Help Matic XL7
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 227
- Joined: Fri Nov 23, 2007 5:52
Help Matic XL7
Dear all,
Saya ingin tanya matic XL7, saat engine off shifter matic di posisi “Nâ€Â, kunci kontak knp bisa dicabut ya….., baru ngeh tadi malem neeh, so menurut yg saya tau di mobil lain ga bisa tuh dicabut saat kondisi seperti itu.
Jika hal tersebut abnormal pada XL7 kira2 masalahnya ada dimana ya, atau memang sengaja ada yg bisa modifikasi untuk hal tsb, maklum beli 2nd.
Salam
Saya ingin tanya matic XL7, saat engine off shifter matic di posisi “Nâ€Â, kunci kontak knp bisa dicabut ya….., baru ngeh tadi malem neeh, so menurut yg saya tau di mobil lain ga bisa tuh dicabut saat kondisi seperti itu.
Jika hal tersebut abnormal pada XL7 kira2 masalahnya ada dimana ya, atau memang sengaja ada yg bisa modifikasi untuk hal tsb, maklum beli 2nd.
Salam
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3107
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Help Matic XL7
kyknya tergantung jenis maticnya deh broo. ada yang bisa di cabut pas di N ada juga yang tidak..
kalo gk salah matic kyk Terios Xenia gitu pas di N juga bisa di cabut deh kalo tidak salah ya.
kalo gk salah matic kyk Terios Xenia gitu pas di N juga bisa di cabut deh kalo tidak salah ya.
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: Help Matic XL7
mas neo300400, mohon maaf buku manual belum saya kirim. berhubung satu supir yang biasa urusan kantor sedang tidak masuk.
Setahu saya sistem A/T nya XL_7 masih kuno.. biasa-2 saja. Pengamanan hanya pada waktu posisi bukan di P, mesin tidak bisa distart. Waktu parkir, gigi juga bisa dipindah tanpa release shift lock.
Kalau ada pertanyaan lain, ditulis saja nanti di rumah saya jawab.
Setahu saya sistem A/T nya XL_7 masih kuno.. biasa-2 saja. Pengamanan hanya pada waktu posisi bukan di P, mesin tidak bisa distart. Waktu parkir, gigi juga bisa dipindah tanpa release shift lock.
Kalau ada pertanyaan lain, ditulis saja nanti di rumah saya jawab.
Dari Solo ke Oslo
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 227
- Joined: Fri Nov 23, 2007 5:52
Re: Help Matic XL7
Gitu ya bro...., ane coba bandingkan dgn beberapa merk saja, ane lom coba untuk terios-rush.m4rio wrote:kyknya tergantung jenis maticnya deh broo. ada yang bisa di cabut pas di N ada juga yang tidak..
kalo gk salah matic kyk Terios Xenia gitu pas di N juga bisa di cabut deh kalo tidak salah ya.
Cm jd rada ane saja , tapi ada untungnya saat dapet parkir yg mesti didorong2
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 227
- Joined: Fri Nov 23, 2007 5:52
Re: Help Matic XL7
Gpp om kirimnya kapan saja kl ada waktu yang pas, yg penting saya sudah ada pegangan kl suatu saat saya pasti punya.€lj€p€ wrote:mas neo300400, mohon maaf buku manual belum saya kirim. berhubung satu supir yang biasa urusan kantor sedang tidak masuk.
Setahu saya sistem A/T nya XL_7 masih kuno.. biasa-2 saja. Pengamanan hanya pada waktu posisi bukan di P, mesin tidak bisa distart. Waktu parkir, gigi juga bisa dipindah tanpa release shift lock.
Kalau ada pertanyaan lain, ditulis saja nanti di rumah saya jawab.
Iya om posisi "N" juga bisa distart tuh, lain dari itu memang tidak bisa. Saya fikir maticnya seperti matic2 lainnya , soalnya shifter di posisi apapun bisa cabut kunci kontak.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 227
- Joined: Fri Nov 23, 2007 5:52
Re: Help Matic XL7
Satu lg yang berhubungan dengan matic, di service manual ditertulis kl oli matic harus diganti setelah sekian km, jika oli matic dikeluarkan dari drain hole maka pengisiannya cukup 2,5liter saja, tapi bila di overhaul pengisiannya jadi 7.1liter.
Kl kita simak keterangan diatas berarti setiap kita ganti oli matic sesungguhnya bukan ganti tapi mencampur sisa oli lama dengan oli baru dengan perbandingan 2,5lt oli baru & 4,6liter oli lama
Apa seperti itukah yang berlaku?
Kl kita simak keterangan diatas berarti setiap kita ganti oli matic sesungguhnya bukan ganti tapi mencampur sisa oli lama dengan oli baru dengan perbandingan 2,5lt oli baru & 4,6liter oli lama
Apa seperti itukah yang berlaku?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: Help Matic XL7
Iya betul. Jadi pada waktu penggantian oli 2,5 L setiap 20.000 km, itu hanya yang di oil pan matik. Sekedar meningkatkan viscositas oli matik.neo300400 wrote:Satu lg yang berhubungan dengan matic, di service manual ditertulis kl oli matic harus diganti setelah sekian km, jika oli matic dikeluarkan dari drain hole maka pengisiannya cukup 2,5liter saja, tapi bila di overhaul pengisiannya jadi 7.1liter.
Kl kita simak keterangan diatas berarti setiap kita ganti oli matic sesungguhnya bukan ganti tapi mencampur sisa oli lama dengan oli baru dengan perbandingan 2,5lt oli baru & 4,6liter oli lama
Apa seperti itukah yang berlaku?
kalau yang 7.1 L itu namanya flush.. jadi oli lama di gelontor pakai oli baru. Ini setiap 40.000 km.
Ingat, jalan di Jakarta itu lebih sering macet sehingga panas, yang mana bisa mengurangi viscositas oli. Jadi penggantian oli disini harus lebih sering. Ada kok di thread "penggantian oli matic"
Dari Solo ke Oslo
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Help Matic XL7
saya rasa ga ada masalah soal kunci bisa dicabut or tidak... karena suzuki saya pun posisi N bisa dicabut. malah enak, ga ribet kalo harus parkir dalam keadaan free.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 227
- Joined: Fri Nov 23, 2007 5:52
Re: Help Matic XL7
Di service manual disebutkan overhaul, jadi dlm fikiran saya ketika ingin ganti semua oli matic, matic unit mesti turun, ternyata tidak seperti itu caranya ya om, hanya didorong (di gelontor sm oli baru .€lj€p€ wrote: Iya betul. Jadi pada waktu penggantian oli 2,5 L setiap 20.000 km, itu hanya yang di oil pan matik. Sekedar meningkatkan viscositas oli matik.
kalau yang 7.1 L itu namanya flush.. jadi oli lama di gelontor pakai oli baru. Ini setiap 40.000 km.
Ingat, jalan di Jakarta itu lebih sering macet sehingga panas, yang mana bisa mengurangi viscositas oli. Jadi penggantian oli disini harus lebih sering. Ada kok di thread "penggantian oli matic"
Betul om saya setuju, cm rada kaget aja, jgn2 setelah kunci lepas matic bisa rontokpoeticmind wrote:saya rasa ga ada masalah soal kunci bisa dicabut or tidak... karena suzuki saya pun posisi N bisa dicabut. malah enak, ga ribet kalo harus parkir dalam keadaan free.
------------------------
Rencana saya memang akan ganti semua oli yang ada (mesin, matic, rem, PS, cardan), karena saya ga yakin dgn history mobil saya, ada rekomendasi merk & type ttg oli2 tsb?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Help Matic XL7
rontok sih tidak bro... tapi kalo ditarik (mogok misalnya), itu baru bisa rontok... so, mobil lebih baik digendong.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 227
- Joined: Fri Nov 23, 2007 5:52
Re: Help Matic XL7
Gitu ya om...., walaupun diderek shifter di posisi N tetap rontok ya?poeticmind wrote:rontok sih tidak bro... tapi kalo ditarik (mogok misalnya), itu baru bisa rontok... so, mobil lebih baik digendong.
Dulu sampai menjelang punya matic saya ga pernah peduli perlakuan & maintenance mobil matic, yg penting tinggal ngisi bensin & injek gas mobil bersih, makanya jd ga ngerti perlakuan saat mogok ataupun maintenancenya, giliran saatnya sekarang ada jd binun deh.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Help Matic XL7
betul bro... coba iseng baca2 manual book mobil. disana ada cara2 bagaimana menderek mobil, dan service book utk mengetahui kapan mengganti atau kuras oli matic.
perawatan matic sangat mudah kok... selama matic itu sehat, pasti awet.
perawatan matic sangat mudah kok... selama matic itu sehat, pasti awet.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: Help Matic XL7
iya pak poetic, beliau belum baca manual book karena masih menunggu kiriman dari saya. Sudah saya buatkan fotocopy tetapi belum sempat dikirim. Hari Senin besok deh... sekali lagi maaf ya pak neo...poeticmind wrote:betul bro... coba iseng baca2 manual book mobil. disana ada cara2 bagaimana menderek mobil, dan service book utk mengetahui kapan mengganti atau kuras oli matic.
perawatan matic sangat mudah kok... selama matic itu sehat, pasti awet.
Dari Solo ke Oslo
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Help Matic XL7
oya... hehehe maap, saya yg lupa sudah ada postingan nya di atas.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 227
- Joined: Fri Nov 23, 2007 5:52
Re: Help Matic XL7
Kl waktunya senggang saja om jgn sampai mengganggu aktivitas, dengan pencerahan semua temen2 SM bagi saya sangat membantu sekali untuk tau secara perlahan merawat si silver .€lj€p€ wrote: iya pak poetic, beliau belum baca manual book karena masih menunggu kiriman dari saya. Sudah saya buatkan fotocopy tetapi belum sempat dikirim. Hari Senin besok deh... sekali lagi maaf ya pak neo...
Besok juga saya mulai hunting velg & ban sesuai arahan Om €lj€p€ beberapa hari lalu, tapi belum beranjak ke liftkit om dananya terbatas
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Help Matic XL7
pelan2 aja bro... oom Eljepe aja modifnya bertaun2.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 227
- Joined: Fri Nov 23, 2007 5:52
Re: Help Matic XL7
Tul om, yang penting mah sekarang bisa ngedelinding rada enakan, semua balik ke standar dulu.poeticmind wrote:pelan2 aja bro... oom Eljepe aja modifnya bertaun2.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Help Matic XL7
memang XL7 nya full modif, ya bro?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 227
- Joined: Fri Nov 23, 2007 5:52
Re: Help Matic XL7
Ga juga Om, cm yg menggajal dr XL7 saya adalah pemakaian velg 18 yg mana menurut saya jadi kurang macho & bisa mengurangi kenyamanan. Jadi back to basic style dulu, kl ada dana arahannya berubah mo dibuat mobil laki2, mulai dr liftkit sampe 4x4, cm sayangnya Matic .poeticmind wrote:memang XL7 nya full modif, ya bro?
Sekalian tanya om, kl pake velg 15" diskbrake mentok ga ya
tq
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: Help Matic XL7
mobil 6 silinder.. disc brake nya besar lho...disesuaikan dengan tenaga yang dihasilkan... hati-2 jangan diganggu...neo300400 wrote:Ga juga Om, cm yg menggajal dr XL7 saya adalah pemakaian velg 18 yg mana menurut saya jadi kurang macho & bisa mengurangi kenyamanan. Jadi back to basic style dulu, kl ada dana arahannya berubah mo dibuat mobil laki2, mulai dr liftkit sampe 4x4, cm sayangnya Matic .poeticmind wrote:memang XL7 nya full modif, ya bro?
Sekalian tanya om, kl pake velg 15" diskbrake mentok ga ya
tq
Dari Solo ke Oslo
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 227
- Joined: Fri Nov 23, 2007 5:52
Re: Help Matic XL7
Curhat ganti oli :
Kemarin seharian masuk bengkel :
- Oli mesin ganti
- Oli matic di-flush >> bengkel bilang "ga usah pak olinya masih bagus, biar saya buang saja dulu yg ada di pan oli nanti sy isi 3lt saja, lagi pula alat sedot yang ada ga masuk pak, lobangnya kecil", ya sudahlah....
- Oli gardan ganti 3lt
- General checkup, alhamdulillah ga ada apa2
- Setting ulang mesin (tune-up)
- Ganti busi
- Ganti filter
- Ganti bulb brake RH redup
- Besihkan spion yg kadang2 ga bisa ngelipet
- Minta ganti oli PS, keburu sore
- Minta ganti oli rem, keburu sore
- Minta ganti cooler, keburu sore
- Ganti velg Ban, keburu sore
- Ganti karet2, keburu sore
Yo wis mobil suruh balikin sj kerumah....
total biaya 1.165rb, lumayan buat ngembalikan kepercayaan diri saat mudik bermacet ria
Kemarin seharian masuk bengkel :
- Oli mesin ganti
- Oli matic di-flush >> bengkel bilang "ga usah pak olinya masih bagus, biar saya buang saja dulu yg ada di pan oli nanti sy isi 3lt saja, lagi pula alat sedot yang ada ga masuk pak, lobangnya kecil", ya sudahlah....
- Oli gardan ganti 3lt
- General checkup, alhamdulillah ga ada apa2
- Setting ulang mesin (tune-up)
- Ganti busi
- Ganti filter
- Ganti bulb brake RH redup
- Besihkan spion yg kadang2 ga bisa ngelipet
- Minta ganti oli PS, keburu sore
- Minta ganti oli rem, keburu sore
- Minta ganti cooler, keburu sore
- Ganti velg Ban, keburu sore
- Ganti karet2, keburu sore
Yo wis mobil suruh balikin sj kerumah....
total biaya 1.165rb, lumayan buat ngembalikan kepercayaan diri saat mudik bermacet ria
Last edited by neo300400 on Tue Aug 24, 2010 1:33, edited 1 time in total.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 227
- Joined: Fri Nov 23, 2007 5:52
Re: Help Matic XL7
Iya om ga akan saya modif untuk sektor rem...., tetapi jika velg 15" ga masuk yang ngalah ya velgnya jadi 16" saja.€lj€p€ wrote:mobil 6 silinder.. disc brake nya besar lho...disesuaikan dengan tenaga yang dihasilkan... hati-2 jangan diganggu...neo300400 wrote:Ga juga Om, cm yg menggajal dr XL7 saya adalah pemakaian velg 18 yg mana menurut saya jadi kurang macho & bisa mengurangi kenyamanan. Jadi back to basic style dulu, kl ada dana arahannya berubah mo dibuat mobil laki2, mulai dr liftkit sampe 4x4, cm sayangnya Matic .poeticmind wrote:memang XL7 nya full modif, ya bro?
Sekalian tanya om, kl pake velg 15" diskbrake mentok ga ya
tq
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Help Matic XL7
sebaiknya velg desuai std, atau 1inch diatasnya... kalo 15inch akan mentok di kalipernya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: Help Matic XL7
spion mobil saya juga kadang tidak mau melipat.... jadi harus dibantu senggolan sedikit...neo300400 wrote: ''''''''''
- Besihkan spion yg kadang2 ga bisa ngelipet
'''''''''''
Yo wis mobil suruh balikin sj kerumah....
total biaya 1.165rb, lumayan buat ngembalikan kepercayaan diri saat mudik bermacet ria
Dari Solo ke Oslo
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 705
- Joined: Fri Dec 28, 2007 13:33
Re: Help Matic XL7
OOm ada yang punya manual book untuk escudo 2.0 tahun 2001?
Seeing is believing[*][/size]