Keluhan Grand Vitara

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: 17 Mar 2007, 14:20

Post by ZombiEE »

oiya...gimana bung dgn boil nya?problem nya uda beres>?
id-grand-vitara
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: 24 Mar 2007, 11:19

Post by id-grand-vitara »

ZombiEE wrote:oiya...gimana bung dgn boil nya?problem nya uda beres>?
Respon dari pak Bebin mengenai keluhan GV...


---------- Forwarded message ----------
From: Bebin Djuana
Date: Jun 5, 2007 8:05 AM
Subject: Grand Vitara

Terima kasih sudah meluangkan waktu mengirim email kepada kami, juga terima kasih karena sudah memilih produk kami.

Catatan2 yg didapat dari internet sudah kami dapatkan sebelumnya.

Karena masalahnya sangat tehnis maka ditangani langsung oleh engineering di Suzuki pusat (Jepang).

Jika nanti petunjuk sudah diturunkan dari Jepang, tentunya akan kami laksanakan.

Terima kasih .



Best regards,

Bebin Djuana
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: 17 Mar 2007, 14:20

Post by ZombiEE »

koq macam menggantung gituh jawabannya yah?aduh,..
id-grand-vitara
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: 24 Mar 2007, 11:19

Post by id-grand-vitara »

ZombiEE wrote:koq macam menggantung gituh jawabannya yah?aduh,..
yah, maksimal itu yang bisa kita dapat saat ini, klo suzuki kudu recall GV untuk ganti transmisi/gardan secara massal, abis berapa tuh biayanya... tapi bagaimanapun, kalau emang kudu dilakukan ya dilakukan, itung aja investasi, klo ndak, ke depan bisa berabe tuh...
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: 14 Apr 2007, 22:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

ZombiEE wrote:koq macam menggantung gituh jawabannya yah?aduh,..
Kalau pengalaman saya waktu punya masalah dengan XL_7 (A/T nya jerking / seperti loncat), setelah mendapat jawaban dari IMNI, mobil dibawa ke Tambun oleh dealer dan langsung di tes oleh teknisi dari Jepang... kemudian mereka memutuskan untuk ganti komponen-2 yang bermasalah (kebetulan memang masih garansi). Moga-2 sekarang mereka juga masih bagus seperti itu....

Mungkin karena waktu itu hanya satu mobil yang bermasalah seperti saya. Kalau GV ini ternyata jumlahnya banyak... jadi tunggu keputusan management untuk langkah selanjutnya... Kalau anda di Jakarta, coba saja ke Bengkel Suzuki Pulo Gadung atau Pondok Indah, kepala bengkel nya responsive sekali... minta advisenya.
Dari Solo ke Oslo
Image
naldo

Post by naldo »

Mas id-grand-vitara mempunyai masalah pada transmisi dan gardan y?? Ya, mungkin saja kalau mau me recall, bokap juga harus ngomong ke Jepangnya(kantor pusat), tidak bisa cuma ngomong kepada boss di indo... ya bukannya mau menunda, tapi memang semuanya ada prosedur mas id-grand-vitara...
Jadi tolong bersabar n thanks sudah memilih produk suzuki... hehehe... ngikut2 kata2 bokap...
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: 29 Nov 2005, 12:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Post by TUFF Stough »

Suzuki sekarang prinsipalnya sudah sepenuhnya dipegang sama orang Jepang, jadi kalau ada apa2 harus selalu sepersetujuan pihak Suzuki Jepang.

Setahu saya Pak Bronto sendiri sudah tidak bisa berbuat terlalu banyak dalam mencampuri 'urusan dalam negeri' Suzuki itu sendiri.
id-grand-vitara
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: 24 Mar 2007, 11:19

Post by id-grand-vitara »

naldo wrote:Mas id-grand-vitara mempunyai masalah pada transmisi dan gardan y?? Ya, mungkin saja kalau mau me recall, bokap juga harus ngomong ke Jepangnya(kantor pusat), tidak bisa cuma ngomong kepada boss di indo... ya bukannya mau menunda, tapi memang semuanya ada prosedur mas id-grand-vitara...
Jadi tolong bersabar n thanks sudah memilih produk suzuki... hehehe... ngikut2 kata2 bokap...
Iya bung Naldo, makasih atas bantuannya, semoga secepatnya ada solusi...
dalam 4 tahun kayaknya saya ndak bakal ganti mobil, jadi mau ndak mau emang kudu ber-akrab ria dgn orang-orang suzuki deh... hehehe...

rgds
id-grand-vitara
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: 24 Mar 2007, 11:19

Re: Keluhan Grand Vitara

Post by id-grand-vitara »

id-grand-vitara wrote:Rekans, bikin topik baru nih, "Keluhan Grand Vitara" sebagai pembanding keluhan Grand Livina... hehehe...
OK, langsung aja...sebelum ngomongin hal-hal jelek, pertama ngomongin baek-baeknya dulu :

1. Peredaman bagus, jalan 120 di tol suara mesin masih kalah ama suara ban, padahal suara ban juga ndak kenceng-kenceng banget. Aku terakhir pakai mobil matic, begitu pakai GV manual, jadinya sering rada grogi. Maunya denger suara mesin agar tau imbangan kopling dan gas yang pas, tp berhubung suara mesin teredam baik, ndak sadar RPM uda tinggi sementara kopling masih dilepas :-)

2. Untuk yang manual, tenaga di putaran atas masih tersisa lumayan, ndak tau d untuk yang matic. Cuma, denger-denger, lewat 100 Km/Jam, versi matic rada susah nyalip, tenaganya uda ngempos (klo ndak salah karena gear ratio-nya uda overdrive, putaran mesin lebih rendah ketimbang putaran roda)

3. Interior / dashboard dll lumayan, paling tidak dibanding SX-4 yang katanya 'biasa-biasa' saja.

Nah, setelah yang baek-baek, sekarang giliran jeleknya (semoga ndak terlalu semangat, biasa kan, klo ngomongin yang jelek-jelek sampai lupa makan, hehehe)

1. Untuk versi manual, gigi 1 dan 2 kasar banget. Kemungkinan karena rasio transmisinya ketinggian. Efeknya, ketika mobil pada posisi gigi 1 / 2, jika gas dilepas (untuk memanfaatkan engine break), maka mobil/mesin terdengar mengayun, mobil jadi ndut-ndutan seperti kalau rem diinjak berselang-selang. Kata teknisi bengkel, ini uda desain dari sononya, jadi ndak bisa dibenerin. Masak mobil baru kok kelakuannya kayak gitu, klo denger suaranya mirip angkot tua yang bearing transmisinya uda oblak, parah banget deh...

2. Pintu belakang klo ditutup kayak ada suaranya komponen yang ndak kenceng. Entah karena kurang karet peredamnya atau gara-gara ada ban nempel di belakang. Upaya teknis untuk membetulkan masalah sebatas menyetel ulang hook pintu yang nempel di body mobil, tapi hasilnya ndak jauh beda, sama saja...

3. Secara umum transmisinya kasar, kalau jendela kanan kiri dibuka, lalu jalan pada kecepatan rendah ( gigi 1 atau 2 ), perpindahan gigi terdengar sangat kenceng (belum lagi masalah 'ngayun' di atas)

4. Genius key kadang bikin ribet (kalau belum terbiasa malah jadi bingung). Misalnya gini, kita mau naruh barang di bagasi, maka dengan membawa kunci di saku, tekan tombol di handle pintu sekali, pintu terbuka. Lalu setelah selesai menaruh barang, kita inget ada barang di bangku depan yang perlu dipindah juga ke bagasi. Otomatis biasanya kita langsung pergi ke pintu depan (entah kanan maupun kiri), lalu nyoba tekan tombol di handle pintu depan itu, hasilnya : ndak bisa. OK, tekan tombol unlock di remote, hasilnya sama aja. Gimana akal? Setelah coba sana-sini, akhirnya ketemu solusinya, pertama tutup dulu pintu bagasi, tekan tombol sekali untuk menguncinya, kemudian buka lagi dengan cara menekan tombol dua kali (membuka semua pintu).... ribet euy... hehehe...

5. Leather Work untuk jok depan uda cukup rapi, tapi untuk kursi belakang amatiran banget. Jahitannya mencong-mencong ndak karuan. Selain itu, untuk jok belakang ini juga, ketinggian antara bagian kiri dengan bagian tengah+kanan sedikit berbeda, ndak level, beda ketinggiannya sekitar 2-3 cm....kacau banget...

6. Moulding cover ban cadangan kurang presisi, mungkin ini salah satu sumber kenapa pintu belakang kalau ditutup terdengar seperti ada komponen yang kurang kenceng. Setelah dibuka, busa/spon peredam antara cover dan ban bagian bawah terlihat telah menyentuh ban, tapi untuk yang bawah, tidak ada tanda-tanda telah menyentuh ban (berarti masih ada ruang antara spon dan ban)

OK, gitu dulu, mungkin ada yang mau nambahin, baik yang positif maupun yang negatif...

Berikut hasil pengecekan di bengkel sekaligus servis pertama :

1. Bengkel tetap menyatakan bahwa gear ratio GV emang terlalu besar, sehingga gejala ngayun merupakan sebuah konsekwensi, walaupun begitu, mereka akan coba mengurangi dengan rencana mengganti oli transmisi, yang katanya uda dipesen tapi kira-kira baru bisa datang seminggu lagi. Menurut saya harus dibedakan antara produk "low quality" dengan produk "defect". Feature dan spesifikasi sedan mini kelas 1500 CC mungkin in lower quality jika dibanding dengan feature dan spesifikasi sedan 1800 CC apalagi 2400an CC, tp bukan berarti produk defect. Sementara untuk GV ini, ada sebagian unit yang melaporkan tidak ada masalah, tapi sebagian lagi melaporkan ada masalah. Dilihat dari respon orang-orang bengkel, nampaknya problem ini cukup banyak terjadi, mereka uda cukup familiar dengan keluhan ini. Aku penasaran apakah alasan gear ratio yang terlalu tinggi ini cukup tepat, ntar aku cari perbandingan gear ratio antara GV, Xtrail ama CRV.

2. Mengenai pintu belakang, sama dengan nomor 1, tetap tidak ada perubahan, uda dari sononya, kata orang bengkel... hmmm.... syusyeh...

3. Transmisi gigi 1 dan 2 kasar, mungkin ntar di-cek lagi setelah ganti oli, tapi kayaknya ndak bakal jauh beda

4. Setelah ditanyakan ama orang bengkel, solusi praktisnya emang kudu seperti itu... hahaha...

5. Akhirnya jok sebelah kiri dituker ama jok mobil lain yang kebetulan belum diantar... hehehe... ati-ati aja yang nerima GV graphite grey hari-hari ini, cek jok kiri belakang, apakah lebih rendah dari tengah dan kanan,.... kalau iya, mungkin bekas tukeran dari GV-ku... hihihi...

6. Yang ini lupa komplain, tapi setelah aku liat-liat lagi, nampaknya moulding itu didesain agar dari samping terlihat tegak 90 derajat terhadap tanah. Kalau didesain pas ngikutin ban, maka wheel housing ini akan terlihat condong ke depan, ngikutin kontur pintu belakang
id-grand-vitara
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: 24 Mar 2007, 11:19

Re: Keluhan Grand Vitara

Post by id-grand-vitara »

BTW, waktu kemaren buka engine hood, baru nyadar ternyata ECU GV itu ada di ruang mesin, yaitu di kiri depan (belakang lampu kiri). Amazing aja ternyata perangkat yang delicated seperti itu ditaruh di ruang mesin yang begitu panas. Bisa dilihat kabel-kabel rambutnya (dari sensor-sensor) yang masuk ke ECU dengan plug yang katanya anti air. Biar bagaimanapun, menurutku kabel dan plug-nya ini sangat rentan tertembus air, apalagi kalau sampai kesemprot steam waktu nyuci mobil. Mustinya sih ECU ini dikasih semacam cover/dome plastik agar (jika kena) semprotan air tidak langsung mengenai plug-nya. Mungkin saat masih baru dan seal-seal masih bagus ndak jadi masalah, tapi dalam beberapa tahun, apalagi pengaruh panas dari ruang mesin, maka baik insulator kabel maupun seal-sealnya akan keras/getas, sehingga rawan bocor. Kebayang aja klo abis dicuci, mobil ndka bisa di-star... (sering terjadi untuk mobil-mobil lama). Belum lagi klo ada istri yang cemburu gara-gara suaminya selingkuh, bisa-bisa kabel-kabel rambut itu digunting abis, kebayang aja klo kudu ngurut puluhan kabel kecil-kecil itu dari ECU ke sensor-sensor... hehehe...
User avatar
relisar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: 06 Apr 2007, 08:37
Location: Jakarta Selatan

Post by relisar »

Wah kalo mo ngisengin grand vitara gampang donk bro hehehe...
User avatar
HidupMerekLain
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: 27 Feb 2007, 08:50
Location: Bontang, Kalimantan Timur
Contact:

Post by HidupMerekLain »

Saya tadinya sudah inden mobil ini tapi batal gara2 gak jelas kapan datengnya.
Beruntung waktu jalan2 di Jordan minggu lalu, salah satu alternatif mobil di tempat sewa adalah Suzuki GV versi 4WD Automatic! Jadi saya ambil lah mobil ini.
Untuk pasaran middle east, setirnya ada di kiri dan ajaibnya 4WD Automatic mustinya varian paling top tapi jok masih fabric dan setelah saya bawa muter2 selama 2 harian (ke Petra, Dead Sea dsb) kesimpulan saya sbb:
1. Paling enak bawa mobil ini sebagai supir dan penumpang depan. Penumpang belakang sangat menderita karena sandaran kepala sangat tidak nyaman meskipun kursi bisa reclining.
2. Di depan gak begitu kedengeran, tapi waktu duduk di belakang, suara angin dari pintu belakang sangat mengganggu :(
3. Bunyi pintu belakang waktu ditutup kayak mobil ini sudah rongsokan :(
4. In short, Isuzu D-Max Rodeo 4WD yang saya ambil sebagai gantinya Suzuki GV ini jauhhhhhh lebih nyaman! Even mobilnya taun 2004 juga.
my.opera.com/mrtaufik
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: 30 May 2006, 14:02

Re: Keluhan Grand Vitara

Post by uch »

id-grand-vitara wrote:BTW, waktu kemaren buka engine hood, baru nyadar ternyata ECU GV itu ada di ruang mesin, yaitu di kiri depan (belakang lampu kiri). Amazing aja ternyata perangkat yang delicated seperti itu ditaruh di ruang mesin yang begitu panas. Bisa dilihat kabel-kabel rambutnya (dari sensor-sensor) yang masuk ke ECU dengan plug yang katanya anti air. Biar bagaimanapun, menurutku kabel dan plug-nya ini sangat rentan tertembus air, apalagi kalau sampai kesemprot steam waktu nyuci mobil. Mustinya sih ECU ini dikasih semacam cover/dome plastik agar (jika kena) semprotan air tidak langsung mengenai plug-nya. Mungkin saat masih baru dan seal-seal masih bagus ndak jadi masalah, tapi dalam beberapa tahun, apalagi pengaruh panas dari ruang mesin, maka baik insulator kabel maupun seal-sealnya akan keras/getas, sehingga rawan bocor. Kebayang aja klo abis dicuci, mobil ndka bisa di-star... (sering terjadi untuk mobil-mobil lama). Belum lagi klo ada istri yang cemburu gara-gara suaminya selingkuh, bisa-bisa kabel-kabel rambut itu digunting abis, kebayang aja klo kudu ngurut puluhan kabel kecil-kecil itu dari ECU ke sensor-sensor... hehehe...
Yakin itu ECU bos..? Sesuai dgn lokasi ECU menurut manual book nya..? Jgn2 itu hanya ABS atau ECM.

Aneh aja kalo bener lokasi nya disitu.
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: 18 Apr 2007, 09:03

Re: Keluhan Grand Vitara

Post by ichsan_n »

Lahh.. belum liat ECU livina yah? livina jg ecunya ditaro didalem situ jg, dibagian kanan pas dibawah kaca depan deh.. makanya bakalan kotor deh karena kaga bisa cuci mesin
uch wrote: Yakin itu ECU bos..? Sesuai dgn lokasi ECU menurut manual book nya..? Jgn2 itu hanya ABS atau ECM.

Aneh aja kalo bener lokasi nya disitu.
id-grand-vitara
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: 24 Mar 2007, 11:19

Re: Keluhan Grand Vitara

Post by id-grand-vitara »

uch wrote:
id-grand-vitara wrote:BTW, waktu kemaren buka engine hood, baru nyadar ternyata ECU GV itu ada di ruang mesin, yaitu di kiri depan (belakang lampu kiri). Amazing aja ternyata perangkat yang delicated seperti itu ditaruh di ruang mesin yang begitu panas. Bisa dilihat kabel-kabel rambutnya (dari sensor-sensor) yang masuk ke ECU dengan plug yang katanya anti air. Biar bagaimanapun, menurutku kabel dan plug-nya ini sangat rentan tertembus air, apalagi kalau sampai kesemprot steam waktu nyuci mobil. Mustinya sih ECU ini dikasih semacam cover/dome plastik agar (jika kena) semprotan air tidak langsung mengenai plug-nya. Mungkin saat masih baru dan seal-seal masih bagus ndak jadi masalah, tapi dalam beberapa tahun, apalagi pengaruh panas dari ruang mesin, maka baik insulator kabel maupun seal-sealnya akan keras/getas, sehingga rawan bocor. Kebayang aja klo abis dicuci, mobil ndka bisa di-start... (sering terjadi untuk mobil-mobil lama). Belum lagi klo ada istri yang cemburu gara-gara suaminya selingkuh, bisa-bisa kabel-kabel rambut itu digunting abis, kebayang aja klo kudu ngurut puluhan kabel kecil-kecil itu dari ECU ke sensor-sensor... hehehe...
Yakin itu ECU bos..? Sesuai dgn lokasi ECU menurut manual book nya..? Jgn2 itu hanya ABS atau ECM.

Aneh aja kalo bener lokasi nya disitu.
Mekanik bengkelnya yang bilang sendiri kok, terus anehnya, waktu aku tanyain ke sales, dia bilang, untuk produksi sebelum April 2007, ECU masih dikasih cover plastik, tapi setelah itu, Cover plastik uda ndak ada. Sama nasibnya dengan tulisan Suzuki gede di cover ban belakang. Maunya Indomobil ini apa sih kok ngilangin item-item yang ndak seberapa nilainya tapi sebenarnya sangat bermanfaat. Itu baru yang keliatan ya, jangan-jangan ada parts mesin / transmisi yang juga kena sunat... waduh (sambil matanya melotot kayak bajuri)... Ceritanya tadi malam pas sepi, penasaran aku coba maju mundurin mobil dengan semua jendela aku buka, audio mati. baru deh ketahuan kenapa mobilnya ngayun, jadi tiap mundur lalu gas dilepas, muncul suara "klothak-klothak" dari rumah transmisi, begitu juga pas maju dan gas dilepas, suara yang sama kedengaran... Mobil baru gres, baru 650 KM kok transmisinya kayak uda perlu overhaul... :x
Midi_Amp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 668
Joined: 16 Oct 2006, 10:48
Location: Jakarta
Contact:

Post by Midi_Amp »

Bung ID-G-V, memang sebaiknya transmisi minta overhaul, kalau gak salah banyak temen gw yang bilang GV bermasalah di transmisi manualnya, jadi lebih baik ambil yang matic... eh... Mobil bos matic atau manual ya?

Untuk ECU ada di ruang mesin, SX4 juga sama dan sebenarnya ini secara teknis ada untung dan buntungnya menurut gw. Dengan penempatan ECU di ruang mesin, posisinya tinggi dan kecil kemungkinan terkena rusak akibat terendam air (jadi nerjang banjir bisa lebih leluasa). Coba dibandingin ama City/Jazz/ yang ECU-nya ada di kabin tapi rendah banget... Ngeliat genangan air dikit juga gw ngacir. Cuma buntungnya ya itu, kena panas terus2an. Cumaaaaaaa.... GV kan ada side vent di samping kap mesin, jadi panas mesin terbantu dibuang kesamping apalagi kalau sedang jalan. Kalau SX4 gak tau deh, cuma kalau SX4 masih ada tuh rumah plastik pelindung ECM modulenya.

Soal penghilangan item-item kecil... Bos ID-G-V liat deh cover mesin SX4, gak ada tulisan Suzuki-nya, padahal di Jepang, Eropa dan dimana-mana, ada tulisan Suzuki di mesin SX4. Jangan-jangan kita dapet mesin Toyota :lol:

Padahal gw udah mutusin mau beli GV dan SX4... Tapi melihat kasus bos ID, gw pending sampai waktu yang belum ditentukan deh. Kabar2in kita terus ya bos, semoga masalahnya cepet tuntas.
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: 18 Apr 2007, 09:03

Post by ichsan_n »

ya ampun mobil baru udah harus overhaul transmisi???? bener deh kata orang.. beli mobil mending honda toyota.... eh!.. sama nissan dehh.. inget yah..nissan!! heheheheheh
Midi_Amp wrote:Bung ID-G-V, memang sebaiknya transmisi minta overhaul, kalau gak salah banyak temen gw yang bilang GV bermasalah di transmisi manualnya, jadi lebih baik ambil yang matic... eh... Mobil bos matic atau manual ya?

Untuk ECU ada di ruang mesin, SX4 juga sama dan sebenarnya ini secara teknis ada untung dan buntungnya menurut gw. Dengan penempatan ECU di ruang mesin, posisinya tinggi dan kecil kemungkinan terkena rusak akibat terendam air (jadi nerjang banjir bisa lebih leluasa). Coba dibandingin ama City/Jazz/ yang ECU-nya ada di kabin tapi rendah banget... Ngeliat genangan air dikit juga gw ngacir. Cuma buntungnya ya itu, kena panas terus2an. Cumaaaaaaa.... GV kan ada side vent di samping kap mesin, jadi panas mesin terbantu dibuang kesamping apalagi kalau sedang jalan. Kalau SX4 gak tau deh, cuma kalau SX4 masih ada tuh rumah plastik pelindung ECM modulenya.

Soal penghilangan item-item kecil... Bos ID-G-V liat deh cover mesin SX4, gak ada tulisan Suzuki-nya, padahal di Jepang, Eropa dan dimana-mana, ada tulisan Suzuki di mesin SX4. Jangan-jangan kita dapet mesin Toyota :lol:

Padahal gw udah mutusin mau beli GV dan SX4... Tapi melihat kasus bos ID, gw pending sampai waktu yang belum ditentukan deh. Kabar2in kita terus ya bos, semoga masalahnya cepet tuntas.
Midi_Amp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 668
Joined: 16 Oct 2006, 10:48
Location: Jakarta
Contact:

Post by Midi_Amp »

ichsan_n wrote:ya ampun mobil baru udah harus overhaul transmisi???? bener deh kata orang..
Bos, gw ampe berantem ama bokap gw waktu mau beli GV/SX4... Emang sih kita sekeluarga pernah kecewa ama Suzuki, tapi kan itu dulu. Seandainya gw beli GV dan kena masalahnya bos ID-GV... Gw mungkin udah dicela abis2an ama bokap.
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: 18 Apr 2007, 09:03

Post by ichsan_n »

AHhahaha.. bukan dicela lagi kali bro midi, disuruh kawin langsung biar kaga musingin lagi hahahahah..
Midi_Amp wrote:
ichsan_n wrote:ya ampun mobil baru udah harus overhaul transmisi???? bener deh kata orang..
Bos, gw ampe berantem ama bokap gw waktu mau beli GV/SX4... Emang sih kita sekeluarga pernah kecewa ama Suzuki, tapi kan itu dulu. Seandainya gw beli GV dan kena masalahnya bos ID-GV... Gw mungkin udah dicela abis2an ama bokap.
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: 18 Apr 2007, 09:03

Re: Keluhan Grand Vitara

Post by ichsan_n »

Boss.. kayanya mulai pertimbangin buat rubah id deh biar feng suinya berubah jg.. gimana kalo ID-LIVINA? ihihihihihih
id-grand-vitara wrote:
uch wrote:
id-grand-vitara wrote:BTW, waktu kemaren buka engine hood, baru nyadar ternyata ECU GV itu ada di ruang mesin, yaitu di kiri depan (belakang lampu kiri). Amazing aja ternyata perangkat yang delicated seperti itu ditaruh di ruang mesin yang begitu panas. Bisa dilihat kabel-kabel rambutnya (dari sensor-sensor) yang masuk ke ECU dengan plug yang katanya anti air. Biar bagaimanapun, menurutku kabel dan plug-nya ini sangat rentan tertembus air, apalagi kalau sampai kesemprot steam waktu nyuci mobil. Mustinya sih ECU ini dikasih semacam cover/dome plastik agar (jika kena) semprotan air tidak langsung mengenai plug-nya. Mungkin saat masih baru dan seal-seal masih bagus ndak jadi masalah, tapi dalam beberapa tahun, apalagi pengaruh panas dari ruang mesin, maka baik insulator kabel maupun seal-sealnya akan keras/getas, sehingga rawan bocor. Kebayang aja klo abis dicuci, mobil ndka bisa di-start... (sering terjadi untuk mobil-mobil lama). Belum lagi klo ada istri yang cemburu gara-gara suaminya selingkuh, bisa-bisa kabel-kabel rambut itu digunting abis, kebayang aja klo kudu ngurut puluhan kabel kecil-kecil itu dari ECU ke sensor-sensor... hehehe...
Yakin itu ECU bos..? Sesuai dgn lokasi ECU menurut manual book nya..? Jgn2 itu hanya ABS atau ECM.

Aneh aja kalo bener lokasi nya disitu.
Mekanik bengkelnya yang bilang sendiri kok, terus anehnya, waktu aku tanyain ke sales, dia bilang, untuk produksi sebelum April 2007, ECU masih dikasih cover plastik, tapi setelah itu, Cover plastik uda ndak ada. Sama nasibnya dengan tulisan Suzuki gede di cover ban belakang. Maunya Indomobil ini apa sih kok ngilangin item-item yang ndak seberapa nilainya tapi sebenarnya sangat bermanfaat. Itu baru yang keliatan ya, jangan-jangan ada parts mesin / transmisi yang juga kena sunat... waduh (sambil matanya melotot kayak bajuri)... Ceritanya tadi malam pas sepi, penasaran aku coba maju mundurin mobil dengan semua jendela aku buka, audio mati. baru deh ketahuan kenapa mobilnya ngayun, jadi tiap mundur lalu gas dilepas, muncul suara "klothak-klothak" dari rumah transmisi, begitu juga pas maju dan gas dilepas, suara yang sama kedengaran... Mobil baru gres, baru 650 KM kok transmisinya kayak uda perlu overhaul... :x
id-grand-vitara
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: 24 Mar 2007, 11:19

Post by id-grand-vitara »

Midi_Amp wrote:Bung ID-G-V, memang sebaiknya transmisi minta overhaul, kalau gak salah banyak temen gw yang bilang GV bermasalah di transmisi manualnya, jadi lebih baik ambil yang matic... eh... Mobil bos matic atau manual ya?

Untuk ECU ada di ruang mesin, SX4 juga sama dan sebenarnya ini secara teknis ada untung dan buntungnya menurut gw. Dengan penempatan ECU di ruang mesin, posisinya tinggi dan kecil kemungkinan terkena rusak akibat terendam air (jadi nerjang banjir bisa lebih leluasa). Coba dibandingin ama City/Jazz/ yang ECU-nya ada di kabin tapi rendah banget... Ngeliat genangan air dikit juga gw ngacir. Cuma buntungnya ya itu, kena panas terus2an. Cumaaaaaaa.... GV kan ada side vent di samping kap mesin, jadi panas mesin terbantu dibuang kesamping apalagi kalau sedang jalan. Kalau SX4 gak tau deh, cuma kalau SX4 masih ada tuh rumah plastik pelindung ECM modulenya.

Soal penghilangan item-item kecil... Bos ID-G-V liat deh cover mesin SX4, gak ada tulisan Suzuki-nya, padahal di Jepang, Eropa dan dimana-mana, ada tulisan Suzuki di mesin SX4. Jangan-jangan kita dapet mesin Toyota :lol:

Padahal gw udah mutusin mau beli GV dan SX4... Tapi melihat kasus bos ID, gw pending sampai waktu yang belum ditentukan deh. Kabar2in kita terus ya bos, semoga masalahnya cepet tuntas.
Mobilku tipe manual nih, denger-denger yang matic sih ndak bermasalah... Yang mau beli tipe manual, pokoke jangan mau kalau pas test drive cuma disediain unit matic, minta unit manual, beda tipe ternyata beda nasibnya...

BTW, contoh feature lain yang disunat :

Di buku manual GV, tertulis, dan nampak pada gambar bahwa console box bisa digeser ke depan untuk sandaran tangan, faktanya, katanya itu hanya ada di XL-7. Aku curiga, mungkin niat awalnya mereka mau kasih console box seperti XL-7, tapi begitu tahap akhir, diputuskan pakai yang lebih sederhana, yang ndak bisa digeser ke depan. Sementara itu, manual GV uda terlanjur dicetak, dengan gambar/petunjuk console yang bisa digeser

Terus ada lagi, yaitu lampu kecil di door trim pintu depan bagian bawah, biasanya menyala begitu pintu dibuka. Ini juga diilangin, ndak tau kenapa
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: 18 Apr 2007, 09:03

Post by ichsan_n »

Duhh mas.. mending jual deh kalo gitu.. nabung dikit lagi, tambahin jadi cRV or x trail (imho).. biasanya kalo udah masalah kaya gitu udah susah deh sembuhnya.. mumpung mobil km nya jg masih rendah banget
id-grand-vitara wrote:
Midi_Amp wrote:Bung ID-G-V, memang sebaiknya transmisi minta overhaul, kalau gak salah banyak temen gw yang bilang GV bermasalah di transmisi manualnya, jadi lebih baik ambil yang matic... eh... Mobil bos matic atau manual ya?

Untuk ECU ada di ruang mesin, SX4 juga sama dan sebenarnya ini secara teknis ada untung dan buntungnya menurut gw. Dengan penempatan ECU di ruang mesin, posisinya tinggi dan kecil kemungkinan terkena rusak akibat terendam air (jadi nerjang banjir bisa lebih leluasa). Coba dibandingin ama City/Jazz/ yang ECU-nya ada di kabin tapi rendah banget... Ngeliat genangan air dikit juga gw ngacir. Cuma buntungnya ya itu, kena panas terus2an. Cumaaaaaaa.... GV kan ada side vent di samping kap mesin, jadi panas mesin terbantu dibuang kesamping apalagi kalau sedang jalan. Kalau SX4 gak tau deh, cuma kalau SX4 masih ada tuh rumah plastik pelindung ECM modulenya.

Soal penghilangan item-item kecil... Bos ID-G-V liat deh cover mesin SX4, gak ada tulisan Suzuki-nya, padahal di Jepang, Eropa dan dimana-mana, ada tulisan Suzuki di mesin SX4. Jangan-jangan kita dapet mesin Toyota :lol:

Padahal gw udah mutusin mau beli GV dan SX4... Tapi melihat kasus bos ID, gw pending sampai waktu yang belum ditentukan deh. Kabar2in kita terus ya bos, semoga masalahnya cepet tuntas.
Mobilku tipe manual nih, denger-denger yang matic sih ndak bermasalah... Yang mau beli tipe manual, pokoke jangan mau kalau pas test drive cuma disediain unit matic, minta unit manual, beda tipe ternyata beda nasibnya...

BTW, contoh feature lain yang disunat :

Di buku manual GV, tertulis, dan nampak pada gambar bahwa console box bisa digeser ke depan untuk sandaran tangan, faktanya, katanya itu hanya ada di XL-7. Aku curiga, mungkin niat awalnya mereka mau kasih console box seperti XL-7, tapi begitu tahap akhir, diputuskan pakai yang lebih sederhana, yang ndak bisa digeser ke depan. Sementara itu, manual GV uda terlanjur dicetak, dengan gambar/petunjuk console yang bisa digeser

Terus ada lagi, yaitu lampu kecil di door trim pintu depan bagian bawah, biasanya menyala begitu pintu dibuka. Ini juga diilangin, ndak tau kenapa
User avatar
tigor
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 358
Joined: 24 Feb 2006, 07:24

Post by tigor »

Midi_Amp wrote:Bung ID-G-V, memang sebaiknya transmisi minta overhaul, kalau gak salah banyak temen gw yang bilang GV bermasalah di transmisi manualnya
:roll: Masalah sangat serius, imho... n unt kesekian kalinya deh...Ingat Vitara pertama kali keluar?
My gallery... http://tig0r.multiply.com/
JAUHKAN SUUD'ZON!!

Image
plasworld88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 327
Joined: 06 Jul 2006, 16:36

Post by plasworld88 »

padahal katanya mobil ini global model dan jd hit di eropa (kata seseorang di forum ini kl gak salah), tp kenyataannya kok gitu ya.
emang gak jaminan juga ternyata yg global model ya
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: 30 May 2006, 14:02

Post by uch »

Yg versi Eropa sih dapat gelar "The best compact 4x4 of the Year". Lupa versi siapa. Tapi itu lah keunikan Indonesia. Semua bisa berubah kalo udah masuk wilayah Indonesia. Sama kayak RusTer, thn lalu disono pernah dapat predikat "The best small 4x4....". Tapi versi lokal...? :D
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post