang Kerja naik Bajaj..... Hidup Bajaj.