Santa Fe gen.3 user @SM

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by pilotgaruda »

artoodetoo wrote:NJK = Nilai Jual Kembali? :mky_07:
he's back?

btw oom NJK, harga toko bagus susah buat dijadikan patokan harga pasaran mobil..
waktu itu pernah ada mobil merk *****u, diiklanin dgn harga 490jt, pas saya telp, udah sold dgn harga 380jt...jauh bgt..
btw saya bukan spekulasi, cm cb ngebantu aja, krn saya pernah ada di posisi bingung antara Santa Fe maupun Fortie or dakar..
memang sih ada fortie dibawah 250, tp udah diatas 5 tahun kan?
batumakam wrote:
madcat015 wrote:My kitty sense is tingling... :ngacir:
Tenang aja om batumakam, i'm watching him... her... it... whatever that creature is... :ungg:
antisipasi aja sih mod,, sebelum "meledak" mending dipantau hehehe... :mky_01:
btw ngenes banget liat dealer Hyundai di sini (solo) kayak bangunan gak bertuan :mky_04: kontras banget sama dealer atoyot disebelahnya nan gagah dan perkasa :mky_03: jauh lebih bagus dealer mitsu yg biasanya ancur :mky_05: anyway di solo sejauh mata ane memandang cuma ada 5 santi yg berkeliaran 2 abu2 3 putih :mky_01: sialnya salah satu drivernya agak bandel, sering banget burnout di lampu merah :big_slap:
torsinya kegedean kah? btw santi memang terlihat jarang apa mungkin karena mahalnya?
User avatar
dknee
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Sun Aug 11, 2013 16:36

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by dknee »

pilotgaruda wrote:
artoodetoo wrote:NJK = Nilai Jual Kembali? :mky_07:
he's back?

btw oom NJK, harga toko bagus susah buat dijadikan patokan harga pasaran mobil..
waktu itu pernah ada mobil merk *****u, diiklanin dgn harga 490jt, pas saya telp, udah sold dgn harga 380jt...jauh bgt..
btw saya bukan spekulasi, cm cb ngebantu aja, krn saya pernah ada di posisi bingung antara Santa Fe maupun Fortie or dakar..
memang sih ada fortie dibawah 250, tp udah diatas 5 tahun kan?
batumakam wrote:
madcat015 wrote:My kitty sense is tingling... :ngacir:
Tenang aja om batumakam, i'm watching him... her... it... whatever that creature is... :ungg:
antisipasi aja sih mod,, sebelum "meledak" mending dipantau hehehe... :mky_01:
btw ngenes banget liat dealer Hyundai di sini (solo) kayak bangunan gak bertuan :mky_04: kontras banget sama dealer atoyot disebelahnya nan gagah dan perkasa :mky_03: jauh lebih bagus dealer mitsu yg biasanya ancur :mky_05: anyway di solo sejauh mata ane memandang cuma ada 5 santi yg berkeliaran 2 abu2 3 putih :mky_01: sialnya salah satu drivernya agak bandel, sering banget burnout di lampu merah :big_slap:
torsinya kegedean kah? btw santi memang terlihat jarang apa mungkin karena mahalnya?
Santa fe memang saat ini masih tetep sbg rare car, tapi gak masalah
mungkin belum pada tau, mungkin kemahalan (ini product build up korea lho coba kalo PJS ato 42ner build up jepun beuuuh gak tau deh harganya berapaan),mungkin karena hyundai.
Tapi semenjak pake ini mobil aku gak merasa rugi ato nyesel sudah beli dan pake.
Sebelumnya utk suv aku pake CRV gen3, Pajero Dakar. Berkali kali TD yg crv Gen4, CX5 2.0 maupun 2.5, Tiguan, X1 (42ner gak dilirik lage karena dulu sempet TD sebelum ambil dakar). Tetep gak ada yg ngalahin benchmarking "ku" (santa fe crdi)
Akhirnya aku lepas dakar dan aku ambil Santa fe ini.
Buat santai or speeding mantaf walopun secara handling mungkin bukan yg terbaik, tetapi sensasi torque nya itu hmmm nikmat bangedd.
Masa seh kelebihan torsi? Yang aku tau Santa fe memang punya torsi terbaik dan yang laen mungkin kekurangan torsi :big_grin:
Go the hell with RV (menurut ane pribadi), yang penting gak nyusahin, dan menurut aku sangat menyenangkan mengendarainya, mau selow ato ngibrid gak masalah bahkan menurut aku yang belum tao banyak ini, utk urusan speeding dalam kondisi standard gak ada suv jepun sekelas (ato diatasnya dikitpun boleh) yang bisa asepin santa fe...bener gak yak? mungkin para suhu bisa kasih pencerahan :big_think:
Kapan mo nikmatinnya kalo masih mikirin RV mulu, toh jual dakar umur setaun pun tetep hilang 70jtan
Dan aku liat temen2 pengguna santa fe pun rata2 sayang dan tetep merawat santa fe nya sepenuh hati saking cintanya hehehe :big_blushing:
Santa fe dari 2001 sampe sekarang masih eksis dan merasa ini mobil fine2 ajah dan ada kelebihan2 yg gak dimiliki mobil lain.
xtr40rd1n4rym4n
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2084
Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by xtr40rd1n4rym4n »

betul Om,
mindsetnya yg harusnya dirubah.. segala sesuatu ga bisa hanya dilihat dari RV..

kl kita ada duit yg penting beli mobil yg bisa buat kita happy waktu mengendarainya dan sesuai dengan ekspektasi dan harapan kita akan mobil tersebut..

percuma punya duit tp nurutin kata orang ambil merk A saja karena RV kuat dsb nya, toh setiap harinya kita yg mengendarai mobil tersebut sedangkan orang yg kasi saran hanya "sekedar kasi saran" dengan duit kita..

peace ya Om, pendapat nubitol semata...
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by artoodetoo »

xtr40rd1n4rym4n wrote:betul Om,
mindsetnya yg harusnya dirubah.. segala sesuatu ga bisa hanya dilihat dari RV..
Sekarang bukan RV lagi bro, tapi NJK :wkkk:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
xtr40rd1n4rym4n
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2084
Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by xtr40rd1n4rym4n »

:wkkk:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by VanzMatic »

dknee wrote: Santa fe memang saat ini masih tetep sbg rare car, tapi gak masalah
mungkin belum pada tau, mungkin kemahalan (ini product build up korea lho coba kalo PJS ato 42ner build up jepun beuuuh gak tau deh harganya berapaan),mungkin karena hyundai.
Tapi semenjak pake ini mobil aku gak merasa rugi ato nyesel sudah beli dan pake.
Sebelumnya utk suv aku pake CRV gen3, Pajero Dakar. Berkali kali TD yg crv Gen4, CX5 2.0 maupun 2.5, Tiguan, X1 (42ner gak dilirik lage karena dulu sempet TD sebelum ambil dakar). Tetep gak ada yg ngalahin benchmarking "ku" (santa fe crdi)
Akhirnya aku lepas dakar dan aku ambil Santa fe ini.
Buat santai or speeding mantaf walopun secara handling mungkin bukan yg terbaik, tetapi sensasi torque nya itu hmmm nikmat bangedd.
Masa seh kelebihan torsi? Yang aku tau Santa fe memang punya torsi terbaik dan yang laen mungkin kekurangan torsi :big_grin:
Go the hell with RV (menurut ane pribadi), yang penting gak nyusahin, dan menurut aku sangat menyenangkan mengendarainya, mau selow ato ngibrid gak masalah bahkan menurut aku yang belum tao banyak ini, utk urusan speeding dalam kondisi standard gak ada suv jepun sekelas (ato diatasnya dikitpun boleh) yang bisa asepin santa fe...bener gak yak? mungkin para suhu bisa kasih pencerahan :big_think:
Kapan mo nikmatinnya kalo masih mikirin RV mulu, toh jual dakar umur setaun pun tetep hilang 70jtan
Dan aku liat temen2 pengguna santa fe pun rata2 sayang dan tetep merawat santa fe nya sepenuh hati saking cintanya hehehe :big_blushing:
Santa fe dari 2001 sampe sekarang masih eksis dan merasa ini mobil fine2 ajah dan ada kelebihan2 yg gak dimiliki mobil lain.
ungngng... setau ane sih, produk produk JDM yang khusus JDM, ngga akan boleh keluar Jepang, bahkan untuk sebuah suku cadang bagi JDM sekalipun.
Yang boleh beli suku cadang bagi mobil keluaran JDM, hanya orang Jepang, dibuktikan dengan menunjukkan KTP.

Cmiiw..

Sejak kapan yah, miara asset yang ber-expense akan jadi investasi?
Ngga bakal lah.

Kecuali unit rare jaman dulu,yang terpiara baik.

Imho, Cmiiw..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by pilotgaruda »

@dknee:
iya oom, kalo emang mau nikmatin mobil total, jgn pikirin RV (or NJK..hehe)..kalo emang suka sama mobilnya, dan bakal dipake lama, ya sikat aja...soal RV, lama2 jg bakalan turun terus, baik jepang, korea maupun jerman...dan kalo memang kepuasan dalam menggunakannya besar sekali, biasanya otomatis faktor RV akan mulai hilang seiring nikmatin mobil itu..apalagi kl bisa pake sampe 7 tahun...

btw, soal kelebihan torsi, kan oom batu makam bilang ada di daerah dia, tp tiap lampu merah burnout mulu...mungkin krn torsinya kegedean buat drivernya..hehe..napsu dikit bejek gas langsung sprint..
Broll
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Tue Apr 09, 2013 10:10

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by Broll »

dknee wrote:
leiv wrote:halo temen2 new santi dan para suhu disini, minggu depan santi saya udah 30 ribu km, rencananya mau ganti ban sekalian, tolong masukannya ban yg cocok utk karakteristik new santi yg fwd ini ya, yang gak bikin slip saat di geber dan cukup silent.


thanks semua,


mohon bngt masukannya

Salah satu yang disaranin Om Turboman adalah Conti, ini aku paste dari Om Turbo:

Yg ukuran paling pas sih :
http://www.mytyres.co.uk/cgi-bin/rshop. ... eugart=PKW

Conti Cross Contact LX 235 / 55 R19 sebab Santi versi Canada pake ban ini

Kalau mau lebih ngegrip dan lebih nyaman namun ukurannya standar, bisa pake Toyo Proxes, pasti lebih ngegrip dan lebih empuk. Tapi kalau mau lebih lebar dikit bisa pake 255/50/19, pilihannya selain Continental (agak pricey) bisa Michelin Lattitude Tour or Toyo Proxes. Harganya antara 2,5 - 3 juta per piece. Saya aja udah ganti ke 265/45/20 pakai Toyo, tetap empuk seperti standar dan gak pernah spin lagi (ngegrip ke jalan).

Btw, fog lamp Santi saya agak berkabut ya (kurang jernih), apakah ada temen2 yang mengalami? Headlamp juga kalau abis ujan2 atau abis dicuci seperti ada embun dulu di dalamnya. setelah kena matahari baru hilang. Apakah normal ini? mohon pencerahannya dari oom2x disini :big_think:
leiv
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by leiv »

hello all,

akhirnya dah ganti ban ke michelin lattitude tour hp ukuran 255/55/19, wah dikit lg nempel sama karet air roda depan, ukuran plg pas memang 255/50/19 atau bawaannya 235/55/19

so far so good ban ini

thanks master sini yg udah kasi input
Broll
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Tue Apr 09, 2013 10:10

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by Broll »

leiv wrote:hello all,

akhirnya dah ganti ban ke michelin lattitude tour hp ukuran 255/55/19, wah dikit lg nempel sama karet air roda depan, ukuran plg pas memang 255/50/19 atau bawaannya 235/55/19

so far so good ban ini

thanks master sini yg udah kasi input
Wah ini ban lebih gede lumayan (khususnya diameternya), apakah pernah nggesek bagian dalam spakbor atau ada masalah saat belok ? Share dong... oom Leiv
sutan_bagindo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Fri Jan 11, 2013 7:25

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by sutan_bagindo »

Sering baca ulasan tentang Santi yang saat ini termasuk SUV (diesel) terkencang di Indonesia, juga pingin tau untuk Santi ini spare parts-nya gmn yaak?
apakah harus melalui beres (indent) atau sudah ready stock semua? :big_think:
leiv
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by leiv »

Broll wrote:
leiv wrote:hello all,

akhirnya dah ganti ban ke michelin lattitude tour hp ukuran 255/55/19, wah dikit lg nempel sama karet air roda depan, ukuran plg pas memang 255/50/19 atau bawaannya 235/55/19

so far so good ban ini

thanks master sini yg udah kasi input
Wah ini ban lebih gede lumayan (khususnya diameternya), apakah pernah nggesek bagian dalam spakbor atau ada masalah saat belok ? Share dong... oom Leiv
hello om broll, memang ini ban jadinya lbh lebar dan lebih tinggi, efek nya memang nempel bgt sama karet spakbor, dikit lg akan kena gesek, mungkin hanya selisih 2 mm, tp setelah coba di belok patah saat maju dan mundur tidak kena sih, dan kadang saya jg cek karet apakah ada bekas gesekan atau engga, ternyata gak ada. tp memang beresiko kena gesek kalo pake ban ini.

kmrn gara2 dah males nyari dan memang butuh segera diganti makanya di pake aja ukuran ini

yg recommend tetap ukuran 235/55/19 dan 255/50/19, pasti aman
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by imsus2c »

leiv wrote:
Broll wrote:
leiv wrote:hello all,

akhirnya dah ganti ban ke michelin lattitude tour hp ukuran 255/55/19, wah dikit lg nempel sama karet air roda depan, ukuran plg pas memang 255/50/19 atau bawaannya 235/55/19

so far so good ban ini

thanks master sini yg udah kasi input
Wah ini ban lebih gede lumayan (khususnya diameternya), apakah pernah nggesek bagian dalam spakbor atau ada masalah saat belok ? Share dong... oom Leiv
hello om broll, memang ini ban jadinya lbh lebar dan lebih tinggi, efek nya memang nempel bgt sama karet spakbor, dikit lg akan kena gesek, mungkin hanya selisih 2 mm, tp setelah coba di belok patah saat maju dan mundur tidak kena sih, dan kadang saya jg cek karet apakah ada bekas gesekan atau engga, ternyata gak ada. tp memang beresiko kena gesek kalo pake ban ini.

kmrn gara2 dah males nyari dan memang butuh segera diganti makanya di pake aja ukuran ini

yg recommend tetap ukuran 235/55/19 dan 255/50/19, pasti aman
Nambahi dikit pak

Asumsi ban oem 235/55R19, artinya semua meteran (odo, speedo, mid, dll) dikalibrasi pakai ukuran ban itu.
Kalau sekarang pakai 255/55R19, menurut hitungan kalkulator ban, ada selisih 3% lebih banyak.
Artinya, aktual lebih tinggi 3% dari bacaan. Misal odo/speedo nunjukkin 100, aktualnya ya sekitar 103
Ya ngga banyak sih... :D

Tapi jangka panjang, lumayan juga. Misal odo nunjukkin 100.000km habis ganti ban tadi, aslinya sudah jalan 103.000km
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Broll
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Tue Apr 09, 2013 10:10

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by Broll »

imsus2c wrote:
leiv wrote:
Broll wrote:hello all,

akhirnya dah ganti ban ke michelin lattitude tour hp ukuran 255/55/19, wah dikit lg nempel sama karet air roda depan, ukuran plg pas memang 255/50/19 atau bawaannya 235/55/19

so far so good ban ini

hello om broll, memang ini ban jadinya lbh lebar dan lebih tinggi, efek nya memang nempel bgt sama karet spakbor, dikit lg akan kena gesek, mungkin hanya selisih 2 mm, tp setelah coba di belok patah saat maju dan mundur tidak kena sih, dan kadang saya jg cek karet apakah ada bekas gesekan atau engga, ternyata gak ada. tp memang beresiko kena gesek kalo pake ban ini.

kmrn gara2 dah males nyari dan memang butuh segera diganti makanya di pake aja ukuran ini

yg recommend tetap ukuran 235/55/19 dan 255/50/19, pasti aman
Nambahi dikit pak

Asumsi ban oem 235/55R19, artinya semua meteran (odo, speedo, mid, dll) dikalibrasi pakai ukuran ban itu.
Kalau sekarang pakai 255/55R19, menurut hitungan kalkulator ban, ada selisih 3% lebih banyak.
Artinya, aktual lebih tinggi 3% dari bacaan. Misal odo/speedo nunjukkin 100, aktualnya ya sekitar 103
Ya ngga banyak sih... :D

Tapi jangka panjang, lumayan juga. Misal odo nunjukkin 100.000km habis ganti ban tadi, aslinya sudah jalan 103.000km
MANTAP Oom imsus2c, memang meteran jadi agak berubah, tapi masih oke la hanya 3%. Dengan info dari oom Leiv, berarti kalau ban saya sekarang udah gundul bisa saya ganti yang 255/50/20 (diameter dan lebar persis sama). Tolong update ya Oom Leiv kalau2x tiba2 muncul persoalan dgn ukuran ini. :big_exellent:
B1335AM
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: Wed Sep 04, 2013 22:34
Location: Jakarta

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by B1335AM »

Ada info nggak tentang agen yang menjual 235/60 R19?
I'm interested in diesel. It's an unique thing.
leiv
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by leiv »

MANTAP Oom imsus2c, memang meteran jadi agak berubah, tapi masih oke la hanya 3%. Dengan info dari oom Leiv, berarti kalau ban saya sekarang udah gundul bisa saya ganti yang 255/50/20 (diameter dan lebar persis sama). Tolong update ya Oom Leiv kalau2x tiba2 muncul persoalan dgn ukuran ini. :big_exellent: [/quote]

wah kalo ke 255/50/20 saya krg ngerti bro, tp kalo ganti ke 255/50/19 kemungkinan besar pasti bisa, karena ban saya skrg ukr 255/55/19 masih muat, walaupun pas bgt dan dikit lg nyentuh karet spakbor
Broll
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Tue Apr 09, 2013 10:10

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by Broll »

leiv wrote:MANTAP Oom imsus2c, memang meteran jadi agak berubah, tapi masih oke la hanya 3%. Dengan info dari oom Leiv, berarti kalau ban saya sekarang udah gundul bisa saya ganti yang 255/50/20 (diameter dan lebar persis sama). Tolong update ya Oom Leiv kalau2x tiba2 muncul persoalan dgn ukuran ini. :big_exellent:
wah kalo ke 255/50/20 saya krg ngerti bro, tp kalo ganti ke 255/50/19 kemungkinan besar pasti bisa, karena ban saya skrg ukr 255/55/19 masih muat, walaupun pas bgt dan dikit lg nyentuh karet spakbor[/quote]


Bener Bro Leiv, ban saya sekarang adalah 255/45/20 depan, dan 265/45/20 belakang, yang mana ukuran ini relatif sama dengan standar maupun 255/50/19 (Diameter = +/- 73,7 cm).

Melihat ukuran 255/55/19 bisa masuk di Santinya bro Leiv dan so far belum ada masalah, berarti saya bisa ganti nanti ban saya dengan ukuran 255/50/20. karena pada dasarnya:
ukuran 255/55/19 = 255/50/20
Diameter 76,31cm 76,30cm
Lebar 25.5cm 25.5cm

Saya suka ban lebih gemuk/tebal supaya nyaman walaupun gaya, namun memang kendalanya kan kalau ban besar bisa ada gesekan misalnya saat mundur belok sambil nanjak (potensi menggesek karet spatbor bagian belakang), atau sedang nanjak membelok patah (potensi menggesek karet spakbor bagian depan).

Demikian broooo
leiv
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by leiv »

Broll wrote:
leiv wrote:MANTAP Oom imsus2c, memang meteran jadi agak berubah, tapi masih oke la hanya 3%. Dengan info dari oom Leiv, berarti kalau ban saya sekarang udah gundul bisa saya ganti yang 255/50/20 (diameter dan lebar persis sama). Tolong update ya Oom Leiv kalau2x tiba2 muncul persoalan dgn ukuran ini. :big_exellent:
wah kalo ke 255/50/20 saya krg ngerti bro, tp kalo ganti ke 255/50/19 kemungkinan besar pasti bisa, karena ban saya skrg ukr 255/55/19 masih muat, walaupun pas bgt dan dikit lg nyentuh karet spakbor

Bener Bro Leiv, ban saya sekarang adalah 255/45/20 depan, dan 265/45/20 belakang, yang mana ukuran ini relatif sama dengan standar maupun 255/50/19 (Diameter = +/- 73,7 cm).

Melihat ukuran 255/55/19 bisa masuk di Santinya bro Leiv dan so far belum ada masalah, berarti saya bisa ganti nanti ban saya dengan ukuran 255/50/20. karena pada dasarnya:
ukuran 255/55/19 = 255/50/20
Diameter 76,31cm 76,30cm
Lebar 25.5cm 25.5cm

Saya suka ban lebih gemuk/tebal supaya nyaman walaupun gaya, namun memang kendalanya kan kalau ban besar bisa ada gesekan misalnya saat mundur belok sambil nanjak (potensi menggesek karet spatbor bagian belakang), atau sedang nanjak membelok patah (potensi menggesek karet spakbor bagian depan).

Demikian broooo
[/quote]

wah hehe urusan ukuran ban saya sama sekali kurang ngerti, tapi kmrn menurut toko nya, andaikata terjadi gesekan, masih bisa diakalin karet spakbor tsb, saya krg ngerti maskudnya, dia bilang bisa dipanasin.
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by imsus2c »

B1335AM wrote:Ada info nggak tentang agen yang menjual 235/60 R19?
Ukuran yang sangat tdk populer pak. Sepertinya ngga ada, entah di luar negeri
Kalau rim besar (diatas R18), sepertinya profil bannya sudah jarang >60.

Soalnya velg rim besar, biasanya lebar velg-nya juga besar-besar juga, diatas >7"
Kalau velg-nya lebar, sudah mesti ukuran tapak bannya yg dipakai juga lebar.
Jadi kalau profilnya tebal juga (dengan tapak ban yang lebar), jatuhnya ban-nya tebal sekali.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Henry Kurniawan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Thu Mar 31, 2011 15:56

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by Henry Kurniawan »

leiv wrote:hello all,

akhirnya dah ganti ban ke michelin lattitude tour hp ukuran 255/55/19, wah dikit lg nempel sama karet air roda depan, ukuran plg pas memang 255/50/19 atau bawaannya 235/55/19

so far so good ban ini

thanks master sini yg udah kasi input
Om leiv, minta tolong foto yang maksud dong sama "dikit lg nempel karet air roda depan"
Ganti ke Michelin kenapa om ? Apa karena ban bawaan Kumho/Nexen sudah botak atau sudah gak enak lagi ?

Memang kalau harus ngikutin persis 235/55 R19 emang bikin stress cari ban-nya. Yang ada cuma Conti atau Toyo, itupun 2-2-nya harus inden.
leiv
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by leiv »

Henry Kurniawan wrote:
leiv wrote:hello all,

akhirnya dah ganti ban ke michelin lattitude tour hp ukuran 255/55/19, wah dikit lg nempel sama karet air roda depan, ukuran plg pas memang 255/50/19 atau bawaannya 235/55/19

so far so good ban ini

thanks master sini yg udah kasi input
Om leiv, minta tolong foto yang maksud dong sama "dikit lg nempel karet air roda depan"
Ganti ke Michelin kenapa om ? Apa karena ban bawaan Kumho/Nexen sudah botak atau sudah gak enak lagi ?

Memang kalau harus ngikutin persis 235/55 R19 emang bikin stress cari ban-nya. Yang ada cuma Conti atau Toyo, itupun 2-2-nya harus inden.
heloo om,

maksudnya nempel adalah saat belok patah shg ujung spakbor bagian dalam dan depan hampir tergesek oleh ban, dan selisihnya hanya 2 mm kalo mnrt yg pasang ban.

ganti ban kumho krn santi saya udah 40.000 km odo nya, selaen itu alasan ngebet ganti krn mnrt pengamatan ban kumho saya penyebab utama dari nyetrum saat byr tol atau megang logam (cnth: saat pencet tombol tiket parkir, dll)

ganti ke michelin krn menurut para pemakai ban ini ban yg recomen utk suv, cukup senyap dan nyaman, dan memang terbukti saya pake cukup berasa nyaman dan silent.

toyo sih kyknya bnyk yg ready,
chim83
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: Mon Sep 14, 2009 5:26

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by chim83 »

dknee wrote:

Buat santai or speeding mantaf walopun secara handling mungkin bukan yg terbaik, tetapi sensasi torque nya itu hmmm nikmat bangedd.
Masa seh kelebihan torsi? Yang aku tau Santa fe memang punya torsi terbaik dan yang laen mungkin kekurangan torsi :big_grin:
Go the hell with RV (menurut ane pribadi), yang penting gak nyusahin, dan menurut aku sangat menyenangkan mengendarainya, mau selow ato ngibrid gak masalah bahkan menurut aku yang belum tao banyak ini, utk urusan speeding dalam kondisi standard gak ada suv jepun sekelas (ato diatasnya dikitpun boleh) yang bisa asepin santa fe...bener gak yak? mungkin para suhu bisa kasih pencerahan :big_think:
.
Sebenarnya ada yg lebih kenceng dan handling mantap om...
si subie forester..
santi torsinya paling gede, cuma berat di badan dan safetynya kurang berkat sunat sana sini ;)
coba harga santi awd = forester, pasti aye pilih santi :mky_03:
User avatar
dknee
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Sun Aug 11, 2013 16:36

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by dknee »

chim83 wrote:
dknee wrote:

Buat santai or speeding mantaf walopun secara handling mungkin bukan yg terbaik, tetapi sensasi torque nya itu hmmm nikmat bangedd.
Masa seh kelebihan torsi? Yang aku tau Santa fe memang punya torsi terbaik dan yang laen mungkin kekurangan torsi :big_grin:
Go the hell with RV (menurut ane pribadi), yang penting gak nyusahin, dan menurut aku sangat menyenangkan mengendarainya, mau selow ato ngibrid gak masalah bahkan menurut aku yang belum tao banyak ini, utk urusan speeding dalam kondisi standard gak ada suv jepun sekelas (ato diatasnya dikitpun boleh) yang bisa asepin santa fe...bener gak yak? mungkin para suhu bisa kasih pencerahan :big_think:
.
Sebenarnya ada yg lebih kenceng dan handling mantap om...
si subie forester..
santi torsinya paling gede, cuma berat di badan dan safetynya kurang berkat sunat sana sini ;)
coba harga santi awd = forester, pasti aye pilih santi :mky_03:
Hmmm katanya seh gitu subie forester kenceng juga,
Kebetulan minggu aku mo TD
Sebenernya sebelum ambil santa fe sempet berharap sama subie ini tp waktu itu blom ready.
Lets see after TD
Yg jadi concern kemaren abis touring ternyata santi 4x2 kerepotan dgn trek semi offroad :big_childish:
Awd santa fe dah selangit harganya :big_sorry:
Henry Kurniawan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Thu Mar 31, 2011 15:56

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by Henry Kurniawan »

leiv wrote: maksudnya nempel adalah saat belok patah shg ujung spakbor bagian dalam dan depan hampir tergesek oleh ban, dan selisihnya hanya 2 mm kalo mnrt yg pasang ban.

ganti ban kumho krn santi saya udah 40.000 km odo nya, selaen itu alasan ngebet ganti krn mnrt pengamatan ban kumho saya penyebab utama dari nyetrum saat byr tol atau megang logam (cnth: saat pencet tombol tiket parkir, dll)

ganti ke michelin krn menurut para pemakai ban ini ban yg recomen utk suv, cukup senyap dan nyaman, dan memang terbukti saya pake cukup berasa nyaman dan silent.

toyo sih kyknya bnyk yg ready,
OK ngerti deh maksudnya om leiv, kalau nikung patah mesti hati2 kalau pakai 255.

Berarti sama kyk saya, kumho memang bikin nyetrum saat bayar tol atau pencet tombol tiket parkir. Tapi sekarang sudah gak kejadian lagi begitu lewat kilometer 20.000.

Oh iya om leiv, udah servis 40rb di beres ? boleh tau kena brp duit ?
B1335AM
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: Wed Sep 04, 2013 22:34
Location: Jakarta

Re: Santa Fe gen.3 user @SM

Post by B1335AM »

Henry Kurniawan wrote:
leiv wrote:hello all,

akhirnya dah ganti ban ke michelin lattitude tour hp ukuran 255/55/19, wah dikit lg nempel sama karet air roda depan, ukuran plg pas memang 255/50/19 atau bawaannya 235/55/19

so far so good ban ini

thanks master sini yg udah kasi input
Om leiv, minta tolong foto yang maksud dong sama "dikit lg nempel karet air roda depan"
Ganti ke Michelin kenapa om ? Apa karena ban bawaan Kumho/Nexen sudah botak atau sudah gak enak lagi ?

Memang kalau harus ngikutin persis 235/55 R19 emang bikin stress cari ban-nya. Yang ada cuma Conti atau Toyo, itupun 2-2-nya harus inden.
Kalau yang 235/60 R19 ada yang jual ga? :big_smile]
I'm interested in diesel. It's an unique thing.