BLAZER masih worthed gak? - Part 01

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

BLAZER masih worthed gak? - Part 01

Post by edward »

Tolong rekan2 pemilik Blazer bahas disini masalah Blazer.
Kita tau,kalo Blazer di stop produksinya(sayang bgt yah?)

Kalo ngeliat harga bekasnya yg aduhai dan bentuk mobil yg gagah,kira2 masih worthed gak kalo blazer dijadikan tunggangan harian?

Gw comotkan bbrp komentar,yg enak buat di baca:
FYI, harga blazer hari ini (8 Juni 2006) di http://www.mobilku.com/cgi-bin/index.cgi:
2002Blazer LT DOHC 95 jt
2002Blazer Montera 73 jt
2000Blazer DOHC 80 jt
2000Blazer Montera 63 jt
1999Blazer LT 73 jt
1999Blazer Montera 61 jt
1996Blazer 62 jt

emang sih blazer harganya turun tapi nurut gw gak bakal ada yg jual blazer dohc lt 2003 seharga 85 jt; kalo bukan karena kepepet!!!

perkiraan gw sih 80 jt hanya cukup utk montera 2002(down grade nya dohc; sementara dohc sudah down gradenya dohc lt - luxury touring)itu pun kalo beruntung dapat yang bukan bekas tabrakan he he he..
sekedar pertimbangan aja, kalo OPEL DOHC LT 2002 pasarannya kurang lebih 75 juta sementara CHEVROLET DOHC LT 2003 sekitar 85 juta.

sekedar saran aja, kalo omong-omong masalah blazer mending lihat komunitas blazer di http://www.bic.or id atau http://groups.yahoo.com/group/blazer_montera/.

soalnya komunitas disini alergi blazer, karna belom pernah punya dan cobain gimana enaknya, pokoknya nyaman euy

masalah blazer akselerasinya lemot bisa diakalin chipnya

masalah blazer spare part dan perwatannya mahal ya jangan beli didealer resmi (kita punya listnya)

maalah blazer bensinnya boros ya jangan dibandingin karimun tapi bandingin ama terano; selisih tipis juga ama kijang

masalah blazer harganya terjun bebas,kayaknya worthy dengan tingkat comfortability and safety blazer.

ingat dengan 80 juta anda bisa merasakan kenikmatan dunia via blazer, jauh kalo dibeliin xenia si gerobak pasar: bodynya tipis banget ditimpuk jambu air juga penyok (beda ama blazer dengan baja asli tahan karat) terus suspensinya bikin pinggang pegel (beda ama blazer dibanding tidak ada ongkos pijat pinggang deh)

HIDUP BLAZER!!!
Gmn pendapat pemilik dan 'mantan' pemilik Blazer?

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

Pendapat dari gw :
Blazer kalo dah masalah dgn AC ribett, gaksemua bengkel AC Pings-jal bisa ngerjain.

Trus karena P/S masih Hidrolik, kalo dah bocor ribett...
Image
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

Kalo ngeliat harga bekasnya yg aduhai dan bentuk mobil yg gagah,kira2 masih worthed gak kalo blazer dijadikan tunggangan harian?
kalau harian sptnya akan cepat "rontok".
dulu pernah punya blazer 96 (dari sejak baru) sampai 2005. Ngga dipakai harian. Yaa asik2 aja, travel kemana2 serasa ga ada jalan jelek 8)
Sementara kakak gw beli blazer yg sama (tapi bekas) dan dia pakai harian, relatif cepet banget pergantian fast moving parts nya (dibanding mobil jepang), yaitu parts2 di luar mesin spt kaki2, kemudi.
Spt kata seseorang di Otomotif, yg beli mobil ini mestinya sih seorang fanatik, mesti ngerti&rajin rawat mobil.
Daripada beli blazer yg "gak jelas" dan nantinya belanja ini itu, coba deketin club2 tsb, sapa tau ada info yg mau lepas blazer dlm kondisi prima.
Nano Energizer - (Product of nanoTec International - Korea) dengan nano ceramic technology.
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Menurut gw sih worthed banget. Kebetulan gw baru sebulanan lebih beli blazer. Keputusan itu setelah mengadakan sejumlah "survey" dan pengumpulan data, plus percobaan :D . Sebenarnya, worthed ama nggak nya sih, tergantung ekspektasi kita ama mobil yg dicari.

Kalo dibanding ama mobil yg mirip2 dgn rentang harga Rp 60-80 jt, blazer itu punya seabreg kelebihan (tapi kalo nyari yg sederhana aja sih, ini merupakan kelemahan, karena udah pasti lebih banyak yg harus dimaintenance). Kelebihan yg paling nonjol ada 2 : Mesinnya DOHC Multi port injection dan fitur safety nya sangat lengkap. Bahkan bisa lebih lengkap dari mobil sekelas di atasnya.

Kekurangannya yg paling terasa adalah akselerasi.

Mungkin karena bobotnya yg gede. Tapi disamping masalah bobot, kayaknya ini masalah gear ratio jg. Perasaan gigi 1 dan 2 kayaknya terlalu kecil. Saking kecil nya gigi 1, mobil ini bisa maju dgn mulus tanpa sentakan, kondisi macet nanjak di Puncak, full loaded, dgn hanya melepas kopling perlahan2 tanpa neken gas (RPM stasioner di 900). Gigi 3 nya mungkin terlalu gede. Begitu masuk gigi 3, sesaat terasa seperti kurang tenaga. Mungkin juga ini disengaja produsen. Gigi 1 & 2, dia berusaha mempertahankan karakter jip/mini truck nya dgn very low gear, sementara mulai gigi 3 pindah ke mode "sedan". (ini cuman tebak2 an asal jeplak).

Kalo soal maintenance, kayaknya kalo umur mobil udah 4 thn lebih, biaya maintenance lebih tergantung kepada driver. Driver nya ngerti dan rajin ngerawat mobil nya nggak..? tau bengkel2 yg terpercaya nggakk..? Jadi pasti in dapet mobil yg kondisi fit dan terawat dgn baik. Harga fast moving nya mirip2 ama kijang koq. Beda nya kijang/panther punya option make part made in china/taiwan. Contoh biaya maintenance blazer montera, ganti timing belt lengkap ama stasioner dan jasa nya .. sekitar Rp 550 ribu. Kopling, plus dekrup, plus lahar/seal plus jasa rp 900 ribu an. Paket tune up, service rem, service kaki2, kuras radiator dan fuel tank (no parts, service only) Rp 300 ribu. Lg pula di jaman BBM mahal ini, maintenance cost udah nggak terlalu relevan lagi. Lebih relevan masalah konsumsi BBM. Kecuali kayak jaman dulu BBM cuma Rp 1500/liter.

Konsumsi bbm nya relatif irit lho (dibanding ama yg pake karbu). Memang ada masalah dgn bobot nya yg gede. Tapi itu bukan masalah besar kalo kita nggak maksa akselerasi. Perasaan gw, kalo di tol dan sabar bertahan di 60-80 kmh, bisa nyampe 1:11 atau lebih. Tapi kalo ngoyo akselerasi dan selalu berusaha nyari 110 kmh lebih, bisa tekor 1:7 atau kurang. Pokoke, kalo menurut gw, kalo kondisi tanpa macet, blazer lebih hemat dari kijang kapsul, apalagi dibanding terano.

Demikian review singkat, walau mungkin belum objektive karena belum lama make. fyi, boil ini gw pake sekitar 120 km setiap hari kerja, termasuk anter jemput mantan pacar, kondisi rute 90% lancar alias tol lingkar luar ama luar kota.
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Sorry bos, kalo soal kaki2 secara logika kaki2 blazer itu "harusnya" relatif kuat. Di liat dari U-turn nya yg panjang (gile.. sebel deh ih, kalo belok jarang bisa langsung dapet). Kayaknya yg bisa "ngalahin" blazer soal u-turn hanya Daihatsu Tatf Hline yg perlu 1/2 lapangan bola, (kecuali Kopaja ama bus PPD tentunya. he.he..). Biasanya yg U-turn panjang, kaki2 nya relatif kuat karena ditujukan ready for off road (dan sebaliknya), kecuali emang sering dibawa off road atau sering diadu ama trotoar.. ha..ha...
yoyoyo wrote:
Kalo ngeliat harga bekasnya yg aduhai dan bentuk mobil yg gagah,kira2 masih worthed gak kalo blazer dijadikan tunggangan harian?
Sementara kakak gw beli blazer yg sama (tapi bekas) dan dia pakai harian, relatif cepet banget pergantian fast moving parts nya (dibanding mobil jepang), yaitu parts2 di luar mesin spt kaki2, kemudi.
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Post by edward »

Wowww thank bgt Mr.UCH..(singkatan apa nih kira2?;))

Gw seneng bgt sebenarnya ngliat mobil ini.
Yg sering gw liatin sebenarnya malah 'adiknya' Blazer yg dr keluarga Chevy:
Chevrolet TAHOE...(gak jelas tahu nya dr sumedang apa kuningan...:D:D)

Keren bgt.

Bodi sih mirip2 bgt ama Blazer di Indo,tapi justru yg membedakan adalah mesinnya yg diatas 4000CC,dan menurut teman saya yg biasa bawa,mobilnya enak bgt buat dipakai ngebut.Bayangkan mobil SUV gambot(ini gw ngomongin Tahoe yah?) tapi enak dipakai buat ngebut?


Terus dari situ saya mikir,ada gak mobil sejenis Tahoe di Indo yg enak kayak Tahoe?
Kalo dr tampang sih cuma Blazer yg masuk.
Dan kayaknya memang Blazer ini merupakan downgrade dr SUV chevy,yg harusnya dijejalin mesin V6 4000CC keatas,tetapi krn mau masuk ke Indo terpaksa di turunin ke mesin 2200cc....


Sama parahnya kayak Terano yg merupakan downgrade dr versi Nissan Pathfinder.....

Thank sharingnya Mr.uch...
gimana dg bengkelnya?
Apakah gampang juga?
Kondisi anda kayaknya sama ama saya,rumah dipinggiran jakarta dan tiap hari harus lewat jalan tol.......:D

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Satu2nya Opel Blazer owner di SM akhirnya muncul juga ... and thanks buat sharingnya agar menjadi referensi bagi yang minat dengan Opel Blazer.
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

@edward
Dulu waktu "hunting" sesekali nemu jg iklan blazer CBU 4x4 yg seken. Malah yg diesel jg ada. Gw sempat ngiler jg, tapi harga nya yg terlalu jauh di atas ( masih di atas 200 jt), membuat gw sanggup menghindar dari rayuan nafsu. Denger2 varian LT yg di sini, dibuat sama persis dgn yg cbu kecuali mesin dan 2wd.

Soal bengkel, kalo di Jaksel sih cukup banyak bertebaran. Nggak ada masalah. Radius 5-30 menit dari rumah, yg gw tau udah ada 4 pilihan bengkel blazer. Nggak tau kalo daerah lain.

oh iya.. kalo gw, nguli nya yg di luar jkt. Rute gw selalu "ngelawan" arus, jarang macet. Kalo sebaliknya (tinggal di luar jkt, kerja di jkt), malah bisa tiap hari macet. Kalo rute macet, kopling nya yg keras perlu dipertimbangkan jg tuh, apalagi yg punya masalah asam urat di kaki.. :D . Kecuali mau ngeluarin dana tambahan buat modif master kopling biar lembut. Atau sekalian nyari yg udah dimodif.

@digitall
Moso sih cuman gw sorang diri ...? Minoritas donk... he..he.. Tapi kayaknya banyak yg nyimpen deh... Mungkin mereka pilih keep silent..

@mike
Penasaran soal AC (soalnya udah 2 kali disinggung :D), tadi malam gw "obrak abrik" database milist nya blazer_montera. Akhir nya nemu yg bahas AC. Ternyata emang benar, sistem pendinginannya sedikit beda ama boil jepang. Kalo menurut "senior" nya sih, bukan lebih rumit, tapi aplikasi nya beda. Kalo mekanik nya punya basic pengetahuan sistem pendinginan, pasti nggak ada masalah. In the worst case, bisa diganti dgn ND/Sanden koq.

Kalo power steering, bukannya itu salah satu kelebihan blazer..? Make Variable power steering. Ringan di kecepatan rendah, tapi nggak melayang di kecepatan tinggi. Emang lebih rewel ya...? Tapi yg pasti lebih enak dan lebih safety dibanding power steering biasa yg awal2 nya ringan, makin cepat makin ringan, makin cepat lagi semakin ringan lagi, sampe akhirnya stir kayak spelling semua (boong ah.. terlalu berlebihan.. :D).
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Post by the-mantal »

brow,
gue masih penasaran ma kabar Blazer diganti mesinnya dengan Panther...
Kyknya yg itu worthed banget deh klo memang bisa....
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Post by edward »

Wow bisa di ganti dg mesin diesel? :shock:

Gimana tuh ceritanya?

Worthed bgt kalo bisa di ganti...:D

Kayak Terano yg dijejalin mesinnya Frontier...

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
dado
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 505
Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
Location: JAKARTA

Post by dado »

yup blazer ac-nya masalah banget tuh, ngga dingin apalagi klo full penumpang, panass.
GW PUNYA HOBI OTOMOTIF, YA SAPA TAU KETEMU YG HOBI JG JD BISA TUKER PENDAPAT DALAM MODIFIKASI
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

@digitall
Moso sih cuman gw sorang diri ...? Minoritas donk... he..he.. Tapi kayaknya banyak yg nyimpen deh... Mungkin mereka pilih keep silent..
Hehehe ... yah sejauh ini yg gw tau sih baru Anda aja pengguna Opel Blazer. Kalo Mr.Edward kan masih hunting2 tuh ...
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

the-mantal wrote:brow,
gue masih penasaran ma kabar Blazer diganti mesinnya dengan Panther...
Kyknya yg itu worthed banget deh klo memang bisa....
Mending beli Panther sekalian bro. Ngga usah repot2 dan udah pasti ongkosnya lebih murah :lol: :roll:
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

dado wrote:yup blazer ac-nya masalah banget tuh, ngga dingin apalagi klo full penumpang, panass.
My tips : Pasang AC Double Blower seperti yg ada di Kijang (Innova) atau Kuda atau Panther... pasti adem sampe kebelakang. :lol:

Btw, Itu AC -nya ngga dingin atau emang rusak sih ?
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

uch wrote: @mike
Penasaran soal AC (soalnya udah 2 kali disinggung :D), tadi malam gw "obrak abrik" database milist nya blazer_montera. Akhir nya nemu yg bahas AC. Ternyata emang benar, sistem pendinginannya sedikit beda ama boil jepang. Kalo menurut "senior" nya sih, bukan lebih rumit, tapi aplikasi nya beda. Kalo mekanik nya punya basic pengetahuan sistem pendinginan, pasti nggak ada masalah. In the worst case, bisa diganti dgn ND/Sanden koq.

Kalo power steering, bukannya itu salah satu kelebihan blazer..? Make Variable power steering. Ringan di kecepatan rendah, tapi nggak melayang di kecepatan tinggi. Emang lebih rewel ya...? Tapi yg pasti lebih enak dan lebih safety dibanding power steering biasa yg awal2 nya ringan, makin cepat makin ringan, makin cepat lagi semakin ringan lagi, sampe akhirnya stir kayak spelling semua (boong ah.. terlalu berlebihan.. :D).
Thanks inpo-nya....
Oh ya, Bisa kasih inpo tempat servis AC Blazer yg di rekomen di Milis tsb?
Image
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Post by the-mantal »

@digitall, iya memang lebih murah klo beli panther langsung...
tp kan kurang gaya...
pake blazer jauh lebih bergaya donk..

lagipula, salah satu kelemahan panther itu kan pada bodynya yg klo udah uzur, bunyi disana sini kretek kretek gubrak gubrak.. jd klo bisa diganti bodynya pake blazer yg notabene lebih kuat, klop banget dah rasanya!!!!
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

@ the-mantal :

Oh iya sih kalo penampilan body blazer lebih oke.
lagipula, salah satu kelemahan panther itu kan pada bodynya yg klo udah uzur, bunyi disana sini kretek kretek gubrak gubrak.. jd klo bisa diganti bodynya pake blazer yg notabene lebih kuat, klop banget dah rasanya!!!!
Namanya juga mobil buatan lokal, pasti kualitasnya seperti itu.
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

@mike

Kalo yg direkomendasikan sih nggak ada, tapi ada beberapa bengkel yg diinfo kan. Gw nyatat satu yg deket2 rumah.

Sumber jaya AC di Fatmawati, telp. 021 750
4748, cp. Bpk. Jimi.


Blazer pake mesin isuzu ....? Ntar namanya jadi Blazer Trooper donk....he.. he..
Pernah denger ada yg ganti pake mesinnya Toyota Landcruiser Turbo Diesel. Nggak tau type apa. Cuma nguping obrolan waktu service.
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

Thanks Inponya Broo....
Image
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Post by edward »

@uch:

Blazer nya udah di modif apa aja?

Gimana dg rem yg katanya kurang pakem?
(masuk akal krn sambil menahan bobot gambot nya blazer...)

Trus kalo gak keberatan boleh dong di share pictures hasil modif nya.....

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Belum ada di modif apa pun Pak. Tapi pemilik lama udah ganti doortrim, spion, console box, knalpot. Gw sendiri baru kepengen ganti thermostat pake punya Dai/Toyota ama modif/ganti masterkopling (denger2 totalnya masih dibawah 1 jeti). Di lubuk hati yg paling dalam sebenarnya pengen modif jadi 4x4, tapi kalo dipikir2 kayaknya lebih murah beli taft gt atau jimny tua aja... he..he..he.. :D


Rem nggak pakem...?? Baru denger tuh isu. Mungkin itu hanya masalah tehnik pengeremen. Mungkin ada beberapa pemilik yg "nggak percaya" (atau nggak tau kali) ama ABS (just nebak2 aja). Jadi ngeremnya pake ngocok2, padahal harusnya teken habis aja, nggak bakalan slip. Gw malah punya masalah rem terlalu pakem saat basah (gitu ditekan langsung stop mendadak, sampe badan kita tersentak kedepan). Tapi hanya saat basah dan berlangsung 2-3 kali pengereman. 500 meter pertama setelah dicuci atau pas hujan. Kalo udah ngerem 2-3 kali, akan normal lagi, walaupun hujan deras. Dari kasus tsb seperti nya bobot nya nggak masalah dgn disc brake yg emang gede jg.

Dari milistnya, soal isu miring (yg emang bener, mungkin) ttg blazer adalah fuel pump. Tapi kata mekaniknya, itu kompensasi dari saringan yg rapat (kerje pf nya jadi lebih berat). Efek positifnya, injectornya relatif awet dan jarang masalah. Ngatasi nya cukup dgn maintenance isi tanki minimal 1/3 (minimal) dan agak sering kuras tangki (bengkel blazer biasanya paketin ini ama tune up). Atau pake cara ekstrem, ganti fuel pump dan saringan pake punya boil jepang.

Banyak jg masalah body getar di rpm tertentu. Kalo ini (katenya) emang bawaan lahir akibat karet engine mounting rada mudah pecah (karena lobangnya miring, nggak tau maksud nya apa). Kalo udah ganti engine mounting yg model baru, biasanya masalah nya selesai.

Ini hanya info dari bongkar2 22000 email di milist, bukan pengalaman sendiri. Kalo kurang akurat, harap maklum. Oh iya.. ada jg mitos, versi SOHC lebih bandel dari DOHC (walau ada pemilik DOHC yg marah dan bilang DOHC nya udah 200.000 km lebih nggak pernah ada masalah serius).

edward wrote:@uch:

Blazer nya udah di modif apa aja?

Gimana dg rem yg katanya kurang pakem?
(masuk akal krn sambil menahan bobot gambot nya blazer...)

Trus kalo gak keberatan boleh dong di share pictures hasil modif nya.....
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Post by edward »

Sering harus kuras tanki bensin itu mgk krn ada hubungannya dg kualitas bensin kita yg buruk yah?

Mgk kalo pakai Shell,mgk gak perlu main kuras2an lagi kali ya bro?:D

------------
After all sebenarnya mobil ini cukup bagus,gagah dan enak dipakai.
Cuma coba kita analisis kenapa harga jualnya jatuh bgt yah?

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

Sayangnya Shell blon byk gerainya di Jkt...
Image
frontier

Post by frontier »

Sekedar info : ada kawan punya Blazer th 97 atau 96, minggu lalu cylinder headnya retak... sekarang mobil nongkrong aja..
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Post by edward »

frontier wrote:Sekedar info : ada kawan punya Blazer th 97 atau 96, minggu lalu cylinder headnya retak... sekarang mobil nongkrong aja..
Weks parah bener?
Kenapa tuh kira2 kok cylinder head nya sampai retak?
Salah oli/telat oli,water hummer atau ada sebab lain?

Apa krn udah masuk ke 'engine fatique' (pdhl enginenya kan baru sepuluh tahun umurnya?:D:D

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016