(Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 01

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

(Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 01

Post by inoz »

hallo bro
saya senang baca artikel SANTI
aku barusan nawar Santi 2002 dengan km 100.000, kondisi standart, interior bersin, cat mulus sdh ganti timingbelt, kampas kopling, mobils secara umum segar, penjual minta 85 jt, gimana bro apa mahal atau bisa diambil sebab reasonable
tolong kepada pemakai SANTI tambah lagi dong remarknya
apa lagi yang harus diperhatikan sebelum boil ini kubeli
gimana cara cek klo mesin masih oke dll ?
thkas deh
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????

Post by imsus2c »

@inoz:
Wah, akhirnya ada lagi yg tertarik sama first gen of Santa Fe nih. Terus terang, kalo harus mengupas detail plus/minus-nya, bisa – bisa menulis buku dan dianggap ember nih…hehehe…
Begini, saya akan share pros dan cons yg paling berkesan buat saya (personal opinion), kalo bro Inoz ingin detail, bisa email/PM lagi ato dibahas di SM.
Ok, kita mulai:
Pros:
• Body besar dan gagah (bikin PD saat nyetir sekaligus khawatir…)
• Driving pleasure dan handling.
• Built Quality-nya bagus, saya sudah bandingkan dengan beberapa SUV popular di Negara kita, Santa Fe lebih halus pengerjaannya. Misal: ketebalan plat, kerapian pengelasan, moulding dan trim interior, dll. Santi, lari 120 kph di jalanan kita, belum ada bunyi-bunyi di interior maupun kolong (ingat, saya bicara boil yg sudah umur 7 tahun/KM130.000). Kalo yg lain biasanya interior ma kolong2nya dah mulai berbunyi-bunyi.
• Mesin halus, bejekan gas yang ringan dan nariikkkk banget.
• Interior + bagasi super legaaa (tapi ingat, only 5 Seater).
• AC Dingin sampai kebelakang meskipun belum double blower.
• Peredaman kabin bagus dan kedap.
• Suspensi empuk (depan: Independent McPherson Strut+Coil Spring, belakang: Double Wishbone+Coil Spring), kalo pake, serasa tidak ada jalan rusak (efek jeleknya boil jadi limbung terutama kalo diajak menikung kecepatan tinggi) Apalagi ban yg saya pake termasuk “gemuk” (235/75), kalo nikung ya pelan – pelan ajah…
• Dengan desain aerodinamis, tetap tabil di kecepatan tinggi pada jalan lurus (meskipun papasan dengan kendaraan berat macam container, tidak akan goyang)
• Tampil beda, soalnya populasi di jalan sedikit. Kalo isi BBM di kota kecil, pasti petugasnya “looks curious”, pasti tanya2 dan dikira boil keluaran baru. Setelah lihat logo, baru bilang…”Ooo, Hyundai toh, tapi kok belum pernah lihat ya?!”

Cons:
• Kompresi mesin tinggi, butuh BBM oktan 92/94 (Pertamax Plus), kecuali sudah diotak-atik misalnya dengan piggyback, etc. Punya saya sih masih bawaan aslinya. Tidak recommend pake premium, tenaga hilang dan memperpendek umur mesin.
• BBM relative boros (ingat, Santa fe tu Mid Size SUV jadi jangan mengungkit-ungkit masalah BBM deh..), kondisi spek asli+mesin sehat+pertamax plus, dalkot 1:5-7, luar kota 1:8-9, toll (constant speed 100Kph gigi 5) bisa tembus 1:10-12an. Punya saya, ban sudah tak gedein, jatuhnya dalkot 1:4.5-6, luar kota/toll 1:7-8. Standard Ban santa fe generasi 1, 215/70 R15, punya saya 235/75 R15.
• Rasio giginya halus, maksudnya kalo low speed at high gear, mesin terasa berat dan boyo banget (misalnya dibanding dengan Kijang) meskipun belum knocking. Tapi kalo pake gigi rendah, tenaganya berlebihan. Pernah dicoba di toll 100Kph pake gigi 3, RPM masih di angka 4000an. Official highest speed yg pernah saya capai 145Kph, gigi 5 RPM 4000. Red line di 6500an. Jadi, masih bisa lebih cepat tapi keburu kehabisan nyali, hehehe….
• Melihat fakta diatas, tanjakan-nya kurang sippp…harus pake gigi 1 atau max. 2, baru maknyuss…
• RPM diatas 5000, sudah ada bunyi2 dikit (macam ngelitik halus), dulu saya pernah konsultasi sama PPT, kata beliau, hal ini normal (bahkan dirancang begitu) untuk SUV. Saya lupa thread-nya kalo ga salah waktu ngebahas busi CRV-nya bro Yusaku.
• Blind spotnya lumayan gede, terutama buat driver dengan ukuran tubuh S dan M (seperti saya ini, hehehe…) Tapi itu masalah kebiasaan aja, kalo dah dapat “feeling”nya…hmm…pasti lebih milih nyetir daripada jadi penumpang (kecuali ngantuk loh).
• Material dashboard-nya dilapis semacam aspal gitu loh, emang bagus, kedap dan empuk, tapi kayaknya ga cocok buat iklim kita (too hot), jadinya meleleh dan mengelupas. Hal ini bisa diatasi dengan dikerok dan dicat ulang.
• Ciri khas dari ex Korea/Eropa apalagi built up, kelistrikannya rentan dan ringkih. Yang punya saya, beberapa lampu indikatornya sudah rewel, socket2/kabel2 di kompartement mesin sudah mulai getas dan retak. Saya sih berencana ganti kabelnya semua (maklum, usianya sudah 7 tahun). Efeknya emang bisa ke performa mesin, misalnya RPM sering naik turun atau kadang tenaga drop, ternyata sensor MAF-nya kotor atau injector+TB minta servis atau socket kabel distributor dan komponen lainnya-nya kendor/kotor. Jadi bukan mesinnya yg bermasalah tapi lebih kearah kelistrikan dan perawatannya.
• Kopling yg lumayan berat+dalam, pergerakan tuas persneling yg panjang dan jauh. Diperparah gasnya yg galak…sangat tidak nikmat kalo dipake di dalam kota yang macet. Emang sepertinya santa fe di desain untuk Cruising Car buat luar kota, nah ini baru nikmat. Saya biasanya pake buat Semarang – Solo – Mojokerto PP.
• Susah cari parts untuk modif (body parts) dan emang susah di-modif…
• Desain bukan selera umum, hanya ada kesimpulan: benci atau cinta….


Untuk spare-parts, banyak yang “interchangeable” bahkan sama dengan punya Trajet 2000 cc. Beberapa parts elektriknya interchangeable antara KIA dan Hyundai. Dan yang lainnya malah bisa pake generic dari merek aftermarket atau pabrikan lain. Menurut saya, itu tidak mahal jika dibandingkan dengan mobil sekelas (CRV atau X-Trail atau Escape). Yang mahal itu spare-partsnya Santa Fe yg mesinnya 2.7L V6, 4x4.

Tune Up di BeRes Surabaya sekitar 250-300 ribuan. Oli rekomendasi BeRes;Repsol Elite Multivalvulas 10-40, tapi saya pake Castrol Magnatec 10-40.

Harga 85jt untuk tahun 2002, menurut saya normal tapi cenderung agak mahal. Sepertinya 77-85jt adalah rentang yg masuk akal. Jujur saja, warna gold metallic bukan favorit, biasanya lebih ke Hitam atau Silver. Punya saya Silver. Untuk yg generasi thn 2001, malah spek standardnya sudah pake Roof Rail dan Fog Lamp ori. Kalo ga salah keluaran berikutnya (2002-2004), 2 item tsb malah optional.

Oya, untuk nopol L, PKB-nya 2.5jtan.

Saran kalo mo ambil used:

• Mengingat Santi ni SUV 4x2 FWD, wajib ditest kesehatan kaki2 depannya, terutama as penggerak/pembelok roda. Coba periksa karet penutup as-nya (sobek atau engga), belokkan patah di kecepatan rendah, kalo timbul bunyi “klek-klek-klek”, alamat repair as penggerak. Periksa juga bearingnya.
• Cek kaki2nya, meskipun konstruksi kaki santi termasuk tangguh, but please check, perhatikan bunyi2 aneh waktu ngelibas jalan jelek. Ingat, modal utama sebuah SUV, selain mesin adalah kaki2nya. Dirancang tangguh tapi kalo kena, biayanya cukup bikin sakit hati. Perhatikan ayunan body saat lewat jalan rusak (paling bagus lewatin polisi tidur), kalo seperti naik kuda, berarti shock dah lemah, seharusnya cukup mengayun sekali. Kalo ada bunyi, karet2 bushing-nya minta ganti. Biaya ganti bushing+karet penutup as penggerak (boot) kira2 300-400 ribuan.
• Drive test, cek suara mesin dan “driving-feeling”nya. Temperatur kerja mesinnya diposisi setengah. Rasakan akselerasinya.
• Kalo sudah ditebus, ganti semua cairan dan filternya.
• Perhatikan body parts-nya, kalo ada yg rusak atau minta ganti (termasuk headlamp dsb), susah dan mahal cari gantinya. Kalo parts mesin relative mudah (dan mungkin murah)


wuih....panjang juga nulisnya neh...my first record of writing in SM :oops:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????

Post by uch »

Makin panjang justru makin asyik bro... :D

Thanks for complete sharing..
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????

Post by imsus2c »

^^^
belum komplit sih pak... :oops:
Tinggal tunggu comment-nya yg nanya diatas...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????

Post by inoz »

waduh matur suwun mas imsus :ungg:
saya senang banget dapet info yg sangat komplit sebab sy mau ambil santi 2002, tapi pemakai lama dia pake premium tapi ditambah cairan apa gitu tuk naikin oktannya. trus dia bilang bensinnya kayak kijang sekitar 1 : 8, apa gak bahaya nih mesin klo saran blo pake pertamaxplus, sementara selama ini pake bensin, gimana sarannya nih ?
emang bodi bongsor dan cakep pisan, sy sdh jatuh hati dan lagian populasinya jarang itu yang bikin keren, mobil mewah harga terjangkau.
mblnya sdh ada roofrack sama foglamp, tp joknya bukan kulit, betul warna gold bukan favorit, makanya dia juga susah jualnya.
betul sekali sy kmarin waktu nyoba belum putar pol ke kanan dan kiri spt saran diatas. emang pas lewat polisi tidur tdk ngayun kiri kanan seperti naik prahu sebagai tanda per perlu diganti.
tapi dengan km 100.000, menurut buku servis apa aja yg harus diganti atau wajib diganti ?
emang servis rekordnya lengkap dan part yg sdh diganti ada semua
denger remark diatas ane jd mikir lagi nih
dapet saran diatas ane jadi mikir lagi, takut ama bahan bakarnya bro
ane lihat di blok mesin atas ada cairan oli pada packing mesinnya melingkar, tapi emang gak netes, apa kira2 yg mesti hati2 dengan ini
jangan2 ntar turun mesin lagi
oke bro thnak remarknya
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????

Post by imsus2c »

^^^
Memang salah satu cara menaikkan oktan gasoline/bensin adalah dengan memberikannya aditif. Salah satu aditif peningkat oktan yg termurah tu ya timbal (lead). Ini bahan yg dipake Pertamina dulu untuk menaikkan kadar oktan gasoline, Cuma sekarang ketahuan kalo timbale ni ga ramah terhadap lingkungan.
Jadi intinya, sama saja, dengan rasio kompresi mesin santi yg cukup tinggi (kalo ga salah 10.5:1), membutuhkan bbm dengan oktan 92/94. Hal ini bisa dipenuhi dengan 2 cara, dikasi premium+jamu peningkat oktan atau bbm dengan spek oktan tinggi dari “sono”nya semisal Pertamax Plus.
Saya perlu revisi ulasan saya diatas, saya ga recommend kalo diisi full premium (oktan 88), soalnya mesin jadi “ngempos”, ga ada tenaga dan knocking yg akhirnya memperpendek umur mesin.

Kalo masalah spare-parts apa yg harus diganti, saya kok ngga begitu berpatokan sama KM-nya aja. Apalagi kalo boil banyakan dipake dalkot, wah…saya ngga berani patokan ma KM-nya tapi lebih kearah “working hour-nya”

Kalo ada rembesan oli, kemungkinan packing sudah ga bagus…coba di cek di bengkel. Kalo emang iya, ya terpaksa turun ½ mesin.

Sebagai gambaran, waktu dapat KM100.000-115.000an (kira2 5-8 bulan yg lalu), saya cuman (prosesnya gradual 1-2 minggu, engga langsung brek sekali jalan):
• Ganti kampas kopling ori  lupa…
• Ganti kampas rem depan non ori + kuras/ganti minyak rem  Rp. 500rban
• Kuras+ganti minyak power steering bengkel umum  Rp. 100rban
• Service MAF+injector+TB bengkel umum  Rp. 250rban
• Ganti Filter (udara+bensin) ori, kalo filter oli setiap 2-3 kali ganti oli  Rp. 500rban
• Busi (saya ganti Denso Iridium IW16, @Rp.75.000,-…lumayan mahal)  Rp. 300rban
• Tie Rod  Lupa….
• Ganti karet bushing kaki/shock bengkel umum  Rp. 150rban
• Karet penutup as penggerak (boot) sekaligus ganti grease-nya bengkel umum  Rp. 300rban
• Kuras+service Radiator bengkel umum  lupa…
• Ganti Ban+Balancing+Spooring…ini nih yg lumayan mahal…(BS Dueler 689 235/75R15)  Rp.3jtan
• Ganti HU dari bawaan boil ke JVC  mahal juga….Rp.2.7jtan
• Tempel sticker “ http://www.serayamotor.com “ yg dikasi pak Tomcat di kaca belakang.

Semua biaya diatas cuman perkiraan, soalnya kuitansi-nya ada yg keselip entah dimana.

Yg kecil2 ngga saya masukin, misalnya ganti bohlam, karet wiper, dll

Rencananya  kalo budget masuk (di KM 130.000-140.000) buat ningkatin performa
• Bayar PKB dolo ah…Februari, Rp.2.5 juta (mahal….)
• Service atau ganti kabel2 dan socket2 kelistrikan  blom tau, pasti mahal…
• Bongkar mesin, mau balancing dan porting+polish silinder (buat nambahin performa ajah…)- bukan berarti mesinnya rewel or rusak lho…  kira-kira Rp. 5jtan di bengkel umum
• Re-mapping ECU, buat efisiensi BBM ma setting supaya dapet tenaga di putaran bawah (buat dalkot dan tanjakan)  blom tau, sepertinya mahal…ke bengkel umum juga
• Kalo masih ada sisa dana, mo perbaikin interior (lapis kulit dsb)
• Kalo duitnya masih sisa juga, mo upgrade audio
• Kalo ada yg nambahin dana, mo ganti cat 3-tones (Putih-hitam-silver)
• Kalo ada yg kasih duit, mo ganti roda (ban + velg) 235/65 R17
• Kalo ada yg kasih duit buanyaaaaak, mo ta tuker-tambahin sama New Santa Fe ajah…….yg kayak ini: http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 7&start=75
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????

Post by imsus2c »

inoz wrote:waduh matur suwun mas imsus :ungg:
saya senang banget dapet info yg sangat komplit sebab sy mau ambil santi 2002, ...
denger remark diatas ane jd mikir lagi nih...
oke bro thnak remarknya
Pak Inoz, saya open up + honest ajah sharingnya, baik yg pros maupun cons-nya...bukannya mo nakut-nakutin loh... :?
Sampe sekarang pun saya masih sayang setengah mati ma My Santi .... :cupss:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????

Post by inoz »

matur suwun lagi mas imsus
tambah lengkap informasinya tentang santi nih
makin mantap aka mau ambil tuh santi
yang jelas ada part yg bisa saling tukar ama trajet or yang lain
tapi mau hunting lagi yg lain dulu agar dapat harga yang agak murah tapi boil masih bagus
belum dijawab tuh tentang pemakaian bensin selama ini dari pemilik lama, padahal harus pake pertamaxplus
apa dengan begitu kondisi mobil jadi mengkhawatirkan sebab yaa tadi mesin cepet rusak gitu
apa yg harus dilihat lagi sebagai tanda mesin masih sehat akibat pake bensin
apa mobil ini sdh pake ECU spt halnya Carnival ? sy pernah pake carnival bensin GS 2000 dimana CC hampir sama dg Santi
ada barang di semarang Santi 2002 AT hitam metalik km 110.000 minta 100 jt, sy gak brani nawar sebab agak mahal harganya.

warna coklat metalik or gold metalik ini agak kurang digemari kayaknya daripada warna hitam dan silver
sekali lagi matur suwun atas infonya
saya mau kontak lagi penjualnya klo gitu lalu yaa dibayar gitu
saya tunggu dulu bahasan dampak pemakaian premium tehadap mesin tadi, lalu klo sdh sy ambil solusi apa yg harus dilakukan, apa trus diisi pertamax full dll ?

suwun lagi
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????

Post by Risol1 »

Semua santa fe udah pake mesin injection, otomatis ada ECUnya semua.....spt carnival :)....
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????

Post by poeticmind »

@imsus2c : wah! saya bengong 5detik baca review sepanjang diatas, bro... haha! byw, thanks buat reviewnya.
mohon ijin utk saya copy paste di email utk teman, kebetulan lagi tanya2 juga.

great post!
Image
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????

Post by imsus2c »

poeticmind wrote:@imsus2c : wah! saya bengong 5detik baca review sepanjang diatas, bro... haha! byw, thanks buat reviewnya.
mohon ijin utk saya copy paste di email utk teman, kebetulan lagi tanya2 juga.

great post!
Feel free...silakan! Kalo masih ada keraguan, I'll share objectively AFAIK....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????

Post by imsus2c »

inoz wrote:matur suwun lagi mas imsus....
belum dijawab tuh tentang pemakaian bensin selama ini dari pemilik lama, padahal harus pake pertamaxplus....
ada barang di semarang Santi 2002 AT hitam metalik km 110.000 minta 100 jt, sy gak brani nawar sebab agak mahal harganya....
saya tunggu dulu bahasan dampak pemakaian premium tehadap mesin tadi, lalu klo sdh sy ambil solusi apa yg harus dilakukan, apa trus diisi pertamax full dll ?
suwun lagi
Jangankan jual mobkas, yg jual boil baru-pun (baik dealer ATPM ato showroom) ajah kadang sales-nya harus "bohong" kalo ditanya jenis BBM-nya (khususnya bensin/gasoline). Mobil2 baru skrg, terutama dengan aturan EURO2, dapat dipastikan harus minum RON92 keatas, tapi kalo ditanya ke sales-nya, pasti dijawab "premium bisa kok". Apalagi perbedaan harga premium vs. pertamax vs. pertamax-plus sekarang jadi isu yg sangat "sensitif" . Kecuali kita lagi nawar VW Touareg ato TLC yg baru di showroom...malu atuh kalo masih nanya "bisa diisi premium ga?"

Saya juga pernah iseng lihat Black Santi di Semarang, kalo itu boil yg sama dengan yg pak Inoz taksir, saya bilang itu boil bagus cuman ya harganya kelewatan. Saya tanya2 itu tahun lalu, yg punya waktu itu buka harga di 120jt. Kalo ga salah boilnya sudah full option (malah sudah dipasang tanduk segala)

Dampak pemakaian premium buat mesin dengan spek pertamax/pertamax plus pasti ga bagus. Itu sudah sering dibahas diSM, hanya thread-nya bertebaran disana-sini. Salah satunya di:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... f=4&t=6752
Yg paling kelihatan, mesin jadi loyo+ngga bertenaga. Di jeroannya, karena bensin RON88 terbakar dini karena tekanan kompresi (dan bukan karena terbakar dari percikan busi), membuat mesin jadi ngelitik (knocking/detonation). Bensin RON 92/94 lebih sulit terbakar dibanding RON88, makanya dia tahan waktu ada tekanan di ruang kompresi (tidak terbakar), baru terbakar setelah ada percikan api busi. Kalo ngelitik parah dan didiamkan terus, membuat silinder akan rusak terkena percikan (dari ngelitik tadi), akibatnya timbul bintik/cacat/baret. Kalo truss begini, ya kompresi bocor dan ngemposs... Makanya di test-drive pak, knocking/ngelitik ngga? Hal-hal ini saya dapatkan dari knowledge-sharingnya PPT, entah skrg beliau dimana.
Kalo emang mau balik ke Pertamax/pertamax plus lagi (selama mesin masih sehat loh), paling sederhana ya :
Kuras tangki
Ganti Filter Bensin
Servis MAF+Injector+TB
Tune Up (cek setting pengapian lagi)

Saya juga pernah baca iklan/ulasan berbagai bengkel yg bisa "merekayasa" mesin dengan spek asli minta pertamax/pertamax plus tapi bisa diisi premium biasa, malah iklannya sih bisa lebih irit dan bertenaga. Terus terang saya sih penasaran dan tertarik juga...tapi sampai sekarang saya belum pernah coba, jadinya ya ga bisa kasih comment, sorry.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????

Post by poeticmind »

imsus2c wrote:
poeticmind wrote:@imsus2c : wah! saya bengong 5detik baca review sepanjang diatas, bro... haha! byw, thanks buat reviewnya.
mohon ijin utk saya copy paste di email utk teman, kebetulan lagi tanya2 juga.

great post!
Feel free...silakan! Kalo masih ada keraguan, I'll share objectively AFAIK....
I think, these would be more than enough... once again thanks! :)
Image
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????

Post by inoz »

:e-clap:
matur suwun semuanya
banyak banget ulasannya tentang si santi
betul mas imsus, santi yg di semarang itu memang full option ada tanduknya, katanya ex dokter, yaa dia minta rp. 100 jt tp katanya sdh ada yg nawar rp. 95 jt, yaa aku mundur sebab duitku gak sampe segitu. kayaknya sih emang bagus banget mobilnya,

pagi ini ada yg iklan santi 2002 km 44.000 kondisi standart dng harga rp. 87 jt, kiranya ini lebih bagus dr yg sebelumnya saya incar.
tapi pelit banget info dari penjualnya, apa ada manualnya, apa ada servis rekordnya, gak dijawab, mungkin gak serus kali jualnya
klo emang gitu gue mau pilih ini, tp belum test drive sih, susah bikin janjinya

but not lease, thaks semuanya, semua jadi amal baik kita yang bantu orang lain yg lagi butuh info.
:ungg:
User avatar
tonie
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Sat May 05, 2007 3:07

Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????

Post by tonie »

imsus2c wrote:^^^
Memang salah satu cara menaikkan oktan gasoline/bensin adalah dengan memberikannya aditif. Salah satu aditif peningkat oktan yg termurah tu ya timbal (lead). Ini bahan yg dipake Pertamina dulu untuk menaikkan kadar oktan gasoline, Cuma sekarang ketahuan kalo timbale ni ga ramah terhadap lingkungan.
Jadi intinya, sama saja, dengan rasio kompresi mesin santi yg cukup tinggi (kalo ga salah 10.5:1), membutuhkan bbm dengan oktan 92/94. Hal ini bisa dipenuhi dengan 2 cara, dikasi premium+jamu peningkat oktan atau bbm dengan spek oktan tinggi dari “sono”nya semisal Pertamax Plus.
Saya perlu revisi ulasan saya diatas, saya ga recommend kalo diisi full premium (oktan 88), soalnya mesin jadi “ngempos”, ga ada tenaga dan knocking yg akhirnya memperpendek umur mesin.

Kalo masalah spare-parts apa yg harus diganti, saya kok ngga begitu berpatokan sama KM-nya aja. Apalagi kalo boil banyakan dipake dalkot, wah…saya ngga berani patokan ma KM-nya tapi lebih kearah “working hour-nya”

Kalo ada rembesan oli, kemungkinan packing sudah ga bagus…coba di cek di bengkel. Kalo emang iya, ya terpaksa turun ½ mesin.

Sebagai gambaran, waktu dapat KM100.000-115.000an (kira2 5-8 bulan yg lalu), saya cuman (prosesnya gradual 1-2 minggu, engga langsung brek sekali jalan):
• Ganti kampas kopling ori  lupa…
• Ganti kampas rem depan non ori + kuras/ganti minyak rem  Rp. 500rban
• Kuras+ganti minyak power steering bengkel umum  Rp. 100rban
• Service MAF+injector+TB bengkel umum  Rp. 250rban
• Ganti Filter (udara+bensin) ori, kalo filter oli setiap 2-3 kali ganti oli  Rp. 500rban
• Busi (saya ganti Denso Iridium IW16, @Rp.75.000,-…lumayan mahal)  Rp. 300rban
• Tie Rod  Lupa….
• Ganti karet bushing kaki/shock bengkel umum  Rp. 150rban
• Karet penutup as penggerak (boot) sekaligus ganti grease-nya bengkel umum  Rp. 300rban
• Kuras+service Radiator bengkel umum  lupa…
• Ganti Ban+Balancing+Spooring…ini nih yg lumayan mahal…(BS Dueler 689 235/75R15)  Rp.3jtan
• Ganti HU dari bawaan boil ke JVC  mahal juga….Rp.2.7jtan
• Tempel sticker “ http://www.serayamotor.com “ yg dikasi pak Tomcat di kaca belakang.

Semua biaya diatas cuman perkiraan, soalnya kuitansi-nya ada yg keselip entah dimana.

Yg kecil2 ngga saya masukin, misalnya ganti bohlam, karet wiper, dll

Rencananya  kalo budget masuk (di KM 130.000-140.000) buat ningkatin performa
• Bayar PKB dolo ah…Februari, Rp.2.5 juta (mahal….)
• Service atau ganti kabel2 dan socket2 kelistrikan  blom tau, pasti mahal…
• Bongkar mesin, mau balancing dan porting+polish silinder (buat nambahin performa ajah…)- bukan berarti mesinnya rewel or rusak lho…  kira-kira Rp. 5jtan di bengkel umum
• Re-mapping ECU, buat efisiensi BBM ma setting supaya dapet tenaga di putaran bawah (buat dalkot dan tanjakan)  blom tau, sepertinya mahal…ke bengkel umum juga
• Kalo masih ada sisa dana, mo perbaikin interior (lapis kulit dsb)
• Kalo duitnya masih sisa juga, mo upgrade audio
• Kalo ada yg nambahin dana, mo ganti cat 3-tones (Putih-hitam-silver)
• Kalo ada yg kasih duit, mo ganti roda (ban + velg) 235/65 R17
• Kalo ada yg kasih duit buanyaaaaak, mo ta tuker-tambahin sama New Santa Fe ajah…….yg kayak ini: http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 7&start=75
Image big plan with money by dozens.... :mrgreen:
wait ajah deh... klo sempet seh.. see :mrgreen:
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????

Post by uch »

imsus2c wrote:^^^
• Re-mapping ECU, buat efisiensi BBM ma setting supaya dapet tenaga di putaran bawah (buat dalkot dan tanjakan)  blom tau, sepertinya mahal…ke bengkel umum juga
Emang kalo "cuman" ngrubah karakter2 gitu an (geser2 tenaga atas bawah) apa nggak bisa di BERES aja..?
• Kalo ada yg kasih duit buanyaaaaak, mo ta tuker-tambahin sama New Santa Fe ajah…….yg kayak ini: http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 7&start=75

Kalo dikasih buaaaaaaanyaaaaaak... tolong beliin 2 biji ya.. :D
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????

Post by inoz »

hallo bung imsus
akhirnya ane kecantol dah sama santi th 2002 dengan KM 47.000 seharga 84.5 jt kemarin hari sabtu, emang betul yg ini gak ada foglamps dan roofracknya
tapi gak apa2 kpok cukup ganteng dengan gaya minimalis gitu.
trus gua bawa pulang dengan test drive 140 km/jam, enank tenan bung, tapi yaaa gitu takut juga akhirnya gak lama-lama dengan kecepatan segitu di tol cipularang dari pwkt- bdg. emang enaaak banget mak nyoooos
stabil dan pd kec 80 km/jam serasa spt masih 60 km/jam, gile, hening banget kabinnya, baru dibejek 100 km/jam kerasa enaknya
brani dah salip2 sama avanza yg kadang bikin kesel srobot kanan kiri pas di tol
sekarang klo ada lagi yg gitu gua akan libas tuh, sebab kemarin gue pake kapsul gak brani keceng sudah agak udur th 2000

tapi masih mau tanyak lagi nih sebab mbl santiku agak getar kuat pas distater, dan klo idle dinyalaiin AC, pada begetar tuh mobil, apalagi pas AC posisi Poll, kayaknya engine mountingnya perlu diganti yaa,
trus klo dijalan yang bergelombang ada suara gluduk2 di bawah kabin sekitar roda apaa itu penyakitnya ?

ada lagi tadi pagi pas nyalaiin AC ada suara berderit di blakang mesin, kayaknya AC nya perlu diservis gitu yaaa
tapi barusan aku nyalaiin lagi suara tadi sudah galk ada.

oke deh terima kasih banyak, ntar jangan bosen yaaa, mau nanya lagi
aku juga akan sharing ke yg lain deh pengalaman dengan santi ini

wasssalam
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????

Post by poeticmind »

wah selamat yg bro inoz... top dah! :beer:

itu suara tikus pas nyalain AC mungkin beltnya aja... kalo yg laen, gue kira wajar... ga masalah.
sori bro imsus, jadi sok tau nih...! hahahaha!
Image
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????

Post by imsus2c »

tonie wrote: Image big plan with money by dozens.... :mrgreen:
Halah...yg namanya mengkhayal dan berangan-angan itu kadang lebih baik dari kenyataan loh... :lol:
uch wrote: Emang kalo "cuman" ngrubah karakter2 gitu an (geser2 tenaga atas bawah) apa nggak bisa di BERES aja..?
Bisa ajah sih pak...cuman mo ta satu paket-in ma engine performance-overhaul, kebetulan ada yg kasih bengkel rujukan yg "katanya" OK...ni baru mo ditelisik lagi deh... 8)
uch wrote: Kalo dikasih buaaaaaaanyaaaaaak... tolong beliin 2 biji ya.. :D
Doakan pak...semoga jadi kenyataan.. :roll:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????

Post by imsus2c »

inoz wrote:hallo bung imsus
akhirnya ane kecantol dah sama santi th 2002 dengan KM 47.000 seharga 84.5 jt kemarin hari sabtu, emang betul yg ini gak ada foglamps dan roofracknya
tapi gak apa2 kpok cukup ganteng dengan gaya minimalis gitu.
trus gua bawa pulang dengan test drive 140 km/jam, enank tenan bung, tapi yaaa gitu takut juga akhirnya gak lama-lama dengan kecepatan segitu di tol cipularang dari pwkt- bdg. emang enaaak banget mak nyoooos
stabil dan pd kec 80 km/jam serasa spt masih 60 km/jam, gile, hening banget kabinnya, baru dibejek 100 km/jam kerasa enaknya
brani dah salip2 sama avanza yg kadang bikin kesel srobot kanan kiri pas di tol
sekarang klo ada lagi yg gitu gua akan libas tuh, sebab kemarin gue pake kapsul gak brani keceng sudah agak udur th 2000
tapi masih mau tanyak lagi nih sebab mbl santiku agak getar kuat pas distater, dan klo idle dinyalaiin AC, pada begetar tuh mobil, apalagi pas AC posisi Poll, kayaknya engine mountingnya perlu diganti yaa,
trus klo dijalan yang bergelombang ada suara gluduk2 di bawah kabin sekitar roda apaa itu penyakitnya ?
ada lagi tadi pagi pas nyalaiin AC ada suara berderit di blakang mesin, kayaknya AC nya perlu diservis gitu yaaa
tapi barusan aku nyalaiin lagi suara tadi sudah galk ada.
oke deh terima kasih banyak, ntar jangan bosen yaaa, mau nanya lagi
aku juga akan sharing ke yg lain deh pengalaman dengan santi ini
wasssalam
Pak Inoz termasuk beruntung, dapet tahun 2002 tapi KM masih 47K, biasanya sih sudah tembus ato hampir 100K tuh... Dengan harga segitu dan jika boil-nya masih normal,...worth for the money....

Inget pak...jangan ngebut yah?, tar susah berhentinya loh... :roll: SUV kan aslinya emang bukan diciptakan buat speeding,... Ngebutnya gampang, nge-rem-nya itu loh yg kadang deg-deg an (at least itu my personal opinion). Jangan lupa, suspensi bawaan santa fe itu termasuk empuk, hati-hati kalo ngebut dan menikung...

Seharusnya mesin Santi tu halus dan bisa dikatakan "balanced", Santi saya kalo iddle di RPM 800-1200an tuh kadang kalo di kabin ga ngerasa kalo mesin sudah/masih hidup. Cobe di-cek engine mountingnya.

Kalo suara gluduk-gluduk, coba cek kaki-kaki/bearing. Kalo masih normal, itu biasanya dari "mud-flap" nya (saya ngga tau apa namanya yg bener deh). Di Santi, pada kolong roda/spakbornya kan ditutup dengan semacam plastik spakbor supaya cipratan kotoran/air/lumpur tidak langsung kena body. Plastik2 ini cuman di sekrup/baut ke body. Kemungkinan kendor, periksa juga sekrup2 di bumper depan dan belakang. Kalo semuanya kendor, waktu ngelibas jalan rusak dengan kecepatan relatif tinggi, akan timbul suara "bluk-bluk-bluk"

Ada baiknya AC juga diperiksa. Paling sederhana ya coba cek belt-nya sesuai anjuran mr. poeticmind. Kalo perlu, semprot aja pake belt-dresser.

Silakan pak...masih ditunggu comment&sharing-nya loh...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????

Post by inoz »

pak imsus, posisi di surabaya yooo ????
wah sak kampung karo aku, aku rodo ngetan sitik di pasuruan, tempat asalku
tapi skarang lagi cari nafkahnya di antara bandung jkt, sebab intuk bojo wogn sunda yooo wis betah disini,
ntar tak mampir nek pulang kampung ke sby

cari mobil itu ibarat nyari istri kali yaa klo pas ketemu jodoh yaa jadi deeh yg cocok dan bagus
emang agak susah gampang dapet mobil yg masih fit dgn low km, nasib2 pan

hee eh ditempat lain saya tanya tentang masa kadaluwarsa ban
santiku ban serepnya belum turun, masih gres di tempatnya, tapi gimana dg th produksinya yg 3701 gitu, dan juga semua bannya masih bawaan pabrik tapi masih tebal dan mulus gak ada yang getas, apa masih aman dipakai ? kata pemilik awal sayang pak klo diganti masih tebal dan aman, tapi ane kawatir pecah mendadak sebab sudah lebih lima tahun gitu. ada pengalaman orang lain gitu, umur bannya udah lebih lima tahun gitu, bahkan 6 th.

oh spt pertanyaan yg lalu ini juga, santiku dikasih bensin 100%, trus pas distarter pagi2 ada suara mendecit disekitar mesin sebelah kanan, dekat belt, ane mohon pencerahan nih apa sebabnya ? apa mesinnya sdh kelamaan knocking dll

trus ada penyakit lain, knalpot blakang dah bocor karatan, apa karena dikasih bensin, gimana apa diganti ama yg aftermarker or ganti ori dari hyundai ?
di manuslnya emang harus pake gazoline unleaded agar knalpot katalitiknya isa berfungsi tuk kurangi polusi udara, trus gak ada penjelasannya lainnya,
ditempat lain ane baca boleh dicampur tuh antara bensin ama pertamax tuk tingkatkan oktan
betul dimanualnya ane baca gazoline unleaded atau octane harus 91 berarti antara bensin dan pertamax, mohon koreksi.

b imsus klo perlu manualnya bisa ane copiin

thaks bro
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????

Post by imsus2c »

^^^
halo pak, saya aslinya Semarang, kerjanya si di perbatasan Mojokerto-Pasuruan, yaah...kira2 10-12Km dari Porong itu loh... Terus terang ajah...dapet Santi thn segitu harga segitu,...beruntung loh yaa asal masih normal.

Betul pak, kalo ban, emang ada kadaluarsanya ...saran saya diganti deh (safety reason) meskipun kembangannya masih bagus. Itu bekasnya dijual masih laku lumayan mahal lho (lumayan kan buat tambah2 ban baru) Kalo ga salah bawaannya Santi tuh Kumho ya? Kalo mau lebih stabil, ganti ke 235/70R15, tapi bensin lebih borosan dikit. Kalo mo aslinya, ya 215/70R15, lebih ringan. Pake aja yg tipe H/T kalo emang lebih banyak dipake di jalan mulus/toll. Kalo suka ngebut, pake yg speed ratingnya diatas T (pake H).

Kalo suaranya mendecit, itu most probabaly dari belt deh. Coba kasih cairan belt dresser. Oya, setau saya, life time-nya timing belt Santa Fe tu sekitar 62.000an, mengingat boil baru 47.000KM, ada kemungkinan belum pernah diganti. Tapi boil dah dipake 6 tahun jalan dari sekarang, mendingan dicek juga pak. Knocking biasanya akan muncul saat mesin mulai mendapat beban berat, misalnya ngebut atau pakai gigi tinggi di kecepatan rendah. Suara mendecit deket belt bisa juga berasal dari kinerja pompa power steering dan temen2nya (mungkin kurang oli)

Knalpot karatan ganti ajah...ori maupun aftermarket sama aja kok (asal yg bagus loh). Punya saya sudah tak ganti aftermarket.

Pencampuran premium+pertamax emang sudah jadi pembicaraan hangat akhir2 ini di berbagai forum setelah harga pertamax membumbung. Saya sih terus terang belum pernah baca penjelasan logisnya, jadi ya tetep pake pertamax or pertamax plus. Kalo ga salah;
Premium = RON88
Pertamax = RON91
PertamaxPlus = RON94
Setau saya, semua BBM ex pertamina sekarang sudah tanpa timbal (unleaded).
Berhubung harga pertamax vs. pertamax plus ga beda jauh, trus anjuran MINIMUM RON 91, ya udah ta terusin pake Pertamax Plus ajah...

Jangan lupa ganti2 semua cairan dan filternya loh....

Wah...kalo mau bagi2/copy manual book-nya...mau dong pak!!! Terimakasih sebelumnya. Enaknya gimana ya? Scan+email atau paket/post ya? Kalo pake post, saya ganti ongkos copy+post-nya pak.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????

Post by inoz »

thanks sekali lagi p imsus
semoga kita bisa tetap sharing tentang si santi

oh yyyaaaa manualnya kucoba discan trus diemail aja, jika ini lebih gampang dan cepat,
tapi klo gak yaaa saya copiin trus saya kirim ke alamat p imsus
biaya copi dan kirim saya tanggung sebab saya sudah dikasih ilmu yg sangat banyak, yaaa itung-itung ongkos biaya kuliah via dunia maya
gitu looo mas

klo ganti ban saya pengen yang ada tulisan putihnya, ganteng gak yaaa tuk si santi kayak terano gitu looo
ban aslinya merek hinkook made in korea

alamatnya di pm aja
suwun skali lagi

wassalam
sonny waluyo sakarsono
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????

Post by imsus2c »

Sama-sama pak...saya juga ikutan senang akhirnya ada juga pemake Santi jadi bisa saling sharing.
Wah...saya ga enak lho dibilang kasih ilmu, kan cuman sharing pengalaman ajah...

Wah, setahu saya ban standard Santi tu Kumho Road Venture, mungkin ajah setelah itu ganti punya hankook. Kalo saya lihat di BeRes Surabaya, rata2 ganti sama BS (seri dueler atau turbo), atau Michelin. Ban - ban yg umum dipasaran dengan list putih ya mungkin BS tapi itu sepertinya yg model A/T. Biasanya kembangannya kasar, akibatnya suaranya agak berisik dan speed ratingnya sudah pasti dibawah H/T.
Kalo keluaran GT juga ada tuh, tapi malah sepertinya tipe M/T, pasti jauh lebih berisik...
Untuk ban, saya juga punya cita2 pengin ganti (dengan velg-nya) ukuran 235/65R17. Supaya lebih stabil aja (ngga limbung). Sayang, penyedia ukuran ban tsb termasuk ban mahal...(misalnya Pirelli Scorpion Zero)belum lagi velg-nya...jadi mikir-mikir lagi.

Ok deh pak, nanti saya PM-kan alamat saya...ditunggu loh...terimakasih!
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: Santa FE, Blazer, ato carens ????

Post by inoz »

aww
pak imsus mhn maaf baru tadi pagi saya kirim copian manual santa fe, sorry telat abis lupa melulu pas ke knt baru ingat
smoga cepat nyampe, sy kirim via tiki ONS

oh yaaa mau sharing nih
kamrin slasa saya ke bandung naik si santi, tapi pas abis nyebtrang lampu merah tiba2 mbl gak ada tenaga dan mesin langsung mati, gak tahu sebabnya, untung dah pada posisi di pinggir jalan
lalu ane panggil servis car hyundai dan datang dalam 1 jam, lalu cek ECU ternyata ada masalah di sensor yg nyambung ke busi, ane gak tahu, dimana possisinya di blankang time belt
lalu dibongkarlah semua belt mulai dari v bellt dan rumah timing belt
ternyata stabiliser beltnya putus lalu mukul sensor tsbt sehingga pas distarter gak bisa hidup dan busi ga ada listriknya
wah masih untung kata orang jawa buka timing beltnya yang putus dan untung lagi masih dp kecepatan rendah abis lampu merah
gak kebayang deh klo lagi lari kencang.
yaaaa kahirnya aku harus blanja semua belt diganti, bolonglah kantongku
ada pertanyaan menggelikan antara manual book santa fe dengan buku servis hyundai yang tidak spesifik untuk santa fee
jadi di buku servis itu saya kira gak nyambung ama manual booknya
contoh tiiming belt diganti setiap 67000 km, sedang di manual servis setiap 37.500 km, jadi klo gitu khan kita jadi boros duit
dan banyak di buku manual itu berbeda ama yang ada di buku servis. mohon pencerahan dari teknisi hyundai mobil atau siapa aja yang ahli deh, service advisornya juga gitu gak menyakinkan, saya hal tadi dia pegang yang ada di buku servis, buka manual book santa fe,
ane pikir pasti bedalah karakter setiap mobil, tidak bisa hanya dengan satu buku servis tuk semua jenis dan tipe mobil, gimana nih hyundai indonsia teh, sebab di buku serivis tdk tertulis merk dan jenis mobilnya.
hal yang sama pernah ane alami juga sewaktu masih pake carnival bensin th 2000. di manual booknya tertulis 90.000 km tuk penggantian timig belt, tapi ame teknisi kia dianjurin pada setiap 67000 km, timing belt dah harus diganti, mana yang benar nih
mohon pendapat dan pencerahan yang lain nih

klo penggantian timing, ane setuju ama p imsus, tergantung ama working hournya daripada odometer, klo di jkkt yang sering macet, km nya pasti rendah tapi working hour nya tinggi. tapi yo mosok bisa beda sampe 20.000 km antara kerusakan dengan yang ada di manual book, kasus santiku sekarang 48.000 km, tapi belt dah putus dll.

apa training para teknisi di persh besar spt kia dan hyundai spt itu dan hanya pas-pasan, maaf nih bukan menghina, abis ane tidak puas, apa hanya mau untung aja agar sparepartnya banyak dibeli,
atau ada saran sebaiknya beli di toko lainnya dan diacri di bengkel umum tuk masangnya, mana yg lebih murah dan kualitas

tapi tuk resale value ane lebih suka di bengkel resmi walau agak mahal tapi ada garansi barang dan pekerjaan
sebab ane gak pinter di masalah mesin, apa lagi jenis mobilnya baru jatuh cinta jadi belum paham betul

oke deh ditunggu tanggapan yang lainnya.

wass