FortunerMan wrote:Salah sekali menggunakan pengalaman pribadi (satu orang), sedangkan survei yg profesional mengatakan pelayanan Toyota bagus. Masih sibuk cari MID ya...kasian, di pangkas semua ya. Di Thailand aja lengkap tuh. Sekali lagi ini pelajaran statistik SMA, mana ada statistik yg benar dengan sample satu hahaha
Sy pk pengalaman pribadi, tp ga hny 1 kasus. Sy jg denger dr pengendara toyota lain. Adik sy estimate shock camry di TAM, lalu cek hrg di toko yg mana TAM pun ambil disitu, hrg nya jauh lebih murah dari TAM. Klo beda dikit sih msh wajar. Sy ga bilang semua TAM jelek, tp ga semua bagus spt yg anda banggakan. Cth sy pernah spooring di TAM aja ga beres2, bayangkan, hanya spooring. Akhirnya sy bw ke bengkel khusus spooring.
Cth pengalaman sy dgn shock harrier, sy lsg ke toko langganan yg biasa didtgin org TAM, pas sy cek shock yg genuine bercap/kardus toyota, trnyata ada grafir kyb & tokico di tabung shock nya. Set depan & belakang beda factory. Hrg dpn blakang hampir 8jtan dgn cap toyota. Kebetulan sy tau toko yg jual kyb khusus harrier, sy beli dpn blkang hny ¼ dr hrg yg berlogo toyota.
Menandakan duit msh berarti buat sy, hanya cari dgn akal saja repair cost bisa turun jauh. Setelah dipasang, klop semua, spec & handling pun sama.
Jd dimanakah “peace of mind†yg anda bilang? Anda mungkin lsg percaya dgn omongan atpm & tinggalin mobil di atpm saja?
Sy tahu di th, uk, oz, nz variant captiva nya lebih komplit. Begitu pula dgn 4tuner anda yg di LN yg berfeature & variant lebih lengkap drpd versi indo. Captiva indo dispecdown utk bs masuk 250-300jutaan market area utk everest & 4tuner diesel, tanpa mengurangi hal2 penting seperti tenaga & auto transmisi yg mana tiptronic.
Tanpa mid, atau cruise control, atau audio steer, mobil nya tetep bs jln. If top of the range nya captiva yg masuk ke sini, akhirnya main di level crv-xtrail seperti di luaran.
Lgpula pasti GM nya sudah membidik ke type customer spt apa, apalg dgn adanya faktor bbm naik. Target mereka kemungkinan besar pecinta/previously chevy owner dan customer yg lebih ke fungsional (power, kapasitas,FC). Krn Gm jg tau, org indo suka gonta ganti HU, double din, tv, audio dll. Cruise ctrl yah ga terlalu perlu, sering macet.
Nah baru2 ini otomotif edisi21/XVIII 29/9/08 meliput
ada owner FORTUNER DIESEL baru ganti transmisi MANUAL ke matic, maunya matic tp atpm nya blm merelease. AKHIRNYA OPREK SENDIRI GANTI PAKE AUTOMATIC TRANS merk aisin-warner, ongkos nya 17.5jt... how pathetic is that?
trans nya bukan dari toyota juga lagi, alamat penyakitan deh. Mobil klo udah ganti jeroan mesin, coupling, trans dll mendingan dijual aja deh. Msh baru dipasaran tp mo ganti transmisi, repot jg ya. Jatuhnya lebih mahal dan ribet daripada masang mid, cruise ctrl, audio steer kan?
Btw, sy kira 4tuner rear sudah disc tp ternyata masih DRUM BRAKES. Captiva sudah all disc brakes, only 291.5mil.
Dimana peace of mind nya?
Mungkin TAM masukkin 4tuner 2.5 d4d pake manual supaya hrg nya lebih murah & supaya ngebantu dongkrak tenaganya yg kecil itu, kebayang kan 100ps pk matic, pasti ga ada tarikan. klo dimasukkin yg versi 3.0ltr hrg nya tinggi. Sy heran majalah yg review 4tuner diesel & bilang raja tanjakkan tp di paragraf yg lain, bilang hrs pintar main gigi pada rpm yg tepat. Itu penulisan 4tuner kurang torque secara halus.
Btw, sy ga sibuk cr mid/audiosteer/cruise ctrl. Ga senorak itulah, bukan hal2 baru jg utk sy. Yg penting, power mobil cukup besar sebanding dgn size body nya, 5sp a/t tiptronic, abs 4channel, ebd, pwr window, a/c, tape, self adjust rear suspension (ini jarang ketemu di mobil lain yg hrg nya segini, jd sy anggap bonus) come as standard, muat 7 jika perlu, bagasi lumayan lalu dicompare ke hrg nya yg cukup sebanding.
Feature lain yg bersifat pemanis spt mid tidak terlalu penting. Audiosteer, sy msh sanggup mencapai tombol tape. cruise ctrl pun hny terpakai di tol, itupun sewkt sepi. Sy rasa kompensasi hrg murah cukup tergantikan dgn power / feature2 di basic captiva.
Btw, pengalaman 1 org bisa meng’inspirasi’ banyak lho.