Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VV

Post by Abu2 »

jadi pingin eh jaldut....cbu jepun .....
User avatar
Bueuk_32
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2002
Joined: Fri Oct 26, 2012 12:47

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VV

Post by Bueuk_32 »

jalu wrote:waktu dipameran IIMS udah liat GV facelift, tapi saya gak tertarik, cm liat sekilas doang krn cuma muka nya doang yang beda...tapi pas baca berita bahwa yg facelift itu CBU jepang, jadinya tertarik lagi....bukan tertarik mau beli...tapi tertarik buat liat2 lbh detail :mky_01:

jumat akhirnya iseng mampir ke diler, pas banget ada yang dipajang warna putih dan yang lain digudang, hasil blusukan :

1. major deffect GV CKD adalah panel2 plastik interior yang rattle parah, langsung aja saya coba gebrak2 interior sambil agak dipenyet doortrim, dasbor dan plastik2 di pilar, ternyata beda euy...memang kelas plastiknya sama aja ky CKD tapi yang CBU ini lbh kokoh. Fit n finish lbh rapi 90%, 10% msh ada beberapa titik sambungan printilan panel doortirm yang rada melenceng

2. major deffect GV CKD yang lain adalah rattle parah di cover ban serep (konde) di pintu belakang jadi kalo pintu belakang ditutup bunyinya gubrakkkk, ternyata di GV CBU tidak ada, begitu pintu belakang ditutup langsung jlebbb....cover ban serepnya CBU saya coba gebrak2 tetap tegar (plus ada tulisan emblem SUZUKI di kondenya), dan jg karet lis pintu belakangnya CBU lbh tebal jadi pas pintu tertutup lbh press, tentu saja butuh effort lbh kuat untuk nutup pintu

3. Sama halnya dengan karet2 lis pintu yang lain, lebih tebal jadi pintu2 lbh press, sama2 butuh effort lbh kuat untuk nutup pintu...sepertinya bertujuan untuk pembenahan insulasi. Pegas2 penahan engsel pintu jg terasa lebih keras, jadi buka/tutup pintu terasa berat..

4. GV adalah salah satu karya maestro desain Giugiaro, secara keseluruhan tarikan garis2nya tampak bold dan berkarakter, tapi saya yakin desain grill dan bemper yang facelift ini bukan karya Giugiaro...sepertinya bikinan tuan takur, krn grill dan airdam menyeringai :big_weee:

5. Catnya lbh kinclong uy...glossy dan bintik2 xyralicnya lbh tampil....yang warna putih tampil lebih putih terang dibanding CKD

6. Ruang fender sudah ada lapisan aspal, sayang layeringnya kasar

7. cuma ada type 2.4, interior hitam, jok kulit absen dan HU nya DVD (entah clarion atau cungkwo :upss: ). price list tetap dan ada disc 15jt untuk pembelian bulan des ini

8. selebihnya gak ada hal yang baru, udah basi... mesin + girbok sama2 aja (5 MT atau 4AT)

Sayang gak ada unit test drivenya, jadi blm bs dibuktikan pembenahan deffect dan impresi secara keseluruhan. Mesinnya jg msh tanda tanya krn kalo memang JDM spec itu sepertinya lbh sensi dng premium sebab CR 10:1, GV CKD meski di brosur 10:1 tapi baca2 di service book itu 9,5:1 untuk antisipasi kualitas BBM.

Kalo memang fans sijuki yang pengen coba GV dng built quality yang sepatutnya, GV CBU ini layak dibeli, tapi kalo mau lbh wise dng bujet dibawah 350 jt, masih banyak pilihan dr merek lain yang lbh fresh
no pic = ..... :big_weee:
"The Power of ren-Dreams"
Image
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VV

Post by Abu2 »

jaldut,
untuk GV 2.0 dan 2.4, untuk per dan sok, itu part number nya sama atau beda ya?
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VV

Post by jalu »

Abu2 wrote:jaldut,
untuk GV 2.0 dan 2.4, untuk per dan sok, itu part number nya sama atau beda ya?
Donce2,

Per depan GV 2.4 = P/N 41111-65JA0-000, harga 710.400/pcs
Per depan GV 2.0 = P/N 41111B78K50N000, harga 199.500/pcs

AFAIK untuk per belakang dan sokbreker depan + belakang itu sama saja Part numbernya

Info tsb didapat dari : http://eparts.suzuki.co.id
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
kaisez
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Fri May 30, 2008 6:11

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VV

Post by kaisez »

Ini mobil padahal ane demen bgt. Fitur jg gak kalah... knp bs krglaku ya? Bentuknya jeep bgt padahal
kiddy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: Wed Feb 17, 2010 6:14

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VV

Post by kiddy »

Nanya dong gv 2.4 itu kalo di kecepatan 100 kmpj dan 120 kmpj itu di berapa rpm ya? Thanks
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VV

Post by BADAK »

Kenapa kurang laku, mungkin bang jalu bisa menjelaskan lebih detail menurut pengamatannya :)
So far yg saya tau owner GV rata2 puas hingga saat ini. Saya juga pindahan dr panther selama bertaon2 sebelum pake GV, dan tidak merasa GV seboros yg digembor2kan. Kalo gak laku saya rasa lebih karena brand dan kurangnya promosi. Saya amati di media2, produk2 Sujuki yg diiklanin selalu aja ertiga, APV, swift. Entah kenapa GV koq dianak tirikan :e-think:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
kiddy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: Wed Feb 17, 2010 6:14

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VV

Post by kiddy »

Saya pake gv 2.0 udah 4,5 tahun Gak pernah ada masalah selain ban bocor ama kesalahan sendiri hahaha.. Tenaga juga ga jauh beda dari beli padahal udah 120ribuan km .. Aftersales juga bagus, mobil kelar servis ampe diantar kerumah
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VV

Post by amfibi »

Modelnya udah bener-bener jadul kalo menurut ane...
tapi boljug sih kalo CBU jepang :mky_02:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VV

Post by Abu2 »

biar aja gak laku, ntar sekennya murah...trus beli yg 2.4 seken...di obrak abrik sekalian modif nya..
wkwkkwkkwwk
User avatar
ReyHerbert
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Sat Dec 22, 2012 15:58

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VV

Post by ReyHerbert »

kiddy wrote:Nanya dong gv 2.4 itu kalo di kecepatan 100 kmpj dan 120 kmpj itu di berapa rpm ya? Thanks
GV 2.4 di 100 km/h itu di sekitar 2400an seinget ane Gan. 120 km/h di sekitar 3100an.

numpang join master2, nubie numpang lewat
abi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat Dec 25, 2004 8:07
Location: duri

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VV

Post by abi »

ane baru ambil gv 2.4 sisa stok 2011, lumayan dapat diskon 60 jt. masih ada bbrp biji yg belum laku, mungkin januari dst diskonnya bisa nambah lagi berhubung udah 2013. menurut ane ini boil fun to drive, akselerasi lumayan apalagi ada tombol sport mode. sayang tombol sport agak susah dijangkau karena posisinya di sebelah kiri tuas transmisi matic, jd ketika pingin akselerasi kadang gak maksimal sebab gak langsung nemu itu tombol sebab pandangan kan mesti fokus ke depan. konsumsi bbm cukup boros 7-9 km/liter, cukup terasa kalau dibanding fortuner 2.5 tapi terbayar dgn akselerasi dan kenyamanan ngebut di tikungan.
pengalaman drive jambi-duri vv lebih capek naik fortuner manual daripada vitara dan lebih lambat walau lebih irit 100 rb/trip utk bbm. di tikungan tajam dan ngebut, fortuner cenderung ngedrift sementara vitara boleh dikata gak sampe mendecit bannya. utk semi off road vitara juga lumayan, lewat jalan tanah liat transmisi taruh di L atau 2 mobil masih aman gak terjebak di lumpur. ground clearance vitara cukup memadai
emang gak apple to apple perbandingannya, jadi mohon maaf sebelumnya
kiddy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: Wed Feb 17, 2010 6:14

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VV

Post by kiddy »

ReyHerbert wrote:
kiddy wrote:Nanya dong gv 2.4 itu kalo di kecepatan 100 kmpj dan 120 kmpj itu di berapa rpm ya? Thanks
GV 2.4 di 100 km/h itu di sekitar 2400an seinget ane Gan. 120 km/h di sekitar 3100an.

numpang join master2, nubie numpang lewat
wihh mantap juga ya yg 2.0 udah 3000an
kiddy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: Wed Feb 17, 2010 6:14

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VV

Post by kiddy »

abi wrote:ane baru ambil gv 2.4 sisa stok 2011, lumayan dapat diskon 60 jt. masih ada bbrp biji yg belum laku, mungkin januari dst diskonnya bisa nambah lagi berhubung udah 2013. menurut ane ini boil fun to drive, akselerasi lumayan apalagi ada tombol sport mode. sayang tombol sport agak susah dijangkau karena posisinya di sebelah kiri tuas transmisi matic, jd ketika pingin akselerasi kadang gak maksimal sebab gak langsung nemu itu tombol sebab pandangan kan mesti fokus ke depan. konsumsi bbm cukup boros 7-9 km/liter, cukup terasa kalau dibanding fortuner 2.5 tapi terbayar dgn akselerasi dan kenyamanan ngebut di tikungan.
pengalaman drive jambi-duri vv lebih capek naik fortuner manual daripada vitara dan lebih lambat walau lebih irit 100 rb/trip utk bbm. di tikungan tajam dan ngebut, fortuner cenderung ngedrift sementara vitara boleh dikata gak sampe mendecit bannya. utk semi off road vitara juga lumayan, lewat jalan tanah liat transmisi taruh di L atau 2 mobil masih aman gak terjebak di lumpur. ground clearance vitara cukup memadai
emang gak apple to apple perbandingannya, jadi mohon maaf sebelumnya
mantap juga berarti yg2.4
User avatar
ReyHerbert
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Sat Dec 22, 2012 15:58

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VV

Post by ReyHerbert »

iya, makanya ane jg ambil yg 2.4, soalnya yg 2.0 kan mesinnya masih sama persis kyk escudo 2.0 (J20A) cuma ditambah output tenaganya. mungkin juga akibatnya jd lebih boros drpd yg 2.4.

CMIIW :D
abi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat Dec 25, 2004 8:07
Location: duri

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VV

Post by abi »

@ rayherbert: lho bukannya GV 2.4 lebih boros daripada GV 2.0? tapi bisa jadi sebaliknya menimbang power to weight ratio 2.4 yg lebih baik. GV 2.4 ini secara value for money bagi saya bagus sekali. sama seperti neo baleno, hanya 240 jt waktu baru dulu vs. mazda2 270 jt tapi kenyamanan, akselerasi dan built quality jauh lebih baik.
pake toyota sekarang rasanya kurang nyaman karena ngantri servisnya minta ampun.
suv yg lain dgn rentang harga GV hanya dapat mesin 2.0 (itupun harus nambah duit lagi), sehingga kurang fun untuk akselerasi, mana FWD lagi dan manual. capek deh. tentu saja ada bbrp kekurangan tp bagi saya masih bisa dimaafkan dan tertutupi dgn kelebihan2 yg ada.
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VV

Post by jalu »

abi wrote:ane baru ambil gv 2.4 sisa stok 2011, lumayan dapat diskon 60 jt. masih ada bbrp biji yg belum laku, mungkin januari dst diskonnya bisa nambah lagi berhubung udah 2013. menurut ane ini boil fun to drive, akselerasi lumayan apalagi ada tombol sport mode. sayang tombol sport agak susah dijangkau karena posisinya di sebelah kiri tuas transmisi matic, jd ketika pingin akselerasi kadang gak maksimal sebab gak langsung nemu itu tombol sebab pandangan kan mesti fokus ke depan. konsumsi bbm cukup boros 7-9 km/liter, cukup terasa kalau dibanding fortuner 2.5 tapi terbayar dgn akselerasi dan kenyamanan ngebut di tikungan.
pengalaman drive jambi-duri vv lebih capek naik fortuner manual daripada vitara dan lebih lambat walau lebih irit 100 rb/trip utk bbm. di tikungan tajam dan ngebut, fortuner cenderung ngedrift sementara vitara boleh dikata gak sampe mendecit bannya. utk semi off road vitara juga lumayan, lewat jalan tanah liat transmisi taruh di L atau 2 mobil masih aman gak terjebak di lumpur. ground clearance vitara cukup memadai
emang gak apple to apple perbandingannya, jadi mohon maaf sebelumnya

Image

underlined :
kalo mau sebenernya untuk tombol a/t power bisa dipindah loh posisinya ke bawahnya atau pojok kanan bawah (ada 2 empty slot tersedia). Tentu meski buka 2 list silver di kiri kanan center fascia dasbor, lanjut buka ring krom disekeliling tuas gigi, baru deh plastik panelnya diangkat, Pindahin switchnya dan tutup/dummy lubang switch yang dipake dipindah ke bekas tempat tombol tsb semula, paling nambah/ulur kabel dikit.
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
abi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat Dec 25, 2004 8:07
Location: duri

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VV

Post by abi »

:off_good_job: mantap om jalu. kalau dipindah ke dashboard di belakang setir keqnya lbh mantep tapi banyak lagi kerjanya ya, nambah kabel dll.
saya kepikiran ganti double din audio sama dvd. searching di alibaba ada pilihan AG-6236 yg udah pake voice command utk GPS dan lebih mahal $565 vs. ST-8953 dng harga kurang dari itu udah dapat head rest monitor, rear camera, parking sensor dan ongkir pake EMS. belum pernah beli online ke china jadi rada khawatir juga sama import tax dll.
sama diler tadinya ditawarin pasang di variasi lokal hanya 4 jt double din DVD merek AVT, tapi waktu itu saya milih kaca film depan huper optik ceramic sama asesori (mud guard, talang air, spoiler, emblem cover tire, fuel lid cover, karpet dasar, salon), walau nambah 2 jt, sebab vkool hanya dikasih lettter u saja.
sebenarnya head unit bawaan sudah lumayan bagus, radio fm mantab abis dibanding fortuner punya karena kuat nangkep siaran malaysia. mana bisa nampung 6 cd lagi.
kiddy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: Wed Feb 17, 2010 6:14

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VV

Post by kiddy »

Sekarang nyari suv seukuran jarang aja yg rwd.. Ya balik2 ke gv lg hihihihiih
abi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat Dec 25, 2004 8:07
Location: duri

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VV

Post by abi »

rav4 bukannya rwd? dari thread sebelah, mesin gv 2.4 sebanding ama kia ans 2.0 ya walaupun bgt ane tetep pilih gv
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VV

Post by Abu2 »

jaldut, di upload dong poto GV nya setelah ganti sepatu.. :roll:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VV

Post by jalu »

Abu2 wrote:jaldut, di upload dong poto GV nya setelah ganti sepatu.. :roll:
boleh2..tapi sabar dl yah, kalo jadi hr ini saya mau pasang lampu belakang model LED bar, sekalian penyegaran... :e-dance:
contoh pic :

Image
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
bali_juventino
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 442
Joined: Wed Aug 01, 2012 6:33

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VV

Post by bali_juventino »

jalu wrote:
Abu2 wrote:jaldut, di upload dong poto GV nya setelah ganti sepatu.. :roll:
boleh2..tapi sabar dl yah, kalo jadi hr ini saya mau pasang lampu belakang model LED bar, sekalian penyegaran... :e-dance:
contoh pic :

Image
Brp'an tuh om hrgnya?
Untuk accesoris GV man dikit bnget yah....
kiddy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: Wed Feb 17, 2010 6:14

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VV

Post by kiddy »

abi wrote:rav4 bukannya rwd? dari thread sebelah, mesin gv 2.4 sebanding ama kia ans 2.0 ya walaupun bgt ane tetep pilih gv
harga baru ny mahalan rav4 hehehe... Ia sama ya.. Enggak ngerti juga.. Padahal mestinya kalo udah 2400cc bisa lebih gede kayanya ya
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VV

Post by BADAK »

@jalu : DC berapaan ban buat stop lamp LED nya?
Jangan lupa ntar foto waktu udah terpasang di upload kemari ya :off_good:

@abi: Kena berapa om GV 2.4 nya? Knapa gak ambil yg facelift sekalian?
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today