Help Matic XL7

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
neo300400
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: Fri Nov 23, 2007 5:52

Help Matic XL7

Post by neo300400 »

Dear all,

Saya ingin tanya matic XL7, saat engine off shifter matic di posisi “N”, kunci kontak knp bisa dicabut ya….., baru ngeh tadi malem neeh, so menurut yg saya tau di mobil lain ga bisa tuh dicabut saat kondisi seperti itu.
Jika hal tersebut abnormal pada XL7 kira2 masalahnya ada dimana ya, atau memang sengaja ada yg bisa modifikasi untuk hal tsb, maklum beli 2nd.


Salam
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Help Matic XL7

Post by m4rio »

kyknya tergantung jenis maticnya deh broo. ada yang bisa di cabut pas di N ada juga yang tidak..
kalo gk salah matic kyk Terios Xenia gitu pas di N juga bisa di cabut deh kalo tidak salah ya. :big_peace:
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Help Matic XL7

Post by €lj€p€ »

mas neo300400, mohon maaf buku manual belum saya kirim. berhubung satu supir yang biasa urusan kantor sedang tidak masuk.
Setahu saya sistem A/T nya XL_7 masih kuno.. biasa-2 saja. Pengamanan hanya pada waktu posisi bukan di P, mesin tidak bisa distart. Waktu parkir, gigi juga bisa dipindah tanpa release shift lock.
Kalau ada pertanyaan lain, ditulis saja nanti di rumah saya jawab.
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
neo300400
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: Fri Nov 23, 2007 5:52

Re: Help Matic XL7

Post by neo300400 »

m4rio wrote:kyknya tergantung jenis maticnya deh broo. ada yang bisa di cabut pas di N ada juga yang tidak..
kalo gk salah matic kyk Terios Xenia gitu pas di N juga bisa di cabut deh kalo tidak salah ya. :big_peace:
Gitu ya bro...., ane coba bandingkan dgn beberapa merk saja, ane lom coba untuk terios-rush.
Cm jd rada ane saja :), tapi ada untungnya saat dapet parkir yg mesti didorong2 :D
User avatar
neo300400
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: Fri Nov 23, 2007 5:52

Re: Help Matic XL7

Post by neo300400 »

€lj€p€ wrote:mas neo300400, mohon maaf buku manual belum saya kirim. berhubung satu supir yang biasa urusan kantor sedang tidak masuk.
Setahu saya sistem A/T nya XL_7 masih kuno.. biasa-2 saja. Pengamanan hanya pada waktu posisi bukan di P, mesin tidak bisa distart. Waktu parkir, gigi juga bisa dipindah tanpa release shift lock.
Kalau ada pertanyaan lain, ditulis saja nanti di rumah saya jawab.
Gpp om kirimnya kapan saja kl ada waktu yang pas, yg penting saya sudah ada pegangan kl suatu saat saya pasti punya.
Iya om posisi "N" juga bisa distart tuh, lain dari itu memang tidak bisa. Saya fikir maticnya seperti matic2 lainnya :D, soalnya shifter di posisi apapun bisa cabut kunci kontak.
User avatar
neo300400
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: Fri Nov 23, 2007 5:52

Re: Help Matic XL7

Post by neo300400 »

Satu lg yang berhubungan dengan matic, di service manual ditertulis kl oli matic harus diganti setelah sekian km, jika oli matic dikeluarkan dari drain hole maka pengisiannya cukup 2,5liter saja, tapi bila di overhaul pengisiannya jadi 7.1liter.
Kl kita simak keterangan diatas berarti setiap kita ganti oli matic sesungguhnya bukan ganti tapi mencampur sisa oli lama dengan oli baru dengan perbandingan 2,5lt oli baru & 4,6liter oli lama
Apa seperti itukah yang berlaku?
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Help Matic XL7

Post by €lj€p€ »

neo300400 wrote:Satu lg yang berhubungan dengan matic, di service manual ditertulis kl oli matic harus diganti setelah sekian km, jika oli matic dikeluarkan dari drain hole maka pengisiannya cukup 2,5liter saja, tapi bila di overhaul pengisiannya jadi 7.1liter.
Kl kita simak keterangan diatas berarti setiap kita ganti oli matic sesungguhnya bukan ganti tapi mencampur sisa oli lama dengan oli baru dengan perbandingan 2,5lt oli baru & 4,6liter oli lama
Apa seperti itukah yang berlaku?
Iya betul. Jadi pada waktu penggantian oli 2,5 L setiap 20.000 km, itu hanya yang di oil pan matik. Sekedar meningkatkan viscositas oli matik.
kalau yang 7.1 L itu namanya flush.. jadi oli lama di gelontor pakai oli baru. Ini setiap 40.000 km.
Ingat, jalan di Jakarta itu lebih sering macet sehingga panas, yang mana bisa mengurangi viscositas oli. Jadi penggantian oli disini harus lebih sering. Ada kok di thread "penggantian oli matic"
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Help Matic XL7

Post by poeticmind »

saya rasa ga ada masalah soal kunci bisa dicabut or tidak... karena suzuki saya pun posisi N bisa dicabut. malah enak, ga ribet kalo harus parkir dalam keadaan free.
Image
User avatar
neo300400
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: Fri Nov 23, 2007 5:52

Re: Help Matic XL7

Post by neo300400 »

€lj€p€ wrote: Iya betul. Jadi pada waktu penggantian oli 2,5 L setiap 20.000 km, itu hanya yang di oil pan matik. Sekedar meningkatkan viscositas oli matik.
kalau yang 7.1 L itu namanya flush.. jadi oli lama di gelontor pakai oli baru. Ini setiap 40.000 km.
Ingat, jalan di Jakarta itu lebih sering macet sehingga panas, yang mana bisa mengurangi viscositas oli. Jadi penggantian oli disini harus lebih sering. Ada kok di thread "penggantian oli matic"
Di service manual disebutkan overhaul, jadi dlm fikiran saya ketika ingin ganti semua oli matic, matic unit mesti turun, ternyata tidak seperti itu caranya ya om, hanya didorong (di gelontor sm oli baru :D.
poeticmind wrote:saya rasa ga ada masalah soal kunci bisa dicabut or tidak... karena suzuki saya pun posisi N bisa dicabut. malah enak, ga ribet kalo harus parkir dalam keadaan free.
Betul om saya setuju, cm rada kaget aja, jgn2 setelah kunci lepas matic bisa rontok :D

------------------------
Rencana saya memang akan ganti semua oli yang ada (mesin, matic, rem, PS, cardan), karena saya ga yakin dgn history mobil saya, ada rekomendasi merk & type ttg oli2 tsb?
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Help Matic XL7

Post by poeticmind »

rontok sih tidak bro... tapi kalo ditarik (mogok misalnya), itu baru bisa rontok... so, mobil lebih baik digendong.
Image
User avatar
neo300400
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: Fri Nov 23, 2007 5:52

Re: Help Matic XL7

Post by neo300400 »

poeticmind wrote:rontok sih tidak bro... tapi kalo ditarik (mogok misalnya), itu baru bisa rontok... so, mobil lebih baik digendong.
Gitu ya om...., walaupun diderek shifter di posisi N tetap rontok ya?

Dulu sampai menjelang punya matic saya ga pernah peduli perlakuan & maintenance mobil matic, yg penting tinggal ngisi bensin & injek gas mobil bersih, makanya jd ga ngerti perlakuan saat mogok ataupun maintenancenya, giliran saatnya sekarang ada jd binun deh.
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Help Matic XL7

Post by poeticmind »

betul bro... coba iseng baca2 manual book mobil. disana ada cara2 bagaimana menderek mobil, dan service book utk mengetahui kapan mengganti atau kuras oli matic.
perawatan matic sangat mudah kok... selama matic itu sehat, pasti awet. :)
Image
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Help Matic XL7

Post by €lj€p€ »

poeticmind wrote:betul bro... coba iseng baca2 manual book mobil. disana ada cara2 bagaimana menderek mobil, dan service book utk mengetahui kapan mengganti atau kuras oli matic.
perawatan matic sangat mudah kok... selama matic itu sehat, pasti awet. :)
iya pak poetic, beliau belum baca manual book karena masih menunggu kiriman dari saya. Sudah saya buatkan fotocopy tetapi belum sempat dikirim. Hari Senin besok deh... sekali lagi maaf ya pak neo...
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Help Matic XL7

Post by poeticmind »

oya... hehehe maap, saya yg lupa sudah ada postingan nya di atas. :)
Image
User avatar
neo300400
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: Fri Nov 23, 2007 5:52

Re: Help Matic XL7

Post by neo300400 »

€lj€p€ wrote: iya pak poetic, beliau belum baca manual book karena masih menunggu kiriman dari saya. Sudah saya buatkan fotocopy tetapi belum sempat dikirim. Hari Senin besok deh... sekali lagi maaf ya pak neo...
Kl waktunya senggang saja om jgn sampai mengganggu aktivitas, dengan pencerahan semua temen2 SM bagi saya sangat membantu sekali untuk tau secara perlahan merawat si silver :).
Besok juga saya mulai hunting velg & ban sesuai arahan Om €lj€p€ beberapa hari lalu, tapi belum beranjak ke liftkit om dananya terbatas :) :frm_tumbright: :frm_tumbleft:
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Help Matic XL7

Post by poeticmind »

pelan2 aja bro... oom Eljepe aja modifnya bertaun2. :frm_tumbleft:
Image
User avatar
neo300400
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: Fri Nov 23, 2007 5:52

Re: Help Matic XL7

Post by neo300400 »

poeticmind wrote:pelan2 aja bro... oom Eljepe aja modifnya bertaun2. :frm_tumbleft:
Tul om, yang penting mah sekarang bisa ngedelinding rada enakan, semua balik ke standar dulu. :e-dance:
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Help Matic XL7

Post by poeticmind »

memang XL7 nya full modif, ya bro?
Image
User avatar
neo300400
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: Fri Nov 23, 2007 5:52

Re: Help Matic XL7

Post by neo300400 »

poeticmind wrote:memang XL7 nya full modif, ya bro?
Ga juga Om, cm yg menggajal dr XL7 saya adalah pemakaian velg 18 yg mana menurut saya jadi kurang macho & bisa mengurangi kenyamanan. Jadi back to basic style dulu, kl ada dana arahannya berubah mo dibuat mobil laki2, mulai dr liftkit sampe 4x4, cm sayangnya Matic :(.
Sekalian tanya om, kl pake velg 15" diskbrake mentok ga ya

tq
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Help Matic XL7

Post by €lj€p€ »

neo300400 wrote:
poeticmind wrote:memang XL7 nya full modif, ya bro?
Ga juga Om, cm yg menggajal dr XL7 saya adalah pemakaian velg 18 yg mana menurut saya jadi kurang macho & bisa mengurangi kenyamanan. Jadi back to basic style dulu, kl ada dana arahannya berubah mo dibuat mobil laki2, mulai dr liftkit sampe 4x4, cm sayangnya Matic :(.
Sekalian tanya om, kl pake velg 15" diskbrake mentok ga ya

tq
mobil 6 silinder.. disc brake nya besar lho...disesuaikan dengan tenaga yang dihasilkan... hati-2 jangan diganggu...
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
neo300400
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: Fri Nov 23, 2007 5:52

Re: Help Matic XL7

Post by neo300400 »

Curhat ganti oli :

Kemarin seharian masuk bengkel :
- Oli mesin ganti
- Oli matic di-flush >> bengkel bilang "ga usah pak olinya masih bagus, biar saya buang saja dulu yg ada di pan oli nanti sy isi 3lt saja, lagi pula alat sedot yang ada ga masuk pak, lobangnya kecil", ya sudahlah.... :e-think:
- Oli gardan ganti 3lt
- General checkup, alhamdulillah ga ada apa2
- Setting ulang mesin (tune-up)
- Ganti busi
- Ganti filter
- Ganti bulb brake RH redup
- Besihkan spion yg kadang2 ga bisa ngelipet
- Minta ganti oli PS, keburu sore
- Minta ganti oli rem, keburu sore
- Minta ganti cooler, keburu sore
- Ganti velg Ban, keburu sore
- Ganti karet2, keburu sore

Yo wis mobil suruh balikin sj kerumah....

total biaya 1.165rb, lumayan buat ngembalikan kepercayaan diri saat mudik bermacet ria :D
Last edited by neo300400 on Tue Aug 24, 2010 1:33, edited 1 time in total.
User avatar
neo300400
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: Fri Nov 23, 2007 5:52

Re: Help Matic XL7

Post by neo300400 »

€lj€p€ wrote:
neo300400 wrote:
poeticmind wrote:memang XL7 nya full modif, ya bro?
Ga juga Om, cm yg menggajal dr XL7 saya adalah pemakaian velg 18 yg mana menurut saya jadi kurang macho & bisa mengurangi kenyamanan. Jadi back to basic style dulu, kl ada dana arahannya berubah mo dibuat mobil laki2, mulai dr liftkit sampe 4x4, cm sayangnya Matic :(.
Sekalian tanya om, kl pake velg 15" diskbrake mentok ga ya

tq
mobil 6 silinder.. disc brake nya besar lho...disesuaikan dengan tenaga yang dihasilkan... hati-2 jangan diganggu...
Iya om ga akan saya modif untuk sektor rem...., tetapi jika velg 15" ga masuk yang ngalah ya velgnya jadi 16" saja.
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Help Matic XL7

Post by poeticmind »

sebaiknya velg desuai std, atau 1inch diatasnya... kalo 15inch akan mentok di kalipernya. :)
Image
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Help Matic XL7

Post by €lj€p€ »

neo300400 wrote: ''''''''''
- Besihkan spion yg kadang2 ga bisa ngelipet
'''''''''''
Yo wis mobil suruh balikin sj kerumah....

total biaya 1.165rb, lumayan buat ngembalikan kepercayaan diri saat mudik bermacet ria :D
spion mobil saya juga kadang tidak mau melipat.... jadi harus dibantu senggolan sedikit...
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
DhanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 705
Joined: Fri Dec 28, 2007 13:33

Re: Help Matic XL7

Post by DhanZ »

OOm ada yang punya manual book untuk escudo 2.0 tahun 2001?
Seeing is believing[*][/size]