Ford Everest 2.5 Duratoq at the first sight

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Ford Everest 2.5 Duratoq at the first sight

Post by Turboman »

Saat mesin pertama kali di start : guncangan pertama cukup halus,
mirip ama Innova D4 D.

Tinggalkan mesin berputar stasioner menunggu temp. normal sambil
berbincang bincang dgn sang sales girl & melihat lihat mesinnya.
Posisi Intercooler ada di balik bumper & agak ke bawah. ECU nya buatan Siemens VDO.

Suara mesin : alus booo........layaknya mesin CDI Mercedes :e-clap:


Kembali melihat ke panel dashboard, melihat temprature sudah menunjuk
angka 1/4 maka AC di hidupkan dan mulai test utk melihat response mesin

Ziinngg......zziinngggg......mesin berkitir dr 1000 - 2000 RPM dengan
cukup gesit, VGT Turbo menunjukkan kinerjanya, gas gas lagi daleman,
mesin berkitir ke 3000 RPM dengan cukup cepat :e-clap:..........hmm hmm
hmmmmm.......dengan 143 bhp & 330 Nm / 1800 RPM, kombinasi stroke
pendek 93 X 92 mm + Turbo VGT + Intercooler + Transmisi A/T 5 speed
atau M/T 6 speed cukup menggoda utk dicoba.


Utk Interior, ceiling blower AC menyatu dengan plafon spt halnya
Innova, kualitas material plastik sepintas mirip dengan kualitas
interior Innova.

Jangkauan tangan ke tuas transmisi / head unit cukup nyaman, krn
posisi penempatan head unit agak sedikit maju ke depan.

Bangku tengah juga bisa reclining.

Lain lainnya belum sempat diperhatikan karena terbatasnya waktu.


Pihak Ford mengclaim mesin Duratoq fully comply dgn solar / biosolar
biasa, marilah kita lihat nanti.

Di sisi lain yg masih harus dibuktikan juga adalah konsumsi BBM serta
ketahanan mesin Duratoq ini.


Yg jelas dengan harga OTR 255 M/T & 267 A/T & sudah dielngkapi ABS /
EBD, Dual airbags, mobil ini berpotensi menjadi TBR 541 Touring killer / Fortie D4 D killer.



Demikian sekilas report
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Barusan ditanya di atas, ternyata disini udah ada preview nya. Thanks.
..........hmm hmm
hmmmmm.......dengan 143 bhp & 330 Nm / 1800 RPM,
Wowww.... :e-clap: :e-clap:

Kirain tadi akan dibawah D4D sebagai kompensasi atas toleransi penggunaan solar biasa. Ternyata malah jauh di atas nya...[/quote]
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

Yg masih harus dibuktikan adalah apakah mesin tsb. akan benar2 jalan mulus dengan solar biasa / biosolar tanpa "racun" solar & Purging.

Kalau estimasi saya utk amannya tetap solar / biosolar biasa dicampur racun yg menagdnung detergent / dispersant serta purging 15 - 20 rb. km sekali.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Sekilas pandang Everest Duratoq (2)

Post by Turboman »

Menyambung rasa ingin tahu thd mobil ini, maka pengamatan berlanjut :

1. Bangku tengah bisa reclining tapi nggak bisa maju mundur kayak
Innova / Fortuner.

2. Konfigurasi suspensi sangat2 mirip dengan Panthy, depan Torsion
bar, belakang leaf spring rigid axle.

3. Pandangan ke depan : bag atas kap mesin terlihat oleh pandangan
mata, serasa bawa truk ber bonnet, udah itu sayangnya bangku depan
nggak bisa dinaik - turunkan.

4. Bag bawah spion ada ilumination light (2 LED putih), jadi ketika
turun dr mobil sesudah mesin mati, dia akan menyala bbrp saat, cukup
membantu bila parkir di tpt gelap.

5. Utk mesin :

TBW juga, Throttle digerakkan mekanisme vakum & tanpa TPS (aneh nih).

VGT actuator juga digerakkan mekanisme vakum

Muffler ada 2 ada main muffler & pre muffler (ga yakin apa main
mufflernya semi free flow)



Mesin :

Mobil kedua yg saya dengar ternyata suara mesinnya nggak sehalus unit
pertama yg saya dengar bbrp hari yg lalu, unit kedua ini bahkan
sewaktu stasioner di dlm kabin mencatat hampir 53 dB (AC off), di gas
sedikit ke 900 - 950 RPM menjadi 52 dB, sedang pengukuran dr luar dgn
kap mesin terbuka posisi dB meter sekitar 45 cm di atas mesin (agak
sedikit di depan grill) mencatat 76 - 77 dB (stasioner). Mungkin kebetulan diisi solar yg kurang bagus.

Tetapi utk throttle response tetap oke, di gas zing....zinngg....RPM berkitir ke 2000 RPM dgn cukup cepat.


Kesimpulan :

Bila ada yg mau indent mobil ini utk hasil yg memuaskan maka sebaiknya
juga pilih unit.


Demikian sekilas report
w1ndut
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: Thu Sep 16, 2004 7:08
Location: Jabodetabek

Re: Sekilas pandang Everest Duratoq (2)

Post by w1ndut »

Turboman wrote:
Kesimpulan :

Bila ada yg mau indent mobil ini utk hasil yg memuaskan maka sebaiknya
juga pilih unit.

Maksudnya: kualitas unit tidak konsisten?
edwin
sila layari laman ini:

http://windut.co.cc
User avatar
liat2aja
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1084
Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23

Post by liat2aja »

bung Turboman wartawan ya?

btw waktu hari itu (kalo ga salah 17 Maret kemaren) gw pas arah ke Bandung ama bonyok lewat Tol Cipularang, liat rombongan Everest nya lagi pulang ke arah Jakarta (bung Turboman ada di dalam salah satu mobilnya ya?). Sempat kaget juga, mobil apaan tuh, kok mirip Everest tapi beda grill

Thanks buat reviewnya...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

Set dah........

oom w1ndut : kayaknya gw bisa nyambi jadi wartawan neh.......udah ada yg testi......kakakakakakak

liat2aja : ogut bukan wartawan oom :mrgreen:
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Post by solar_kerosen »

lihat mesinnya sih memang luar biasa tapi apa mungkin bisa jalan di indonesia 5 tahun tanpa trouble

gue gak yakin mesin duratorq ford mampu nahan solar yg bercampur minyak tanah kalau gak 1:2 ya 1:3 . hehehehhe

mesin sih memang yahut torsinya itu loeh 330 Nm tapi kalau dikasih solar biasa masak tahan sih :wink:

saran gue sih daripada pusing beli aja grand vitara atau kijang inova

getaran mesin halus ,perawatan gampang ,spare part gampang
coba diesel dikit dikit main kalibrasi ??? gue aja pernah nanya mau kalibrasi injection pump taft gt 1990 mintanya 5 juta ? gile aja emang duit daun coba pakai mesin bensin bongkar blok mesinya gampang nyetel pengapiannya gampang gak pake kalibrasi ,fuel injection gitu beli sedan masalah di indonesia banyak jalan bolong dan sering banjir masuk air ke mesin dan kabin habis uang jutaan rupiah

sekalian gue mau nanya apakah teknologi material mesin ford lebih baik dari MITSUBISHI yg terkenal tangguh menghadapi solar lokal contoh L300 pick up dan truk Colt
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

solar_kerosen wrote:lihat mesinnya sih memang luar biasa tapi apa mungkin bisa jalan di indonesia 5 tahun tanpa trouble

gue gak yakin mesin duratorq ford mampu nahan solar yg bercampur minyak tanah kalau gak 1:2 ya 1:3 . hehehehhe

mesin sih memang yahut torsinya itu loeh 330 Nm tapi kalau dikasih solar biasa masak tahan sih :wink:

Dlm hal meminum solar biasa saya sendiri juga ngka yakin, tapi sebetulnya jika harus terpaksa minum solar biasa tinggal purging aja pakai Liqui Moly Diesel Purge tiap 15 rb. km sekali, biaya sekali purging juga hanya sekitar 70 rebuan :D Juga campurkan additive bermutu utk solar macam Powerfuel / Redline 85+ / TCB / MCB / Amsoil CB / DF. Additional cost per liter solarnya masih eknomis, hasilnya wothed.

Kalau anda tinggal di daerah yg memang kualitas BBM nya super duper parah ya memang sebaiknya pakai mesin2 konvensional aja, either Diesel mekanikal pompa VE / inline atau kalau agsoline yg karburator / kompresi agak rendah.

solar_kerosen wrote: saran gue sih daripada pusing beli aja grand vitara atau kijang inova

Grand Vitara apalagi Innova bukanlah apple to apple comparison with Everest yg berbasis double cab, leaf spring & panjang 5 meter.

Different kind of car & different purpose.

solar_kerosen wrote: getaran mesin halus ,perawatan gampang ,spare part gampang
coba diesel dikit dikit main kalibrasi ??? gue aja pernah nanya mau kalibrasi injection pump taft gt 1990 mintanya 5 juta ? gile aja emang duit daun coba pakai mesin bensin bongkar blok mesinya gampang nyetel pengapiannya gampang gak pake kalibrasi ,fuel injection gitu beli sedan masalah di indonesia banyak jalan bolong dan sering banjir masuk air ke mesin dan kabin habis uang jutaan rupiah

Turut prihatin dengan masalah yg anda alami. Di sisi lain memang tidak dipungkiri bahwa tidak sedikit bengkel kalibrasi pompa injeksi yg suka "mengail di air keruh", maka dari itu harus selektif memilihnya. Yg di Jkt yg recommended Cahaya Serpong Diesel & Unggul Jaya Diesel. Sedang utk mesin CRD alat benchtestnya di Jkt baru dimiliki Untung Diesel CMIIW.

Mesin Diesel asal kita tahu merawatnya & tahu bengkel yg oke maka perawatannya ekonomis.

Mesin gasoline mamng lebih senyap, tetapi jika anda menginginkan mesin gasoline yg bisa pompa Torsi sebesar & serendah mesin Diesel maka anda harus menggunakan mesin gasoline dgn kapasitas jauhhh lebih besar (cc nya) atau menggunakan mesin2 gasoline "broadband" modern spt VW TSI / Audi TFSI yg biar cc nya kecil tapi Torsinya bisa serendah & nyaris sebesar Turbo Diesel.

Mesin bensin cc super gede siap2 saja BBM nya, dan mesin gasoline broadband modern nggak bisa minum gasoline sulfur tinggi / oktan rendah, BBM jelek dikit mesin rentan jebol & tentu harga komponen2 mesinnya juga mahal, krn comp. ratio tinggi / boost tinggi / GDI.

Alternative lain adalah mesin Spark Ignition CNG / LPG, asal di daerah anda tersedia SPBU BBG :D

Lalu kalau sering melintas jalan banjir / sungai dipakein snorkel aja, atau intake / air filternya diarahin ke atas, kalau air kelewat tinggi ya mesin apapaun sebaiknya jgn dihidupkan, semua bisa diantisipasi.


Bila anda memiliki mobil Diesel & ingin tahu lebih jauh ttg maintenance mesin scr ekonomis towards to performance / efficiency / durability silahkan join milis [email protected]
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Post by ween »

solar_kerosen wrote: saran gue sih daripada pusing beli aja grand vitara atau kijang inova

getaran mesin halus ,perawatan gampang ,spare part gampang
coba diesel dikit dikit main kalibrasi ??? gue aja pernah nanya mau kalibrasi injection pump taft gt 1990 mintanya 5 juta ? gile aja emang duit daun coba pakai mesin bensin bongkar blok mesinya gampang nyetel pengapiannya gampang gak pake kalibrasi ,fuel injection gitu beli sedan masalah di indonesia banyak jalan bolong dan sering banjir masuk air ke mesin dan kabin habis uang jutaan rupiah

sekalian gue mau nanya apakah teknologi material mesin ford lebih baik dari MITSUBISHI yg terkenal tangguh menghadapi solar lokal contoh L300 pick up dan truk Colt
kelasnya everest adalah furtuner D4D dan isuzu MU7.......

bro, mesin mitsubishi tidak semuanya tahan dgn bbm di sini, kebetulan mesin L300&colt diesel merupakan mesin diesel konvensional.........contoh yang paling kelihatan adalah mesin grandis lama (CBU IU) yang sudah pakai sistem GDI......sekarang banyak yang mampet injektornya karena bahan bakar oplosan.....
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Post by solar_kerosen »

beli mobil bingung juga yah , grand vitara katanya akselerasinya lemah , transmisi otomatisnya juga melempem

beli diesel sekarang juga pusing mau cari yg tenaga sedang kaya ford everest pake turbo , kata mekanik gue itu kalau mesin turbo diesel rentan oli , harus rajin ganti oli dan agak encer dibanding oli diesel lawas kalau gak sering ganti oli katanya bearing turbonya JEBOL mau beli panther haaaaaaaaaaaaah gak ada tenaganya cuma 78 ps , mesinnya banci gak narik . tambah lagi solar lokal katanya sih banyak kecampur minyak tanah , gue aja dulu tahun 90 pernah sering megang solar , baunya agak halus dan agak licin tapi sekarang tahun 2003 keatas udah bau minyak tanah dan cairannya agak kesat gak licin lagi
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

solar_kerosen wrote:beli mobil bingung juga yah , grand vitara katanya akselerasinya lemah , transmisi otomatisnya juga melempem

beli diesel sekarang juga pusing mau cari yg tenaga sedang kaya ford everest pake turbo , kata mekanik gue itu kalau mesin turbo diesel rentan oli , harus rajin ganti oli dan agak encer dibanding oli diesel lawas kalau gak sering ganti oli katanya bearing turbonya JEBOL mau beli panther haaaaaaaaaaaaah gak ada tenaganya cuma 78 ps , mesinnya banci gak narik . tambah lagi solar lokal katanya sih banyak kecampur minyak tanah , gue aja dulu tahun 90 pernah sering megang solar , baunya agak halus dan agak licin tapi sekarang tahun 2003 keatas udah bau minyak tanah dan cairannya agak kesat gak licin lagi
Lagi nyari mesin diesel tanpa turbo, Non CRD, tahan solar oplosan, CC kecil tapi tenaga besar ya...? Kalo kata nenek dulu, jgn meminta tanduk ama kucing.. Nggak bakalan ada.. :D :D
User avatar
xtreme
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 481
Joined: Mon Mar 19, 2007 3:52

Post by xtreme »

yoi.. pertamina payah juga.. kualitas solarnya.. kalo shel or petronas jual juga ga sih..|
life is an adventure...~
neptunus
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 192
Joined: Sat Dec 25, 2004 22:37

Post by neptunus »

bung turboman, salam kenal.

mo nanya,
1.bole kasih tau alamat lengkap bengkel yg bagus buat mesin diesel commonrail yg ada di everest 2007?
2.apakah kalo commonrail aman kalo konsumsi bio solar??
3.Ttg purging sebaiknya di bengkel mana? dan batasan kita tau uda mau purging itu apa?? (KM,ato mesin yg ngadat)
4. Untuk additive bermutu utk solar macam Powerfuel / Redline 85+ dll itu cara pakainya gimana??? (apakah sebelum isi solar, diisi langsung ke tangki bensinnya dulu ato abis isi solar baru ngisi?? dan campurannya brp banding brp?? (utk everest tangki full sekitar 70 Lt). Mana yg lebih bagus dari additive diatas??
5.Bagaimana pendapat bung turboman ttg mobil everest yg baru?? worth it ga yah? dengan harga segitu dan kelengkapannya??

sorry kebanyakan nanya,soalnya masih gelap banget ttg mesin diesel.baru nimbang2 mo beli everest,cuman takutnya melihara mesin diesel lebih susah drpd mesin bensin.

Thanks buat bantuannya.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

neptunus wrote:bung turboman, salam kenal.

mo nanya,
1.bole kasih tau alamat lengkap bengkel yg bagus buat mesin diesel commonrail yg ada di everest 2007?
2.apakah kalo commonrail aman kalo konsumsi bio solar??
3.Ttg purging sebaiknya di bengkel mana? dan batasan kita tau uda mau purging itu apa?? (KM,ato mesin yg ngadat)
4. Untuk additive bermutu utk solar macam Powerfuel / Redline 85+ dll itu cara pakainya gimana??? (apakah sebelum isi solar, diisi langsung ke tangki bensinnya dulu ato abis isi solar baru ngisi?? dan campurannya brp banding brp?? (utk everest tangki full sekitar 70 Lt). Mana yg lebih bagus dari additive diatas??
5.Bagaimana pendapat bung turboman ttg mobil everest yg baru?? worth it ga yah? dengan harga segitu dan kelengkapannya??

sorry kebanyakan nanya,soalnya masih gelap banget ttg mesin diesel.baru nimbang2 mo beli everest,cuman takutnya melihara mesin diesel lebih susah drpd mesin bensin.

Thanks buat bantuannya.
Per liner :

1. Mesin Diesel dirancang utk maintenance free, jadi utk perawatan cukup dgn membersihkan / ganti filter2.

2. Konon pihak FMI menjamin penuh mesin2 Duratoq ini (lihat thread test drive Ranger 3.0 TDCi)

3. Purging bisa di Synergy Daan Mogot (021) 5667222. Purging itu apa bisa lihat thread khusus purging Innova D4 D. Purging CRD tiap 15 rb. km sekali aja.

4. Utk additive kalau saya sih campur sebelum isi biosolar, tapi kalau mau tuang sesudahnya juga nggak pa pa kok.

Utk Cetane Booster yg recommended :
a. ACB (Amsooil Cetane Booster)
b. MCB G2 (Methorel Cetane Booster)
c. TCB (Total Cetane Booster
d. Magic 1 Shot 7in1 Diesel booster


Utk Diesel fuel conditioner :
Amsoil ADF (lihat solusi mengatasi solar busuk)

Kalau saya saat ini pakai kombinasi ADF & ACB. Efeknya thd kinerja mesin :
a. ACB : tenaga lebih penuh di setiap putaran
b. ADF : tenaga di RPM bawah / saat start up lebih terasa


5. Mengenai mobil kalau dilihat dr harganya sih worthed yach, mesin canggih dr VM Motori, Turbo VGT, Dual airbag, ABS, EBD, 6 speed M/T or 5 speed A/T. Hanya utk reliability ya kita harus lihat sampai sejauh mana Ford akan support dgn garansi 3 tahunnya itu.

Mungkin rekan2 yg pakai Ford bisa sharing ?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

uch wrote: Lagi nyari mesin diesel tanpa turbo, Non CRD, tahan solar oplosan, CC kecil tapi tenaga besar ya...? Kalo kata nenek dulu, jgn meminta tanduk ama kucing.. Nggak bakalan ada.. :D :D
Kalau yg mau beli serius ada solusinya.

Panther non Turbo 2.5 manual, nanti pasang Rizor Full option + header + CAI + Independent intake lining, asal yg penting kondisi pompa injeksinya sehat.

Alternative lain Mitsu Kuda 4D56, itu larinya paling ganas di kelasnya, di treat sama spt Panthy di atas. Again, yg penting mesin & pompa injeksinya sehat.

Mau yg Turbo : L200 Strada 4D56T, itu sama2 pake pompa Full mekanikal spt Kuda.

Mau yg bisa muat orang banyak : Pregio. Pregio terbukti bisa lari s/d 160 km/jam bila tuningnya tepat, maju gigi 1 roda blkg sprint.

Hyundai Arya 2.5 Turbo juga bisa.

Tentu case2 di atas bukan utk dibandingkan dgn mesin2 Diesel modern yg Powerfull / sgt powerfull, tetapi setidaknya membuat mobil2 Diesel konvensional tsb. perform jauh lebih baik drpd kondisi standardnya adalah memungkinkan.

So, the choice is yours, nanti kabari saja kalau mobilnya sudah ada.
neptunus
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 192
Joined: Sat Dec 25, 2004 22:37

Post by neptunus »

Thanks buat pencerahannya bung turboman.

1.oh yah apakah pencampurnnya antara ADF dan ACB tsb brp banding brp? misalkan ytk everest yg full tank 70 liter??

2.utk purging, apakah akan kehilangan garansi bila kita purging di tempat lain, mengingat Ford memberikan garansi 3 thn? (ato ini musti nanya pihak ford kali yah??)

3.kelemahan dari mesin commonrail sebenarnya apa yah dibandingkan mesin bensin biasa?? krn pilihan saya selain everest adalah grand vitara.

4.Setelah bung turboman mencoba mesin everest terbaru, bagaimana dgn goncangannya (suspensi) enak ga yah?? soalnya saya pernah coba grand vitara tp dijalan ga rata dan goyangannya/guncangannya cukup berasa.

sorry nanya kebanyakan lagi.

bole tau bung turboman memakai mobil apa?? krn pengetahuan ttg mobil diesel mumpuni skali.

thanks buat jawabannya.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

neptunus wrote: 1.oh yah apakah pencampurnnya antara ADF dan ACB tsb brp banding brp? misalkan ytk everest yg full tank 70 liter??

2.utk purging, apakah akan kehilangan garansi bila kita purging di tempat lain, mengingat Ford memberikan garansi 3 thn? (ato ini musti nanya pihak ford kali yah??)

3.kelemahan dari mesin commonrail sebenarnya apa yah dibandingkan mesin bensin biasa?? krn pilihan saya selain everest adalah grand vitara.

4.Setelah bung turboman mencoba mesin everest terbaru, bagaimana dgn goncangannya (suspensi) enak ga yah?? soalnya saya pernah coba grand vitara tp dijalan ga rata dan goyangannya/guncangannya cukup berasa.
.

Per liner

1. Kalau utk 70 liter berarti ACB nya 60 - 90 ml & ADF nya 90 - 95 ml

2. Spt nya klausul garansi FMI lebih flexible dr TAM, bisa ditanyakan lebih detail ke pihak FMI.

3. Mesin CRD memang umumnya menuntut solar dengan sulfur 500 ppm & lebih rentan thd solar oplosan (kerosene / kontaminasi air) drpd mesin Diesel konvensional.

Nah kalau boleh tahu anda tinggal di Jkt atau dimana ? Utk Jabodetabek biosolar udah oke krn di suplai dr Balongan. Juga utk daerah2 yg di suplai oleh refinery2 Pertamina yg menghasilkan sulfur solar antara 500 - 700 ppm (lihat thread khususnya). Harusnya Balikpapan, kota2 di kaltim hingga Makassar solarnya juga cukup rendah sulphurnya, asal jangan dioplos aja. CMIIW

Kalau anda tinggal bukan di Jkt so amati aja kondisi solar di tempat anda, kalau kondisinya sering teroplos berat better jangan pakai mesin CRD. Kalau sesekali teroplos ringan bisa ditolong dengan ADF / Redline DFC / RL-2.


4. saya belum sempat test drive melewati jalan jelek, sempat coba lewati trotoar, utk mobil dgn leaf spring bantingannya termasuk oke, dia nggak sekeras / sekaku versi Double cabnya (Ranger).
neptunus
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 192
Joined: Sat Dec 25, 2004 22:37

Post by neptunus »

saya tinggalnya di daerah jakarta utara. kebetulan deket saya tinggal ada 1 pom bensin yg menjual bio solar.

oh yah utk mobil dengan leaf spring, kira2 bantingnya setara dengan mobil apa yah?? kijang lama?? ato innova?? CRV?? ato jangan2 sekeras katana yah?? ato mobil lainnya?? hanya utk perbandingan saja.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

neptunus wrote: oh yah utk mobil dengan leaf spring, kira2 bantingnya setara dengan mobil apa yah?? kijang lama?? ato innova?? CRV?? ato jangan2 sekeras katana yah?? ato mobil lainnya?? hanya utk perbandingan saja.
Test drive aja oom, FMI menyediakan test unit yg dirotasi antar dealer, mumpung skg2 ini kayaknya test unitnya lagi muter2 di Jkt.

Lebih baik test sendiri sebab expetasi setiap orang beda2.
neptunus
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 192
Joined: Sat Dec 25, 2004 22:37

Post by neptunus »

Bung Turboman, saya ingin menanyakan apakah ford everest telah dilengkapi dengan turbo timer?? kalo di kijang D4D kan harus beli turbo timer lagi.

oh yah satu lagi ttg isi solar, apakah ketika tangki solar tinggal 30-40% (utk tipe diesel commonrail), kita harus cepat2 mengisi kembali solar (krn takut ada angin, spt ketika isi solar panther yg harus diisi kalo tangki tinggal 1/4 lagi)??

thanks buat jawabannya
FortunerMan

Post by FortunerMan »

Kok belon kaliatan ya nih Ford Everest baru di jalanan. Saya penasaran dgn new look nya. Kalo di iklannya di Kompas sih bagus dgn dashboard barunya.

Ford Escape baru (yg VVT) kok lain pula tampangnya dgn versi Amerika. Jauh lebih bagus yg versi Amerika kayanya?
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

takutnya sih gak bisa minum solar biasa melainkan harus solar DEX... :2gunfire:
Image
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Bisa kok. Kata salesnya.
neptunus
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 192
Joined: Sat Dec 25, 2004 22:37

Post by neptunus »

knp ada mesin diesel spt captiva yg 2000 cc bisa mencapai 150 dk sedangkan everest yg lebih besar cc nya 2500 cc hanya mempunyai tenaga sebesar 143 dk?

ada yg bisa menjelaskan kah???

thx