BLAZER masih worthed gak? - Part 01

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Blazy DK
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: Mon Jul 02, 2007 5:24

Re:

Post by Blazy DK »

swift wrote:tergantung pembatasan bbmnya jadi apa ga,kalo jadi ya pasti harga mobkas turun,orang akan berpikir untuk punya mobil-mobil ber-cc besar.tapi katanya blazer dianjurkan premium ya bos(Ron 80),ya jadi kalo boleh saran sih sabar aja dulu bos,lihat kondisi "negara" kita dulu(sama nih bos,juga pengen ambil blazer...tapi lagi lihat pasaran tahun depan,hehehehe....)siapa tahu ntar "jodohnya" ada yang lebih "Klik"
premium ronnya 88 bro :D
btw klo blazer dikasi RON yg lebih tinggi malah bagus kog soalnya uda ada sensorny,dlu bro uch pernah ngasi tau tentang hal ini :e-dance:
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by uch »

Kira2 sebulanan lalu di milist khan ada penjelasan dari pihak GMI atas pertanyaan apakah blazer boleh make oktan tinggi.
Kepada Yth,

Opel Blazer ataupun Chevrolet Blazer, telah diputuskan sejak awal produksinya Des 1995, dapat menggunakan semua jenis bensin yaitu sbb:
1. Dari basic formula : Dapat menggunakan leaded atau unleaded fuel (dengan atau tanpa timbal)
2. Dari nilai oktan : Dapat menggunakan bensin dengan nilai oktan 85 hingga 98 (mis. Premium, Pertamax, pertamax plus ataupun bensin super 98-saat ini tidak ada lagi)

Hal ini disebabkan karena system pengapian engine blazer dilengkapi dengan Anti Knocking Sensor yang dapat menyesuaikan saat pengapian untuk setiap type bahan bakar karena nilai oktan yg berbeda, sebab bensin dengan oktan rendah lebih mudah terbakar dibandingkan yg beroktan tinggi, karenanya saat pengapian bensin beroktan rendah akan memiliki nilai lebih kecil dibandingkan dengan yg beroktan tinggi.

Namun bensin beroktan tinggi memiliki Kalori yang lebih tinggi dibandingkan yg beroktan rendah, karenanya engine performance juga akan lebih baik. Contohnya mesin 2000 CC dng rasio kompresi tinggi akan menghasilkan tenaga lebih besar dibandingkan mesin 2000 CC dng rasio kompresi rendah. Namun pemakaian bensin yg berbeda juga menuntut kompensasi antara lain panas yg dihasilkan juga lebih tinggi, getaran, gesekan, daya tahan material, busi, coil, suhu kerja air pendingin dan oli mesin akan menuntut kualitas yg tinggi pula.
budi1bogor
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Fri Dec 07, 2007 8:17

Re:

Post by budi1bogor »

swift wrote:tergantung pembatasan bbmnya jadi apa ga,kalo jadi ya pasti harga mobkas turun,orang akan berpikir untuk punya mobil-mobil ber-cc besar.tapi katanya blazer dianjurkan premium ya bos(Ron 80),ya jadi kalo boleh saran sih sabar aja dulu bos,lihat kondisi "negara" kita dulu(sama nih bos,juga pengen ambil blazer...tapi lagi lihat pasaran tahun depan,hehehehe....)siapa tahu ntar "jodohnya" ada yang lebih "Klik"
tenang aja, org GM ada yg lagi riset pake LGV, perliter kalo ngga salah cuma 3600 aja kok.
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by uch »

Udah baca jug atuh barusan. Itu sebenarnya proyek nya GMI atau personal GMI..? Kalo beneran resmi dari GMI kayaknya asyik juga tuh
budi1bogor
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Fri Dec 07, 2007 8:17

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by budi1bogor »

kayaknya sih personal ya... tapi setidaknya dari segi teknis lebih bisa dipertanggungjawabkan
User avatar
asepkadek
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 284
Joined: Wed Jul 26, 2006 7:18

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by asepkadek »

Proudly present.............................
Montera'00 biru metalik, setelah lama kunanti dan lika liku pencariannya :oops:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Ride/Drive with the pride,respect and satisfucktion
User avatar
Sugie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: Fri Sep 22, 2006 9:54
Location: Look at your rear view mirror

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by Sugie »

asepkadek wrote:Proudly present.............................
Montera'00 biru metalik, setelah lama kunanti dan lika liku pencariannya :oops:
Akhirnya........................ :e-pray: :e-pray: :e-pray: :mrgreen: :mrgreen: :e-clap: :e-clap: :e-clap:
User avatar
swift
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 989
Joined: Sat Jan 13, 2007 12:46
Location: lumpia city

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by swift »

wah dapet juga si bos blazernya..selamat d.tapi kok di foto warnanya jadi hitam ya blazer nya..ditunggu laporan kesan-kesannya tentang blazernya :e-clap: :e-clap:
User avatar
asepkadek
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 284
Joined: Wed Jul 26, 2006 7:18

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by asepkadek »

kesan pertama............. :oops: 8), it's not a dream anymore
:roll:
berhubung masih gagap nih mohon saran serta informasi lainnya nih
-Kalo mo kuras sendiri radiator, kran buat nge-drain-nya ada disebelah mana yah
-di buku manualnya ada 3 pilihan oil enggine 10W-30, 10W-40 dan 10W-50, yg the best yg mana (include merk-nya), tanya sama yg pake sebelumnya, dia isi pake top-1 tapi mo ganti aja....

thanks in advance :lol:
Ride/Drive with the pride,respect and satisfucktion
qu81ck
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Sat Dec 29, 2007 23:29

Re:

Post by qu81ck »

uch wrote:Kalo mau online shopping, banyak koq dijual.

Image

Asal kantong tahan aja.. :D :D
Berapaan nih lampu kaya gini.. pikir2 pgn ganti jg batok lampunya... terus pasang HID..
hehehee
qu81ck
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Sat Dec 29, 2007 23:29

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by qu81ck »

mo tanya donk para penguna blazer jg disini...
sebelomnya salam kenal dulu...
gua pake blazer LT thn 2000, belinya udah dari baru...

makin lama pake mobil ini, kok merasa lampunya makin gelap ya?? mobil jg jarang jalan, sampe saat ini baru jalan sekiutar 60rb.
yg pgn gua tanya, gimana caranya supaya lampunya jadi terang ya?? gimana kalo ganti jadi HID, dgn 6000k?? ada yg udah coba?? apa harus ganti housing lampunya??? terus kalo hujan ato berembun, tembus gak ya kalo ganti HID?

Terus ttg akselerasi, knp ya tarikan pertamanya berat banget? pernah denger2, katanya kalo ICUnya di program ulang ato di ganti bisa membantu ya? soalnya ngerasa mobil ini gak enak di ajak narik kalo di putaran awal. tp kalo sdh di atas, pernah masuk sampe 160kmh, pas barunya. tp skrg paling top 140kmh. bensin selalu pake pertamax plus, dan setelah ada shell ganti shell super terus. ada yg bisa share ttg problem yg gua hadapain?


sebelomnya thanks buat bantuannya...
qu81ck
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Sat Dec 29, 2007 23:29

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by qu81ck »

asepkadek wrote:kesan pertama............. :oops: 8), it's not a dream anymore
:roll:
berhubung masih gagap nih mohon saran serta informasi lainnya nih
-Kalo mo kuras sendiri radiator, kran buat nge-drain-nya ada disebelah mana yah
-di buku manualnya ada 3 pilihan oil enggine 10W-30, 10W-40 dan 10W-50, yg the best yg mana (include merk-nya), tanya sama yg pake sebelumnya, dia isi pake top-1 tapi mo ganti aja....

thanks in advance :lol:
kalo nge-drain air radiatornya, kanan(sisi penumpang) bawah, kalo ngak salah ada semacem sekrup. tinggal di buka aja deh.

kalo ttg oli, selama ini cuma pake motul/repsol, kalo gak salah yg 50. mesin lebih halus dan masa pakenya lebih panjang dari oli biasanya(mesran).

tolong di benerin kalo ada yg salah..
:D
User avatar
B 0 YZ
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Fri Aug 17, 2007 9:03

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by B 0 YZ »

asepkadek wrote:Proudly present.............................
Montera'00 biru metalik, setelah lama kunanti dan lika liku pencariannya :oops:
Wow happy ending,slamat yah :mrgreen:
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by uch »

Congrats deh bro. Kata si Om di tipi-tipi "Akhirnya datang juga..." :D :D

Pls sharing terbuka baik jelek nya.. :D

BTW, saya pake 10w-40. Mau pindah/nyoba ke 10w-30 tapi belum ada yg cocok di hati.
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by uch »

qu81ck wrote:mo tanya donk para penguna blazer jg disini...
sebelomnya salam kenal dulu...
gua pake blazer LT thn 2000, belinya udah dari baru...

makin lama pake mobil ini, kok merasa lampunya makin gelap ya?? mobil jg jarang jalan, sampe saat ini baru jalan sekiutar 60rb.
yg pgn gua tanya, gimana caranya supaya lampunya jadi terang ya?? gimana kalo ganti jadi HID, dgn 6000k?? ada yg udah coba?? apa harus ganti housing lampunya??? terus kalo hujan ato berembun, tembus gak ya kalo ganti HID?

Terus ttg akselerasi, knp ya tarikan pertamanya berat banget? pernah denger2, katanya kalo ICUnya di program ulang ato di ganti bisa membantu ya? soalnya ngerasa mobil ini gak enak di ajak narik kalo di putaran awal. tp kalo sdh di atas, pernah masuk sampe 160kmh, pas barunya. tp skrg paling top 140kmh. bensin selalu pake pertamax plus, dan setelah ada shell ganti shell super terus. ada yg bisa share ttg problem yg gua hadapain?


sebelomnya thanks buat bantuannya...
- Lampu = Coba tambah relay Pak. Kemudian watt bohlam naik dikit. Itu yg gw lakukan dan nggak pernah komplen lagi ttg lampu kurang terang. Pernah baca jg ada yg nyuci headlamp di Dutamas.

- Akselerasi lambat emang udah karakternyanya. Lambat tidak sama dengan berat. Kalo gigi 1 dan 2, coba perhatikan tachometer kalo towel gas dikit aja jarum RPM udah 4000 tapi lari mobil segitu2 aja. Kalo mau akselerasi bagus, yg pertama harus diganti adalah transmisi dan final gear. Baru upgrade performa. Upgrade perfoma doang gw jamin tidak akan menolong akselerasi, kecuali gigi 1 dan 2 dilangkahi mulu. Tapi kalo gw pribadi, daripada melakukan itu (ganti transmisi dan final gear terus upgrade performa mesin), lebih baik gw cari mobil lain.. :D :D
User avatar
asepkadek
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 284
Joined: Wed Jul 26, 2006 7:18

Baru pake 1 hari

Post by asepkadek »

beberapa masalah yg gw temuin setelah pake 1 hari, (maklum bekas pake orang)
1. Air di cadangan radiator kosong, setelah diurut ternyata sambungan (lait poto) dibawah radiatornya pecah (sebelumnya cuma dilem padahal pecahnya parah banget) gw coba lem ulang sebelum tar kalo ke bengkel mau gantai. ada yg pernah ganti? berapaan & kalo beli di toko mana? denger ada toko sparepart di dutamas fatmawati...?

2. Oil pressure setalah sekitar 1jam ada di kisaran 150-200kPa, awalnya normal, cek di dipstick ternyata olinya dibawah tanda min, apakah karana olinya kurang jd seperti itu? tar mo bawa ke shop 'n drive deket rumah aja buat ganti oli baru, bro Uch, pake merk oli apa?

3. Pas malem pake lampu sebelah kiri mati, kemarin langsung copot sendiri ternyata gampang banget bukanya.

4. Pintu pengemudi agak turun mungin ada bushing yg perlu diganti.

5. Jok baris ke-2 ga bisa dilipat atau gw ga tau caranya..... :oops:

6. pedal kupling kayanya tinggi banget stelannya apa emang normalnya begitu yah?

Sekarang siMontera nongkrong di rumah aja, hari ini mo beli lampu ke dutamas, minta nama toko yg rekomen dong :angel: .

bro uch, boleh dong minta Yahoo IDnya, buat tanya2 gitu :wink:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Ride/Drive with the pride,respect and satisfucktion
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: Baru pake 1 hari

Post by uch »

asepkadek wrote:beberapa masalah yg gw temuin setelah pake 1 hari, (maklum bekas pake orang)
1. Air di cadangan radiator kosong, setelah diurut ternyata sambungan (lait poto) dibawah radiatornya pecah (sebelumnya cuma dilem padahal pecahnya parah banget) gw coba lem ulang sebelum tar kalo ke bengkel mau gantai. ada yg pernah ganti? berapaan & kalo beli di toko mana? denger ada toko sparepart di dutamas fatmawati...?

2. Oil pressure setalah sekitar 1jam ada di kisaran 150-200kPa, awalnya normal, cek di dipstick ternyata olinya dibawah tanda min, apakah karana olinya kurang jd seperti itu? tar mo bawa ke shop 'n drive deket rumah aja buat ganti oli baru, bro Uch, pake merk oli apa?

3. Pas malem pake lampu sebelah kiri mati, kemarin langsung copot sendiri ternyata gampang banget bukanya.

4. Pintu pengemudi agak turun mungin ada bushing yg perlu diganti.

5. Jok baris ke-2 ga bisa dilipat atau gw ga tau caranya..... :oops:

6. pedal kupling kayanya tinggi banget stelannya apa emang normalnya begitu yah?

Sekarang siMontera nongkrong di rumah aja, hari ini mo beli lampu ke dutamas, minta nama toko yg rekomen dong :angel: .

bro uch, boleh dong minta Yahoo IDnya, buat tanya2 gitu :wink:
1. Nggak tau nih
2. Normal. Setelah 1 jam tekanan di tanki olie akan turun. Dengan syarat, jika gas ditekan tekanan olie naik/mentok lagi. Kalo olie, gw sih sekarang pake "boil wan" 10w-40. Dulu sell biru. Ganti per 5000 km (maksimal, 4000 km aja gw udah nyari waktu buat ganti tuh).
4.
5. Nggak tau nih apakah ada montera yg tidak bisa dilipat. Tapi biasanya dibagian belakang senderan/jok ada handle buat melipat. Tinggal tarik dan lipat. Tetaaapiii.....cuman Blazer LT yg Flat Foldable :( . Kalo LT, asli rata dengan lantai bagasi.
6. Semua pedal (kopling & rem) di blazer kayaknya terlalu tinggi deh.. :(
satriyo
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Thu Jan 03, 2008 12:21

nyari blazer ni....

Post by satriyo »

salam kenal...

setelah baca thread ini saya jadi pengen beli tuh blazer
ada yg lagi jual ga ya? ada yg udah bosen pake mungkin...
pengennya sih yg warna item,lebih natural (SOHC ato DOHC)
yang tuaan jg gpp, habisnya budget terbatas... tapi yg terawat dong :) :angel:

saya siap menerima...
blazy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Thu May 03, 2007 9:20

Re: Baru pake 1 hari

Post by blazy »

[quote="asepkadek"]beberapa masalah yg gw temuin setelah pake 1 hari, (maklum bekas pake orang)
1. Air di cadangan radiator kosong, setelah diurut ternyata sambungan (lait poto) dibawah radiatornya pecah (sebelumnya cuma dilem padahal pecahnya parah banget) gw coba lem ulang sebelum tar kalo ke bengkel mau gantai. ada yg pernah ganti? berapaan & kalo beli di toko mana? denger ada toko sparepart di dutamas fatmawati...?

Mudah2an belum telat ya...nama tokonya di Duta Mas Fatmawati ==> Rensen Motor
User avatar
asepkadek
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 284
Joined: Wed Jul 26, 2006 7:18

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by asepkadek »

@atas, thanks bro
waktu itu udah langsung kesana, ada di lantai 2, posisinya diujung, tp part yg gw cari habis, gw taro aja no HP. pas ada langsung dikasih tau. kata meraka sih bisa juga service disana, tapi ko gw kurang yakin gitu yah, soalnya servicenya di parkiran gitu :roll: .
setalah ganti oli kemaren gw baru sadar odometernya ga jalan :ungg: . kalo bongkar sendiri bisa ga yah :roll: , gw agak susah percaya sama orang bengkel, tar mo ke BD aja sapa tau cocok
Ride/Drive with the pride,respect and satisfucktion
Blazy DK
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: Mon Jul 02, 2007 5:24

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by Blazy DK »

numpang nanya dong...
ada yg pernah pake oli delco 10w-40 g utk "kebo"nya?
performanya ok g?
coz di dealer chevrolet di kota gw coma jual tuh oli :(
User avatar
ibar78
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1292
Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
Location: mtg, jakarta
Daily Vehicle: toyota fans boys

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by ibar78 »

pajak blazer setiap modelnya sama atau beda ya om....saya lagi cari-cari blazer cuman mau nimang yang mana n terbaik....seken aja deh, ga kuat kalo beli baru....lama pake kijang bosen....mau coba merek lain
:popcorn:
User avatar
dhani.amannatur
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 113
Joined: Mon Nov 27, 2006 5:42

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by dhani.amannatur »

Blazy DK wrote:numpang nanya dong...
ada yg pernah pake oli delco 10w-40 g utk "kebo"nya?
performanya ok g?
coz di dealer chevrolet di kota gw coma jual tuh oli :(
di Surabaya Bos??

itu memang oli resmi nya chevy ...
tapi kalo kualitas gak tau
krn belon coba ... ;)
deltackrg
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Mon Jan 07, 2008 2:25

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by deltackrg »

Gara gara ngikutin hasil diskusi ini dari awal sampai akhir membuat saya jadi pingin beli juga. Sampai sampai kemarin aku belain lihat lihat di ps kemayoran. Kalau yg tahun tahun lama ( < 2001 ), rata rata interiornya sudah pada jelek membuat istriku males. Sampai akhirnya ketemu yg tahun 2004 dan 2005 dimana interiornya masih bagus semua. Itu kesan pertama hasil survey nya, belum bisa mutusin sepertinya memang harus sering hunting dan tanya tanya supaya tdk salah beli. Maklum belum pernah punya mobil SUV dan tidak banyak tahu soal mesin mobil. Makanya saya lebih tertarik yg th muda ( 2004 / 2005 ) berharap tdk begitu banyak masalah nantinya. Thank's to all yg telah banyak memerikan info tentang mobil blazer ini.
budi1bogor
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Fri Dec 07, 2007 8:17

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by budi1bogor »

yang lebih muda belum tentu siap pakai.. biasanya yg pake blazer agak lama ngerti umur partnya, misalnya kompresor ac, mending ganti dgn sanden ( 2.5 jtan), pompa bensin ganti regularly, dan yg lainnya normal spt timing belt dll. jadi beli blazer sedapat mungkin yang punya service record, jadi lebih aman kedepannya, ngga kaget2 krn beda dgn mobil jepang.