Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

porsea
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Wed Jan 30, 2008 9:03

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by porsea »

turbo gw jebol setelah 2 bln psg unichip. berarti ga bs pasang unichip dong
smgandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1400
Joined: Fri Jul 28, 2006 0:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by smgandi »

Dari pertanyaannya sudah bisa diduga kalau yg tanya turbonya jebol. :mky_03:
Vorsprung durch Technik
The Pursuit of Perfection
From Zero to Hero
Air Tenang Menghanyutkan
Ilmu Padi
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by htannis »

porsea wrote:turbo gw jebol setelah 2 bln psg unichip. berarti ga bs pasang unichip dong
nah kalau jebol berarti ente termasuk orang yg kakinya berat, alias jalur panjang injek pol terus bukan? :mky_01:
anyway makanya ada di beberapa reply saya bilang, kalau dakar, jangan dipakein dastek, soalnya jujur aja ada beberapa kasus turbo jebol, bahkan ada yg head nya ngangkat. Tapi itu semua tergantung settingan tuner sih, boost dakar max +0.2 bar doang, jangan lebih.
Dan juga pake dastek dan monster max di dakar, berasa sekali beda, pake dastek, asap hitam banget, dan suara mesin kasar banget. Pake monsmax, setinggan halus pun torsi msh lbh gede drpd pake dastek, dan suara mesin halus, asap juga tipis.
untuk info, saya 6 bulan pake dastek, 6 bulan pake monsmax tandem unichip, 1 tahun 5 bulan pake monsmax doang, sampe skrg masih bagus turbonya dan saya juga termasuk sering mentokin speedo dan kasar nyetirnya, tapi kondisi gardan, turbo dll masih bagus
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
porsea
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Wed Jan 30, 2008 9:03

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by porsea »

htannis wrote:
porsea wrote:turbo gw jebol setelah 2 bln psg unichip. berarti ga bs pasang unichip dong
nah kalau jebol berarti ente termasuk orang yg kakinya berat, alias jalur panjang injek pol terus bukan? :mky_01:
anyway makanya ada di beberapa reply saya bilang, kalau dakar, jangan dipakein dastek, soalnya jujur aja ada beberapa kasus turbo jebol, bahkan ada yg head nya ngangkat. Tapi itu semua tergantung settingan tuner sih, boost dakar max +0.2 bar doang, jangan lebih.
Dan juga pake dastek dan monster max di dakar, berasa sekali beda, pake dastek, asap hitam banget, dan suara mesin kasar banget. Pake monsmax, setinggan halus pun torsi msh lbh gede drpd pake dastek, dan suara mesin halus, asap juga tipis.
untuk info, saya 6 bulan pake dastek, 6 bulan pake monsmax tandem unichip, 1 tahun 5 bulan pake monsmax doang, sampe skrg masih bagus turbonya dan saya juga termasuk sering mentokin speedo dan kasar nyetirnya, tapi kondisi gardan, turbo dll masih bagus
oo gitu ya, jadi lbh baik pasang mons max ya?
kucinghitam
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Sun Oct 14, 2012 11:53

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by kucinghitam »

Master2...

Ane baru aja pake Q8 excel diesel 5-40 untuk dakkar ane... dah kbetulan km nya dah harus ganti juga atf nya... ada recomended utk atf? Aneliat q8 ada bbrp jenis atf juga.... mohon pencerahannya
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by nugroho bagor »

htannis wrote:
porsea wrote:turbo gw jebol setelah 2 bln psg unichip. berarti ga bs pasang unichip dong
nah kalau jebol berarti ente termasuk orang yg kakinya berat, alias jalur panjang injek pol terus bukan? :mky_01:
anyway makanya ada di beberapa reply saya bilang, kalau dakar, jangan dipakein dastek, soalnya jujur aja ada beberapa kasus turbo jebol, bahkan ada yg head nya ngangkat. Tapi itu semua tergantung settingan tuner sih, boost dakar max +0.2 bar doang, jangan lebih.
Dan juga pake dastek dan monster max di dakar, berasa sekali beda, pake dastek, asap hitam banget, dan suara mesin kasar banget. Pake monsmax, setinggan halus pun torsi msh lbh gede drpd pake dastek, dan suara mesin halus, asap juga tipis.
untuk info, saya 6 bulan pake dastek, 6 bulan pake monsmax tandem unichip, 1 tahun 5 bulan pake monsmax doang, sampe skrg masih bagus turbonya dan saya juga termasuk sering mentokin speedo dan kasar nyetirnya, tapi kondisi gardan, turbo dll masih bagus
Wah Dastek ngeri juga kalo sampai jebol gitu icicic
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by montirangin »

kalo turbo jebol, gimana itu? apa kena mahal benerinnya?
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by htannis »

montirangin wrote:kalo turbo jebol, gimana itu? apa kena mahal benerinnya?
beli baru lah mana bisa dibenerin
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
adedegreen
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Thu Jul 24, 2014 8:38

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by adedegreen »

Holla om2 sekalian.. salam kenal..Ane pajero sport user jg..Mohon dibimbing.. maklum masih newbie pake pajero Sport..


Trims,




:big_grin: :big_grin:
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by htannis »

adedegreen wrote:Holla om2 sekalian.. salam kenal..Ane pajero sport user jg..Mohon dibimbing.. maklum masih newbie pake pajero Sport..


Trims,




:big_grin: :big_grin:
nah ada user pjs lg, mantap, biar rame.
sama nih saya juga newbie
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
FMEAKD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1497
Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by FMEAKD »

ane juga pengguna pajero sport user newbie banget
tapi cuman yg exceed doang

mohon pencerahannya ya om tentang PS
soalnya baru pakek sekitar 2208 km om
onnynugros87
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Wed Aug 22, 2012 15:06

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by onnynugros87 »

htannis wrote:
porsea wrote:turbo gw jebol setelah 2 bln psg unichip. berarti ga bs pasang unichip dong
nah kalau jebol berarti ente termasuk orang yg kakinya berat, alias jalur panjang injek pol terus bukan? :mky_01:
anyway makanya ada di beberapa reply saya bilang, kalau dakar, jangan dipakein dastek, soalnya jujur aja ada beberapa kasus turbo jebol, bahkan ada yg head nya ngangkat. Tapi itu semua tergantung settingan tuner sih, boost dakar max +0.2 bar doang, jangan lebih.
Dan juga pake dastek dan monster max di dakar, berasa sekali beda, pake dastek, asap hitam banget, dan suara mesin kasar banget. Pake monsmax, setinggan halus pun torsi msh lbh gede drpd pake dastek, dan suara mesin halus, asap juga tipis.
untuk info, saya 6 bulan pake dastek, 6 bulan pake monsmax tandem unichip, 1 tahun 5 bulan pake monsmax doang, sampe skrg masih bagus turbonya dan saya juga termasuk sering mentokin speedo dan kasar nyetirnya, tapi kondisi gardan, turbo dll masih bagus
bisa lebih detail lg om, naik max +0.2 bar itu dari angka standard brp??? ada yg bilang standardnya boost dakar 1.8bar, bner g?? trus klo pemasangan piggyback, kan slalu ada gradasinya tuh..pny saya cube 1-2 tok,kira2 tiap settingan beda dmn aja yah??
onnynugros87
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Wed Aug 22, 2012 15:06

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by onnynugros87 »

mau tanya lg nih masalah oli (mesin,transmisi,gardan), pertanyaan orang awam, seperti diketahui kan banyak tuh macam2 oli, saya ingin tanya klo dibandingkan dari kekentalanya, apakah oli yang semakin cair itu justru baik untuk hardware2 itu, klo saya sih mikirnya gini, semakin cair olinya maka semakin banyak pula tumbukan antar komponen itu, justru klo olinya sedikit kental (rata2 oli pabrikan lebih kental (menurut saya)) lebih aman mencegah tumbukan antar hardware (dengan kekentalanya itu sehingga punya daya "pemisah") antar komponen, sehingga tidak terjadi gesekan langsung besi ma besi, saya juga berasumsi demikian saat liat oli mesin FK massimo diesel dash itu justru tidak sintetis (mineral??) tapi harganya lebih mahal dari oli fk pulse diesel yang sintetis..apa benar asumsi saya, klo acuanya sesuai rekom pabrikan masing2 dari oli itu SAEnya brp tah??? thanks atas jawabanya...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by Turboman »

@onny :
Oli makin encer mmg benar HTHS nya juga makin kecil

Tapi utk oli2 super light weight spt 0W20 gitu umumnya kadar antiwear additive nya digeber lebih tinggi dr rata2

Juga biasanya kalo oli buntut 30 Full synth or lower, banyak yg base oilnya mengandung unsur PAO dan bahkan juga sedikit zat Group V (ester)
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by POS VETT »

Turbocharger selalu bisa dibenerin (rebuilt) kalau rusaknya tidak parah. Biasanya hanya seals & bearings. Kalau sampai parah turbine-nya makan rumahnya atau shaft kemakan, ada kemungkinan mending ganti baru.

Yang jadi masalah, cari turbo rebuilder yang pekerjaannya bagus dan peralatan lengkap di Indo di mana? Onderdilnya cari di mana?
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by htannis »

onnynugros87 wrote: bisa lebih detail lg om, naik max +0.2 bar itu dari angka standard brp??? ada yg bilang standardnya boost dakar 1.8bar, bner g?? trus klo pemasangan piggyback, kan slalu ada gradasinya tuh..pny saya cube 1-2 tok,kira2 tiap settingan beda dmn aja yah??
std nya dakar gak segitu tinggi, gak kuat di boost tinggi, std dakar sekitar 1.3 bar, jadi kalau dinaikin sekitar 1.5-1.6 bar saja
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
onnynugros87
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Wed Aug 22, 2012 15:06

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by onnynugros87 »

Turboman wrote:@onny :
Oli makin encer mmg benar HTHS nya juga makin kecil

Tapi utk oli2 super light weight spt 0W20 gitu umumnya kadar antiwear additive nya digeber lebih tinggi dr rata2

Juga biasanya kalo oli buntut 30 Full synth or lower, banyak yg base oilnya mengandung unsur PAO dan bahkan juga sedikit zat Group V (ester)
cuma bisa :big_think: sambil mikir berat (om turboman ngomong apa'an yah??)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by Turboman »

POS VETT wrote:Turbocharger selalu bisa dibenerin (rebuilt) kalau rusaknya tidak parah. Biasanya hanya seals & bearings. Kalau sampai parah turbine-nya makan rumahnya atau shaft kemakan, ada kemungkinan mending ganti baru.

Yang jadi masalah, cari turbo rebuilder yang pekerjaannya bagus dan peralatan lengkap di Indo di mana? Onderdilnya cari di mana?
Um Vett :
Kalau di US utk turbo VGT / VNT gitu banyak workshop yg bisa reparasi nggak ?


Btw kalo di Jkt yg spesialis servis / reparasi Turbo si Delta Tehnik di Klender, mereka punya mesin balancing tuk Turbo shaft hingga balancing Turbo shaft ukuran raksasa spt yg di mesin2 kapal

http://english.tehnikdelta.com/products/

Cuman kalo utk reparasi turbo VGT / VNT di Jkt masih sulit, menyangkut soal ketersediaan parts
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by marmut »

@ onny, daripada pusing mending nurut apa kata manual book harus pake oli dengan tingkat kekentalan yang mana....
onnynugros87
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Wed Aug 22, 2012 15:06

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by onnynugros87 »

konsul lagi nieh...bbrp waktu yang lalu saya lagi servis mobil d bengkel modif langganan, cerita2 ma mekaniknya, bilang klo banyak orang2 klub yang upgrade turbonya itu dengan ganti as turbo, ktanya sih boost bisa naik dan g bikin lag, cuma tadi g sempet nanya apa modifkasi turbonya pada turbo vgt(dakar) ato bukan, pertanyaanya.. 1.apa benar turbo vgt bisa d modif seperti itu?? apa untung dan ruginya dari ubah as turbo vgt?? thanks...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by Turboman »

montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by montirangin »

porsea wrote:turbo gw jebol setelah 2 bln psg unichip. berarti ga bs pasang unichip dong
jebol trus diapain benerinnya om?
Ekarini
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sat Sep 06, 2014 2:23

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by Ekarini »

Dear pajero lovers,
Kmrn saat pajero dakar dibawa ke luar kota, tiba2 lampu indikator check engine nyala, tenaga berkurang disertai suara berdesing. Krn posisi jauh dr bengkel, jd diterusin sampe ketemu bengkel Mitsubishi. Setelah dicek, ternyata selang output vgt turbo change lepas ( krn klem nya raib ). Yg saya mau tanyakan, apa ada akibat sampingan akibat selang turbo lepas dan mobil tetap dijalankan sekitar 1 jam? thx a lot
User avatar
A7Corsair
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 374
Joined: Sun Sep 07, 2014 1:35

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by A7Corsair »

Teman2 pengguna PJS,

Saya baru pake PJS Dakar ... kira2 jalan 1200 km.
Masalah dari awal adalah adanya bunyi nge-jedak kalo suspensi kanan depan masuk ke jalan yg lubangnya dalem.
Sudah pernah komplain waktu service 1000 ...tapi katanya normal, cuman dikencengin aja kata SA-nya, cuman masih ada gejala seperti itu.
Apakah ada yg mengalami hal yg sama dgn saya ? Jadi tau jadi masalahnya dimana
Saya udah telpon SA-nya lagi, dan udah disuruh dateng lg ke bengkel ... cuman krn plat nomor belum jadi, gak berani jalan dulu ke bengkel. Tadi waktu jalan2 di komplek, pas belok kanan dan jalannya agak mengayun ...nah bunyinya ada juga.
Mohon masukan dari pakar2 disini yak ...

Thanks.
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by Penikmat_Kopi »

Gan, numpang nanya nih, pajero sport exceed 2010 AT sekarang pasarannya berapa?