share captiva - PART 05

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

ola_comoesta
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Sun May 19, 2013 10:00

Re: share captiva - PART 05

Post by ola_comoesta »

Nah ini dia...spion lipat itu nambah brp ya? Lumayan shock habis ga bisa ngelipat spion...ane cari2 gak nemu, termyata emang g ada

Masalah buka kaca belakang, apakah sering ada trouble? (Long term user share donk), karena sekilas koq ngeliatnya ringkih ya. Mau buka tutup ngeri wkwkkwkwkwk
User avatar
yungjahja
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Thu Oct 11, 2012 4:55

Electric Parking Brake Module Problem

Post by yungjahja »

Hi all,
Mau share pengalaman saya 2 hari lalu mengenai "Electric Parking Brake Module Problem"
Pagi hari itu seperti biasa kegiatan rutin mau berangkat kerja, terdengar suara "berderit" lebih nyaring daripada biasanya saat melepas parking brake.
Selama perjalanan sempat 2 kali menggunakan parking brake dan saat melepas kembali terdengar suara "berderit" lebih nyaring daripada biasanya, tapi masih berfungsi normal.
Sesampai ditempat kerja parkir di gedung parkir menggunakan parking brake (Padahal sudah was was akan terjadi masalah / macet, tapi lupa karena sudah terbiasa mengaktifkan parking brake)

Sore hari mau pulang, sewaktu melepas parking brake hanya terdengar suara "duk", parking brake tidak bisa lepas, dicoba kembali suara yg sama "duk" dan lampu kuning "P" berkedip terus tanda harus ke mekanik untuk pengecekan parking brake, sedangkan parking brake warna merah "P" tetap menyala.
Stress juga saat itu karena sudah hampir jam 5 sore, kebetulan saya punya no hp SA Sun Motor Kebon Jeruk, saya telp dan dijawab akan dikirim mekanik terdekat.

Masih penasaran, saya hidupkan kembali mesin, dan saya injak pedal rem, posisi transmisi saya pindah ke "N" dan saya tekan tuas parking brake ke bawah 3 kali berturut-turut dengan jedah 1 detik, lalu saya lepas rem kaki setelah 5 detik. Tanpa terdengar bunyi parking brake lepas, lampu "P" merah mati, tapi lampu "P" kuning tetap berkedip.
Saya coba pindah transmisi dari "N" ke "R", ternyata parking brake sudah lepas. Lalu saya coba pindah transmisi ke "D" untuk meyakinkan roda tidak ada yg tersangkut rem, alhasil kondisi parking brake benar-benar lepas.
Segera saya telp SA untuk membatalkan mekanik dan saya akan segera pulang dan besok pagi baru ke S.M K.J dan sementar selama parkir hanya pakai posisi "P" pada transmisi tanpa mengaktifkan parking brake.

Sampai di rumah harus buka pagar sendiri, dasar "latah" sebelum turun dari mobil saya aktifkan parking brake (walalaha....benar2 stuck lagi !!) :big_think:
Akhirnya saya coba kembali procedure di atas tadi:
1. Injak pedal rem
2. Pindah posisi transmisi ke "N"
3. Tekan tuas parking brake 3x dalam selang 1 detik sambil kedengaran suara "duk" .. "duk" .. "duk" .. tunggu 5 detik saya lepas rem kaki, dan parking brake lepas sendiri tanpa terdengar bunyi servo motor seperti normalnya.
Yang pasti beneran terlepas parking brake nya seperti ada fungsi "emergency release mode" !!?? :big_smile]

Setelah sampai di bengkel di bongkar module electric parking brake yg ada di kiri belakang (depan roda kiri belakang)
Mekanik rencana mau mencoba membersihkan sensor maupun servo motornya,
Mungkin tidak mau ambil resiko dan mobil saya baru service ke-3 3 bulan lalu, dan berlaku garansi dan ready stock module tersebut langsung diambil dan dipasang.
Masalah selesai seperti baru setelah di diagnosa via laptop mekanik. :big_exellent:

Ref:
Captiva VCDI FL MY2011, mulai pakai Juni 2012.
Tidak pernah terendam banjir, lewat genangan air yah normal kalau di Jakarta hujan :big_grin:

Kesimpulan:
Module Parking Brake sangat rawan terhadap air ! Tidak "water resistant",
Kotak plastik pelindung module parking brake tidak ada rubber seal ataupun sejenis untuk melindungi air dari luar (SUV.....?)

Penampakan Module Parking Brake yg bermasalah:
Image
Lampu kuning "P" yg berkedip tanda parking brake bermasalah:
Image
captivaism
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Thu May 16, 2013 14:44

Re: share captiva - PART 05

Post by captivaism »

@yungjahja, turut prihatih om....syukurlah masih waranty yah

Ane punya diesel 2013, februari kemaren waktu musim banjir" sempet terjang banjir setinggi ban di jalan Panjang karena terpaksa, alhamdulilah gak kenapa2 sih sampe sekarang bagian elecric breaknya, dan yang menakjubkan walaupun terjang air setinggi ban, air banjir tidak ada yang masuk dalam kabin
innovadiesel
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Thu Mar 27, 2014 9:58

Re: share captiva - PART 05

Post by innovadiesel »

Gan mau tny utk captiva diesel nih
-konsumsi bbm nya
-kalau di isi bio solar aja tanpa campur dex masalah gak ya?
-asumsi hrg service rutin di dealer(karena denger"utk filter solar nya aja captiva skitar 500 rban yah)
Gue lagi ngebet banget ni sama suv satu ini...hehehe kliatanya nyaman,kenceng..skrg gue pengguna ipah diesel gan..thanks before
autojohn
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Wed Mar 05, 2014 0:29

Re: share captiva - PART 05

Post by autojohn »

Salam Kenal para master Captiva.
Baru pake captiva fl diesel silver seminggu.
Posisi 30 % di Medan, banyaknya di lukot.

Sekilas pendapat setelah pake captiva
- Tenaga mantap, pingin bejek gas terus
- minornya ya bunyi2, seperti ada grup orkestra di mobil :wkkk:

Mau minta pendapat para master2 disini,
apakah pada masa inreyen, konsumsi minyak akan lebih boros ya
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: share captiva - PART 05

Post by Deasegara »

autojohn wrote:Salam Kenal para master Captiva.
Baru pake captiva fl diesel silver seminggu.
Posisi 30 % di Medan, banyaknya di lukot.

Sekilas pendapat setelah pake captiva
- Tenaga mantap, pingin bejek gas terus
- minornya ya bunyi2, seperti ada grup orkestra di mobil :wkkk:

Mau minta pendapat para master2 disini,
apakah pada masa inreyen, konsumsi minyak akan lebih boros ya
Biasanya lebih boros bro karena clearence rotating partnya masih sangat rapat, sehingga tarikan akan terasa lebih berat dibanding yg sdh jalan > 1000 km.

Kalau suka ngebut bisa dipasang throttle controller+piggy back bro biar tarikan tambah mantab kalau di motor berasa seperti RX King (gas kontan), enak buat nyelip. Piggy P&P 2 jutaan, thottle module 1.5 jt bisa pasang sendiri.
autojohn
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Wed Mar 05, 2014 0:29

Re: share captiva - PART 05

Post by autojohn »

Deasegara wrote:
autojohn wrote:Salam Kenal para master Captiva.
Baru pake captiva fl diesel silver seminggu.
Posisi 30 % di Medan, banyaknya di lukot.

Sekilas pendapat setelah pake captiva
- Tenaga mantap, pingin bejek gas terus
- minornya ya bunyi2, seperti ada grup orkestra di mobil :wkkk:

Mau minta pendapat para master2 disini,
apakah pada masa inreyen, konsumsi minyak akan lebih boros ya
Biasanya lebih boros bro karena clearence rotating partnya masih sangat rapat, sehingga tarikan akan terasa lebih berat dibanding yg sdh jalan > 1000 km.

Kalau suka ngebut bisa dipasang throttle controller+piggy back bro biar tarikan tambah mantab kalau di motor berasa seperti RX King (gas kontan), enak buat nyelip. Piggy P&P 2 jutaan, thottle module 1.5 jt bisa pasang sendiri.
waduh, diracunin terus :mky_01: (just kidding)

kalo pasang piggy p&P apa garansi nya gak hangus??

kayaknya nunggu lewat inreyen dulu deh, kalo jadi pasang pun bisa terasa bedanya.

Yg pake ctv di medan siapa2 aja ya
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: share captiva - PART 05

Post by Deasegara »

autojohn wrote:
Deasegara wrote:
autojohn wrote:Salam Kenal para master Captiva.
Baru pake captiva fl diesel silver seminggu.
Posisi 30 % di Medan, banyaknya di lukot.

Sekilas pendapat setelah pake captiva
- Tenaga mantap, pingin bejek gas terus
- minornya ya bunyi2, seperti ada grup orkestra di mobil :wkkk:

Mau minta pendapat para master2 disini,
apakah pada masa inreyen, konsumsi minyak akan lebih boros ya
Biasanya lebih boros bro karena clearence rotating partnya masih sangat rapat, sehingga tarikan akan terasa lebih berat dibanding yg sdh jalan > 1000 km.

Kalau suka ngebut bisa dipasang throttle controller+piggy back bro biar tarikan tambah mantab kalau di motor berasa seperti RX King (gas kontan), enak buat nyelip. Piggy P&P 2 jutaan, thottle module 1.5 jt bisa pasang sendiri.
waduh, diracunin terus :mky_01: (just kidding)

kalo pasang piggy p&P apa garansi nya gak hangus??

kayaknya nunggu lewat inreyen dulu deh, kalo jadi pasang pun bisa terasa bedanya.

Yg pake ctv di medan siapa2 aja ya
Ada beberapa beres yg malah nawarin untuk pemasangan piggyback, teknisinya ada yg jg jualan. Kalau takut waktu mau service ke beres tinggal cabut aja tdk ada jejak, selesai service pasang lagi tinggal colok mirip socket PC/lap top. Yah betul sebaiknya tunggu setelah 1000 km bro. Gak perlu piggy yg mahal bro, standard ctv dah kuenceng.
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Re: share captiva - PART 05

Post by Good_boy86 »

@om deasegara

Om, uda pakai oli 2t buat campuran solar selama berapa kilometer? Rencana saya mau coba pakai juga.
Thanks infonya
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: share captiva - PART 05

Post by Deasegara »

Good_boy86 wrote:@om deasegara

Om, uda pakai oli 2t buat campuran solar selama berapa kilometer? Rencana saya mau coba pakai juga.
Thanks infonya
Sudah > 6 rb km, usahakan pake yg JASO FD (Motul 2T 510) dosis secukupnya aja 1:200. Beli di toko oli aja lebih murah, di ace hardware naik 148 rb, diluar bisa dapat 80-100 rb/liter.
autojohn
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Wed Mar 05, 2014 0:29

Re: share captiva - PART 05

Post by autojohn »

Deasegara wrote:
Ada beberapa beres yg malah nawarin untuk pemasangan piggyback, teknisinya ada yg jg jualan. Kalau takut waktu mau service ke beres tinggal cabut aja tdk ada jejak, selesai service pasang lagi tinggal colok mirip socket PC/lap top. Yah betul sebaiknya tunggu setelah 1000 km bro. Gak perlu piggy yg mahal bro, standard ctv dah kuenceng.
pernah nanya masalah piggyback plug n play ama mekanik beres. katanya akan ketahuan juga bila melihat hystory dari ecu. apakah benar?
autojohn
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Wed Mar 05, 2014 0:29

Re: share captiva - PART 05

Post by autojohn »

Deasegara wrote:
Good_boy86 wrote:@om deasegara

Om, uda pakai oli 2t buat campuran solar selama berapa kilometer? Rencana saya mau coba pakai juga.
Thanks infonya
Sudah > 6 rb km, usahakan pake yg JASO FD (Motul 2T 510) dosis secukupnya aja 1:200. Beli di toko oli aja lebih murah, di ace hardware naik 148 rb, diluar bisa dapat 80-100 rb/liter.
@om deasegara
apakah ctv diesel fl ada dpf nya?
kalo lihat ini http://www.4x4community.co.za/forum/arc ... 68220.html dan ini juga http://www.freel2.com/forum/topic878-780.html
(post dr discogeorge)
yg jaso fd gak bagus utk dpf
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: share captiva - PART 05

Post by Deasegara »

Untuk CTV FL yg masuk sini gak tahu ada DPF nya atau gak. Untuk JASO FD lebih banyak detergentnya. Sepertinya yg lebih cocok FC ya, juga lebih murah kalau baca di artikel itu.
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: share captiva - PART 05

Post by axala »

Ngomong2 bedanya di masalah2 n reliability issue dr Captive diesel PFL n FL apa aja :mky_01:

kedengarannya menarik ni ama apa yg ditawarkan ama captive :mky_03:
Pursuit of Perfection
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: share captiva - PART 05

Post by Deasegara »

axala wrote:Ngomong2 bedanya di masalah2 n reliability issue dr Captive diesel PFL n FL apa aja :mky_01:

kedengarannya menarik ni ama apa yg ditawarkan ama captive :mky_03:
Dulu di bulan November 2011 galau antara ambil NFL or FL. Pertimbangan saya waaktu itu harus yg lebih tahan terhadap solar subsidi. Lihat spec mesin : Tekanan rail NFL : 1600 bar, FL : 1800 bar. Port injector nozzle FL lebih kecil. Saya berasumsi ini akan mudah mampet dan kurang reliable pake solar murah. Akhirnya diputuskan ambil NFL dapat last stock untuk warna putih. Sampai saat ini belum pernah ada masalah baik dimesin maupun dalam kabin. Padahal saya sering siksa mesin dan transmisinya.
autojohn
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Wed Mar 05, 2014 0:29

Re: share captiva - PART 05

Post by autojohn »

Deasegara wrote:Untuk CTV FL yg masuk sini gak tahu ada DPF nya atau gak. Untuk JASO FD lebih banyak detergentnya. Sepertinya yg lebih cocok FC ya, juga lebih murah kalau baca di artikel itu.
waduh, terlanjur beli motul 510.
waktu beli belum baca ke 2 link tsb. dipake gak ya?
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: share captiva - PART 05

Post by Deasegara »

autojohn wrote:
Deasegara wrote:Untuk CTV FL yg masuk sini gak tahu ada DPF nya atau gak. Untuk JASO FD lebih banyak detergentnya. Sepertinya yg lebih cocok FC ya, juga lebih murah kalau baca di artikel itu.
waduh, terlanjur beli motul 510.
waktu beli belum baca ke 2 link tsb. dipake gak ya?
Saya juga masih ada stock 1 botol bro, cuma yg NFL gak ada DPF, katalisnya juga sudah saya lepas ganti pipa plong, jadi aman. Sebetulnya untuk daya bersihnya yg paling bagus Jaso FD. Sebelum Motul saya sdh coba Castrol dan Enviro Pertamina Jaso FC. Solarnya pake subsidi or non subsidi bro. Kalau subsidi katalisnya dilepas aja. Dulu di km 30 rb saya lepas 1cm keliling sudah buntu.
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: share captiva - PART 05

Post by axala »

Deasegara wrote:
axala wrote:Ngomong2 bedanya di masalah2 n reliability issue dr Captive diesel PFL n FL apa aja :mky_01:

kedengarannya menarik ni ama apa yg ditawarkan ama captive :mky_03:
Dulu di bulan November 2011 galau antara ambil NFL or FL. Pertimbangan saya waaktu itu harus yg lebih tahan terhadap solar subsidi. Lihat spec mesin : Tekanan rail NFL : 1600 bar, FL : 1800 bar. Port injector nozzle FL lebih kecil. Saya berasumsi ini akan mudah mampet dan kurang reliable pake solar murah. Akhirnya diputuskan ambil NFL dapat last stock untuk warna putih. Sampai saat ini belum pernah ada masalah baik dimesin maupun dalam kabin. Padahal saya sering siksa mesin dan transmisinya.
Artinya PFL = reliable :big_smoking:
interiornya beige pula :mky_02:
Pursuit of Perfection
autojohn
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Wed Mar 05, 2014 0:29

Re: share captiva - PART 05

Post by autojohn »

autojohn wrote:
Deasegara wrote:
Ada beberapa beres yg malah nawarin untuk pemasangan piggyback, teknisinya ada yg jg jualan. Kalau takut waktu mau service ke beres tinggal cabut aja tdk ada jejak, selesai service pasang lagi tinggal colok mirip socket PC/lap top. Yah betul sebaiknya tunggu setelah 1000 km bro. Gak perlu piggy yg mahal bro, standard ctv dah kuenceng.
pernah nanya masalah piggyback plug n play ama mekanik beres. katanya akan ketahuan juga bila melihat hystory dari ecu. apakah benar?
yg ini belum terjawab, :big_childish:
ada yg punya pendapat?
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: share captiva - PART 05

Post by Deasegara »

autojohn wrote:
autojohn wrote:
Deasegara wrote:
Ada beberapa beres yg malah nawarin untuk pemasangan piggyback, teknisinya ada yg jg jualan. Kalau takut waktu mau service ke beres tinggal cabut aja tdk ada jejak, selesai service pasang lagi tinggal colok mirip socket PC/lap top. Yah betul sebaiknya tunggu setelah 1000 km bro. Gak perlu piggy yg mahal bro, standard ctv dah kuenceng.
pernah nanya masalah piggyback plug n play ama mekanik beres. katanya akan ketahuan juga bila melihat hystory dari ecu. apakah benar?
yg ini belum terjawab, :big_childish:
ada yg punya pendapat?
Saya blm pernah scan setelah pasang, nanti saya minta discan kelihatan apa gak. Kalau di mobil Jepang macam innova/fortuner D4D gak ada jejak. Katanya sih kalau light tuning macam racechip gitu gak akan merusak, kenaikanya paling 20-30 %. Yang dituning kan hanya tekanan pompa injector dan sudah diuji masih dalam safety margin dari pabrik. Selama tidak ada kerusakan kan gak masalah bro.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: share captiva - PART 05

Post by Turboman »

History dari ECU otomatis akan terhapus saat kita copot kepala aki / copot sekring ECU (see reset ECU)

Segala kode DTC akan terhapus
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: share captiva - PART 05

Post by Deasegara »

Turboman wrote:History dari ECU otomatis akan terhapus saat kita copot kepala aki / copot sekring ECU (see reset ECU)

Segala kode DTC akan terhapus
Berarti aman, kalau hanya copot piggy tanpa copot sekring/battery gimana pak Turbo, apakah masih ada jejak.
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: share captiva - PART 05

Post by Deasegara »

axala wrote:
Deasegara wrote:
axala wrote:Ngomong2 bedanya di masalah2 n reliability issue dr Captive diesel PFL n FL apa aja :mky_01:

kedengarannya menarik ni ama apa yg ditawarkan ama captive :mky_03:
Dulu di bulan November 2011 galau antara ambil NFL or FL. Pertimbangan saya waaktu itu harus yg lebih tahan terhadap solar subsidi. Lihat spec mesin : Tekanan rail NFL : 1600 bar, FL : 1800 bar. Port injector nozzle FL lebih kecil. Saya berasumsi ini akan mudah mampet dan kurang reliable pake solar murah. Akhirnya diputuskan ambil NFL dapat last stock untuk warna putih. Sampai saat ini belum pernah ada masalah baik dimesin maupun dalam kabin. Padahal saya sering siksa mesin dan transmisinya.
Artinya PFL = reliable :big_smoking:
interiornya beige pula :mky_02:
Sepertinya memang benar demikian bro...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: share captiva - PART 05

Post by Turboman »

Deasegara wrote:
Turboman wrote:History dari ECU otomatis akan terhapus saat kita copot kepala aki / copot sekring ECU (see reset ECU)

Segala kode DTC akan terhapus
Berarti aman, kalau hanya copot piggy tanpa copot sekring/battery gimana pak Turbo, apakah masih ada jejak.
Setahu saya yg namanya ECU itu hanya menyimpan data DTC alias kode error jika pernah terjadi check engine

Kalau selama ini gak pernah CE, maka nggak ada yg disimpan oleh ECU

Kode DTC yg tersimpan bisa dihapus oleh Scanner OBD2 atau cabut kepala aki selama 10 menit misalnya

DTC = Diagnostic Trouble Code
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: share captiva - PART 05

Post by Deasegara »

Turboman wrote:
Deasegara wrote:
Turboman wrote:History dari ECU otomatis akan terhapus saat kita copot kepala aki / copot sekring ECU (see reset ECU)

Segala kode DTC akan terhapus
Berarti aman, kalau hanya copot piggy tanpa copot sekring/battery gimana pak Turbo, apakah masih ada jejak.
Setahu saya yg namanya ECU itu hanya menyimpan data DTC alias kode error jika pernah terjadi check engine

Kalau selama ini gak pernah CE, maka nggak ada yg disimpan oleh ECU

Kode DTC yg tersimpan bisa dihapus oleh Scanner OBD2 atau cabut kepala aki selama 10 menit misalnya

DTC = Diagnostic Trouble Code
OK pak Turbo, thanks pencerahanya, berarti aman.

Last edited by imsus2c on Sun Sep 07, 2014 4:29, edited 1 time in total.
Reason: split