Akselerasi Opel Blazer DOHC

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Joost Maluw
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 23 Oct 2007, 15:22

Akselerasi Opel Blazer DOHC

Post by Joost Maluw »

Bagaimana cara meningkatkan akselerasi Opel blazer DOHC th 97 ?. Ada yang bisa bantu ?.
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: 30 May 2006, 14:02

Re: Akselerasi Opel Blazer DOHC

Post by uch »

Di atas kertas sih ada beberapa tahap untuk meningkatkan akselerasinya Om. Tapi itu dikertas doang, nggak ada yg mau melakukannya karna terlalu ekstrem, costly dan mengubah karakter blazer.

Biasanya owner blazer mencari solusi singkat dengan mencari pendamping BPKB nya blazer..... atau kalo emang hanya boleh 1 dan akselerasi itu sangat penting bgt, ya.....mengganti BPKB nya.. :big_peace:
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: 14 Apr 2007, 22:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Akselerasi Opel Blazer DOHC

Post by €lj€p€ »

Pertanyaan anda sudah saya teruskan ke member : TumisKeris yang kebetulan salah satu dedengkot Blazer Indonesia... Nanti beliau yang akan menjawab.
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
teunget
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 559
Joined: 11 Jan 2009, 01:35
Location: Banda Aceh

Re: Akselerasi Opel Blazer DOHC

Post by teunget »

uch wrote:Di atas kertas sih ada beberapa tahap untuk meningkatkan akselerasinya Om. Tapi itu dikertas doang, nggak ada yg mau melakukannya karna terlalu ekstrem, costly dan mengubah karakter blazer.

Biasanya owner blazer mencari solusi singkat dengan mencari pendamping BPKB nya blazer..... atau kalo emang hanya boleh 1 dan akselerasi itu sangat penting bgt, ya.....mengganti BPKB nya.. :big_peace:
maksud om uch menambah boil atau ganti boil ya....? gak ngerti nih om....maklum ndeso, heheheheh....

btw, klo untuk menaikkan akselerasi pada blazer menurut testi dari rekan2 pengguna blazer yang paling aman dan gak ekstrem, dipasangi turbo cyclone....sayangnya saat acara tumplek-blek di senayan kemarin aku gak sempat test drive blazer yg udh dipasang alat tersebut, jadi gak tau juga perbedaan akselerasi-nya secara langsung, om uch pernah coba?
We've known each other by CHANCE, became friends by CHOICE, still friends by DECISION, and when we say FRIEND FOREVER, that's definitely a lifetime PROMISE !!
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: 30 May 2006, 14:02

Re: Akselerasi Opel Blazer DOHC

Post by uch »

Betul bro Ded, ditambah atau diganti dgn mobil yg lebih sesuai.. :D

Tapi mungkin jawaban gw terlalu instant kali yah... Akselerasi mana nih yg dimaksud ??
Akselerasi bawah (0-100kmh) ? Biasanya ini yg sering "dipersoalkan", di lampu merah sering disalip...he..he...
Akselerasi blazer itu ringan tapi lambat. Biasanya ini yg sering salah kaprah, lambat disebut berat. Padahal kalo gigi 1 dan 2, towel gas dikit aja RPMnya udah melonjak ke RPM 4000-5000 tapi larinya segitu-gitu aja. Ini karena gigi 1 dan 2 blazer itu didesign sangat rendah. Kalo nggak salah di gigi 1 total rasio transmisi dan final gearnya sekitar 1:24. Bandingkan SUV sejenis sekitar 1:14 s/d 1:20. Di gigi 3,4,5 baru deh normal kayak SUV lain. Ini yg sering dicandain dimilist gigi 1 dan 2 blazer itu di Mode Truck ON. Gigi 3 baru pindah ke Mode Sedan ON. Pindah dari gigi 2 ke 3 RPM akan ngedrop turun, jadi biasakan shift up di 2-3 di RPM tinggi. Jadi kalo mo akselerasinya mo cepat, syarat mutlak harus ganti transmisi atau minimal gear 1 dan 2 (itupun belum pernah tahu ada yg cocok dgn transmisi nya blazer).

Karena rasio transmisi yg lebih halus (lebih kenceng) harus dilanjutkan dgn ada option :
1. mo ganti mesin dgn tenaga yg lebih kuat (Di Yogya ada yg pake mesinnya Toyota LC vx 4000 cc).
2. atau ganti/modif body lebih ringan. Kalo nurut cak Donnie, sasis blazer doang beratnya 1 Ton. So silakan diganti sasisnya dgn yg lebih ringan .... :frm_salut:, jgn lupa bemper depan belakang juga besi semua tuh. Silakan ditukar dengan bumper fiber. Kemudian 4 pintunya jg beratnya nauzubillah jg harus diganti (Belon pernah nemu saya pintu mobil yg lebih berat dari pintu blazer). Kalo berat bodynya bisa dikurangi sekitar 500 kg-1 ton, baru deh mesin stdnya yg 2200 cc (mungkin) bisa klop dgn transmisi barunya...
Biasanya kalo udah dijelaskan pilihan 1 dan 2, orang akan lebih milih solusi dgn menambah/mengganti BPKB..he..he.. :big_peace:

Btw, daku termasuk yg pasang turbo "silikon", cuman nggak bisa share hasilnya karna masangnya bersamaan dgn tune up berat. Sekarang sih terasa lebih ringan, tapi setiap habis tune up tanpa ts juga selalu lebih ringan koq. Kalo menurut bro ST jg efeknya itu di RPM tinggi. Bukan akselerasi bawah..
User avatar
Spun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: 06 Feb 2009, 12:59

Re: Akselerasi Opel Blazer DOHC

Post by Spun »

uch wrote:Betul bro Ded, ditambah atau diganti dgn mobil yg lebih sesuai.. :D

Tapi mungkin jawaban gw terlalu instant kali yah... Akselerasi mana nih yg dimaksud ??
Akselerasi bawah (0-100kmh) ? Biasanya ini yg sering "dipersoalkan", di lampu merah sering disalip...he..he...
Akselerasi blazer itu ringan tapi lambat. Biasanya ini yg sering salah kaprah, lambat disebut berat. Padahal kalo gigi 1 dan 2, towel gas dikit aja RPMnya udah melonjak ke RPM 4000-5000 tapi larinya segitu-gitu aja. Ini karena gigi 1 dan 2 blazer itu didesign sangat rendah. Kalo nggak salah di gigi 1 total rasio transmisi dan final gearnya sekitar 1:24. Bandingkan SUV sejenis sekitar 1:14 s/d 1:20. Di gigi 3,4,5 baru deh normal kayak SUV lain. Ini yg sering dicandain dimilist gigi 1 dan 2 blazer itu di Mode Truck ON. Gigi 3 baru pindah ke Mode Sedan ON. Pindah dari gigi 2 ke 3 RPM akan ngedrop turun, jadi biasakan shift up di 2-3 di RPM tinggi. Jadi kalo mo akselerasinya mo cepat, syarat mutlak harus ganti transmisi atau minimal gear 1 dan 2 (itupun belum pernah tahu ada yg cocok dgn transmisi nya blazer).
hahaha... emangnya akselerasi blazer se-lelet apa seh? kalo di bandingin xenia 1000cc gimana? (nih mobil leletnya setengah mampus.. di tol cipularang aja naeknya lambuat banget).. ato masih setara ama panther?

tapi IMHO, blazer kan emang boil SUV yang seharusnya lebih sering dipake di sawah... kalo akselerasi lambat tapi kuat seharusnya bukan kekurangan tapi lebih ke karakternya... hehehe belon pernah nyoba kebo aja udah ngedukung2 kebo.. :big_weee:
-spun-
BlackBlazer BIC#892
....ridin' my new BlackBlazie with pride... :big_exellent:
User avatar
teunget
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 559
Joined: 11 Jan 2009, 01:35
Location: Banda Aceh

Re: Akselerasi Opel Blazer DOHC

Post by teunget »

uch wrote:Betul bro Ded, ditambah atau diganti dgn mobil yg lebih sesuai.. :D

Tapi mungkin jawaban gw terlalu instant kali yah... Akselerasi mana nih yg dimaksud ??
Akselerasi bawah (0-100kmh) ? Biasanya ini yg sering "dipersoalkan", di lampu merah sering disalip...he..he...
Akselerasi blazer itu ringan tapi lambat. Biasanya ini yg sering salah kaprah, lambat disebut berat. Padahal kalo gigi 1 dan 2, towel gas dikit aja RPMnya udah melonjak ke RPM 4000-5000 tapi larinya segitu-gitu aja. Ini karena gigi 1 dan 2 blazer itu didesign sangat rendah. Kalo nggak salah di gigi 1 total rasio transmisi dan final gearnya sekitar 1:24. Bandingkan SUV sejenis sekitar 1:14 s/d 1:20. Di gigi 3,4,5 baru deh normal kayak SUV lain. Ini yg sering dicandain dimilist gigi 1 dan 2 blazer itu di Mode Truck ON. Gigi 3 baru pindah ke Mode Sedan ON. Pindah dari gigi 2 ke 3 RPM akan ngedrop turun, jadi biasakan shift up di 2-3 di RPM tinggi. Jadi kalo mo akselerasinya mo cepat, syarat mutlak harus ganti transmisi atau minimal gear 1 dan 2 (itupun belum pernah tahu ada yg cocok dgn transmisi nya blazer).

Karena rasio transmisi yg lebih halus (lebih kenceng) harus dilanjutkan dgn ada option :
1. mo ganti mesin dgn tenaga yg lebih kuat (Di Yogya ada yg pake mesinnya Toyota LC vx 4000 cc).
2. atau ganti/modif body lebih ringan. Kalo nurut cak Donnie, sasis blazer doang beratnya 1 Ton. So silakan diganti sasisnya dgn yg lebih ringan .... :frm_salut:, jgn lupa bemper depan belakang juga besi semua tuh. Silakan ditukar dengan bumper fiber. Kemudian 4 pintunya jg beratnya nauzubillah jg harus diganti (Belon pernah nemu saya pintu mobil yg lebih berat dari pintu blazer). Kalo berat bodynya bisa dikurangi sekitar 500 kg-1 ton, baru deh mesin stdnya yg 2200 cc (mungkin) bisa klop dgn transmisi barunya...
Biasanya kalo udah dijelaskan pilihan 1 dan 2, orang akan lebih milih solusi dgn menambah/mengganti BPKB..he..he.. :big_peace:

Btw, daku termasuk yg pasang turbo "silikon", cuman nggak bisa share hasilnya karna masangnya bersamaan dgn tune up berat. Sekarang sih terasa lebih ringan, tapi setiap habis tune up tanpa ts juga selalu lebih ringan koq. Kalo menurut bro ST jg efeknya itu di RPM tinggi. Bukan akselerasi bawah..
waaakkss....jadi yg ngaruh juga tetap di RPM tinggi klo pasang TC? kenapa peternak kebo lainnya ngompori aku katanya di tarikan awal lebih yahud? awas ya mereka....dasar tukang racun :upss:

berarti, mending nambah atau tukar BPKB aja ya om? waaah....beda2 orang sih, klo aku biar lebih "lembut" di awal gak masalah, yg penting "kasar" di RPM tinggi, soalnya klo buat keluar kota lbh pede nyalip2 saat sdg kecepatan tinggi (putaran atas), hehehehehe.... :big_slap:
Spun wrote: hahaha... emangnya akselerasi blazer se-lelet apa seh? kalo di bandingin xenia 1000cc gimana? (nih mobil leletnya setengah mampus.. di tol cipularang aja naeknya lambuat banget).. ato masih setara ama panther?

tapi IMHO, blazer kan emang boil SUV yang seharusnya lebih sering dipake di sawah... kalo akselerasi lambat tapi kuat seharusnya bukan kekurangan tapi lebih ke karakternya... hehehe belon pernah nyoba kebo aja udah ngedukung2 kebo.. :big_weee:
bener kyk kata om uch, yg ku rasa juga gitu....saat gigi 1 biar RPM udh sampe di 3000-an, tu kebo jalan aja dia nyantai, makin diinjek gas cuma nambah keras "lenguhan" aja, hehehehe.....makanya klo baru start di lampu merah biasanya aku abis jalan dikit langsung naikin ke gigi 2, dapat RPM 2000 lgsg sikat ke gigi 3....baru deh enak diajak lari tu kebo, dasar kebo.... :upss:
We've known each other by CHANCE, became friends by CHOICE, still friends by DECISION, and when we say FRIEND FOREVER, that's definitely a lifetime PROMISE !!
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: 08 Jul 2007, 06:03

Re: Akselerasi Opel Blazer DOHC

Post by aldy »

Namanya juga SUV amerika kalo ga berat bukan American muscle namanya..Tapi sayang mesinnya japanese style..jadi kurang power.. :big_peace: :big_peace: ..Just intermeso..
Oiya jadi inget tuh Chevrolet Suburban (super panjang n gede) di amrik bobotnya 5ton..ckckckck busyeet dah..Di indon ada yg punya ga yaaa.. :big_smoking:
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
User avatar
teunget
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 559
Joined: 11 Jan 2009, 01:35
Location: Banda Aceh

Re: Akselerasi Opel Blazer DOHC

Post by teunget »

;aldy wrote:Namanya juga SUV amerika kalo ga berat bukan American muscle namanya..Tapi sayang mesinnya japanese style..jadi kurang power.. :big_peace: :big_peace: ..Just intermeso..
Oiya jadi inget tuh Chevrolet Suburban (super panjang n gede) di amrik bobotnya 5ton..ckckckck busyeet dah..Di indon ada yg punya ga yaaa.. :big_smoking:
lho...iya tho om? jadi mesin blazer style-nya jepang ya? wakakakaka....aku malah gak tau om, maklum ndeso sih....taunya cuma pake aja, tapi dulu pernah dengar2 sih....konon katanya blazer di indonesia pake mesinnya holden dari ausy.....tapi gak tau juga sih... :ungg:
We've known each other by CHANCE, became friends by CHOICE, still friends by DECISION, and when we say FRIEND FOREVER, that's definitely a lifetime PROMISE !!
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: 30 May 2006, 14:02

Re: Akselerasi Opel Blazer DOHC

Post by uch »

Bro Tenguet, sama dong (lha kalo nggak sama piye toh). Saya jg nggak terlalu peduli 0-100kmh cepat/enak atau nggak. Tapi yg penting itu setelah 100kmh ke atas enak atau nggak ? :e-dance: :e-dance:

@bro Aldy,
Yaaah...begitulah bro. Ada sih yg mesinnya juga mesin amerika. Tapi ngurusnya lebih susssah....he..he..he..
Fafa
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: 18 Oct 2009, 02:53

Re: Akselerasi Opel Blazer DOHC

Post by Fafa »

Sorry nih ikut nimbrung..

Saya sudah 4 kali gonta-ganti Kebo.,terakhir dapet dari 1st owner LT tahun 1997 dengan km 38,000, really look new..Walaupun harus ditebus dengan harga lebih mahal..Inilah akhir dari pengembaraan saya dengan si Kebo.

Terakhir discuss dengan Donnie (BD) mematahkan asa saya untuk memodifikasi.,karena dia bilang percuma..,mau porting.,polishing.,turbo.,dll tetek bengek.,akhirnya cuma akan kecewa aja..

AKhirnya paling bisa optimize yang masuk2 akal aja..,seperti oli pakai yang sintetis dengan harapan gesekan lebih minim.,sampai ukuran diameter ban yang diperkecil.. Terakhir saya coba pakai BROQUET.,tapi hasilnya biasa saja.. Lha wng dikasih Pertamax Plus aja paling cuma beda 5% doang..

Alhasil sekarang ngakalin dengan "driving style" aja..Hasilnya cukup OK.,bisa uber2an dengan Innova dan bis2 malam di Pantura waktu mudik ke Surabaya kemarin..Bahkan mendaki rute Sarangan-Tawangmangu tanpa ada kendala..,cuma itu.,pindah gigi satu-dua-satu-dua..Overall, cukup enak untuk mobil seharga 50 jutaan..Bahkan CRV dan BMW saya tinggal di rumah.,karena terus terang saya lebih pede pake si Kebo..

Daily use saya juga lebih prefer naik Kebo..

Jadi intinya kita harus paham karakternya si Kebo.,bukan maunya kita dipaksakan ke dia..Kalau dibanding Xenia 1000 cc aja mungkin soal tarikan masih lebih cepat Xenia..Cuma bisa bayangin gak sih kalau Xenia 1000cc "frontal" dalam kecepatan 100 km/jam.,pasti jadi "keripik" tuh.. Saya yakin kalau mesin si Kebo masuk ke Xenia bisa "terbang"..,dan mesin Xenia masuk si Kebo cuma bisa "ngegerung" doang tanpa bisa muter rodanya..,he-he...Asal tau aja.,plat Xenia/Vanza itu cuma sekitar 0.5 mm doang.,dan di beberapa posisi bahkan bisa lebih tipis karena tertarik akibat di pres..Itulah kunci kenapa mobil2 Jepang tarikannya enteng2x..,lha wong mobilnya juga uentengg biangettt...

OOT dikit: Saya pernah beli Avanza G baru.,trus waktu mudik ke Sby.,di Tegal agak "meleng" di lampu merah.,dan dalam kecepatan krg lebih 40 km/jam nabrak mobil Jazz didepan.,dan diseruduk mobil lain di belakang.,alhasil anak2 saya yang lagi bobo mental semua ke depan.,dan mobil gak bisa dipake lagi.,karena radiator bengkok., kap mesin membentuk huruf U.,dan bagasi belakang tidak bisa dibuka lagi karena "dekok"..Setelah masuk asuransi, langsung saya jual..,padahal baru 6 bulan pakai..

Jadi tolonglah tahu diri yang berani kebut-kebutan pakai Xenia/Avanza sperti yang biasa kita lihat hari2 di jalan..

Back to si Kebo.,sebaiknya memang ada share dari yang sudah memodifikasi, atau research tentang kekurangan si Kebo kita.,bisa jadi bisnis bagus tuh..,he-he..

Ada kabar dari Surabaya.,ada yang bisa utak-atik ECU.,sehingga tarikannya lebih enteng..Sudah banyak yang menguji.,dan benar..Waktu saya tanya utk si Kebo.,dia bilang bisa.. Biayanya cuma 300 rb.,dan pengerjaannya gak ada 5 menit..Ada yang tau gak diapain.. Yang ngrejain orang Malang.,dan numpang di Bengkel Auto Bridal-Jemursari.,cuma dia datang 1 minggu sekali setiap hari sabtu doang..,itupun dengan perjanjian..

Ayooo..,apa ada inovasi baru lagi untuk mengentengkan tarikan si Kebo..????
User avatar
Kuncir72
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: 18 Jul 2008, 17:22

Re: Akselerasi Opel Blazer DOHC

Post by Kuncir72 »

Fafa wrote:Sorry nih ikut nimbrung..

Saya sudah 4 kali gonta-ganti Kebo.,terakhir dapet dari 1st owner LT tahun 1997 dengan km 38,000, really look new..Walaupun harus ditebus dengan harga lebih mahal..Inilah akhir dari pengembaraan saya dengan si Kebo.

Terakhir discuss dengan Donnie (BD) mematahkan asa saya untuk memodifikasi.,karena dia bilang percuma..,mau porting.,polishing.,turbo.,dll tetek bengek.,akhirnya cuma akan kecewa aja..

AKhirnya paling bisa optimize yang masuk2 akal aja..,seperti oli pakai yang sintetis dengan harapan gesekan lebih minim.,sampai ukuran diameter ban yang diperkecil.. Terakhir saya coba pakai BROQUET.,tapi hasilnya biasa saja.. Lha wng dikasih Pertamax Plus aja paling cuma beda 5% doang..

Alhasil sekarang ngakalin dengan "driving style" aja..Hasilnya cukup OK.,bisa uber2an dengan Innova dan bis2 malam di Pantura waktu mudik ke Surabaya kemarin..Bahkan mendaki rute Sarangan-Tawangmangu tanpa ada kendala..,cuma itu.,pindah gigi satu-dua-satu-dua..Overall, cukup enak untuk mobil seharga 50 jutaan..Bahkan CRV dan BMW saya tinggal di rumah.,karena terus terang saya lebih pede pake si Kebo..

Daily use saya juga lebih prefer naik Kebo..

Jadi intinya kita harus paham karakternya si Kebo.,bukan maunya kita dipaksakan ke dia..Kalau dibanding Xenia 1000 cc aja mungkin soal tarikan masih lebih cepat Xenia..Cuma bisa bayangin gak sih kalau Xenia 1000cc "frontal" dalam kecepatan 100 km/jam.,pasti jadi "keripik" tuh.. Saya yakin kalau mesin si Kebo masuk ke Xenia bisa "terbang"..,dan mesin Xenia masuk si Kebo cuma bisa "ngegerung" doang tanpa bisa muter rodanya..,he-he...Asal tau aja.,plat Xenia/Vanza itu cuma sekitar 0.5 mm doang.,dan di beberapa posisi bahkan bisa lebih tipis karena tertarik akibat di pres..Itulah kunci kenapa mobil2 Jepang tarikannya enteng2x..,lha wong mobilnya juga uentengg biangettt...

OOT dikit: Saya pernah beli Avanza G baru.,trus waktu mudik ke Sby.,di Tegal agak "meleng" di lampu merah.,dan dalam kecepatan krg lebih 40 km/jam nabrak mobil Jazz didepan.,dan diseruduk mobil lain di belakang.,alhasil anak2 saya yang lagi bobo mental semua ke depan.,dan mobil gak bisa dipake lagi.,karena radiator bengkok., kap mesin membentuk huruf U.,dan bagasi belakang tidak bisa dibuka lagi karena "dekok"..Setelah masuk asuransi, langsung saya jual..,padahal baru 6 bulan pakai..

Jadi tolonglah tahu diri yang berani kebut-kebutan pakai Xenia/Avanza sperti yang biasa kita lihat hari2 di jalan..

Back to si Kebo.,sebaiknya memang ada share dari yang sudah memodifikasi, atau research tentang kekurangan si Kebo kita.,bisa jadi bisnis bagus tuh..,he-he..

Ada kabar dari Surabaya.,ada yang bisa utak-atik ECU.,sehingga tarikannya lebih enteng..Sudah banyak yang menguji.,dan benar..Waktu saya tanya utk si Kebo.,dia bilang bisa.. Biayanya cuma 300 rb.,dan pengerjaannya gak ada 5 menit..Ada yang tau gak diapain.. Yang ngrejain orang Malang.,dan numpang di Bengkel Auto Bridal-Jemursari.,cuma dia datang 1 minggu sekali setiap hari sabtu doang..,itupun dengan perjanjian..

Ayooo..,apa ada inovasi baru lagi untuk mengentengkan tarikan si Kebo..????
Wah ternyata ada yang pengen ngebahas kebo secara spesifik ya.

Sorry numbrung, nih. klo logikanya gue. Sebelum memiliki kebo kita udah sadar dengan apa aja kelebihan dan kekurangannya tuh mobil.
nah klo kita pengen lebih, ya seperti bro aldy bilangin tadi. Kembalikan ke kondratnya "Ganti mesinya dengan chevy 3600cc atau sekalian 4500cc" plus ubah rasio transmisi 1&2nya atau ganti gearboxnya, baru deh apa yang diharapkan "bro joost maluw".

Klo menurut logikanya gue, blazer mengajak kita untuk kalem "safety drive" dan memberikan perlindungan yang maksimal buat siempunyanya.
Gue punya cerita tentang temen gue yang make blazer. dia pernah kecelakan karena di pada saat dia masuk di satu tikungan tiba-tiba ada sapi menyeberang jalan "tau tuh sapi liat kebo dikirain kerabanya kale" karena dalam kecepatan tinggi, dianya banting stir trus mobilnya guling 4 kali di dalam ladang yang kosong(maksudnya ndak ada pohonnya). terbukti disini mobilnya ndak rusak sama sekali, hanya ada goresan-goresan aja di bodinya. kacanya pun ndaka ada yang pecah.
Fafa
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: 18 Oct 2009, 02:53

Re: Akselerasi Opel Blazer DOHC

Post by Fafa »

Ckk..Ckk..Ckkk...

Heroik sekali ya cerita si Kebo melindungi pengasuhnya hanya dengan bajunya..,gak pake Air Bag.,ABS, EBD, dll..

Ada yang bisa ngelawan gak dengan kenyamanan dan keamanan segitu..,seharga Suzuki Carry..??,he-he..
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: 07 May 2008, 21:47

Re: Akselerasi Opel Blazer DOHC

Post by roadtrain99 »

Sy mo tau nih tentang blazer..

Konon mesin blazer, berat tarikkan dan boros? Apa betul? Dalkot fc nya brp?
Yg masuk indo mesinnya chevy atau apa? Ada brp type cc?
Curb weight nya sampai 2ton?

@fafa
Sy lumayan setuju dgn crita avanza nya. Memang hrs hati2 naik mobil apa pun, apalg spt avanza memang bodynya tipis dan cenderung melayang di hi speed. Jgnkan dr dalam, dr luar bs terlihat.
User avatar
frandika
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: 25 Jun 2008, 23:17
Location: Jakarta Barat

Re: Akselerasi Opel Blazer DOHC

Post by frandika »

roadtrain99 wrote:Sy mo tau nih tentang blazer..

Konon mesin blazer, berat tarikkan dan boros? Apa betul? Dalkot fc nya brp?
Yg masuk indo mesinnya chevy atau apa? Ada brp type cc?
Curb weight nya sampai 2ton?

@fafa
Sy lumayan setuju dgn crita avanza nya. Memang hrs hati2 naik mobil apa pun, apalg spt avanza memang bodynya tipis dan cenderung melayang di hi speed. Jgnkan dr dalam, dr luar bs terlihat.
@bro roadtrain99
saya coba jwb hanya dr pengalaman pribadi yah (takut salah hehe)..
Tarikan blazer awal2 (gigi 1&2) bisa dibilang berat tp bkn karena mesin ndak kuat tp emang karakter mesinnya yg gear ratio 1&2 seperti itu (rpm cpt naik tp speed ga cpt nambah), sedangkan kalo dah masuk gigi 3 ampe 5 cukup lah menurut saya. justru kalo pas nanjak2 (cth: cipularang) gitu bisa ngelewatin mbl2 japan dgn mudahnya karena momentum berat si kebo bisa dimanfaatkan pas mantul dr turunan gitu hehe.. FC, utk dalkot dari yg parah ke sehat = 1:5,.. sampe 1:8,.. Mesin kebo yg masuk indo hanya 2 tipe yaitu kebo bule 4x4 mesin Chevrolet ato GM gitu lho (amrik dahh) 4300 CC, trus kebo 4x2 mesin holden (ausy) 2200 CC. berat kebo emang estimasi 2 ton-an.. semoga info ini bisa membantu.. semoga pula saya ndak salah info :big_peace:
-------#BIC-701#--------
User avatar
teunget
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 559
Joined: 11 Jan 2009, 01:35
Location: Banda Aceh

Re: Akselerasi Opel Blazer DOHC

Post by teunget »

Fafa wrote:Ckk..Ckk..Ckkk...

Heroik sekali ya cerita si Kebo melindungi pengasuhnya hanya dengan bajunya..,gak pake Air Bag.,ABS, EBD, dll..

Ada yang bisa ngelawan gak dengan kenyamanan dan keamanan segitu..,seharga Suzuki Carry..??,he-he..

wow....keren om "racun"-nya, jadi pengen hunting blazer nih.....btw, istilah di atas tuh apaan ya om? ABS, EBD, dll....seingatku sih kata org2 yg udh pake blazer, rem-nya udh ABS (apa yg ini yg dimaksud?), soalnya aku masih buta sama sekali tentang istilah2 gituan om, maklum....ndeso....
We've known each other by CHANCE, became friends by CHOICE, still friends by DECISION, and when we say FRIEND FOREVER, that's definitely a lifetime PROMISE !!
Joost Maluw
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 23 Oct 2007, 15:22

Re: Akselerasi Opel Blazer DOHC

Post by Joost Maluw »

Testimoni blazer,
Teman saya tabrakan dengan avanza secara frontal. Dari kejadian ini penumpang Avanza mengalami kejadian fatal (maaf..RIP) dan mobil hancur total sementara penumpang blazer patah kaki dan moncong mobil rusak sampai batas wiper saja. Kejadian lain adalah blazer menabrak truk yang sedang berhenti pada malam hari. Penumpang blazer semua selamat walau mobilnya hancur sampai batas stir (seat belt terpasang). Dari kejadian ini saya tidak jadi mengganti mobil Blz LT 97 saya dengan alasan safety mobil ini sepertinya lebih baik walau minus air bag.
Untuk akselerasi, blazer saya masih imbang imbang dengan inova. Kalau Terano & kapsul sulit melewati Blz, apalagi di pendakian blz unggul, yang bisa melewati Blz waktu itu adalah pajero sport, landcruiser turbo dan fortuner bensin...beda cc soalnya...maklum kebo blz sudah tua.

Terimakasih input teman teman semua mengenai sharing infomasi menambah akselerasi opel blazer yang menurut saya penting percaya diri waktu take over truk truk besar dan mobil lain.
User avatar
Kuncir72
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: 18 Jul 2008, 17:22

Re: Akselerasi Opel Blazer DOHC

Post by Kuncir72 »

teunget wrote:
Fafa wrote:Ckk..Ckk..Ckkk...

Heroik sekali ya cerita si Kebo melindungi pengasuhnya hanya dengan bajunya..,gak pake Air Bag.,ABS, EBD, dll..

Ada yang bisa ngelawan gak dengan kenyamanan dan keamanan segitu..,seharga Suzuki Carry..??,he-he..

wow....keren om "racun"-nya, jadi pengen hunting blazer nih.....btw, istilah di atas tuh apaan ya om? ABS, EBD, dll....seingatku sih kata org2 yg udh pake blazer, rem-nya udh ABS (apa yg ini yg dimaksud?), soalnya aku masih buta sama sekali tentang istilah2 gituan om, maklum....ndeso....
Sepengetahuan saya (klo salah mohon koreksinya) Blazer udah menggunakan teknologi ABS tapi hanya pada ban belakang saja. Ini yang menjadi pertanyaannya kenapa hanya pada ban belakang saja ?
Apakah setelah ganti mesin chevy apakah ABSnya ada di keempat rodanya ?


sistem pengereman yang telah menggunakan sistem ABS, EBD dan BA adalah sistem dimana seluruh pengereman telah diatur oleh ECU ( Electronic Control Unit).
ABS ( Anti-lock Brake System)
Bila roda-roda menjadi terkunci saat rem diberikan, ABS menggunakan komputer untuk mengatur tekanan hidrolik yang diberikan pada silinder-silinder roda dan piston rem piringan. Dengan cara mencegah agar roda-roda tidak terkunci, sistem ini mencegah agar kendaraan tidak tergelincir atau menjadi tidak stabil
http://www.toyota.co.id/technology/safe ... le_id=1884

EBD ( Electronic Force Brake Distribution)
mendistribusikan daya pengereman yang tepat diantara roda-roda depan dan belakang, dan diantara roda-roda kanan dan kiri sesuai dengan kondisi pengendaraan
Sistem ini mengatur daya pengereman roda-roda depan dan belakang sesuai dengan beban pada kendaraan, atau fluktuasi beban yang berkaitan dengan deselerasi. Selanjutnya, sistem ini mengatur daya pengereman roda-roda kanan dan kiri

BA (Brake Assist)
Sistem ini membantu daya pengereman pengemudi dalam keadaan darurat dengan menaikkan daya pengereman.
Walaupun ABS memaksimalkan efektivitas rem-rem saat pedal ditekan penuh, ABS mungkin tidak dapat bekerja bila jumlah usaha tekanan pedal yang kecil (ini sangat membantu kaum hawa yang butuh pengereman yang mendadak)
Sistem bantu rem bekerja saat pengemudi membutuhkan daya pengeraman yang besar, seperti saat pengereman darurat, pengendaraan menuruni bukit, atau saat pengendaraan penuh dengan penumpang atau barang. Saat komputer menentukan kondisi pengereman darurat, ia mengatur tekanan hidrolik guna membantu daya pengereman.
Komputer menentukan apakah daya pengereman yang kuat dibutuhkan dengan cara mengukur kecepatan penerapan pedal rem atau jumlah kenaikan tekanan master cylinder rem.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: 07 May 2008, 21:47

Re: Akselerasi Opel Blazer DOHC

Post by roadtrain99 »

frandika wrote:
roadtrain99 wrote:Sy mo tau nih tentang blazer..

Konon mesin blazer, berat tarikkan dan boros? Apa betul? Dalkot fc nya brp?
Yg masuk indo mesinnya chevy atau apa? Ada brp type cc?
Curb weight nya sampai 2ton?

@fafa
Sy lumayan setuju dgn crita avanza nya. Memang hrs hati2 naik mobil apa pun, apalg spt avanza memang bodynya tipis dan cenderung melayang di hi speed. Jgnkan dr dalam, dr luar bs terlihat.
@bro roadtrain99
saya coba jwb hanya dr pengalaman pribadi yah (takut salah hehe)..
Tarikan blazer awal2 (gigi 1&2) bisa dibilang berat tp bkn karena mesin ndak kuat tp emang karakter mesinnya yg gear ratio 1&2 seperti itu (rpm cpt naik tp speed ga cpt nambah), sedangkan kalo dah masuk gigi 3 ampe 5 cukup lah menurut saya. justru kalo pas nanjak2 (cth: cipularang) gitu bisa ngelewatin mbl2 japan dgn mudahnya karena momentum berat si kebo bisa dimanfaatkan pas mantul dr turunan gitu hehe.. FC, utk dalkot dari yg parah ke sehat = 1:5,.. sampe 1:8,.. Mesin kebo yg masuk indo hanya 2 tipe yaitu kebo bule 4x4 mesin Chevrolet ato GM gitu lho (amrik dahh) 4300 CC, trus kebo 4x2 mesin holden (ausy) 2200 CC. berat kebo emang estimasi 2 ton-an.. semoga info ini bisa membantu.. semoga pula saya ndak salah info :big_peace:
oo..kira2 spt feroza dan terrano ya..rpm tinggi tapi speed naiknya santai begitu?
berarti yg 2.2ltr agak keteteran jg ngusung 2 ton.
fc 1:5/1:8 utk 2.2 atau 4.3 bro?
btw, hp/torque utk masing2 cc brp bro?
thx!
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: 07 May 2008, 21:47

Re: Akselerasi Opel Blazer DOHC

Post by roadtrain99 »

he, abs di blazer malah utk rear wheels??? but rear wheels kan ga belok..?
apa bener begitu?
frank
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 49
Joined: 05 Jan 2009, 09:54

Re: Akselerasi Opel Blazer DOHC

Post by frank »

yang bikin arah mobil liar2 tidak karuan di-rem mendadak, juga dari roda belakang mengunci. harusnya ABS tetep buat 4 roda.
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: 30 May 2006, 14:02

Re: Akselerasi Opel Blazer DOHC

Post by uch »

Betul, yg suka ngebuang dan mlintir kalo direm mendadak kan roda belakang. Yg suka muter 180% kayak di pelem2 atau di slalom test roda belakang juga.

Dan ternyata roda belakang blazer itu pake drum yg suka ngelock kalo nggak pake ABS.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: 07 May 2008, 21:47

Re: Akselerasi Opel Blazer DOHC

Post by roadtrain99 »

oo di blazer begitu..

sy taunya dari mobil2 yg sy alamin ada abs, kalo yg blm 4 roda abs, minimal 2 roda yaitu yg depan. sebab biasanya power rem paling besar yg depan dan yg membelokkan mobil juga ban depan.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: 07 May 2008, 21:47

Re: Akselerasi Opel Blazer DOHC

Post by roadtrain99 »

uch wrote:Betul, yg suka ngebuang dan mlintir kalo direm mendadak kan roda belakang. Yg suka muter 180% kayak di pelem2 atau di slalom test roda belakang juga.

Dan ternyata roda belakang blazer itu pake drum yg suka ngelock kalo nggak pake ABS.
gw share dikit bro...

ban belakang cenderung ngelock krn berat body mobil sewkt direm ditransfer ke bagian depan, sehingga bagian belakang menjadi lebih ringan jadinya ban belakang mudah ngelock. bs terjadi dgn disc/drum.
dan kalo udah ngelock biasanya bagian ekor ngepot.

kurang lebih sama spt di motor, kebetulan di bike training/forum sering dibicarain. biasanya diajarin sebisa mungkin pakai rem depan lebih kuat ketimbang yg belakang. kalo di mobil biasa nya dari pabrikan *cmiiw* udah di set lebih pakem yg depan.

kalo liat di rally, biasanya si driver seblm masuk tkungan U / patah, misalnya tikungan ke kiri, dari jauh si driver unbalance atau ngebuang ekor ke kiri moncong ke kanan, supaya pas belok ke kiri nya, ban belakang di lock ekor nya gampang belok. yg dari sy liat sih begitu. kurang lebih sama lah dgn slalom atau drifting.
User avatar
Spun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: 06 Feb 2009, 12:59

Re: Akselerasi Opel Blazer DOHC

Post by Spun »

Kuncir72 wrote: Sorry numbrung, nih. klo logikanya gue. Sebelum memiliki kebo kita udah sadar dengan apa aja kelebihan dan kekurangannya tuh mobil.
nah klo kita pengen lebih, ya seperti bro aldy bilangin tadi. Kembalikan ke kondratnya "Ganti mesinya dengan chevy 3600cc atau sekalian 4500cc" plus ubah rasio transmisi 1&2nya atau ganti gearboxnya, baru deh apa yang diharapkan "bro joost maluw".

Klo menurut logikanya gue, blazer mengajak kita untuk kalem "safety drive" dan memberikan perlindungan yang maksimal buat siempunyanya.
Gue punya cerita tentang temen gue yang make blazer. dia pernah kecelakan karena di pada saat dia masuk di satu tikungan tiba-tiba ada sapi menyeberang jalan "tau tuh sapi liat kebo dikirain kerabanya kale" karena dalam kecepatan tinggi, dianya banting stir trus mobilnya guling 4 kali di dalam ladang yang kosong(maksudnya ndak ada pohonnya). terbukti disini mobilnya ndak rusak sama sekali, hanya ada goresan-goresan aja di bodinya. kacanya pun ndaka ada yang pecah.
hehehe gw punya game 4x4 evolution, di dalemnya banyak chevy blazer en yang mirip2 (tahoe, de el el) en mesinnya guede2... sempet bingung juga waktu sadar mesin kebo lokal "cuma" 2200cc. tapi yah kalo di indo yang notabene mobil "irit" lebih di cari, ganti mesin udah solusi terbaik buat ATPM. wong mesin segitu aja ribuan orang bilang kalo kebo tuh boros.. tapi yah mobil yang standar mesinnya 3600cc-4500cc diganti jadi 2200cc konsekuensinya mesinnya jadi "ngos-ngosan" buat narik bodi segitu berat.

mungkin emang blazer cocok buat gw en orang-orang yang bawa mobilnya gusrak-gusruk en bejek2 gas biar berubah jadi orang yang lebih kalem bawa mobilnya... hehehe :big_weee:
-spun-
BlackBlazer BIC#892
....ridin' my new BlackBlazie with pride... :big_exellent:
Post Reply