Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
afatchur
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: Sat Sep 26, 2009 14:02

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by afatchur »

Sesepuh-sesepuh SMers dan Pajero Sport,

Ane sedang galau nih. Dari kantor Maret ini sudah siap untuk COP Car Ownership Program, dimana batas 410 juta.
Ane dan istri tertarik ambil Pajero Sport Exceed, tapi ndilalah beberapa waktu lalu baca berita di kompas.com kalau Pajero Sport baru akan keluar 2016. Triton versi baru sudah keluar di Thailand, jadi ya dalam setahun, Pajero Sport 2015 bakal "kebanting" sama yang baru. Mungkin memang tidak kebanting sih, CRV lama dan baru sama-sama cakepnya.

Ane sudah TD Xtrail baru, tidak menarik. CRV ya gitu saja. HRV yang lebih rendah malah lebih menarik. Fortuner tidak menarik juga.

Bagaimana nih enaknya
User avatar
A7Corsair
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 374
Joined: Sun Sep 07, 2014 1:35

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by A7Corsair »

afatchur wrote:Sesepuh-sesepuh SMers dan Pajero Sport,

Ane sedang galau nih. Dari kantor Maret ini sudah siap untuk COP Car Ownership Program, dimana batas 410 juta.
Ane dan istri tertarik ambil Pajero Sport Exceed, tapi ndilalah beberapa waktu lalu baca berita di kompas.com kalau Pajero Sport baru akan keluar 2016. Triton versi baru sudah keluar di Thailand, jadi ya dalam setahun, Pajero Sport 2015 bakal "kebanting" sama yang baru. Mungkin memang tidak kebanting sih, CRV lama dan baru sama-sama cakepnya.

Ane sudah TD Xtrail baru, tidak menarik. CRV ya gitu saja. HRV yang lebih rendah malah lebih menarik. Fortuner tidak menarik juga.

Bagaimana nih enaknya
Mau nambah dikit gak om ? Tanggung ... ambil dakar aja, dijamin lebih puas.
Kalo ambil yg excedd ...pasti 410 itu msh turah2 ...
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by evolution21 »

afatchur wrote:Sesepuh-sesepuh SMers dan Pajero Sport,

Ane sedang galau nih. Dari kantor Maret ini sudah siap untuk COP Car Ownership Program, dimana batas 410 juta.
Ane dan istri tertarik ambil Pajero Sport Exceed, tapi ndilalah beberapa waktu lalu baca berita di kompas.com kalau Pajero Sport baru akan keluar 2016. Triton versi baru sudah keluar di Thailand, jadi ya dalam setahun, Pajero Sport 2015 bakal "kebanting" sama yang baru. Mungkin memang tidak kebanting sih, CRV lama dan baru sama-sama cakepnya.

Ane sudah TD Xtrail baru, tidak menarik. CRV ya gitu saja. HRV yang lebih rendah malah lebih menarik. Fortuner tidak menarik juga.

Bagaimana nih enaknya
pertimbangannya apa saja um?
agak heran
hrv menarik
tp xtrail baru tidak menarik dan crv begitu saja?
User avatar
marzoochi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 575
Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota MarkX

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by marzoochi »

Iyah boss, Pajero Sport Full Major Change bakal hadir di 2016.

kalo mendesak, antara CRV dan Xtrail, udah banyak dibahas kelebihan dan kekurangannya.
CRV FL yang baru, dengan budget 410 jt dapet yang 2000 cc A/T, tanpa projektor lamp loh.

yang setara dengan Pajero sport, mungkin Fortuner ya, rencana Full Major Change nya di Juli 2015 ini.
User avatar
afatchur
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: Sat Sep 26, 2009 14:02

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by afatchur »

A7Corsair wrote:
afatchur wrote:Sesepuh-sesepuh SMers dan Pajero Sport,

Ane sedang galau nih. Dari kantor Maret ini sudah siap untuk COP Car Ownership Program, dimana batas 410 juta.
Ane dan istri tertarik ambil Pajero Sport Exceed, tapi ndilalah beberapa waktu lalu baca berita di kompas.com kalau Pajero Sport baru akan keluar 2016. Triton versi baru sudah keluar di Thailand, jadi ya dalam setahun, Pajero Sport 2015 bakal "kebanting" sama yang baru. Mungkin memang tidak kebanting sih, CRV lama dan baru sama-sama cakepnya.

Ane sudah TD Xtrail baru, tidak menarik. CRV ya gitu saja. HRV yang lebih rendah malah lebih menarik. Fortuner tidak menarik juga.

Bagaimana nih enaknya
Mau nambah dikit gak om ? Tanggung ... ambil dakar aja, dijamin lebih puas.
Kalo ambil yg excedd ...pasti 410 itu msh turah2 ...
karena saya di sawit, meski kantor Jakarta, jadi sering naik GLX 4x4. Mantabs dan enak. Mau GLX, tapi kok harga di atas budget 410 juta.
evolution21 wrote:
afatchur wrote:
Bagaimana nih enaknya
pertimbangannya apa saja um?
agak heran
hrv menarik
tp xtrail baru tidak menarik dan crv begitu saja?

kurang menarik karena sudah sering naik Pajero Sport GLX om. Juga baca-baca review disini. TD SUV sudah kalah semua. Hanya terakhir sempat TD Mazda Biante, enak juga buat keluarga. Buat nyetir sendiri juga ok.
marzoochi wrote:Iyah boss, Pajero Sport Full Major Change bakal hadir di 2016.

kalo mendesak, antara CRV dan Xtrail, udah banyak dibahas kelebihan dan kekurangannya.
CRV FL yang baru, dengan budget 410 jt dapet yang 2000 cc A/T, tanpa projektor lamp loh.

yang setara dengan Pajero sport, mungkin Fortuner ya, rencana Full Major Change nya di Juli 2015 ini.
Fortuner baru coba browsing dulu.

Pajero Sport sih sudah nempel, hanya masalah tahun depan ganti. Padahal niatnya bakal lama ini mobil
UkurinJalan
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Fri Feb 27, 2015 1:29

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by UkurinJalan »

Para sesepuh SM

Nubie salam kenal sekaligus mau minta tulung nih siapa tahu ada yang mengalami hal yang sama atau punya bengkel rekomendasi...Nubie punya Pajero Dakar 4x2 udah di pake 2 tahun tapi akhir-akhir ini jadi uring-uringan pake itu mobil karena dari pilar B bagian supir/kanan ada bunyi seperti logam beradu. Bunyi lebih kentara pas stationer karena getaran engine lebih keras pas stationer/parkir/lalin macet. Bunyi lebih terdengar di titik sabuk pengaman atas. Udah di coba ke Beres jawabannya memang penyakitnya Pajero gitu suka bunyi-bunyi... :big_think: :big_dunno: sangat tidak memuaskan
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by htannis »

UkurinJalan wrote:Para sesepuh SM

Nubie salam kenal sekaligus mau minta tulung nih siapa tahu ada yang mengalami hal yang sama atau punya bengkel rekomendasi...Nubie punya Pajero Dakar 4x2 udah di pake 2 tahun tapi akhir-akhir ini jadi uring-uringan pake itu mobil karena dari pilar B bagian supir/kanan ada bunyi seperti logam beradu. Bunyi lebih kentara pas stationer karena getaran engine lebih keras pas stationer/parkir/lalin macet. Bunyi lebih terdengar di titik sabuk pengaman atas. Udah di coba ke Beres jawabannya memang penyakitnya Pajero gitu suka bunyi-bunyi... :big_think: :big_dunno: sangat tidak memuaskan
waduh kok bisa yah, saya udah pake 3 tahun ps dakar masih gak ada suara bunyi2, cuman kalau jalan rusak dari panel belakang kiri itu pun dikit banget bunyi nya, pas stationer apalagi lebih senyap lagi gak ada bunyi apa2, yah paling suruh beresnya benerin sampe bener aja
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
pv19
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Fri Feb 27, 2015 1:28

Post by pv19 »

Salam kenal semuanya pajero'ers ...ini mobil pertama diesel saya. Type exceed 2014 akhir. Bagaimana tahu nya batch produksi mobil ini ya ? Apakah dari nomor mesin atau gimana ? Oh ya, saya hanya modif sedikit aja di EGR suspend beli di kaskus plus racechip one aja.... bahan bakar pakai biosolar plus oli 2T motul dan crc power renew . Mohon saran aja dari para senior disini ...makasih.
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re:

Post by htannis »

:big_slap:
pv19 wrote:Salam kenal semuanya pajero'ers ...ini mobil pertama diesel saya. Type exceed 2014 akhir. Bagaimana tahu nya batch produksi mobil ini ya ? Apakah dari nomor mesin atau gimana ? Oh ya, saya hanya modif sedikit aja di EGR suspend beli di kaskus plus racechip one aja.... bahan bakar pakai biosolar plus oli 2T motul dan crc power renew . Mohon saran aja dari para senior disini ...makasih.
batch produksi liat di stnk aja kan dicantumin om
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
pv19
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Fri Feb 27, 2015 1:28

Post by pv19 »

Oh terima kasih info nya .... pak Htannis.
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by aspsilver »

afatchur wrote:Sesepuh-sesepuh SMers dan Pajero Sport,

Ane sedang galau nih. Dari kantor Maret ini sudah siap untuk COP Car Ownership Program, dimana batas 410 juta.
Ane dan istri tertarik ambil Pajero Sport Exceed, tapi ndilalah beberapa waktu lalu baca berita di kompas.com kalau Pajero Sport baru akan keluar 2016. Triton versi baru sudah keluar di Thailand, jadi ya dalam setahun, Pajero Sport 2015 bakal "kebanting" sama yang baru. Mungkin memang tidak kebanting sih, CRV lama dan baru sama-sama cakepnya.

Ane sudah TD Xtrail baru, tidak menarik. CRV ya gitu saja. HRV yang lebih rendah malah lebih menarik. Fortuner tidak menarik juga.

Bagaimana nih enaknya

Pak Fatchur, kalo ada COP 410 juta, nanggung pak, tambah 10-20 juta lagi dapat Dakar, konon disc sampai 50-60 juta. iklan di kompas dan kaskus.co.id

kalo gak salah Exceed malah gak sampai 400 juta setelah diskon.

saya dahulu punya Exceed generasi pertama, 2010.
mobilnya enak banget, tapi Dakar lebih enak.

beda harga 30 juta pak,
dapat
VGT --> power naik 40HP dari 136 --> 178
transmisi 5 speed vs 4 speed
audio dapat amplifier 420W
HID lamp + washer
LSD (limited slip differensial) ceritanya kalo ketemu jalan jelek gak gampang selip (barang ini gak kelihatan, dan saya yakin salesnya gak ngerti)
sunroof (gak kepake sih, tapi buat saya ini impian masa kecil)

kalo diuangkan
VGT extra 5-10 juta
transmisi extra 5-10 juta
audio extra 3-5 juta
HID extra 5-7 juta
LSD extra 3 juta
sunroof extra 10 - 15 juta

total extra 31-50 juta
sooo worthed.


belum lagi nanti pas mau dijual kembali, konon Dakar lebih laku
undertaker2011
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Tue Nov 26, 2013 1:35

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by undertaker2011 »

btw, sebelum meminang Dakar, make sure pas masbro duduk, posisi kepala masih lega....
scr dakar buat moonroof ambil kedalam sekitar 5-7 cm. jadi otomatis bagian kepala-na lebih pendek.... :big_cry: :big_cry: :big_slap: :big_chicken: :snipersmile: :mad: :frm_bang_head: :frm_bang_head:


kalo muat and pas lewatin lobang kaga kejeduk,... lebih worth it ambill yang versi Dakar, seperti dijelaskan ama suhu aspsilver diatas. :big_cat:

and juga pada dakar ada paddle shift
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by htannis »

undertaker2011 wrote:btw, sebelum meminang Dakar, make sure pas masbro duduk, posisi kepala masih lega....
scr dakar buat moonroof ambil kedalam sekitar 5-7 cm. jadi otomatis bagian kepala-na lebih pendek.... :big_cry: :big_cry: :big_slap: :big_chicken: :snipersmile: :mad: :frm_bang_head: :frm_bang_head:


kalo muat and pas lewatin lobang kaga kejeduk,... lebih worth it ambill yang versi Dakar, seperti dijelaskan ama suhu aspsilver diatas. :big_cat:

and juga pada dakar ada paddle shift
mengenai headroom dakar, jangan disamain yah yg 2012 msh bisa di naik turunin lumayan tuh kursi pengemudinya, sama kursi tengah bisa maju mundur, beda sama 2013 ke atas yg kursinya dah model kayak innova/fortuner trus bangku tengah gak bisa sliding.

kesimpulannya yg 2012 headroom driver lebih banyak spare kalau diturunin kursinya :upss:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
undertaker2011
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Tue Nov 26, 2013 1:35

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by undertaker2011 »

oh, yang model 2013 ke atas ngga bisa diturunin malah ya suhu?
soal-na nubie coba dakar yang 2012. udah posisi paling bawah,... kepala cuman sisa +/-2cm (setebal 1 jari telunjuk) doank suhu.
itu pun dengan posisi moonroof cover dibuka.
kalo moonroof cover ditutup, headroom kaga masuk 1 jari pun antara kepala and ceiling/ "moonroof cover"

kepala kebentok moonroof pas ngga sengaja roda depan melewati pothole/lobang di jalan .

skrg aja nubie di 2011, posisi bangku udah paling rendah... masih berasa "ampir mentok"

makanya dulu nubie batal upgrade ke Dakar, terpaksa bertahan dengan Exceed. padahal nubie naksir banget ama MoonRoof, VGT and paddle shift-na.
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by htannis »

undertaker2011 wrote:oh, yang model 2013 ke atas ngga bisa diturunin malah ya suhu?
soal-na nubie coba dakar yang 2012. udah posisi paling bawah,... kepala cuman sisa +/-2cm (setebal 1 jari telunjuk) doank suhu.
itu pun dengan posisi moonroof cover dibuka.
kalo moonroof cover ditutup, headroom kaga masuk 1 jari pun antara kepala and ceiling/ "moonroof cover"

kepala kebentok moonroof pas ngga sengaja roda depan melewati pothole/lobang di jalan .

skrg aja nubie di 2011, posisi bangku udah paling rendah... masih berasa "ampir mentok"

makanya dulu nubie batal upgrade ke Dakar, terpaksa bertahan dengan Exceed. padahal nubie naksir banget ama MoonRoof, VGT and paddle shift-na.
nubie tinggi amat yah :mky_01: soalnya kl posisi paling bawah sih kepala ane lumayan ada spare lah dengan posisi nyetir ane yg agak nyender dan agak mundur, dakar 2013 itu posisi duduknya sama dengan dakar 2012 posisi kursi paling tinggi
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
A7Corsair
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 374
Joined: Sun Sep 07, 2014 1:35

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by A7Corsair »

htannis wrote:
undertaker2011 wrote:oh, yang model 2013 ke atas ngga bisa diturunin malah ya suhu?
soal-na nubie coba dakar yang 2012. udah posisi paling bawah,... kepala cuman sisa +/-2cm (setebal 1 jari telunjuk) doank suhu.
itu pun dengan posisi moonroof cover dibuka.
kalo moonroof cover ditutup, headroom kaga masuk 1 jari pun antara kepala and ceiling/ "moonroof cover"

kepala kebentok moonroof pas ngga sengaja roda depan melewati pothole/lobang di jalan .

skrg aja nubie di 2011, posisi bangku udah paling rendah... masih berasa "ampir mentok"

makanya dulu nubie batal upgrade ke Dakar, terpaksa bertahan dengan Exceed. padahal nubie naksir banget ama MoonRoof, VGT and paddle shift-na.
nubie tinggi amat yah :mky_01: soalnya kl posisi paling bawah sih kepala ane lumayan ada spare lah dengan posisi nyetir ane yg agak nyender dan agak mundur, dakar 2013 itu posisi duduknya sama dengan dakar 2012 posisi kursi paling tinggi
Alhamdulillah ane gak tinggi ... jadi gak bermasalah pas udah di dalem ...
Masalahnya pas keluar masuk ... udah 2x kepala ane benjol ... kejeduk pilar pintu atasnya ...
:big_comfort:
porsea
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Wed Jan 30, 2008 9:03

Dastek di PJS Dakar cocok/ga cocoki sih

Post by porsea »

Sesuai Topic diatas dan sehubungan mobil ane pjs dakar with unichip q+ lengkap installed. Modif yang udah dikerjain selain piggyback : downpipe, OCT, EGR Block, EGT Meter.
Ceritanya gini gan, pada km 40rb ane pasang dastek tp belom pasang egt meter nah karena kaki ane berat banget tau2 8rb km stelah pasang dan jalan jauh ternyata turbo ane jebol alias kipasnya ada 1 sisi yg bengkok jadi bunyi siulannya kaya truck2 gitu pdhal oli ane dah pake q8 excel diesel. Setelah itu terpaksa ane ganti turbo baru :( namun diagnosa bengkel bukan karena egt tinggi tapi karena ane pake air filter yg pd saat itu merk ferxxx katanya bisa membuat reading air flownya kacau dan boost bisa naik sendiri, anehnya pd saat pasang piggyback kan ane dah kstau semua modifan ane ke bengkel.

Nah setelah turbo baru ane retune dastek ke super safe mode banget lah. toh kebutuhan ane hanya untuk harian dgn jarak tempuh 120km pp ane cuma pengen akselerasi lemot dakar di awal jadi gak lemot lagi alias lebih responsip. sekarang yang ane bingung kan ane dah install egt meter baru2 aja dan berapa sih limit yang aman untuk set egt warningnya? probe di pasang di bor di pangkal downpipe dan kalau kata bengkel di 800c masih aman. Hal yang aneh lagi vacuum pump ane jebol padahal posisi km masih 51rb dan kata Beres jarang banget rusak dan kata Kabengnya sih ga ada hubungan sama dastek.

yang ane bingung sekarang apakah sebaiknya dastek dicopot saja ya? karena mengingat kalo dj map 0 saja di speed 80km rpm 2rban egt menunjukan 400celcius.

1. apakah kalau map di 0 mbl sdh bener2 std?
2. untuk penggunaann long term aman tdk sih dastek secara nossle lebih brisik krn aliran fuel yg dibesarin?
3. setelah browsing sana sini memang beberapa user juga nyopot dastek dari dakar karena kasus yang sama dan bahkan sampe ada fuel pump yg jebol, head ngangkat, dsb

mohon pencerahannya suhu2
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4720
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Dastek di PJS Dakar cocok/ga cocoki sih

Post by F272 »

Mengerikan..........Om...
Ane sih secara buta soal mesin, Paling enga berani pasang2 gituan..
Walau seneng juga baca nya sih di JIP tentang MonsterMax dkk.
Tapi untuk pasang di mobil ane.. kudu mikir 2-3x dulu deh..

Ane Pake Turbo bawaan pabrik juga udah ngacir hehehe....
Oom TurboMan mungkin PASTI lebih faham soal ini......... Monggo Oom...

:mky_02: :mky_02: :mky_02:

Note : Jika ane pake PJS Dakar, kayaknya juga sama... ane akan andalkan Turbo bawaan pabrik yang udah joss tenaga nya itu.. :big_bored:
Goldwing888
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Thu Feb 20, 2014 9:18

Re: Dastek di PJS Dakar cocok/ga cocoki sih

Post by Goldwing888 »

Bro pasang dimana dasteknya? Coba aja maen ke teddy r*v jalan panjang or soleh si*ma. Sebenarnya asal dalam batasan wajar ( dakar normal diset sampe 240 hp) tidak ada masalah, selebihnya seh memang banyak trouble yang timbul. Coba pm om htannis, dia juga pake dakkar and dastek malahan modifannya jauh lebih advance, and kayanya ga da complain
:mky_02: :mky_02: :mky_02:
Egt setahu ane kalau pasang di pangkal downpipe, suhu maximum yang aman di 650 derajat celcius, kalau agan pasang di header baru bisa di 850an derajat celcius. Perbedaan ini karena di perbedaan letak sensor dipasang.
Untuk suara nozel yang berisik coba campurin oli samping 2T ke tangki solar(1:200) + crc power renew (200mL)
Kalau ngesetnya bener yah posisi 0 itu mapping std horsepower bawaan mobil
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4720
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Dastek di PJS Dakar cocok/ga cocoki sih

Post by F272 »

Nah..bener tuh ane sering baca artikel tentang Unichip Dastek maupun MonsterMax itu instalasi nya di REV engineering Om.. Pak Teddy.. :big_exellent:
User avatar
Moonshade
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 386
Joined: Fri Apr 12, 2013 9:38

Re: Dastek di PJS Dakar cocok/ga cocoki sih

Post by Moonshade »

porsea wrote:Sesuai Topic diatas dan sehubungan mobil ane pjs dakar with unichip q+ lengkap installed. Modif yang udah dikerjain selain piggyback : downpipe, OCT, EGR Block, EGT Meter.
Ceritanya gini gan, pada km 40rb ane pasang dastek tp belom pasang egt meter nah karena kaki ane berat banget tau2 8rb km stelah pasang dan jalan jauh ternyata turbo ane jebol alias kipasnya ada 1 sisi yg bengkok jadi bunyi siulannya kaya truck2 gitu pdhal oli ane dah pake q8 excel diesel. Setelah itu terpaksa ane ganti turbo baru :( namun diagnosa bengkel bukan karena egt tinggi tapi karena ane pake air filter yg pd saat itu merk ferxxx katanya bisa membuat reading air flownya kacau dan boost bisa naik sendiri, anehnya pd saat pasang piggyback kan ane dah kstau semua modifan ane ke bengkel.

Nah setelah turbo baru ane retune dastek ke super safe mode banget lah. toh kebutuhan ane hanya untuk harian dgn jarak tempuh 120km pp ane cuma pengen akselerasi lemot dakar di awal jadi gak lemot lagi alias lebih responsip. sekarang yang ane bingung kan ane dah install egt meter baru2 aja dan berapa sih limit yang aman untuk set egt warningnya? probe di pasang di bor di pangkal downpipe dan kalau kata bengkel di 800c masih aman. Hal yang aneh lagi vacuum pump ane jebol padahal posisi km masih 51rb dan kata Beres jarang banget rusak dan kata Kabengnya sih ga ada hubungan sama dastek.

yang ane bingung sekarang apakah sebaiknya dastek dicopot saja ya? karena mengingat kalo dj map 0 saja di speed 80km rpm 2rban egt menunjukan 400celcius.

1. apakah kalau map di 0 mbl sdh bener2 std?
2. untuk penggunaann long term aman tdk sih dastek secara nossle lebih brisik krn aliran fuel yg dibesarin?
3. setelah browsing sana sini memang beberapa user juga nyopot dastek dari dakar karena kasus yang sama dan bahkan sampe ada fuel pump yg jebol, head ngangkat, dsb

mohon pencerahannya suhu2
Nubi bantu jawab
1. Di map 0 udah std
2.tergantung tunnernya juga, kalo tunnernya sdh berpengalaman harusnya tau batas" nya. Dakar saya dari km 2000 udah jadi 270hp sampe skrg km34k dibawa lari terus masih sehat sampe sekarang. Oli juga cuma castrol magnatec. Tapi saya pake e*u sh*p bukan dastek, om pasang dastek dimana?
porsea
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Wed Jan 30, 2008 9:03

Re: Dastek di PJS Dakar cocok/ga cocoki sih

Post by porsea »

Moonshade wrote:
porsea wrote:Sesuai Topic diatas dan sehubungan mobil ane pjs dakar with unichip q+ lengkap installed. Modif yang udah dikerjain selain piggyback : downpipe, OCT, EGR Block, EGT Meter.
Ceritanya gini gan, pada km 40rb ane pasang dastek tp belom pasang egt meter nah karena kaki ane berat banget tau2 8rb km stelah pasang dan jalan jauh ternyata turbo ane jebol alias kipasnya ada 1 sisi yg bengkok jadi bunyi siulannya kaya truck2 gitu pdhal oli ane dah pake q8 excel diesel. Setelah itu terpaksa ane ganti turbo baru :( namun diagnosa bengkel bukan karena egt tinggi tapi karena ane pake air filter yg pd saat itu merk ferxxx katanya bisa membuat reading air flownya kacau dan boost bisa naik sendiri, anehnya pd saat pasang piggyback kan ane dah kstau semua modifan ane ke bengkel.

Nah setelah turbo baru ane retune dastek ke super safe mode banget lah. toh kebutuhan ane hanya untuk harian dgn jarak tempuh 120km pp ane cuma pengen akselerasi lemot dakar di awal jadi gak lemot lagi alias lebih responsip. sekarang yang ane bingung kan ane dah install egt meter baru2 aja dan berapa sih limit yang aman untuk set egt warningnya? probe di pasang di bor di pangkal downpipe dan kalau kata bengkel di 800c masih aman. Hal yang aneh lagi vacuum pump ane jebol padahal posisi km masih 51rb dan kata Beres jarang banget rusak dan kata Kabengnya sih ga ada hubungan sama dastek.

yang ane bingung sekarang apakah sebaiknya dastek dicopot saja ya? karena mengingat kalo dj map 0 saja di speed 80km rpm 2rban egt menunjukan 400celcius.

1. apakah kalau map di 0 mbl sdh bener2 std?
2. untuk penggunaann long term aman tdk sih dastek secara nossle lebih brisik krn aliran fuel yg dibesarin?
3. setelah browsing sana sini memang beberapa user juga nyopot dastek dari dakar karena kasus yang sama dan bahkan sampe ada fuel pump yg jebol, head ngangkat, dsb

mohon pencerahannya suhu2
Nubi bantu jawab
1. Di map 0 udah std
2.tergantung tunnernya juga, kalo tunnernya sdh berpengalaman harusnya tau batas" nya. Dakar saya dari km 2000 udah jadi 270hp sampe skrg km34k dibawa lari terus masih sehat sampe sekarang. Oli juga cuma castrol magnatec. Tapi saya pake e*u sh*p bukan dastek, om pasang dastek dimana?
thanks bro, pm sent mengenai bengkelnya. bro pake egt meter gak? modif apa aja di dakarnya? ecushop itu fullt programable ecu ? or piggyback juga?
User avatar
Moonshade
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 386
Joined: Fri Apr 12, 2013 9:38

Re: Dastek di PJS Dakar cocok/ga cocoki sih

Post by Moonshade »

Saya gak pake egt meter bro. Modif mesin cuma ganti knn filter, custom ground cable, custom downpipe, EGR suspender, TC merk sh*dow, e*u s*hop + modif frp nya.
Kapan" bisa ketemu bro coba aja mobil ane, kayanya deket lokasi kita. Saya pm line id
Ecushoop sama aja piggyback kayak dastek bro, potong kabel juga, buat memanipulasi ecu
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Dastek di PJS Dakar cocok/ga cocoki sih

Post by htannis »

saran saya kl tetap mau maksain pake piggyback yah pasang monsmax aja dan dastek q hanya dipake untuk mainin timing aja, meskipum output beda dikit tapi keuntungan pake monsmax adalah egt lebih rendah, suara mesin lebih halus, lebih irit fc nya, range torsi lebih luas. Saya dakar dan innova bermula pake dastek dan skrg saya tandem pake monsmax
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
porsea
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Wed Jan 30, 2008 9:03

Re: Dastek di PJS Dakar cocok/ga cocoki sih

Post by porsea »

saya sih ada kepikiran mau copot unichip terus cuma pasang throttle controller aja paling mentok nambah race chip aja. ada yang tau ga throttle controller yang pnp utk pjs dakar