apa sih gunanya strutbar ?

Modifikasi bodi mobil serta kaki-kaki mobil? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: apa sih gunanya strutbar ?

Post by zweifellos »

€lj€p€ wrote:
zweifellos wrote:
€lj€p€ wrote:Perhatikan foto 1. disebelah kiri dan kanan itu ada strut tower.. perhatikan konstruksinya.. dari chassis plat naik keatas meskipun sudah dengan konstruksi tertentu yang cukup kuat untuk kondisi sehari-hari (ban standard, kecepatan dalam kota, mesin tidak terlalu besar).
Sedangkan untuk mobil yang standard mesin besar, ban besar dan kecepatan tinggi,
bayangkan kalau itu harus menahan beban pada saat membelok dan beban tekanan struts pada saat mobil mengayun turun .. dimana harus menahan beban bobot mesin.

Kalau sisi atas kedua strut tower itu saling dihubungkan dengan strut bar tentunya kekuatan tower akan meningkat sehingga tidak terjadi goncangan yang berlebih.

Foto 2. strut bar yang disamarkan sebagai bagian dari engine bay cover... menarik bukan?
sori om, masih belum ngerti. strut tower itu yang mana ya di foto 1? trus strut bar nya sendiri yang bagian mana (di foto 1)? masih blom 'ngeh' nih om.

thanks before. :beer:
lihat foto 1.. posisi kipas adalah bagian depan mesin.
strut tower di foto 1 sisi kanan (posisi mesin), warna putih menjorok keatas dari chassis. Kelihatan ada strut / shock absorber dibawahnya.
sebelah kiri (thd posisi mesin) tidak terlalu kelihatan. sedangkan strut bar itu besi warna hitam yang dari strut tower kanan melintang diatas mesin ke strut tower sisi kiri.
sekarang jelas om mana yang dimaksud strut tower dan mana strut bar.

thanks om atas pencerahannya. :frm_tumbright:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: apa sih gunanya strutbar ?

Post by esh »

Jadi kesimpulan om mandala sebenarnya strutbar itu untuk pemakaian harian tidak perlu? :e-think:
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: apa sih gunanya strutbar ?

Post by mandala1 »

yaaa.....kalo mobil cuma buat macet2an di jkt sih rasanya ga perlu2 amat sih.....kecuali sering buat ngacir ke luar kota (seperti lewat tol jagorawi ke puncak, atau lewat cipularang ke lembang) mungkin lebih berguna.....
terserah sih.....ga pasang juga gapapa......mau pasang juga ga dosa..... :mrgreen:
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: apa sih gunanya strutbar ?

Post by zweifellos »

apakah dengan memasang strut bar ini kita bisa membelok dengan kecepatan yang lebih tinggi dibanding kondisi tanpa strut bar?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: apa sih gunanya strutbar ?

Post by mandala1 »

^^bukan 'bisa' membelok dgn kecepatan tinggi om....tapi 'lebih pede' pada saat membelok di kecepatan tinggi.....karena dgn aplikasi SB ini gejala body roll bisa lebih diminimalisir,, :)
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: apa sih gunanya strutbar ?

Post by nescafe »

mandala1 wrote:^^bukan 'bisa' membelok dgn kecepatan tinggi om....tapi 'lebih pede' pada saat membelok di kecepatan tinggi.....karena dgn aplikasi SB ini gejala body roll bisa lebih diminimalisir,, :)
ya dengan catatan kompone lainnya seperti shock absorber dll juga dalam kondisi baik,, :D
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: apa sih gunanya strutbar ?

Post by AD74YA »

tret yang bagus nih.. informatif..

mo tanya katanya kalau sudah pasang strut depan, yang buat chassis belakang nggak terlalu perlu ya katanya? lalu guna sebenarnya dibuat juga untuk chassis belakang itu untuk apa ya?
:e-think:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
wishmaster
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 197
Joined: Fri Oct 17, 2008 8:14

Re: apa sih gunanya strutbar ?

Post by wishmaster »

mane nih oom Poetic, experimentnya udah berhasil blom ya ?
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: apa sih gunanya strutbar ?

Post by GTR »

kalo tadi di atas;
ada lagi strut bar "kolong", letaknya di bawah, menyambung antara sumbu kiri dan kanan wishbone, bisa buat sumbu roda depan dan belakang.
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: apa sih gunanya strutbar ?

Post by AD74YA »

wishmaster wrote:mane nih oom Poetic, experimentnya udah berhasil blom ya ?
udah bisa kok bro beliau bikin strut.. :mrgreen:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: apa sih gunanya strutbar ?

Post by zweifellos »

mandala1 wrote:^^bukan 'bisa' membelok dgn kecepatan tinggi om....tapi 'lebih pede' pada saat membelok di kecepatan tinggi.....karena dgn aplikasi SB ini gejala body roll bisa lebih diminimalisir,, :)
jadi cuman hanya masalah naiknya performa "perasaan kita saat akan berbelok" aja om? bukan ada pengaruh pemasangan strutbar secara teknis ke performa mobil ketika berada di belokan?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: apa sih gunanya strutbar ?

Post by nescafe »

zweifellos wrote:
mandala1 wrote:^^bukan 'bisa' membelok dgn kecepatan tinggi om....tapi 'lebih pede' pada saat membelok di kecepatan tinggi.....karena dgn aplikasi SB ini gejala body roll bisa lebih diminimalisir,, :)
jadi cuman hanya masalah naiknya performa "perasaan kita saat akan berbelok" aja om? bukan ada pengaruh pemasangan strutbar secara teknis ke performa mobil ketika berada di belokan?
iya bro, pengaruhnya mengurangi gejala body roll pada saat membelok di kecepatan tinggi, sperti yg sudah dikatakan pak mandala sebelumnya
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: apa sih gunanya strutbar ?

Post by Abu2 »

GTR wrote:kalo tadi di atas;
ada lagi strut bar "kolong", letaknya di bawah, menyambung antara sumbu kiri dan kanan wishbone, bisa buat sumbu roda depan dan belakang.

om Getar, apakah itu namanya sway bar?
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: apa sih gunanya strutbar ?

Post by ZombiEE »

sway bar kae nya laen lagi..sway bar itu macam stablizier bawaan mobil..cmiiw...

strut bar atas dan bwh menurutku lebih berguna strut bar kolong:)
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: apa sih gunanya strutbar ?

Post by Abu2 »

strut bar kolong itu bukannya stabilizer?
koq ada istilah SB kolong seh... :e-doh:

tapi, denger2 neh..kalo pake SB, umur SA (shock arbsorber) jadi lebih pendek lhooooooo...... :roll:
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4422
Joined: Tue May 29, 2007 12:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: apa sih gunanya strutbar ?

Post by Ryan Steele »

zweifellos wrote:apakah dengan memasang strut bar ini kita bisa membelok dengan kecepatan yang lebih tinggi dibanding kondisi tanpa strut bar?
Berdasarkan hasil tes Tabloid Otomotif, penggunaan SB pada mobil dengan mesin standar malah mengurangi kecepatan pada saat belok karena sasis menjadi lebih kaku.

~lupa edisi yang mana...~
no signature
iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: apa sih gunanya strutbar ?

Post by iwang »

strut bar = antara 2 strut tower/sokbreker, untuk kompensasi sasis yang bisa flexing (terutama untuk monocoque)..sasis tetap harus ada flex, tapi kalau berlebih bisa mengurangi traksi dan penempatan/placement & feelnya roda di jalan..

sway bar = stabilizer bar, semacam torque beam antara roda kanan kiri, yang akan terpelintir bisa satu sisi roda naik atau turun terhadap roda lain..
ini salah satu parameter utama untuk suspension tuning, selain rate per dan sokbleker
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: apa sih gunanya strutbar ?

Post by mandala1 »

AD74YA wrote: mo tanya katanya kalau sudah pasang strut depan, yang buat chassis belakang nggak terlalu perlu ya katanya? lalu guna sebenarnya dibuat juga untuk chassis belakang itu untuk apa ya?
:e-think:
Maksudnya kayak yg suka dipasang di belakang bawah minibus2 seperti kijang n panther gitu yah jay? yg warnanya orange? Kalo itu sih ane bilang ga ada efek apa2 malah kalo udah lama suka bunyi2 berisik kayak berdecit gitu...kan malah mengganggu jadinya :)
Kalo ane liat sih itu lebih ke aksesories ajah ketimbang fungsinya......
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: apa sih gunanya strutbar ?

Post by mandala1 »

Abu2 wrote:tapi, denger2 neh..kalo pake SB, umur SA (shock arbsorber) jadi lebih pendek lhooooooo...... :roll:
Logika nya gini : dgn pemasangan SB maka beban kejut yg dialami oleh salah satu SA (sebelah) akan terbagi rata di kedua SA (kanan n kiri),, mungkin dibilang umur SA jadi pendek karena hampir di tiap kondisi jalan ke dua SA bekerja secara bersamaan dalam menerima beban tsb, atau mungkin lebih tepatnya SA kanan dan kiri bisa rusak secara bersamaan selama umur pakai nya,, secara praktek di lapangan leboh sering SA sebelah kiri biasanya lebih duluan rusaknya ketimbang yg sebelah kanan,,,
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: apa sih gunanya strutbar ?

Post by ZombiEE »

kenapa kiri duluan ooM?:)

@abu2: kalo lower strutbar itu biasanya titik penguncian nya di antara 2 kuncian sentrik...:)
jadi strut bar itu tidak recommended yah kawan2?:)
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: apa sih gunanya strutbar ?

Post by Abu2 »

@jembi, kalo buat balap ya bagus dipasang lah...
kalo buat harian, imho, cuma dapat efek kosmetik nya aja, memperindah engine bay
iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: apa sih gunanya strutbar ?

Post by iwang »

kalo mau makin kliatan, dicopot kap mesinnya biar kliatan tu strutbar :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: apa sih gunanya strutbar ?

Post by Abu2 »

iwang wrote:kalo mau makin kliatan, dicopot kap mesinnya biar kliatan tu strutbar :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
atau strutbarnya dipasang mengangkangi kap mesin.. :big_weee:
iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: apa sih gunanya strutbar ?

Post by iwang »

hehehe pada kacau neh kalo udah malem
yang saya inget sih, dulu pake pug 504/505, kalo kena lobang gede pas ngebut, itu kap mesin bisa penyok dikit dari dalem karena ujung baut sokbreker sampe tergerak ke atas..karena chassis/apronnya flexing..padhal komponen suspensi yang lain baru2 semua..tapi memang 504/505 suspension playnya ampir 30cm..
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: apa sih gunanya strutbar ?

Post by jalu »

mandala1 wrote:
AD74YA wrote: mo tanya katanya kalau sudah pasang strut depan, yang buat chassis belakang nggak terlalu perlu ya katanya? lalu guna sebenarnya dibuat juga untuk chassis belakang itu untuk apa ya?
:e-think:
Maksudnya kayak yg suka dipasang di belakang bawah minibus2 seperti kijang n panther gitu yah jay? yg warnanya orange? Kalo itu sih ane bilang ga ada efek apa2 malah kalo udah lama suka bunyi2 berisik kayak berdecit gitu...kan malah mengganggu jadinya :)
Kalo ane liat sih itu lebih ke aksesories ajah ketimbang fungsinya......
IMHO kalo yang ini bagi saya ada efeknya meski gak se-drastis kalo ganti shock yg lebih keras, kalo pake barang ini suspensi blkg akan lbh rigid sedikit, cuma di jalan jelek agak kaku. Krn sifatnya ngeborgol kiri dan kanan ya ujung2nya karet2nya cepet ngedecit, apalagi karet2nya cuma kualitas biasa.CMIIW
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby