Page 1 of 6

Tune Up Semi Sport

Posted: Tue Jan 15, 2008 9:17
by arry_b
Guys,..mohon sharing n' informasinya mungkin ada yang pernah mengenal, mengetahui dan mencoba Tune Up Semi Sport (di bilangan Bintaro) yang katanya dpt memberikan kehematan FC dan peningkatan tenaga dan akselerasi secara dramatis. Mohon informasinya apakah betul demikian, apakah ada efek negatifnya untuk jangka panjang, dan bagaimana untuk mobil yang masih dalam masa garansi, apakah akan menjadi gugur? Kebetulan sy tertarik, krn my ipah n krista boros buanget, jadi penasaran dg metode tsb. Trimss sebelumnya. :beer:

Re: Tune Up Semi Sport

Posted: Tue Jan 15, 2008 15:56
by r1210g
Ini agak ga jelas bro... Saya juga ga ngerti diapain...
Semua ga tau mesin tuh diapain ama mereka...
Kalo ipah coba bawa ke tukang knalpot.
SAKI di gunsar ato Budi knalpot di permata hijau...
Innova punya downpipe kegedean.. Ini bikin boros + boyo di putaran bawah...

Re: Tune Up Semi Sport

Posted: Wed Jan 16, 2008 7:20
by y_anjasrana
Ow, yg di provis ya? Pernah kesana, tapi ga tuneup semi sport. Waktu itu ngobrol2 ma orangnya, kurang lebih port & polish aja koq. Cuma itungannya sepertinya bagus. Jadi banyak juga kesaksian orang2 yg dah pakai. Tapi waktu itu liatnya di album yg ada di bengkel.

Btw ga salah kamar nih. Mods r1210g koq diem aja seh...

Re: Tune Up Semi Sport

Posted: Wed Jan 16, 2008 12:57
by Turboman
arry_b wrote: my ipah n krista boros buanget, jadi penasaran dg metode tsb. Trimss sebelumnya. :beer:
Selain Provis anda juga bisa consider :

Utk K. Krista : ke ERC - Kepa Duri (langganan anak2 TKCC), coba teknik Dial Cam, ini banyak dilakukan oleh anak2 TKCC, membuat pumping power di RPM rendah menjadi lebih baik, utk stop & go akan lebih efisien.

Utk Ipah : ke Phoenix - Plaza Serpong, yg punyanya sudah sgt fasih menangani mesin 1 TR-FE

Btw Krista-nya udah pernah bersihin ruang bakar belom ?

Re: Tune Up Semi Sport

Posted: Wed Jan 16, 2008 15:57
by r1210g
iya2.. Baru aja liat.. Thx bro y_anjasrana..

Re: Tune Up Semi Sport

Posted: Wed Jan 16, 2008 18:36
by poeticmind
tune up semi sport? PnP kali...

weits, tuh dah dijawab ama suhu2 diatas... hehe

Re: Tune Up Semi Sport

Posted: Thu Jan 17, 2008 5:15
by arry_b
Turboman wrote:
arry_b wrote: my ipah n krista boros buanget, jadi penasaran dg metode tsb. Trimss sebelumnya. :beer:
Selain Provis anda juga bisa consider :

Utk K. Krista : ke ERC - Kepa Duri (langganan anak2 TKCC), coba teknik Dial Cam, ini banyak dilakukan oleh anak2 TKCC, membuat pumping power di RPM rendah menjadi lebih baik, utk stop & go akan lebih efisien.

Utk Ipah : ke Phoenix - Plaza Serpong, yg punyanya sudah sgt fasih menangani mesin 1 TR-FE

Btw Krista-nya udah pernah bersihin ruang bakar belom ?
Dua2nya masih standard, belum di apa2in.. :D, paling servis berkala aja di auto..

Re: Tune Up Semi Sport

Posted: Thu Jan 17, 2008 8:24
by poeticmind
PnP aja, bagus kok... tidak merusak mesin... malah jadi optimal, pembakaran bagus... tenaga nambah dan jadi lebih irit hasilnya... :)

Re: Tune Up Semi Sport

Posted: Thu Jan 17, 2008 12:00
by satyr
gw kok ga gitu yakin ya. emang reputasi bengkel itu udah bagus? setau gw masi ga sebagus macem Sigma speed, garden speed, firna, lestari motor/RS Tuning deh

pnp aja di bengkel2 di atas deh.

Re: Tune Up Semi Sport

Posted: Thu Jan 17, 2008 13:01
by GTR

Re: Tune Up Semi Sport

Posted: Thu Jan 17, 2008 13:18
by poeticmind
PnP tergantung masing2 aja... dimana-nya bisa dipilih toh banyak... yg jelas, hasil tiap PnP bisa dirasakan pemilik mobilnya nanti...
tambah enak, artinya PnP berhasil, hitungan si bengkel pas... kalo sama aja.. or worse... yaaa lagi sial aja... salah pilih bengkel...

hehehehe! tinggal cari bengkel yg paling banyak recommended nya... :P

Re: Tune Up Semi Sport

Posted: Thu Jan 17, 2008 14:20
by tonie
poeticmind wrote:PnP aja, bagus kok... tidak merusak mesin... malah jadi optimal, pembakaran bagus... tenaga nambah dan jadi lebih irit hasilnya... :)
mulai neh..... menebar racun.... hehehehehe..... :mrgreen:

Re: Tune Up Semi Sport

Posted: Thu Jan 17, 2008 14:48
by r1210g
ada yang punya hitungan PnP? Ha3...

Re: Tune Up Semi Sport

Posted: Thu Jan 17, 2008 16:50
by poeticmind
r1210g wrote:ada yang punya hitungan PnP? Ha3...
buat apa dulu nih?
utk daily use, tuner biasanya cukup memapas dinding intake sampai 1mm. utk korekan ga pernah ada ukuran pastinya... lebih juga boleh, jadinya buat drag... hehe!
terus derajat kemiringan kepala klep antara 35-45, tergantung kebutuhan... dan penyesuaian seating (tempat duduk kepala silinder) di adjust setelahnya...

ada juga papas head, tapi ga recommend sih... kalo tetep mau sebaiknya papas head jgn lebih dari 0,7mm. Lebih aman nya di 0,5 aja.
pemapasan head ga enaknya kompresi jadi tinggi, so selain mobil lebih panas, kompresi tinggi butuh bensin yg murni kek aqua gitu... forget it kalo pake premium or pertamax, enaknya di pertamax plus... :P

gitu...bro...

eh, bro... elo ini nanya beneran or cuma nge-tes orang jawab? hahahahahahha!

Re: Tune Up Semi Sport

Posted: Thu Jan 17, 2008 17:03
by r1210g
nanya beneran lah... sapa tau gw juga lagi gelo, ngebongkar mobil sendiri, nanti gw PnP sendiri...
Ha3.. paling nanti motor dulu.. Ha3...
Alatnya pake apa ya?

Re: Tune Up Semi Sport

Posted: Thu Jan 17, 2008 17:25
by poeticmind
walaaah jangan lah kalo mo ngerjain sendiri... mending elo liat dulu kerjaan tuner... baru coba sendiri.
alatnya? ini yg kita ga lengkap, kan ada bubut dsb.
dan biasanya ga ngebubut sendiri sih, ada tukang khusus yg biasa ngerjain sesuai permintaan kita... paling ntar kita kasih formulanya ke dia, dikerjain deeeh...

abis selesai, pasang2... ini juga butuh skill khusus. :P

dijamin kalo ngerjain sendiri, sebulan juga ga selesai... hehehehe

Re: Tune Up Semi Sport

Posted: Thu Jan 17, 2008 23:46
by fajarm2k
bisa ngerjain sendiri, modal bor listrik + mata bor + aplas halus + kasar + dsc/gzox/carbjet di ace hardware ada tuh. ato kalo mo "keren" kayak turner2 beli kompresor + mata bor yang muternya make kompresor :mrgreen:

cuman hasil akhir & ke presisian hasilnya sisa tergantung skill ama hoki nya aja kali :weekk:

PnP intinya kan bikin licin ---> masih bisa
PnP bikin lekukan baru /portingnya ---> coba2 dah
PnP bikin sitting valve ----> aye belum ngarti.... :mrgreen:
kalo urusan bongkar pasang head ---> bisa manggil montir panggilan aje kerumah

ini mah demi kepuasan batin aja, ngerjain PnP sendiri :capede: :e-dance:

coba dimotor aja dulu, ane jg kalo ada motor mo nyoba gosok sendiri jg neh :lol: kalo sukses di motor jadi meningkat di mobil :e-dance:

fajarm
kalo sukses cerita2 yee :beer:

Re: Tune Up Semi Sport

Posted: Fri Jan 18, 2008 3:47
by poeticmind
yaaa kalo modal nekat sih pasti bisa... hahahahaha

yang jelas tuner sharing pengalaman and 'how to...' nya yg mendasar aja... kali ya, kalo buka2an rahasia dapur, wah... bisa ada istilah PnP ga usah ke bengkel lagi... hihi!
bongkarnya gampang, pas pengerjaan kaget ngeliat setengah mesin dilantai... mana dulu yg duluan dikerjain? ini baut apa ya... padahal tadi udah diinget2, lhaaaa ini-itu nya kemana... waks! etc...etc...

akhirnya, gue tlp temen gue, dia tuner... pas nyampe di garasi... dia cuman senyum... sambil liat gue, dia bilang "serius lu, nekat ya... beliin gue jackD gih, gue beresin..." :D

makanya gue bilang belajar dulu, baru bongkar... *pernah nekat soalnya... :P

Re: Tune Up Semi Sport

Posted: Fri Jan 18, 2008 11:28
by r1210g
Ha3... Iya sih.. wakaka.. Kalo masalah baut emang paling repot..
Tapi setau gw, ngalusin aja dah nambah performa koq.. Ho3...

Re: Tune Up Semi Sport

Posted: Fri Jan 18, 2008 12:26
by poeticmind
gue baru tanya2 tune up semi sport, hasil nya ternyata tidak jauh beda caranya dgn PnP.
hanya Tune Up semi sport (TUSS) lebih seperti paket...

meliputi PnP, cleaning permukaan piston, slep cylinder head, gasket(macem2) raplacement, skir klep, penggantian busi, kabel dsb, pemeriksaan setting EFI dan lain lain... blah blah blah...
jadi, bisa dipilih paket2an nya... gitu... mau daily use, street performance or full performance.
harga TUSS mulai 750rb-up. pengerjaan disesuaikan dengan paket paket yg ada... mau paket SD,SMP,SMA or kuliahan...

well, ternyata hanya nama saja... TUSS bukan tune up sihir... hehehehe! so TUSS recommended utk yg pengen sedikit lebih cepet... dan katanya sih... utk mobil2 yg suka kurang olinya, dengan cara TUSS ini bisa sip lagi mesin nya... (sebenernya masuk akal... seal klep ditune ulang, yaaa bagus...)

wah, gue dapet apa nih promosiin TUSS... :)

@tonie : walhaaaa bro, menebar racun gimana? mesin gue standar abis gini... :P

Re: Tune Up Semi Sport

Posted: Fri Jan 18, 2008 13:38
by tonie
:mrgreen: biasanya abis pnp trus merambat ke genti header, genti saringan udara open pod, genti kabel busi, pasang piggyback, pasang turbo... nos dll.... :lol:
poeticmind wrote: @tonie : walhaaaa bro, menebar racun gimana? mesin gue standar abis gini... :P
mobil yg di pke di gelaran F1 juga standar lho...... standar F1 tentunya...
jadi kesimpulan standar menurut siapa dolo neh... :D

Re: Tune Up Semi Sport

Posted: Fri Jan 18, 2008 14:18
by r1210g
wah? yang bener bro poeticmind?
Setau gw si TUSS tuh ga pernah mau kasih tau mobil kita tuh diapaain...
gitu.. Katanya rahasia pabrik...

Re: Tune Up Semi Sport

Posted: Fri Jan 18, 2008 14:58
by poeticmind
huuusss... ini bocoran... jadi utk pegangan anak2 SMers...

hehehehehe! diem diem aja lah...

Re: Tune Up Semi Sport

Posted: Sat Jan 19, 2008 12:10
by Shaqilla
bro.. denger2 juga kalo udah PnP ndak bisa pake premium yah?? minimal pertamax gituh.. kan perubahan sudut2 bisa ngaruh ke kompresi?? trus kalo tanpa upgrade komponen I/H/E + piggy bisa maksimal yah PnPnya??

Re: Tune Up Semi Sport

Posted: Sun Jan 20, 2008 13:55
by satyr
kata sapa? kalo naek kompresi baru deh

kalo pnp doank kompresi tetep. yg buat kompresi naek itu papas head