Upgrade & Review Ban All New Avanza
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 230
- Joined: Sat Apr 28, 2007 6:02
Upgrade & Review Ban All New Avanza
Review Ban untuk All New Avanza 2012 A/T 1300 cc, mobil kantor ane.
Saat baru, pakai ban bawaan pabrik yaitu Dunlop SP10 185/70R14. Setelah serah terima mobil, langsung di test drive ke jalan tol. Ternyata dengan ban bawaan, di kecepatan 90 km/j, Avanza sudah terasa goyang, kurang stabil, dikebut sampai 100 km/j, terasa lebih bergoyang tidak stabil dan melayang.
Selesai dari tol, langsung bawa ke toko ban, untuk tukar tambah ban.
Akhirnya diputuskan nambah 800 ribu, untuk 4 ban (jadi per ban nambah 200 ribu), upgrade ke GTRadial BXT 195/65R14. Masih penasaran, esok paginya langsung bawa ke tol lagi, kali ini maknyusss... mobil mulai terasa tidak stabil di kecepatan 120 km/j. Oke bangetlah buat Avanza, secara mesinnya juga sudah ngos-ngosan.. wkwkwkkkk... dipacu sampai 130 km/j sebetulnya masih oke juga. 140 km/j mulai terasa ngeriiii.... GTRadial BXT ini punya treadwear 520, traction A, temperature A. Nampaknya kembangannya bakal sangat awet. Dipakai sampai 30.000 km, masih nyaman, senyap, menggigit, baik kondisi kering/basah. Two thumbs up lah...
Nah, setelah 2 tahun dipakai, memasuki 35.000 km, mulai terasa suara noise ban masuk ke kabin dan grip terasa agak berkurang, tetapi kembangan masih tebal (terkikis 1/2-nya saja). Nampaknya ban ini bakal bertahan sampai sekitar 70.000-80.000 km, tapi dengan resiko karetnya sudah mengeras, bantingan terasa kaku, grip berkurang, noise makin keras.
Akhirnya di sekitar km 40.000 diputuskan untuk cari ban pengganti lagi, masuk ke toko ban, langsung ditawarin tukar tambah dengan Bridgestone Turanza AR-20 195/70R14. Spek-nya Treadwear 260, traction A, temperature A. Tukar tambah 4 ban di harga Rp. 2 jt (jadi 500 ribu per ban). Setelah diganti ban tsb, Avanza-nya langsung terasa bertambah tinggi dan terasa nyaman kembali.
Penasaran, langsung bawa masuk ke tol, dengan profil ban yang lebih tinggi dibandingkan sebelumnya (70 vs 65) ternyata Turanza AR-20 ini memang istimewa, noise-nya minim, bantingannya empuk, grip bagus untuk basah dan kering, kecepatan 130 km/jam juga masih enak. Yang pasti nyetirnya jadi serasa nyetir mobil yang lebih besar, gak kerasa kalo itu Avanza heheheh....
Memang ada harga ada rupa... harga tidak bohong-lah...
Demikian sekilas info dan pengalaman saya, buat mobil sejuta ummat.
Semoga bisa membantu rekan2 yang kebetulan mau ganti ban buat armada kantornya.
Saat baru, pakai ban bawaan pabrik yaitu Dunlop SP10 185/70R14. Setelah serah terima mobil, langsung di test drive ke jalan tol. Ternyata dengan ban bawaan, di kecepatan 90 km/j, Avanza sudah terasa goyang, kurang stabil, dikebut sampai 100 km/j, terasa lebih bergoyang tidak stabil dan melayang.
Selesai dari tol, langsung bawa ke toko ban, untuk tukar tambah ban.
Akhirnya diputuskan nambah 800 ribu, untuk 4 ban (jadi per ban nambah 200 ribu), upgrade ke GTRadial BXT 195/65R14. Masih penasaran, esok paginya langsung bawa ke tol lagi, kali ini maknyusss... mobil mulai terasa tidak stabil di kecepatan 120 km/j. Oke bangetlah buat Avanza, secara mesinnya juga sudah ngos-ngosan.. wkwkwkkkk... dipacu sampai 130 km/j sebetulnya masih oke juga. 140 km/j mulai terasa ngeriiii.... GTRadial BXT ini punya treadwear 520, traction A, temperature A. Nampaknya kembangannya bakal sangat awet. Dipakai sampai 30.000 km, masih nyaman, senyap, menggigit, baik kondisi kering/basah. Two thumbs up lah...
Nah, setelah 2 tahun dipakai, memasuki 35.000 km, mulai terasa suara noise ban masuk ke kabin dan grip terasa agak berkurang, tetapi kembangan masih tebal (terkikis 1/2-nya saja). Nampaknya ban ini bakal bertahan sampai sekitar 70.000-80.000 km, tapi dengan resiko karetnya sudah mengeras, bantingan terasa kaku, grip berkurang, noise makin keras.
Akhirnya di sekitar km 40.000 diputuskan untuk cari ban pengganti lagi, masuk ke toko ban, langsung ditawarin tukar tambah dengan Bridgestone Turanza AR-20 195/70R14. Spek-nya Treadwear 260, traction A, temperature A. Tukar tambah 4 ban di harga Rp. 2 jt (jadi 500 ribu per ban). Setelah diganti ban tsb, Avanza-nya langsung terasa bertambah tinggi dan terasa nyaman kembali.
Penasaran, langsung bawa masuk ke tol, dengan profil ban yang lebih tinggi dibandingkan sebelumnya (70 vs 65) ternyata Turanza AR-20 ini memang istimewa, noise-nya minim, bantingannya empuk, grip bagus untuk basah dan kering, kecepatan 130 km/jam juga masih enak. Yang pasti nyetirnya jadi serasa nyetir mobil yang lebih besar, gak kerasa kalo itu Avanza heheheh....
Memang ada harga ada rupa... harga tidak bohong-lah...
Demikian sekilas info dan pengalaman saya, buat mobil sejuta ummat.
Semoga bisa membantu rekan2 yang kebetulan mau ganti ban buat armada kantornya.
=== 2ZR-FXE, L15Z1, K24Z9, MZR L 2.0, L15A7, 3.6L V6, 2.5 LCV, 2.4L G4KC, 2.0 TDI, K3-VE, 1.8 Nu MPi, 1.4L, 2TR-FE, QR25DE, SR20DE, 2.6 V6, W124 M103, 1.8 7K, 1.3 2E
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3146
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Upgrade & Review Ban All New Avanza
Mungkin lebih oke kao gi ganti velg 17 in
Plus 225 45 r 17 dari michellin
Plus 225 45 r 17 dari michellin
engine roaring!
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Thu Nov 21, 2013 12:23
Re: Upgrade & Review Ban All New Avanza
Nice info om, saya pernah bawa veloz pake dunlop sp-10, kompon lebih lunak tapi cepat habis, high speed cornering ban mudah sekali berdecit ga enak banget pokoknya. Besoknya langsung tukar ke Bridgestone Turanza AR-10 ditikungan ga ada lagi gejala berdecit. Top buat Bridgestone [emoji1] [emoji106]
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 55
- Joined: Mon Nov 17, 2014 5:30
Re: Upgrade & Review Ban All New Avanza
Kalau ane penasaran banget sama Dunlop LM 704 gimana ya performanya?
Odometer masih 14.000km and ban masih tebel mungkin 2-3 tahun lagi ganti bannya
Dunlop SP 10 katanya memang cepet habis 40.000km udah mulai menyeramkan
Odometer masih 14.000km and ban masih tebel mungkin 2-3 tahun lagi ganti bannya
Dunlop SP 10 katanya memang cepet habis 40.000km udah mulai menyeramkan
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1670
- Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01
Re: Upgrade & Review Ban All New Avanza
ban tsb ap sama utk tipe ban veloz 2012 ya? ane br tau trik bginian, kluar dr dealer trus tukar tambah
btw, yg eks ban kita khan kembangannya msh bagus, ama penjualnya diapain ya? dijual sbg barang bekas ato gmana?
idealnya parameter kita waktunya ganti ban itu brp thn? ato lihat fisik ban? ato bagaimana?
contoh spt di atas, Bridgestone Turanza AR-20 195/70R14. Spek-nya Treadwear 260, traction A, temperature A, nah brarti pas beli ban hrs tau mau traksi dan temp brp ya? kriteria menentukannya ap cuma 2 hal ato gmana?
tiap hr ane pake, kuping sdh g sensitif lg, feeling di jln ttg grip dll jg g trasa, bagaimana bisa mikir mau ganti klo g ngerti beginian, naik jg juarang bgt lebih dr 100km/jam hehe
btw, yg eks ban kita khan kembangannya msh bagus, ama penjualnya diapain ya? dijual sbg barang bekas ato gmana?
idealnya parameter kita waktunya ganti ban itu brp thn? ato lihat fisik ban? ato bagaimana?
contoh spt di atas, Bridgestone Turanza AR-20 195/70R14. Spek-nya Treadwear 260, traction A, temperature A, nah brarti pas beli ban hrs tau mau traksi dan temp brp ya? kriteria menentukannya ap cuma 2 hal ato gmana?
tiap hr ane pake, kuping sdh g sensitif lg, feeling di jln ttg grip dll jg g trasa, bagaimana bisa mikir mau ganti klo g ngerti beginian, naik jg juarang bgt lebih dr 100km/jam hehe
-
- SM Specialist
- Posts: 21992
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Upgrade & Review Ban All New Avanza
Turanza AR-20 (lokal) harganya sedikit di atas Michelin XM-2 (Thai) utk ukuran yg sama
Kalo nggak bagus ya kantornya Bdgestone bisa ditimpukin orang
Kalo nggak bagus ya kantornya Bdgestone bisa ditimpukin orang
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11029
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Upgrade & Review Ban All New Avanza
ada cara yang lebih mudah ketimbang gonta ganti merk ban.
percobaan saya di xenia 2012 dengan ban bawaan dari dunlop sp10, hanya bikin betul toe yang tadinya sekitar -2mm menjadi -0,2mm s/d -0,4mm. pernah coba dibikin 0 (nol) tetapi handling jadi nggak enak.
kalo mau lebih stabil lagi saat hi speed, camber dibikin -1 atau -1,5.
yang lebih patut diingat adalah, ini kendaraan dibuat bukan untuk kecepatan yang sangat tinggi seperti sedan.
percobaan saya di xenia 2012 dengan ban bawaan dari dunlop sp10, hanya bikin betul toe yang tadinya sekitar -2mm menjadi -0,2mm s/d -0,4mm. pernah coba dibikin 0 (nol) tetapi handling jadi nggak enak.
kalo mau lebih stabil lagi saat hi speed, camber dibikin -1 atau -1,5.
yang lebih patut diingat adalah, ini kendaraan dibuat bukan untuk kecepatan yang sangat tinggi seperti sedan.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Thu Nov 21, 2013 12:23
Re: Upgrade & Review Ban All New Avanza
marmut wrote:ada cara yang lebih mudah ketimbang gonta ganti merk ban.
percobaan saya di xenia 2012 dengan ban bawaan dari dunlop sp10, hanya bikin betul toe yang tadinya sekitar -2mm menjadi -0,2mm s/d -0,4mm. pernah coba dibikin 0 (nol) tetapi handling jadi nggak enak.
kalo mau lebih stabil lagi saat hi speed, camber dibikin -1 atau -1,5.
yang lebih patut diingat adalah, ini kendaraan dibuat bukan untuk kecepatan yang sangat tinggi seperti sedan.
Jd om dengan toe di bikin -0,2 (toe out) berarti setir agak berat ya? -2 (toe out) setelan awalnya berarti enteng banget tuh. Buat roda belakang enggak di apa2in lagi?
Oh ya masalah camber, emg langsung bisa di setting kalo suspensi standar? Ga perlu baut tambahan gitu? Dari forum sebelah sih infonya gini, kalo toe, caster bisa di stel tp kalo camber ga bisa harus ada tambahan.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Thu Nov 21, 2013 12:23
Re: Upgrade & Review Ban All New Avanza
Ini ada sedikit kutipan dari suhu om penyuturbo
"PenyuTurbo
14-11-2006, 02:03
TOE-IN dan TOE-OUT
Ditinjau dari segi performa, setting TOE ini akan mempengaruhi :
1. Keausan Ban.
2. Stabilitas Pada Jalan Lurus.
3. Karakteristik Pengendalian Pada Saat Masuk Tikungan.
Untuk meminimumkan keausan ban dan hilangnya tenaga (power loss), maka posisi yang paling bagus adalah yang roda kiri dan kanan nya sejajar (gak TOE-IN dan Gak TOE-OUT). Terlalu Toe-in akan mengakibakan ausnya ban sebelah luar lebih cepat sedang Toe-Out adalah sebaliknya ... alias ban pada sebelah dalam akan cepat aus. Dari segi keausan ban memang sebaiknya posisi roda kiri kanan sejajar.
Yang jadi pertanyaan ... kenapa engineer atawa designer memberikan Toe-in atau Toe-out pada saat boil keluar pabrik ... kenapa kok gak sejajar aja ?
Jawabanya adalah engineer dan atau designer mempertimbangkan stabilitas arah kendaraan pada saat melaju. Untuk posisi TOE-IN ... Roda kiri akan mempunyai kecenderingan nggelinding ke dalam ... demikian juga roda sebelah kanan ... dan akan bertemu pada satu titik. Ini berarti boil gak ada kecenderungan belok kiri atawa belok kanan dan akan tetap bergerak lurus walaupun stri dilepas. Walaupun ada gangguan pada salah satu rodanya ... ngelindes kerikil misalnya ... maka arah boil akan tetap lurus. Jadi TOE-IN adalah untuk menstabilkan berjalan secara lurus. Sekalipun ada gangguan putaran stir (sedikit tapinya) ... mobil akan tetap akan mempertahankan kedudukannya ... belum mau belok. Kecenserungan yang semacam ini yang orang selalu menyebut UNDERSTEER.
Bagaimana dengan TOE-OUT ... Posisi Toe-Out ini sekiranya ada sedikit gangguan pada putaran stir (atau gangguan salah satu ban ngelindes kerikil) ... maka dengan serta-merta boil akan cenderung belok dalam arti kata boil gak bisa mempertahankan kedudukan gerakan yang lurus. Kecenderungan yang ini adalah OVERSTEER.
Untuk pengendaraan di jalan raya ... biasanya untuk meringankan beban tangan para sopir ... setting nya adalah TOE-IN. Namun bagi mereka-mereka yang SEMBALAP ... akan rela mengorbankan stabilitas pada lintasan lurusnya (tangan mesti megang stir) ... agar bisa lebih tajem pada saat belok (cornering) dan yang SEMBALAP ini akan ngeset ke TOE-OUT.
Untuk RWD (Rear Wheel Drive) settingnya adalah TOE-IN, sedang FWD (Front Wheel Drive) setingnya adalah TOE-OUT hal ini untuk meng-kounter FWD yang selalu cenderung UNDERSTEER ... karena dibatasi dengan adanya CV-Joint. CV-Joint inilah yang menyebabkan RADIUS PUTAR FWD akan lebih lebar (Understeer) ketimbang RWD.
Oleh karena Avanza /Xenia ini adalah RWD dan ditujukan untuk kenyamanan keluarga dalam berkendara ... maka setting nya adalah TOE-IN ... kecuali yang mau sembalap ... kayak mbak Nike dan mbak Harlie ... setingannya jadi TOE-OUT. Sedang mbak Fanny tetep pada settingan TOE-IN karena kadang-kadang tangannya sibuk ngurusin dagangan dan nerima telepon sewaktu nyetir"
"PenyuTurbo
14-11-2006, 02:03
TOE-IN dan TOE-OUT
Ditinjau dari segi performa, setting TOE ini akan mempengaruhi :
1. Keausan Ban.
2. Stabilitas Pada Jalan Lurus.
3. Karakteristik Pengendalian Pada Saat Masuk Tikungan.
Untuk meminimumkan keausan ban dan hilangnya tenaga (power loss), maka posisi yang paling bagus adalah yang roda kiri dan kanan nya sejajar (gak TOE-IN dan Gak TOE-OUT). Terlalu Toe-in akan mengakibakan ausnya ban sebelah luar lebih cepat sedang Toe-Out adalah sebaliknya ... alias ban pada sebelah dalam akan cepat aus. Dari segi keausan ban memang sebaiknya posisi roda kiri kanan sejajar.
Yang jadi pertanyaan ... kenapa engineer atawa designer memberikan Toe-in atau Toe-out pada saat boil keluar pabrik ... kenapa kok gak sejajar aja ?
Jawabanya adalah engineer dan atau designer mempertimbangkan stabilitas arah kendaraan pada saat melaju. Untuk posisi TOE-IN ... Roda kiri akan mempunyai kecenderingan nggelinding ke dalam ... demikian juga roda sebelah kanan ... dan akan bertemu pada satu titik. Ini berarti boil gak ada kecenderungan belok kiri atawa belok kanan dan akan tetap bergerak lurus walaupun stri dilepas. Walaupun ada gangguan pada salah satu rodanya ... ngelindes kerikil misalnya ... maka arah boil akan tetap lurus. Jadi TOE-IN adalah untuk menstabilkan berjalan secara lurus. Sekalipun ada gangguan putaran stir (sedikit tapinya) ... mobil akan tetap akan mempertahankan kedudukannya ... belum mau belok. Kecenserungan yang semacam ini yang orang selalu menyebut UNDERSTEER.
Bagaimana dengan TOE-OUT ... Posisi Toe-Out ini sekiranya ada sedikit gangguan pada putaran stir (atau gangguan salah satu ban ngelindes kerikil) ... maka dengan serta-merta boil akan cenderung belok dalam arti kata boil gak bisa mempertahankan kedudukan gerakan yang lurus. Kecenderungan yang ini adalah OVERSTEER.
Untuk pengendaraan di jalan raya ... biasanya untuk meringankan beban tangan para sopir ... setting nya adalah TOE-IN. Namun bagi mereka-mereka yang SEMBALAP ... akan rela mengorbankan stabilitas pada lintasan lurusnya (tangan mesti megang stir) ... agar bisa lebih tajem pada saat belok (cornering) dan yang SEMBALAP ini akan ngeset ke TOE-OUT.
Untuk RWD (Rear Wheel Drive) settingnya adalah TOE-IN, sedang FWD (Front Wheel Drive) setingnya adalah TOE-OUT hal ini untuk meng-kounter FWD yang selalu cenderung UNDERSTEER ... karena dibatasi dengan adanya CV-Joint. CV-Joint inilah yang menyebabkan RADIUS PUTAR FWD akan lebih lebar (Understeer) ketimbang RWD.
Oleh karena Avanza /Xenia ini adalah RWD dan ditujukan untuk kenyamanan keluarga dalam berkendara ... maka setting nya adalah TOE-IN ... kecuali yang mau sembalap ... kayak mbak Nike dan mbak Harlie ... setingannya jadi TOE-OUT. Sedang mbak Fanny tetep pada settingan TOE-IN karena kadang-kadang tangannya sibuk ngurusin dagangan dan nerima telepon sewaktu nyetir"
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11029
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Upgrade & Review Ban All New Avanza
mohon maaf atas kesalahan saya.
yang saya maksud adalah toe dibuat in 0,2mm s/d 0,4mm dimana toe sebelumnya (setelan dari pabrik) in sekitar 2,0mm.
roda belakang tidak ada setelan untuk toe dan camber karena gardan rigid, jadi ya nggak bisa dikutak katik.
untuk camber depan mau nggak mau harus ngorbanin ketinggian sekitar 1 inchi dengan cara potong per depan atau kalo ada uang lebih beli sport kit, karena camber avania tidak adjustable. pun tidak cukup tempat untuk membuat lubang baru untuk baut support supaya bisa bergeser ke dalam sekitar 2 cm.
kalo ganti baut saya nggak ngerti gimana caranya. pernah liat ada yang mengganti salah satu baut yang mengikat shock depan dengan yang lebih kecil, itu bener-bener bodoh menurut saya. camber roda memang jadi negatif, tapi begimana dengan sudut kemiringan shock-nya? pasti jadi nggak bener.
dan setau saya, setir berat hubungannya dengan camber. kalo dikasih negatif pasti ada perubahan setir tidak seringan biasanya, tapi pengendalian jadi lebih stabil. camber positif = muter setir jadi enteng, tapi pengendalian kurang stabil. masing-masing ada kelebihan-kekurangannya.
itu yang saya rasakan selama ini, tolong dikoreksi kalo ada salah.
btw terimakasih banyak oom radinalakbar7 udah ngingetin saya.
yang saya maksud adalah toe dibuat in 0,2mm s/d 0,4mm dimana toe sebelumnya (setelan dari pabrik) in sekitar 2,0mm.
roda belakang tidak ada setelan untuk toe dan camber karena gardan rigid, jadi ya nggak bisa dikutak katik.
untuk camber depan mau nggak mau harus ngorbanin ketinggian sekitar 1 inchi dengan cara potong per depan atau kalo ada uang lebih beli sport kit, karena camber avania tidak adjustable. pun tidak cukup tempat untuk membuat lubang baru untuk baut support supaya bisa bergeser ke dalam sekitar 2 cm.
kalo ganti baut saya nggak ngerti gimana caranya. pernah liat ada yang mengganti salah satu baut yang mengikat shock depan dengan yang lebih kecil, itu bener-bener bodoh menurut saya. camber roda memang jadi negatif, tapi begimana dengan sudut kemiringan shock-nya? pasti jadi nggak bener.
dan setau saya, setir berat hubungannya dengan camber. kalo dikasih negatif pasti ada perubahan setir tidak seringan biasanya, tapi pengendalian jadi lebih stabil. camber positif = muter setir jadi enteng, tapi pengendalian kurang stabil. masing-masing ada kelebihan-kekurangannya.
itu yang saya rasakan selama ini, tolong dikoreksi kalo ada salah.
btw terimakasih banyak oom radinalakbar7 udah ngingetin saya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Upgrade & Review Ban All New Avanza
bantingannya bakalan berasa keras om walid. duduk lebih nyaman yg skrg, namun mungkin driving nya lebih enak yg 225 ini.walid_007 wrote:Mungkin lebih oke kao gi ganti velg 17 in
Plus 225 45 r 17 dari michellin
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Thu Nov 21, 2013 12:23
Re: Upgrade & Review Ban All New Avanza
Oh gitu jd masih toe in ya, tp dibuat 0,2-0,4 dg tujuan agar lebih responsif saat nikung, tp msh posisi sedikit toe in, diforum sebelah agan suprie yg jual strutbar dll bilangnya dibuat 0 aja. Imho mungkin beda2 ya tiap orang gimana yang menurutnya enak bawanya. Sip om info yg sangat bermanfaat.marmut wrote:mohon maaf atas kesalahan saya.
yang saya maksud adalah toe dibuat in 0,2mm s/d 0,4mm dimana toe sebelumnya (setelan dari pabrik) in sekitar 2,0mm.
roda belakang tidak ada setelan untuk toe dan camber karena gardan rigid, jadi ya nggak bisa dikutak katik.
untuk camber depan mau nggak mau harus ngorbanin ketinggian sekitar 1 inchi dengan cara potong per depan atau kalo ada uang lebih beli sport kit, karena camber avania tidak adjustable. pun tidak cukup tempat untuk membuat lubang baru untuk baut support supaya bisa bergeser ke dalam sekitar 2 cm.
kalo ganti baut saya nggak ngerti gimana caranya. pernah liat ada yang mengganti salah satu baut yang mengikat shock depan dengan yang lebih kecil, itu bener-bener bodoh menurut saya. camber roda memang jadi negatif, tapi begimana dengan sudut kemiringan shock-nya? pasti jadi nggak bener.
dan setau saya, setir berat hubungannya dengan camber. kalo dikasih negatif pasti ada perubahan setir tidak seringan biasanya, tapi pengendalian jadi lebih stabil. camber positif = muter setir jadi enteng, tapi pengendalian kurang stabil. masing-masing ada kelebihan-kekurangannya.
itu yang saya rasakan selama ini, tolong dikoreksi kalo ada salah.
btw terimakasih banyak oom radinalakbar7 udah ngingetin saya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11029
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Upgrade & Review Ban All New Avanza
@ radinalakbar7,
responsif atau enggak mungkin tergantung perasaan yang nyetir ya..... kalo saya ngerasa dengan ban standar (dunlop sp10) bawaan mobil agak goyang dan setir harus dipegangin erat saat hi speed (100-120km/h) karena suka lari kiri kanan. saya komplain ke BeRes saat KM masih 1000an dan di spooring ulang sama mereka (gratis). setelah saya lihat print out-nya toe dibikin 0 (nol), pas saya coba agak lumayanan tapi saya masih belum puas.
akhirnya saya setel sendiri toe-nya dirumah dan hasilnya seperti yang saya mau. keluhan awal udah teratasi.
responsif atau enggak mungkin tergantung perasaan yang nyetir ya..... kalo saya ngerasa dengan ban standar (dunlop sp10) bawaan mobil agak goyang dan setir harus dipegangin erat saat hi speed (100-120km/h) karena suka lari kiri kanan. saya komplain ke BeRes saat KM masih 1000an dan di spooring ulang sama mereka (gratis). setelah saya lihat print out-nya toe dibikin 0 (nol), pas saya coba agak lumayanan tapi saya masih belum puas.
akhirnya saya setel sendiri toe-nya dirumah dan hasilnya seperti yang saya mau. keluhan awal udah teratasi.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 230
- Joined: Sat Apr 28, 2007 6:02
Re: Upgrade & Review Ban All New Avanza
ban veloz 2012, kalo gak keliru, pakai diameter 15 inch. kalo yg avanza e ukurannya 14 inch.liep wrote:ban tsb ap sama utk tipe ban veloz 2012 ya? ane br tau trik bginian, kluar dr dealer trus tukar tambah
btw, yg eks ban kita khan kembangannya msh bagus, ama penjualnya diapain ya? dijual sbg barang bekas ato gmana?
idealnya parameter kita waktunya ganti ban itu brp thn? ato lihat fisik ban? ato bagaimana?
contoh spt di atas, Bridgestone Turanza AR-20 195/70R14. Spek-nya Treadwear 260, traction A, temperature A, nah brarti pas beli ban hrs tau mau traksi dan temp brp ya? kriteria menentukannya ap cuma 2 hal ato gmana?
tiap hr ane pake, kuping sdh g sensitif lg, feeling di jln ttg grip dll jg g trasa, bagaimana bisa mikir mau ganti klo g ngerti beginian, naik jg juarang bgt lebih dr 100km/jam hehe
eks-ban kita, sangat mungkin dijual lagi sbg ban baru oleh toko ban tsb.. heheheh
parameter ganti ban
1. check tanda keausan yg ada di telapak ban
2. berdasarkan umur, kalo gak salah maksimum 5 tahun setelah pertama kali dipakai
3. berdasar kondisi karet ban, apakah ada retak2 kecil2, atau melendung/hamil, atau kebanyakan tambal ban.
sebaiknya kalo ganti ban, selalu check nilai treadwear, traction dan temperatur, karena itu hasil test yg paling sahih ketimbang dirasa-rasa.
betul bro liep, kalo jalan dibawah 100 km/jam, biasanya kurang terlalu terasa beda nya antar ban.
=== 2ZR-FXE, L15Z1, K24Z9, MZR L 2.0, L15A7, 3.6L V6, 2.5 LCV, 2.4L G4KC, 2.0 TDI, K3-VE, 1.8 Nu MPi, 1.4L, 2TR-FE, QR25DE, SR20DE, 2.6 V6, W124 M103, 1.8 7K, 1.3 2E
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 230
- Joined: Sat Apr 28, 2007 6:02
Re: Upgrade & Review Ban All New Avanza
setuju bro marmut, makanya ane kawatir kalo sopir kantor ngebut diatas 120 km/j, kalo masih pakai ban standar, bisa berabe tuh...marmut wrote:...
yang lebih patut diingat adalah, ini kendaraan dibuat bukan untuk kecepatan yang sangat tinggi seperti sedan.
ban avanza xenia baiknya sih diupgrade buat meningkatkan factor of safety....
=== 2ZR-FXE, L15Z1, K24Z9, MZR L 2.0, L15A7, 3.6L V6, 2.5 LCV, 2.4L G4KC, 2.0 TDI, K3-VE, 1.8 Nu MPi, 1.4L, 2TR-FE, QR25DE, SR20DE, 2.6 V6, W124 M103, 1.8 7K, 1.3 2E
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1670
- Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01
Re: Upgrade & Review Ban All New Avanza
ok om, trimssoraksorai wrote:ban veloz 2012, kalo gak keliru, pakai diameter 15 inch. kalo yg avanza e ukurannya 14 inch.liep wrote:ban tsb ap sama utk tipe ban veloz 2012 ya? ane br tau trik bginian, kluar dr dealer trus tukar tambah
btw, yg eks ban kita khan kembangannya msh bagus, ama penjualnya diapain ya? dijual sbg barang bekas ato gmana?
idealnya parameter kita waktunya ganti ban itu brp thn? ato lihat fisik ban? ato bagaimana?
contoh spt di atas, Bridgestone Turanza AR-20 195/70R14. Spek-nya Treadwear 260, traction A, temperature A, nah brarti pas beli ban hrs tau mau traksi dan temp brp ya? kriteria menentukannya ap cuma 2 hal ato gmana?
tiap hr ane pake, kuping sdh g sensitif lg, feeling di jln ttg grip dll jg g trasa, bagaimana bisa mikir mau ganti klo g ngerti beginian, naik jg juarang bgt lebih dr 100km/jam hehe
eks-ban kita, sangat mungkin dijual lagi sbg ban baru oleh toko ban tsb.. heheheh
parameter ganti ban
1. check tanda keausan yg ada di telapak ban
2. berdasarkan umur, kalo gak salah maksimum 5 tahun setelah pertama kali dipakai
3. berdasar kondisi karet ban, apakah ada retak2 kecil2, atau melendung/hamil, atau kebanyakan tambal ban.
sebaiknya kalo ganti ban, selalu check nilai treadwear, traction dan temperatur, karena itu hasil test yg paling sahih ketimbang dirasa-rasa.
betul bro liep, kalo jalan dibawah 100 km/jam, biasanya kurang terlalu terasa beda nya antar ban.