share captiva - PART 03

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: share captiva - PART 03

Post by esh »

evolution21 wrote:kenapa dijual Um Esh?
harganya tinggi jg ya 2 taun bisa laku 270
doq wrote:panteslah tinggi......lha wong plastik jok masih rapi semua, sampe plastik2 tempelan masih ada semua :upss:
:ngacir:
bukan yang saya pakai oom :big_peace:
zweifellos wrote:dulu beli berapa om?
beli harga 310 juta belum diskon.
Tjiewei
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Tue Feb 14, 2012 0:40
Location: Karawang

Re: share captiva - PART 03

Post by Tjiewei »

Kalo pemilik captiva disini sdh ada yg pernah kuras tangki?maksudnya kuras tangki itu gmn ya?apa dicopot,atau hanya dibuang dan dibilas ditempatnya tanpa dicopot
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: share captiva - PART 03

Post by poeticmind »

kuras tangki itu tangki bahan bakar dilepas dan dibersihkan diluar, pengerjaan nya harus benar2 bersih... biasanya kuras tangki itu ada baiknya jangan pas bahan bakar dalam keadaan full, jadi tidak terbuang...
sewaktu tangki bahan bakar turun, sekalian semua saluran dicek dan filter jangan lupa diganti baru. pengerjaan kuras ini butuh waktu sekitar seharian, jadi sebaiknya dari pagi hari.
Image
User avatar
nicky
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: Thu Nov 17, 2005 16:27
Location: Tambun
Daily Vehicle: Santa Fe CRDI

Re: share captiva - PART 03

Post by nicky »

Turboman wrote:
boyzgrudge wrote: 1. klo yg plug n play powerplug yah ?
2. memory 5 settingan apa om n bisa beli dmana ? thx
1. Juga Race Chip

2. Dastek Q dan Q+
om turbo mohon info donk,bisa beli dimana ya racechip pro itu?
ane ubek" kas**s,mod**m & mbah google kok gak ada yg jual ya..

thanks
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: share captiva - PART 03

Post by Turboman »

nicky wrote: om turbo mohon info donk,bisa beli dimana ya racechip pro itu?
pak Rico 08111082297

Kalo Powerplug hubungi um Aldi, ada threadnya di sini
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: share captiva - PART 03

Post by Profith83 »

Bung Evo

MGO - stabil itu kepanjangan apa ?
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: share captiva - PART 03

Post by evolution21 »

my green oil
ada di ace pak
User avatar
nicky
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: Thu Nov 17, 2005 16:27
Location: Tambun
Daily Vehicle: Santa Fe CRDI

Re: share captiva - PART 03

Post by nicky »

Turboman wrote:
nicky wrote: om turbo mohon info donk,bisa beli dimana ya racechip pro itu?
pak Rico 08111082297

Kalo Powerplug hubungi um Aldi, ada threadnya di sini
wah.. terima kasih utk infonya om turbo.. :mky_02:

btw, powerplug itu yg ane tau belum ada buat captiva diesel,
nah kalo racechip pro ini sudah ada belum ya?
Tjiewei
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Tue Feb 14, 2012 0:40
Location: Karawang

Re: share captiva - PART 03

Post by Tjiewei »

Setelah membaca dan browsing2,saya kog menyimpulkan:
Mesin diesel modern yang menawarkan akselerai yg baik,senyap dan segala fitur tambahannya sepertinya merupan suatu kemajuan tehnologi yg luar biasa,sepertinya penyempurnaan dari mesin diesel ini dilakukan dengan suatu riset tehnologi yg menghasilkan lompatannluar biasa dari ebuah disel yg senyap,tanpa getar,dan bisa ngebut,polusi yg lbh baik daripada meain bensin,akselasi dan hemat energi,karna mmg diesel bisa menempuh lbh jauh drpd mesin bensin dengan jumlah bbm yg sama.
Namun semua itu masih harus ditebus dengan biaya yg mahal terutama dibahan bakar.walaupun banyak dilakukan namun mengamputasi cc bukanlahnjalan yg benar hanya agar bisa menenggak solar biasa yg hi sulphur,sdgkan low cetane menghasilkan pembakaran tdk sempurna shg lama kelamaan mein menjadi kasar,karna pembakaran yg tdk sempurna ,
mencopot dan menguras tangki juga menurut saya bukan jalan yg tepat,karna tangki bahan bakar tdk untuk dicopot pasang.
Namun saya juga menemukan fakta dari browsing bahwa kadar sulphur yg terlalu rendah juga memicu gesekan piston yg menyebabkan piston menjadi cacat,karna sulphurbsendiri juga merupak pelumas.
Saya menarik kesimpulan bahwa pemakaian pertamina dex(bukan disel shell-karna kandungan sulphur masih tinggi) adlah jalan terbaik,namun pemakaian solar subsidi juga tetap bisa digunakan dengan catatan mengganti filter solar setiap 7500,dan bahan bakarnya harus memakai cetane booster.mengganti cc dengan down pipe plong,tdk diperlukan lagi apabila sering mengganti saringan solar.mengganti cc dengan downpe hanya dilakukan apabila ditemukan ccnya mampet,dikarenakan bahan bakar bukannyg lain,setelah rajinnmengganti filter solar.
Sebagai calon pengguna disel ,merek apakah cetane booster yg terbukti baik?
Tanggapan ?silahkan...
User avatar
mzrch
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Tue Jul 08, 2008 11:01

Re: share captiva - PART 03

Post by mzrch »

Met siang master2..
Kemarin siang mampir ke Andalan nanya captiva diesel AT 2012, di price list 355jt dan ga ada diskon sama sekali..Apa iya? Bonus dpt kaca film, karpet ori dan surat jalan sementara..
Ada rekan2 SM yg udah beli captiva baru-baru ini? Mohon masukannya ya master2..
Maap ya kalo OOT :mky_01:
| BIC # 714 |
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: share captiva - PART 03

Post by Turboman »

Tjiewei wrote: Namun semua itu masih harus ditebus dengan biaya yg mahal terutama dibahan bakar.walaupun banyak dilakukan namun mengamputasi cc bukanlahnjalan yg benar hanya agar bisa menenggak solar biasa yg hi sulphur,sdgkan low cetane menghasilkan pembakaran tdk sempurna shg lama kelamaan mein menjadi kasar,karna pembakaran yg tdk sempurna ,
mencopot dan menguras tangki juga menurut saya bukan jalan yg tepat,karna tangki bahan bakar tdk untuk dicopot pasang.
Namun saya juga menemukan fakta dari browsing bahwa kadar sulphur yg terlalu rendah juga memicu gesekan piston yg menyebabkan piston menjadi cacat,karna sulphurbsendiri juga merupak pelumas.
Saya menarik kesimpulan bahwa pemakaian pertamina dex(bukan disel shell-karna kandungan sulphur masih tinggi) adlah jalan terbaik,namun pemakaian solar subsidi juga tetap bisa digunakan dengan catatan mengganti filter solar setiap 7500,dan bahan bakarnya harus memakai cetane booster.mengganti cc dengan down pipe plong,tdk diperlukan lagi apabila sering mengganti saringan solar.mengganti cc dengan downpe hanya dilakukan apabila ditemukan ccnya mampet,dikarenakan bahan bakar bukannyg lain,setelah rajinnmengganti filter solar.
Sebagai calon pengguna disel ,merek apakah cetane booster yg terbukti baik?
Tanggapan ?silahkan...
Ini sebetulnya yg mau dicari apa yah ?

Kalo mau belajar piara Diesel bisa coba start dari yg gampang dulu dgn mobil Diesel konvensional spt Kijang Kapsul Diesel / Panther / Kuda Diesel, nanti lama2 akan paham apa2 aja point2 pentingnya.

Soal CC mampet krn sulphur tinggi itu udah banyak buktinya.

Sulphur dari Diesel fuel hanya bisa dikurangi dgn proses hydrotreating di kilang minyak, filter BBM gak akan bisa mengurangi kadar sulphur.

Tetapi yg perlu diingat bahwa jelaga itu gak hanya diakibatkan oleh kadar sulphur, pembakaran Diesel fuel yg kurang sempurna juga akan menghasilkan jelaga / PM (Particulate Matters)

Additive solar yg oke yg sy pernah coba di antaranya : Redline 85+ / Total Cetane booster / Diesel Power tutup biru atau MAX Cetane boost tutup hitam - botol besar / CRC Diesel Complete Fuel system cleaner yg sticker biru muda / Amsoil ADF.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: share captiva - PART 03

Post by Turboman »

nicky wrote: nah kalo racechip pro ini sudah ada belum ya?
utk Captiva VCDi gen.1 ada, kalo yg VCDi FL harus tanya lgs ke pak Rico
Tjiewei
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Tue Feb 14, 2012 0:40
Location: Karawang

Re: share captiva - PART 03

Post by Tjiewei »

Mas turboman,cetane booster yg disebutkan itu yg menurut situ plg baik(bukan plg mahal)itu yg merek apa?trus beli dimana pak?tks
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: share captiva - PART 03

Post by Turboman »

Tjiewei wrote:Mas turboman,cetane booster yg disebutkan itu yg menurut situ plg baik(bukan plg mahal)itu yg merek apa?trus beli dimana pak?tks
Anda lebih dekat ke Toda atau ke ACE Hardware ?
Tjiewei
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Tue Feb 14, 2012 0:40
Location: Karawang

Re: share captiva - PART 03

Post by Tjiewei »

Ke ace hardware kelapa gading ada gak ya?mas kadar sulphur tinggi bisa meyumpat cc,bisa saya dat dimana ya?maksudnya artikel atau apalah ,btw mas turboman skrg bawa mobil captiva?dah brp thn?oya saya sebetulnya dah bosan pake mobil bensin,mau beralih ke solar makin baca makin bingung,seperti barusan baca kadar sulpur rendah sekali juga merusak mesin,kadar sulphur rendah diwajibkan oleh negara2 maju,untuk menekan polusi,sementara indonesiakan belum kearah situ,bis yg ngebul kayak kebakaran aja masih dibiarkan jalanmakanya saya punya pikiran apa kadar sulphur tinggi semata mata hanya menyebabkan polusi aja,kalo di mesin bensinkan timbal yg bisa menyumpat cc,sami sekarang belum spk nih,he he maju mundur
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: share captiva - PART 03

Post by esh »

@Tjiewei: kesimpulannya nggak semuanya benar tuh. Itu komentar dari mayoritas pengamat, bukan pemakai.

Saya koreksi statement yang jelas salah yaitu kadar sulfur tidak ada hubungannya dengan keausan engine piston. Kalau dengan piston pompa injeksi solar itu baru betul.

Yang jelas kalau pake mesin diesel captiva sejauh pengalaman saya dan rekan2 SM yang lain tidak perlu sekuatir itu. Harga jual bekas yang relatif tinggi merupakan bukti kepercayaan pasar terhadap mesin diesel captiva.

Mengenai Cetane booster yang paling saya rasakan efeknya adalah Liqui Moly Super Additiv.
Tjiewei
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Tue Feb 14, 2012 0:40
Location: Karawang

Re: share captiva - PART 03

Post by Tjiewei »

Thanks bro turboman,for your kindness, :frm_salut:
Tjiewei
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Tue Feb 14, 2012 0:40
Location: Karawang

Re: share captiva - PART 03

Post by Tjiewei »

esh wrote:@Tjiewei: kesimpulannya nggak semuanya benar tuh. Itu komentar dari mayoritas pengamat, bukan pemakai.

Saya koreksi statement yang jelas salah yaitu kadar sulfur tidak ada hubungannya dengan keausan engine piston. Kalau dengan piston pompa injeksi solar itu baru betul.

Yang jelas kalau pake mesin diesel captiva sejauh pengalaman saya dan rekan2 SM yang lain tidak perlu sekuatir itu. Harga jual bekas yang relatif tinggi merupakan bukti kepercayaan pasar terhadap mesin diesel captiva.

Mengenai Cetane booster yang paling saya rasakan efeknya adalah Liqui Moly Super Additiv.
Thanks bro,beli di ace hardware juga ya?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: share captiva - PART 03

Post by Turboman »

Tjiewei wrote:Ke ace hardware kelapa gading ada gak ya?mas kadar sulphur tinggi bisa meyumpat cc,bisa saya dat dimana ya?maksudnya artikel atau apalah ,btw mas turboman skrg bawa mobil captiva?dah brp thn?oya saya sebetulnya dah bosan pake mobil bensin,mau beralih ke solar makin baca makin bingung,seperti barusan baca kadar sulpur rendah sekali juga merusak mesin,kadar sulphur rendah diwajibkan oleh negara2 maju,untuk menekan polusi
ACE Hrdw = CRC / Dies Pwr Max Cet B / Redline 85+

Kadar sulphur rendah mmg benar menyebabkan daya lumas solar berkurang, tapi itu kalo udah maen di level 50 ppm, kalo masih di level 300 an ppm sih masih aman, apalagi di indoensia masih byk yg above 1000 ppm

tapi lubricity additive sih mudah sekali, kalo di negara2 ERopa ya Diesel Fuel-nya pasti dikasih lubricity additive.
Tjiewei
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Tue Feb 14, 2012 0:40
Location: Karawang

Re: share captiva - PART 03

Post by Tjiewei »

Kalo Liqui Moly Super Additiv beli dimana?harga brp ukuran?he he sori bos nanya terus
Tjiewei
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Tue Feb 14, 2012 0:40
Location: Karawang

Re: share captiva - PART 03

Post by Tjiewei »

Eh sori yg kasih Liqui Moly Super Additiv info mr esh ..
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Re: share captiva - PART 03

Post by Good_boy86 »

Turboman wrote:
Tjiewei wrote:Ke ace hardware kelapa gading ada gak ya?mas kadar sulphur tinggi bisa meyumpat cc,bisa saya dat dimana ya?maksudnya artikel atau apalah ,btw mas turboman skrg bawa mobil captiva?dah brp thn?oya saya sebetulnya dah bosan pake mobil bensin,mau beralih ke solar makin baca makin bingung,seperti barusan baca kadar sulpur rendah sekali juga merusak mesin,kadar sulphur rendah diwajibkan oleh negara2 maju,untuk menekan polusi
ACE Hrdw = CRC / Dies Pwr Max Cet B / Redline 85+

Kadar sulphur rendah mmg benar menyebabkan daya lumas solar berkurang, tapi itu kalo udah maen di level 50 ppm, kalo masih di level 300 an ppm sih masih aman, apalagi di indoensia masih byk yg above 1000 ppm

tapi lubricity additive sih mudah sekali, kalo di negara2 ERopa ya Diesel Fuel-nya pasti dikasih lubricity additive.

om turboman, sori kalo saya belum2 bertanya..
kalo boleh tau, apakah om turboman pernah coba my green oil untuk mobil diesel captiva?
saya masih bingung, karena saya cari di botol atau kotaknya, tidak terdapat komposisi bahan my green oil. jadi saya agak ragu untuk dipakai di mesin diesel captiva.
untuk saat ini, saya sudah inden captiva.. jadi mesti banyak2 belajar maintenance, biar performa mesin ga turun :D:D

thanks om turboman
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: share captiva - PART 03

Post by esh »

Tjiewei wrote:Eh sori yg kasih Liqui Moly Super Additiv info mr esh ..
Beli di Ace juga, harga 99 ribu sekaleng. Dosis pemakaian sekali tuang untuk full tank.

http://www.liqui-moly.de/liquimoly/prod ... db=web.nsf
Tjiewei
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: Tue Feb 14, 2012 0:40
Location: Karawang

Re: share captiva - PART 03

Post by Tjiewei »

Thank you
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: share captiva - PART 03

Post by Turboman »

@ Good boy :.
MGO pernah test sekali en udah itu saya gak pernah pake lagi....ha ha