Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
smgandi wrote:Sekitar awal Mei ini, saya ketemu 1994 kijang SGX 1.5L dengan odo yang masih rendah untuk ukuran mobil berusia 20 thn dengan bodi masih orisinil cat.
Kira2 udah muter 1 lap mungkin
Nggak bro, odonya masih dari awal belum muter. Ane lihat sampe ke mesin2nya, nih boil memang masih bagus. Interiornya aja masih bagus, rapi. Catnya aja masih ori bawaan dari pabrik.
Vorsprung durch Technik The Pursuit of Perfection From Zero to Hero Air Tenang Menghanyutkan Ilmu Padi
walid_007 wrote:naik kijang itu emang ngak ada yg spesial
kijang itu banyak kembaran nya
ngak bisa buat gaya/tongkrongan
ibarat kata makanan, kijang itu masakan rumah yang disajikan biasa, dengan rasa yang juga biasa dan sangat jauh berbeda dgn resto bintang 5 yg seperti mercy
tp ada satu rasa di hati yang membedakan nya, yg hanya bisa dirasakan pemilik kijang sejati...
walid_007 wrote:naik kijang itu emang ngak ada yg spesial
kijang itu banyak kembaran nya
ngak bisa buat gaya/tongkrongan
ibarat kata makanan, kijang itu masakan rumah yang disajikan biasa, dengan rasa yang juga biasa dan sangat jauh berbeda dgn resto bintang 5 yg seperti mercy
tp ada satu rasa di hati yang membedakan nya, yg hanya bisa dirasakan pemilik kijang sejati...
setuju
setuju jangan yah
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
andrijet wrote:Bicara soal durabilitas.
Sepertinya Kijang ini gak sekuat yg kita kira.
Saat ini kita lebih sering berpapasan dengan BMW E36 bahkan E30 (maaf) sekarat dibanding Kijang Grand Extra atau Kijang Kapsul. Padahal pada zamannya, tentu saja populasi Kijang ini jauh lebih banyak.
Mungkin life spannya memang sekitar 15-20tahun.
Setelah itu, selain bahannya yg (maaf lg) membusuk, jarang pula ada orang yg mau restorasi mobil sejuta umat.
CMIIW
Eits, IMHO ini cuma berlaku di kota besar doang ... (terutama di Jakarta, daerah sehari2 ane seputaran sudirman-senayan-tebet-jakbar bisa dalam sehari ga liat kisup & cuma beberapa kisul doang yang lewat...)
Masuk ke daerah (misal yg ane sering kunjungi & pernah tinggali, di sepanjang daerah2 sumatera utara, jawa barat, & sering melancong jg ke daerah2 di jawa...), baru disinilah berserakan kuadrat para kijang super & kijang kapsul, pindah semua ke daerah & masih hidup dgn lancar jaya seliweran dimana2, bahkan banyaknya mengalahkan mobil baru
Bener kata oom amfibi,...
di Sumatera saya blm pernah lihat Kijang Super discrap / dipreteli....tapi semua masih berjalan...ada yg dirawat baik, ada yg seadanya, yg penting jalan...ada juga yang pake Spekaer gede2 di belakang seperti kota TPS kalo pemilu....
Jadi kalau yang dijadikan patokan adalah seringnya berpapasan maka berarti lokasinya memang daerah elit,...jadi gak ketemu...
Btw, 8 tahun kerja, belum pernah nemu Kijang Super di parkiraan Plaza Senayan / Sentral Senayan I, II & III...(#lihaat Velfire bejibun)
Di lain pihak, populasi mobil mewah memang dari awalnya sedikit di luar kota besar.
Dealer mobil mewah gak menjamah kota kecil.
Belum lagi kekhawatiran konsumen beli mobil mewah di kota kecil.
Saya kira cukup fair jadikan kota besar sbg benchmark.
Toh populasi mobil, baik kelas rakyat maupun mewah paling banyak beredar di kota besar.
Misal kondisi baru di kota besar:
- Mobil mewah 10 unit
- Kijang 100 unit
Setelah belasan-puluhan taun:
- Mobil mewah 4 unit
- Kijang 2 unit
Misal kondisi baru di kota kecil:
- Mobil mewah 1 unit
- Kijang 50 unit
Setelah belasan-puluhan taun:
- Mobil mewah 0 unit
- Kijang 5 unit + 5 unit sisa dari kota besar
Sebetulnya mobil apapun akan terus bertahan selama belasan / puluhan tahun jika komponen2 diganti secara teratur
Khusus Kijang generasi Kapsul / older, harus diakui komponen2 nya badak sekali, ditambah disain ladder frame yg kuat spt truck
Saya punya Kapsul 2001 itu semua komponen AC dari baru belum pernah ada yg diganti, hanya Evap dibersihkan setiap bbrp tahun sekali dan ganti filter rec dryer
Water pump juga masih orisinil, komponen cooling system baik radiator dan selang2- nya belom pernah ada yg diganti, walau odo udah 199 rb Km
Bearing roda juga masih oke, belum ada bunyi2
Komponen kaki2 murah.....shock / balljoint / tie rod parts / bushing2....dan awet juga
Dari hasil interview dgn berbagai bengkel mulai bengkel mesin / AC dan kaki2 semua mengakui kekuatan / durabilitas kijang kapsul / older
Sy juga pernah Panther TBR52 dan 541.....scr overall kekuatan parts2 nya lebih kuat si Kapsul
Piara E39 dari baru juga pernah, selama 8 tahun
Khusus utk Kapsul Diesel, kelemahan pada alternatornya, mobil saya dulu pernah gulung ulang alternator di tahun ke 7
Kapsul vs Ipah, kekuatan komponen beda.....si Ipah kalo dah 5 - 6 tahun siap2 Evap bocor dan waterpump rembes, untungnya harga parts-nya gak mahal......kalo kaki2 juga sgt kuat
Baru kemaren Ipah ane cek kaki2 di tempat si A Khong, Ball joint bawah masih bagus, walo dah 9 tahun dan 170 rb Km, long tie rod dam tie rod end aja yg diganti.....murah juga parts nya
mau liat kijang2 tua wara wiri di jalanan ?? coba ke indonesia bagian timur.... kisup kisul malah jumlah nya bsa lebi banyak dr ipah... bahkan salah satu kendaraan travel trans sulawesi aj kisul bensin, bersanding dgn panther dan elsape... odo ?? ud muter beberapa kali tuh... aneh nya ipah malah jarang jd kendaraan travel...
kalau mau adu kuat si liat aja di daerah2 pelosok jawa, kendaraan tempur pickup material kebanyakan kijang doyok, narik semen 50 sak enteng aja tuh, malah ada yang extreme buat narik batu split
kijang krista diesel saya juga jarang ketemu sodara2 nya di Jakarta Utara ...
km udah 230rb ... beli 2nd dari sodara umur 5 tahun
dipake terus sampe sekarang baru belanja nozzle 4 biji, ball joint, tie rod, laher belakang kiri, per daun 3 lembar, alternator ex singapore, timing belt & fan belt 1x ...
ban udah ganti 2 set, oli selalu mobil delvac mx sejak di tangan saya, shock bilstein belakang, depan pake kayaba jepang ...
harus diakui belanja spare part nya murah meriah ... waktu ganti nozzle 3 biji sama stel bospom cuma abis 800rb, sisanya ga pernah sampe harga segitu kecuali timing belt ...
makanya mau dijual masih sayang, apalagi cat masih ori, belum pernah di cat ulang di bagian manapun walau udah ada lecet2 ...
bokap gw punya dealer mobil bekas d sekitar jawa timur. Pengalaman udh lebih dr 20 thn. Pernah megang hampir smua mobil koleksi rakyat jelata merk ahond, atoyo smp yg mewah sprt alphard, BMW Mercy. Klo ditanya, Kijang diesel favoritnya krn spare parts, reliable, durable, and resale value hahaha. Koleksi yg pernah dipegang dari Kijang LGX, Kijang LSX bermacam2 thn 1997 - 2000an. Yg menarik, Innova ga termasuk favorit bokap. Katanya dia Innova udah ga sekuat DNA kakak nya. Feelingnya beda katanya hahaha,, ga ngerti ane
Klo bwt gengsi2an mah dia bilang cari yg lain, tp ya itu hrs siap2 dana berlebih utk ngerawatnya, siap2 pusing dan dana klo kena beres yg ini itu, contohnya kyk BMW. Katanya BMW kayak perawan cantik boleh lah diliat ato dijadiin pacar, tp jgn dijadiin istri krn bawel dan matre klo lg ngambek (servis) hahaha