Kaki-Kaki Alphard MNH10 MZ

Modifikasi bodi mobil serta kaki-kaki mobil? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

shinjiru
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Sat Dec 27, 2014 3:48

Kaki-Kaki Alphard MNH10 MZ

Post by shinjiru »

Halo suhu2 SM

Nubie mau nanya lagi nih. Ane udah servis kaki2 Alphard yg tipe MZ MNH10 tahun 2007. Yg suspensinya bisa di.setting comfort n sport. Emang lebih empuk n nyaman drpada sebelum Servis yg keras minta ampun.

Tapi kalo lewat lubang ato jalan ga rata tetep terasa glodakan. Ane sempat nyoba Alphard temen, tipe.ASG dan ga ada settingan suspensi. Kok terasa lebih senyap n nyaman ya.

Pertanyaan ane :

1. Kira2 kalo ganti kaki2 kira2.berapa ya, kalo baca2 yg tipe adjustable shock absorber
2. Untuk yg depan dan belakang apakah pakai shock yg sama?
3. Biar lebig nyaman n ga glodakan apakah cukup cuma ganti shock saja?


Makasih suhu2 atas sarannya... hehe...
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Kaki-Kaki Alphard MNH10 MZ

Post by esh »

Kalau berasa keras ada beberapa hal yang harus diperiksa kondisinya:
1. Shock Absorber, fungsinya tinggal berapa persen. Shock depan dan belakang berbeda, harga ori yg adjustable yang depan sepasang di kisaran 12 juta, yang belakang lebih murah.
2. Ban, lihat produksi tahun berapa, walaupun kembang masih tebal tetapi elastisitas karet ban sudah berkurang dalam meredam benturan dengan permukaan jalan. Belum lagi resiko ban meledak bila dipakai perjalanan jauh.
3. Karet support/dudukan shock absorber, walaupun karet masih utuh tapi elastisitas sudah berkurang
Last edited by esh on Tue May 12, 2015 9:56, edited 1 time in total.
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Kaki-Kaki Alphard MNH10 MZ

Post by amfibi »

esh wrote:Kalau berasa keras ada beberapa hal yang harus diperiksa kondisinya:
1. Shock Absorber, fungsinya tinggal berapa persen
2. Ban, lihat produksi tahun berapa, walaupun kembang masih tebal tetapi elastisitas karet ban sudah berkurang dalam meredam benturan dengan permukaan jalan. Belum lagi resiko ban meledak bila dipakai perjalanan jauh.
3. Karet support/dudukan shock absorber, walaupun karet masih utuh tapi elastisitas sudah berkurang
Bener banget nih :mky_02: :mky_02: :mky_02:

Terutama poin 3, biasanya ga disadarin, coba dicheck dulu karet dudukannya, biasanya udh rada getas :D
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10951
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Kaki-Kaki Alphard MNH10 MZ

Post by marmut »

pertanyaan dari bulan april..... jangan-jangan mobilnya udah kejual.
kalo glodakan dari depan umumnya tie rod atau long tie rod. jangan buru-buru nyalahin ban.......
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Kaki-Kaki Alphard MNH10 MZ

Post by esh »

marmut wrote:pertanyaan dari bulan april..... jangan-jangan mobilnya udah kejual.
kalo glodakan dari depan umumnya tie rod atau long tie rod. jangan buru-buru nyalahin ban.......
Kalau hanya untuk tahu tie rod dan long tie rod cukup dibawa ke tempat spooring juga langsung ketahuan.

Ada satu part lagi yang diperiksa untuk bunyi keika terkena jalan keriting, yaitu joint steer.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kaki-Kaki Alphard MNH10 MZ

Post by DOHC »

Tie rod dan toe rod end mah ngecek nya gampang... dongkrak aj ban depan trus coba d gerak2 in ban ke kiri kanan.. ad freeplay ga... trus coba tarik2 batang tie rod nya... oblak ga..

Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Kaki-Kaki Alphard MNH10 MZ

Post by esh »

Kalau di tempat spooring bisa sekalian cek karet dudukan stabilizer dan rack steering
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10951
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Kaki-Kaki Alphard MNH10 MZ

Post by marmut »

ngapain ke bengkel? sambil jalan juga ketauan kalo tie rod/long tie rod masih sehat apa enggak. kan punya telinga toh?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kaki-Kaki Alphard MNH10 MZ

Post by DOHC »

Tp ad beberapa mobil sperti panther misalnya om.... itu susah jg nentuin terot masi bagus apa kaga... wong normalnya aj setir super enteng gt... plus suara dan geteran nya ud dahsyat

Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: