[ASK] Standard bumper mobil di Indonesia

Modifikasi bodi mobil serta kaki-kaki mobil? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

mochandik
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sun Apr 12, 2015 9:21

[ASK] Standard bumper mobil di Indonesia

Post by mochandik »

[ASK] Standard bumper mobil di Indonesia || +5 Cendol ijo ijo

Permisi gan,
Perkenalkan saya Affandi Mahasiswa teknik di salah satu kampus Surabaya

Saat ini saya sedang melakukan penelitian mengenai bumper kendaraan roda empat / mobil
Setelah saya mencari beberapa referensi terdapat beberapa standard internasional untuk pengujian bumper, yaitu RCAR dan ECE R.42

Saya ingin bertanya kepada teman" pecinta mobil atau yang telah lama menggeluti dunia mobil ini,
1. Untuk Indonesia standard manakah yang dipakai untuk produksi bumper mobil ?
2. Sistem bumper mobil type yang mana yang sering dipakai untuk mobil di Indonesia pada umumnya ?
3. Adakah yang memiliki spesifikasi detail bumper salah satu mobil Indonesia ?
4. Apabila agan ada yang memiliki data kecelakaan / kerusakan mengenai mobil untuk beberapa tahun terakhir apakah boleh saya memintanya ?

:D

Terimakasih,
Untuk agan-agan yang merespon thread ane ini, nantinya akan ane berikan +5 Cendol segar :cendolbig (untuk yang memiliki akun kaskus.co.id)

Referensi :
[SPOILER=Bumper Mobil]
Image

Image

Image[/SPOILER]
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7362
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: [ASK] Standard bumper mobil di Indonesia

Post by newrubble »

low compliance market

tdk sampai detail u technical spec...bbrp x atau dua x astra pakai US spec bumper u ckd indo ....bmw e28 (1983-87), e30 (1985-89) dan peugeot 505 (1985-89 gr type )
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7362
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: [ASK] Standard bumper mobil di Indonesia

Post by newrubble »

pioneer penggunaan US spec bumper adalah central sole agency (volvo sblm jadi subdiv indomobil) 1975 utk 244, 264 series

kemudian astra international saat full acquisition multi-france motor u habiskan remaining p-504-gl.stock (1982)

kemudian national motor (mazda) 626 (1984-90)

alasan: cosmetical appearance (bgt yg sy baca saat masih jadi member ikatan ahli teknik otomotif / iato)
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7362
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: [ASK] Standard bumper mobil di Indonesia

Post by newrubble »

pt daha motor (fiat) ...lakukan itu saat ckd 131 s dan cl (1977-83)

ttoyota astra saat running out corolla dx (1983end-84early)

maaf ya lupa
User avatar
g1ng2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 328
Joined: Tue Oct 29, 2013 6:18

Re: [ASK] Standard bumper mobil di Indonesia

Post by g1ng2 »

wow ilmu baru nih...

sharing-sharing cerita tentang skripsi, kalau lihat pertanyaan di atas... kayaknya ruang lingkupnya luas dan sumber datanya terlalu banyak sumber dan gak gampang nih kayaknya..

1. Untuk Indonesia standard manakah yang dipakai untuk produksi bumper mobil ?
cek ke departemen perindustrian, cek peraturan tentang SNI (berat loh dapat data dari pemerintahan)

2. Sistem bumper mobil type yang mana yang sering dipakai untuk mobil di Indonesia pada umumnya ?
3. Adakah yang memiliki spesifikasi detail bumper salah satu mobil Indonesia ?

datanya dari mana? gaikindo?

4. Apabila agan ada yang memiliki data kecelakaan / kerusakan mengenai mobil untuk beberapa tahun terakhir apakah boleh saya memintanya ?

data dari kepolisian??

usul aja nih, baiknya ruang lingkupnya di perkecil, karena kalau dilihat ini masih terlalu banyak parameternya.
terus untuk skripsi cari subjek-subjek yang sekiranya banyak text book-nya atau dari majalah IEEE atau dari skripsi kampus-kampus.. bagus sih cari sesuatu yang baru, tapi pastiin aja waktunya bisa tercapai. :big_deal:
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7362
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: [ASK] Standard bumper mobil di Indonesia

Post by newrubble »

kmarin sy tdk bahas yg dibawah ini krn sy fikir pasti da yg tulis:

singkat sj

skrg jaman afta

jaman sdh ada asean-ncap isi technical reference ncap selain dr input malaysia juga dari global-ncap yg dibentuk un
UN 10 april 2014 issued UN Road Safety CCollaboration
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7362
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: [ASK] Standard bumper mobil di Indonesia

Post by newrubble »

asean ncap ada ketentuan nomor AASF-002-2014-25 silakan google

tailan adopsi semua ketentuan diatas
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: [ASK] Standard bumper mobil di Indonesia

Post by b8099ok »

Standarisasi kyknya gak ada dah. Rules jg ngga jelas. Buktinya banyak yg dikasi tanduk gak jelas dr pabriknya. Bahkan yg bentuknya agak nyeleneh jg ada.
Purely cosmetic,... :ngacir:
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
User avatar
g1ng2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 328
Joined: Tue Oct 29, 2013 6:18

Re: [ASK] Standard bumper mobil di Indonesia

Post by g1ng2 »

b8099ok wrote:Standarisasi kyknya gak ada dah. Rules jg ngga jelas. Buktinya banyak yg dikasi tanduk gak jelas dr pabriknya. Bahkan yg bentuknya agak nyeleneh jg ada.
Purely cosmetic,... :ngacir:
kalo menurut saya ada kok berasa perubahan desain bumper dari mobil-mobil era 80an, 90an, sama era 2000 ke atas. Karena seperti om nr bilang ada guidance safety yang harus dicapai yaitu: Pedestrian Safety, disini desain-desain bumper berpengaruh. Karena dulu bumper mobil dibikin sangat keras - (ingat FJ40) sekarang bumper malah tidak boleh keras karena impact benturan terhadap pejalan kaki harus diperhatikan seperti berikut:
Image

Image

banyak sumber-sumbernya seperti:
http://www.theaa.com/motoring_advice/eu ... trian.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Pedestrian ... cle_design

termasuk didalamnya kap mesin juga. Apakah ini berpengaruh di mobil-mobil sekarang? saya jawab ya.
buktinya, di tahun 2012 ada cerita orang mau bunuh diri, tapi malah jatuhnya di kap mesin, apakah orang itu mati? ternyata malah tidak mati :mky_01: bisa dilihat ceritanya di berita ini:
http://metro.news.viva.co.id/news/read/ ... atap-mobil
http://news.okezone.com/read/2012/03/12 ... onda-freed
http://news.detik.com/read/2012/03/12/1 ... t-dari-jpo

atau ingat tidak kejadian honda jazz yang menabrak beberapa orang di sudirman, di kecelakaan itu tidak ada orang yang meninggal (saya lupa kejadiannya kapan, kalau gak salah nabrak tukang kopi, orang lagi jalan dan terakhir kalau gak salah nabrak polisi :big_dunno: :big_dunno: ). Jadi hingga kecepatan tertentu bumper-bumper ini di desain agar tidak membuat orang mengalami kecelakaan fatal.

*desain safety itu begitu rumit karena nyawa itu begitu berharga...
cmiiw
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1550
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: [ASK] Standard bumper mobil di Indonesia

Post by grandis_GT »

Kalo ane perhatikan sih , bumper mobil lama masih menggunakan bahan" keras seperti plat besi yg di dempul , ini fatal kalo nabrak . Beda dengan mobil sekarang yg terbuat dari bahan fiber atau plastik" ember yg mana tidak terlalu fatal akibatnya sekalian penghematan ongkos produksi :mky_03:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11000
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: [ASK] Standard bumper mobil di Indonesia

Post by marmut »

b8099ok wrote:Standarisasi kyknya gak ada dah. Rules jg ngga jelas. Buktinya banyak yg dikasi tanduk gak jelas dr pabriknya. Bahkan yg bentuknya agak nyeleneh jg ada.
Purely cosmetic,... :ngacir:
standarisasi ada, dan peraturannya juga jelas kok. kalo yang anda lihat itu adalah "fakta di lapangan". itu beda lagi oom, maklum endonesya raya.....
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7362
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: [ASK] Standard bumper mobil di Indonesia

Post by newrubble »

evolution of bumper

until 1976 : crash zone / barrier (purely made from stiff materials)

1976-1989 : energy beam (stiff material with shock absorber)

1989-2005 : standalone energy channeling (stiff material only applied to bumper frame)

2005-now: part of integrated energy channeling system

(multi sourced: dot + jis + din)
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: [ASK] Standard bumper mobil di Indonesia

Post by b8099ok »

marmut wrote:
b8099ok wrote:Standarisasi kyknya gak ada dah. Rules jg ngga jelas. Buktinya banyak yg dikasi tanduk gak jelas dr pabriknya. Bahkan yg bentuknya agak nyeleneh jg ada.
Purely cosmetic,... :ngacir:
standarisasi ada, dan peraturannya juga jelas kok. kalo yang anda lihat itu adalah "fakta di lapangan". itu beda lagi oom, maklum endonesya raya.....
Waktu uji tipe emang ada Rules nya? :big_chicken:
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7362
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: [ASK] Standard bumper mobil di Indonesia

Post by newrubble »

real bumper testing itu menyangkut
collision worthiness (real impact test skalian hancurkan dg mobilnya ) dan

material compliment (unit bumper diserahkan ke appointed test lab u dismantle n detail scrutiny (adac jadi main reference u EU sampai skrg krn testing facility yg bgt lengkap )

uji type indo hanya sebatas visual.confirmation sj krn sehabis uji type unit mobil balik utuh (US, EU ncap perlu enam units u crash test n balik dlm keadaan hancur)

kalopun di indo ada unit yg tdk balik itu krn di minta testing agency sbg mobil dinas...biasalah namamya juga miskin
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7362
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: [ASK] Standard bumper mobil di Indonesia

Post by newrubble »

asean ncap sejak 2013 under UK technical assistance sdh lakukan crash testing di malaysia (sy pernah visit skali di shah alam n satu dkt port klang) meski blm full euro compliance
jwid
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Fri Apr 03, 2015 3:56

Re: [ASK] Standard bumper mobil di Indonesia

Post by jwid »

Yang miskin dan kere itu mentalnya
, duit malak sih banyak cuma pura2 miskin aja, maklumlah syahwat kadang meronta ronta imho