(Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by DigitALL »

imsus2c wrote:-CUT-

Dari kedua web tersebut, didapat data yang sama

Displacement 2.351cc 4 cylinder inline
Power 149HP @5500-6000Rpm
Torque 212Nm @3000-3500Rpm
Info tambahan, mesin yg dipakai di santi ini kode-nya G4JS, turunan dari mesin Mitsubishi Sirius Engine seri 4G63/4G64
Mesin ini termasuk generasi uzur, teknologi tahun 90an, jadi jangan dibandingkan dengan mesin2 setelah era millenium :mrgreen:

-CUT-
Hebat jg mesin turunan dari Mitsubishi :frm_tumbleft:
imsus2c wrote:Kesimpulan, santi yang saya pakai ini sudah sangat teruji reliabilitas dan performa-nya setidaknya sampai saat ini
Memang di KM120.000an dulu pernah overhaul untuk beresin kerak mesin, tapi itu kan juga 80.000km yang lalu :D

So, jgn khawatir dengan K-pop asal dirawat dan disayang-sayang dengan baik :mky_02:
She will pay back eventually
Ane setuju sama bro, intinya sih mobil kalo dirawat dan disayang2 (pakenya apik) tetap enak sampai tahunan / ratusan ribu km.
Kalo ga dirawat, jgnkan ratusan ribu km.. mungkin puluhan ribu km jg udh ga enak.

Sharing jg, ane pernah masuk mobil temen Mazda2 yg ga terawat. Ane kaget mobil baru dipake 3 thn tp suara mesin kasar bgt, apalg wkt mesin distarter :e-think: dalem hati apa mesinnya kasar atau peredamannya jelek... Liat odometer sekitar 40rban. Selidik2 ternyata ownernya sendiri ga inget kapan terakhir kali ganti oli, filter oli, filter udara, busi. :e-doh:

Masih penasaran, ane coba lagi Mazda2 temen ane yg lain dan kali ini yg terawat (sama 3 thn, tp odometer 30rban). Ternyata suara mesinnya halus dan peredaman cukup baik. :frm_tumbright:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by imsus2c »

DigitALL wrote:
imsus2c wrote:-CUT-

Dari kedua web tersebut, didapat data yang sama

Displacement 2.351cc 4 cylinder inline
Power 149HP @5500-6000Rpm
Torque 212Nm @3000-3500Rpm
Info tambahan, mesin yg dipakai di santi ini kode-nya G4JS, turunan dari mesin Mitsubishi Sirius Engine seri 4G63/4G64
Mesin ini termasuk generasi uzur, teknologi tahun 90an, jadi jangan dibandingkan dengan mesin2 setelah era millenium :mrgreen:

-CUT-
Hebat jg mesin turunan dari Mitsubishi :frm_tumbleft:
imsus2c wrote:Kesimpulan, santi yang saya pakai ini sudah sangat teruji reliabilitas dan performa-nya setidaknya sampai saat ini
Memang di KM120.000an dulu pernah overhaul untuk beresin kerak mesin, tapi itu kan juga 80.000km yang lalu :D

So, jgn khawatir dengan K-pop asal dirawat dan disayang-sayang dengan baik :mky_02:
She will pay back eventually
Ane setuju sama bro, intinya sih mobil kalo dirawat dan disayang2 (pakenya apik) tetap enak sampai tahunan / ratusan ribu km.
Kalo ga dirawat, jgnkan ratusan ribu km.. mungkin puluhan ribu km jg udh ga enak.

Sharing jg, ane pernah masuk mobil temen Mazda2 yg ga terawat. Ane kaget mobil baru dipake 3 thn tp suara mesin kasar bgt, apalg wkt mesin distarter :e-think: dalem hati apa mesinnya kasar atau peredamannya jelek... Liat odometer sekitar 40rban. Selidik2 ternyata ownernya sendiri ga inget kapan terakhir kali ganti oli, filter oli, filter udara, busi. :e-doh:

Masih penasaran, ane coba lagi Mazda2 temen ane yg lain dan kali ini yg terawat (sama 3 thn, tp odometer 30rban). Ternyata suara mesinnya halus dan peredaman cukup baik. :frm_tumbright:
Betul pak, hyundai lama, masih pakai mesin turunan Mitsubishi
Cak Indar yg ngerawat santi saya, terkenal di Surabaya sebagai empu-nya Mitsubishi :frm_salut:
Konon kata beliau, kalau mau oprek Mitsu 4G63 (eterna dan kawan2nya) buat nge-drag, disarankan ganti pakai setang piston-nya si Santi, supaya lebih "dapat" torsi-nya

Memang urusan ngerawat mobil, saya termasuk cerewet, tapi belum masuk kategori phobia sih :upss:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
fitrahjaya
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Tue Aug 20, 2013 14:26

Over fender santa fe 2002

Post by fitrahjaya »

Salam kenal,
Nama saya Fitrah. Mohon info dimana saya bisa mendapatkan over fender depan untuk santa fe 2002.
Last edited by imsus2c on Tue Aug 20, 2013 15:15, edited 1 time in total.
Reason: Saya gabungkan trid-nya
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Over fender santa fe 2002

Post by imsus2c »

fitrahjaya wrote:Salam kenal,
Nama saya Fitrah. Mohon info dimana saya bisa mendapatkan over fender depan untuk santa fe 2002.
Salam kenal juga...

Over fender rasanya harus bikin custom, dan banyak yang bisa

Coba join di group FB Santa Fe Owner Club Indonesia, ada beberapa yg sdh pasang over fender custom
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by DigitALL »

imsus2c wrote:Betul pak, hyundai lama, masih pakai mesin turunan Mitsubishi
Cak Indar yg ngerawat santi saya, terkenal di Surabaya sebagai empu-nya Mitsubishi :frm_salut:
Konon kata beliau, kalau mau oprek Mitsu 4G63 (eterna dan kawan2nya) buat nge-drag, disarankan ganti pakai setang piston-nya si Santi, supaya lebih "dapat" torsi-nya

Memang urusan ngerawat mobil, saya termasuk cerewet, tapi belum masuk kategori phobia sih :upss:
Betul pak imsus, untuk mesin mobil Korea jaman dulu banyak ngadopsi mesin Mitsubishi. Skrng mereka udh jago dan punya tim riset sendiri utk pengembangannya. :frm_tumbright:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by ricz »

@ mod imsus : emangnya utk slow moving Santi lama ini udh agak susah ya? Mpe hrs bikin custom made segala..
2021 Fortuner VRZ
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by imsus2c »

ricz wrote:@ mod imsus : emangnya utk slow moving Santi lama ini udh agak susah ya? Mpe hrs bikin custom made segala..
Kalau barangnya ada per katalog, biasanya ada stock, kalaupun inden ngga lama

Yang custom itu kalau secara pabrikan (katalog) ngga ada :D

Yg ditanyakan diatas, seingat saya, yg generasi 1 (SM), memang dari aslinya pabrikan (baik standard maupun option) tdk ada over fender-nya,
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by imsus2c »

DigitALL wrote:
imsus2c wrote:Betul pak, hyundai lama, masih pakai mesin turunan Mitsubishi
Cak Indar yg ngerawat santi saya, terkenal di Surabaya sebagai empu-nya Mitsubishi :frm_salut:
Konon kata beliau, kalau mau oprek Mitsu 4G63 (eterna dan kawan2nya) buat nge-drag, disarankan ganti pakai setang piston-nya si Santi, supaya lebih "dapat" torsi-nya

Memang urusan ngerawat mobil, saya termasuk cerewet, tapi belum masuk kategori phobia sih :upss:
Betul pak imsus, untuk mesin mobil Korea jaman dulu banyak ngadopsi mesin Mitsubishi. Skrng mereka udh jago dan punya tim riset sendiri utk pengembangannya. :frm_tumbright:
Sayangnya...
Akhirnya harganya jadi mahal, mendekati bahkan sama dengan pabrikan Jepang :e-wall:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
serdaduklasik
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Thu Aug 22, 2013 14:03

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by serdaduklasik »

Misi mstah2..
Mudah2an ane ga salah kamr..

Ane ada perrimbangan buat beli hyundai santa fe2002 2400 bensin..
Kira2 kelebihan ma kekurangannya apa ya..
Trus worth ga buat dibeli..??

Mohon bantuannya ya gan..
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by imsus2c »

serdaduklasik wrote:Misi mstah2..
Mudah2an ane ga salah kamr..

Ane ada perrimbangan buat beli hyundai santa fe2002 2400 bensin..
Kira2 kelebihan ma kekurangannya apa ya..
Trus worth ga buat dibeli..??

Mohon bantuannya ya gan..
Waduh...mesti darimana nih nulisnya :e-think:

Mendingan silakan ditanyakan saja secara spesifik, kalau +/- secara umum nanti jadi bias :D
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
santafeholic
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Fri Oct 11, 2013 1:23

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by santafeholic »

Dear Bro Imsus & master2 santy yang lain,

Ane punya masalah ama santy 2001. accu nya drop hanya dalam waktu 2 hari ( parkir ).
Kira-kira penyebabnya apa ya ?

Sedikit info mengenai kondisi electrical santy saat ini :
- Tanpa acessories tambahan yang memerlukan strum extra. hanya seperangkat audio standard :
1 tv head unit + 2 tv headrest + 1 set lampu tembak diatas kap ( lampu set isi 4 ).
- Relay2 yang ane rasa mengganggu pemandangan dan mengganggu distribusi arus listriknya selama ini sudah di angkat semua, dan wire electrical sudah di kembalikan pada jalur electrical bawaan seminggu yang lalu.

Sebelum restorasi wire electrical, kondisi strum santy sih emang bermasalah, 3 hari strum accu habis total, recharge, 3 hari after recharge strum habis lagi.
Dengan kondisi seperti itu, ane capek harus mesti recharge accu tiap 3 hari sekali, akhirnya accu ane ganti baru ( karena info dari montir bengkel langganan ane kondisi accu saat itu sudah mati enggan hidup tak mau alias soak ).

Setelah accu ganti baru, emang rada lama kira2 10-12 harian kondisi masih jos....starter langsung greng. namun hari-hari berikutnya pada saat starter sudah mulai letoy, perlu agak lama mesin baru bisa hidup.
Dugaan ane sudah mulai tertuju lagi ke accu.....dan benar.....accu baru mulai drop juga.

Beberapa teman di kantor merekomendasikan untuk membawa ke bengkel spesialis electrical + cable body di gresik ( tempat tinggal ane di gresik ). Sama si bro montir electrical diperiksa sekilas, dan ditemukan relay2 yang pemasangannya "sedikit ngawur - dengan maen potong / by pass kabel" sebenernya tidak diperlukan dan justru itu bisa mengganggu distribusi arus listrik ke seluruh komponen instrument mobil yang mestinya di atur oleh ECU.

Dua minggu santy opname di bengkel electrical, semua relay-relay tersebut diangkat dan wire electrical dikembalikan ke wire bawaan.
Kondisi ECU Alhamdulillah masih normal. Tapi setelah 1 minggu keluar bengkel, santy mati lagi karena strum di accu habis.....

Mohon pencerahan dari para master santy yang ada di sini....

Regards,
Radit - Gresik
santafeholic
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Fri Oct 11, 2013 1:23

Re: Over fender santa fe 2002

Post by santafeholic »

imsus2c wrote:
fitrahjaya wrote:Salam kenal,
Nama saya Fitrah. Mohon info dimana saya bisa mendapatkan over fender depan untuk santa fe 2002.
Salam kenal juga...

Over fender rasanya harus bikin custom, dan banyak yang bisa

Coba join di group FB Santa Fe Owner Club Indonesia, ada beberapa yg sdh pasang over fender custom
Santy ane pake overfender, depan belakang.
Kebetulan saat ini sudah bosan dan mau copot overfendernya
Kalau misal Bro Fitrah minat, bisa gantiin.....tapi ane ga punya bengkel recommended untuk copot overfendernya.
santafeholic
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Fri Oct 11, 2013 1:23

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by santafeholic »

Dear All Suhu & Master Sekalian,

Ane lagi butuh stoplamp kiri santy 2001.

Stoplamp kiri ane remuk pas mundur, gara-gara liat cewek yang lagi lewat di depan ane jadinya lupa ga liat spion :big_chicken:.

Kalau master sekalian ada yang punya info penjual stoplamp ( eceran / bisa jual kiri aja ) untuk santy 2001, mohon di share disini.

Syukur-syukur kalau misal ada yang jual stoplamp custom untuk santy 2001 yang model gini :

http://i.ebayimg.com/t/01-02-03-GL-GLS- ... ~~60_3.JPG

atau gini

http://i.ebayimg.com/t/2001-2002-2003-G ... ~~60_3.JPG

terima kasih
radit - gresik
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by imsus2c »

santafeholic wrote:Dear Bro Imsus & master2 santy yang lain,

Ane punya masalah ama santy 2001. accu nya drop hanya dalam waktu 2 hari ( parkir ).
Kira-kira penyebabnya apa ya ?

Sedikit info mengenai kondisi electrical santy saat ini :
- Tanpa acessories tambahan yang memerlukan strum extra. hanya seperangkat audio standard :
1 tv head unit + 2 tv headrest + 1 set lampu tembak diatas kap ( lampu set isi 4 ).
- Relay2 yang ane rasa mengganggu pemandangan dan mengganggu distribusi arus listriknya selama ini sudah di angkat semua, dan wire electrical sudah di kembalikan pada jalur electrical bawaan seminggu yang lalu.

Sebelum restorasi wire electrical, kondisi strum santy sih emang bermasalah, 3 hari strum accu habis total, recharge, 3 hari after recharge strum habis lagi.
Dengan kondisi seperti itu, ane capek harus mesti recharge accu tiap 3 hari sekali, akhirnya accu ane ganti baru ( karena info dari montir bengkel langganan ane kondisi accu saat itu sudah mati enggan hidup tak mau alias soak ).

Setelah accu ganti baru, emang rada lama kira2 10-12 harian kondisi masih jos....starter langsung greng. namun hari-hari berikutnya pada saat starter sudah mulai letoy, perlu agak lama mesin baru bisa hidup.
Dugaan ane sudah mulai tertuju lagi ke accu.....dan benar.....accu baru mulai drop juga.

Beberapa teman di kantor merekomendasikan untuk membawa ke bengkel spesialis electrical + cable body di gresik ( tempat tinggal ane di gresik ). Sama si bro montir electrical diperiksa sekilas, dan ditemukan relay2 yang pemasangannya "sedikit ngawur - dengan maen potong / by pass kabel" sebenernya tidak diperlukan dan justru itu bisa mengganggu distribusi arus listrik ke seluruh komponen instrument mobil yang mestinya di atur oleh ECU.

Dua minggu santy opname di bengkel electrical, semua relay-relay tersebut diangkat dan wire electrical dikembalikan ke wire bawaan.
Kondisi ECU Alhamdulillah masih normal. Tapi setelah 1 minggu keluar bengkel, santy mati lagi karena strum di accu habis.....

Mohon pencerahan dari para master santy yang ada di sini....

Regards,
Radit - Gresik
Salam kenal,
Kalau kelistrikan mobil sudah direstorasi normal kembali, berarti ada pemakaian yang bocor.
Pengalaman saya ngerawat Cherokee punya ex-boss, kejadiannya sama.
Ditinggal 3-5 hari saja, aki langsung habis.
Kalau dipakai normal setiap hari, dalam waktu 3 bulan, aki langsung soak
Setelah ditelisik, ternyata ada kebocoran di sistem audio dan alarm-nya
Audio set bongkar dan ganti total, termasuk alarm
Setelah itu, pemakaian aki bisa normal lagi, 1-1.5thn. Cuma ya ngga boleh didiamkan lebih dari 3-5 hari, mesti sesekali dipanasi/dijalankan

Omong2, apakah lampu indikator gambar aki di meter menyala? Takutnya alternatornya juga bermasalah :D
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by imsus2c »

santafeholic wrote:Dear All Suhu & Master Sekalian,

Ane lagi butuh stoplamp kiri santy 2001.

Stoplamp kiri ane remuk pas mundur, gara-gara liat cewek yang lagi lewat di depan ane jadinya lupa ga liat spion :big_chicken:.

Kalau master sekalian ada yang punya info penjual stoplamp ( eceran / bisa jual kiri aja ) untuk santy 2001, mohon di share disini.

Syukur-syukur kalau misal ada yang jual stoplamp custom untuk santy 2001 yang model gini :

http://i.ebayimg.com/t/01-02-03-GL-GLS- ... ~~60_3.JPG

atau gini

http://i.ebayimg.com/t/2001-2002-2003-G ... ~~60_3.JPG

terima kasih
radit - gresik
Nah...
Ini nih salah satu kekurangan si Santi, body parts-nya susah sekali :ungg:
Kalau mesin dan lainnya sih aman lancar jaya
Mau ngga mau, kalau ngga dapat copotan, ya mesti beli parts ori. Beli 1 rasanya boleh kok
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by inoz »

wehn sepi banget yaaa disini..
dah lama gak mampir dimari
om imsus yg masih rajin mampir dimari

:big_peace:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by imsus2c »

inoz wrote:wehn sepi banget yaaa disini..
dah lama gak mampir dimari
om imsus yg masih rajin mampir dimari

:big_peace:
Iya pak, memang lebih banyak nongkrong dimari :mky_01:

Saya jarang2 main ke FB, terakhir saya lihat anggota semakin nambah dan semakin ramai obrolannya :off_good_job:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
santafeholic
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Fri Oct 11, 2013 1:23

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by santafeholic »

Dear buat SM Moderator Santa Fe

Kondisi Accu setelah proses check ke pusat accu di gresik, kondisinya dah soak....indicator meter accu nya dah pada level kuning.

untuk alarm sudah ane angkat ( sekarang santy tanpa alarm ) + untuk audio setelah di check ga ada kebocoran disana.

untuk stoplam belakang santy ane yg remuk, ane dapat dari ebay langsung...hanya saja, biaya shipping nya lebih mahal dari harga lampunya sendiri :mky_05:

lagi-lagi santy ane mesti opname di bengkel electrical, ic dinamo ampere jebol :mky_04:
setelah baca2 posting disini, harga new dinamo ampere 4,7.....
mungkin master2 sekalian punya solusi jitu selain harus ganti dinamo ampere baru ?

shock belakang santy ane juga dah lemah dan perlu ganti shock nya....namun kesulitan dapat yg sama.
dapatnya kayaba excel-g 344314 dengan harga 957rb / set ( belakang - kanan kiri ) dan mesti di datangkan dari jakarta.
untuk ini, ane juga perlu amsukan dari master2 sekalian.

untuk yg terakhir, ane mau tanya apakah santa fe owner community punya cabang di gresik / jawa timur ?

Terima kasih & regards,
-radit @ gresik-
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by imsus2c »

santafeholic wrote:Dear buat SM Moderator Santa Fe

Kondisi Accu setelah proses check ke pusat accu di gresik, kondisinya dah soak....indicator meter accu nya dah pada level kuning.

untuk alarm sudah ane angkat ( sekarang santy tanpa alarm ) + untuk audio setelah di check ga ada kebocoran disana.

untuk stoplam belakang santy ane yg remuk, ane dapat dari ebay langsung...hanya saja, biaya shipping nya lebih mahal dari harga lampunya sendiri :mky_05:

lagi-lagi santy ane mesti opname di bengkel electrical, ic dinamo ampere jebol :mky_04:
setelah baca2 posting disini, harga new dinamo ampere 4,7.....
mungkin master2 sekalian punya solusi jitu selain harus ganti dinamo ampere baru ?

shock belakang santy ane juga dah lemah dan perlu ganti shock nya....namun kesulitan dapat yg sama.
dapatnya kayaba excel-g 344314 dengan harga 957rb / set ( belakang - kanan kiri ) dan mesti di datangkan dari jakarta.
untuk ini, ane juga perlu amsukan dari master2 sekalian.

untuk yg terakhir, ane mau tanya apakah santa fe owner community punya cabang di gresik / jawa timur ?

Terima kasih & regards,
-radit @ gresik-
Cek PM ya pak...
Jika tertarik, silakan PM balik

Untuk shock, apalagi shock belakang, dengan harga segitu, mendingan beli ori-nya (merk MANDO), dijamin empuk dan awet
Parts santa fe lumayan lengkap dan tersedia, silakan jalan2 di Kedung Doro (Surabaya)
Selama ini, saya tdk pernah kesulitan beli parts

Untuk community, sayangnya belum ada yg di Jatim
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
maryanto2000
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sat Dec 28, 2013 5:28

Hyundai Santa Fe 2002 suka ngambek

Post by maryanto2000 »

Permisi para penggemar santi....mobil saya si santi tuh idle rpm kok kadang2 bagus dan kadang2 mati sendiri yah waktu di lampu merah?kmudian transmisi ada bunyi ngerik serta kopling kadang2 gak mau balik?mgk ada bengkel yang bisa mengatasi kah di jakarta timur yang murah meriah tapi jos?
Last edited by imsus2c on Mon Jan 06, 2014 13:02, edited 1 time in total.
Reason: digabungkan dengan topik sejenis
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Hyundai Santa Fe 2002 suka ngambek

Post by Turboman »

Bisa diceritakan historical service selama 5 tahun terakhir menyangkut fuel system dan pengapian ?

Utk kopling:
Jika hidrolik, kapan terakhir ganti minyak kopling dan pakai minyak DOT brp ?
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Hyundai Santa Fe 2002 suka ngambek

Post by imsus2c »

Selain yg disampaikan pak turboman diatas, coba:
- tune up/servis throttle body
- cek ISC (Idle Speed Control), kemungkinan sudah kotor atau rusak vakuum-nya
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by r1409 »

bokap ane punya santi 2001 yg 2.7 V6 AWD matic triptronic, skrg lagi dijual karena udah bosen dan jarang dipake lagi semenjak punya tucson. masih nunggu pembeli, maklum yg mau beli mobil ini pastilah penggemar yg tidak bermasalah dengan konsumsi bbm yg ajubileee..... (bagi yg minat kontak ane ya, ane di surabaya)

pake mobil ini bener2 mantep, jalanan kasar dan bergelombang serasa halus. bodi kokoh, stabil banget. bokap ane bilang, secara kenyamanan dan kestabilan masih enak santi lama ini dibanding new tucson 2011 nya. tapi berhubung udah bosen, dijual deh.
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by imsus2c »

r1409 wrote:bokap ane punya santi 2001 yg 2.7 V6 AWD matic triptronic, skrg lagi dijual karena udah bosen dan jarang dipake lagi semenjak punya tucson. masih nunggu pembeli, maklum yg mau beli mobil ini pastilah penggemar yg tidak bermasalah dengan konsumsi bbm yg ajubileee..... (bagi yg minat kontak ane ya, ane di surabaya)

pake mobil ini bener2 mantep, jalanan kasar dan bergelombang serasa halus. bodi kokoh, stabil banget. bokap ane bilang, secara kenyamanan dan kestabilan masih enak santi lama ini dibanding new tucson 2011 nya. tapi berhubung udah bosen, dijual deh.
r1409 wrote:salam kenal bro imsus,

bapak saya punya santafe 2001 2.7L AWD triptronic, konsumsi bbm borosnya minta ampun.
dulu sudah pernah ganti banyak part di bawah kap mesin, terakhir ganti selenoid matic. detailnya apa aja saya kurang jelas, karena waktu itu bapak saya yg pake.

apa bro imsus tau cara buat santafe ini jadi lebih irit ya? hasil pengetesan terakhir sehari-hari dapet 1:2.5 - 1:4 dalem kota, pake premium.
Wah, punya yg 2.7 AWD asyik tuh... Rare item
Beberapa teman di komunitas santa fe yg punya versi 2.7 AWD, juga bilang kalau FC dalkot-nya relatif boros, tapi ngga sampe segitu.
FC segitu sudah wilayahnya 4000cc tuh :mrgreen:

Kalau sehat, mestinya sih dapat 1:5-1:6, kalau luar kota mestinya lebih.
Wajar, mesinnya saja V6-2700 cc

Mungkin belum ketemu bengkel/mekanik yang pas, atau belum nemu penyakitnya.

Saya dulu pernah pengalaman FC jeblok sampai ke 1:5, ternyata setelah bolak-balik dicek, ada beberapa sensor yg mesti diganti, dan salah satunya yg vital (sayangnya yg paling mahal), ternyata sensor air flow-nya erros.
Sekarang ini, FC rata2 dalkot (Semarang/Surabaya/Mojokerto), masih bisa tembus 1:7-8.
Luar kota bisa 1:8-10
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 02

Post by imsus2c »

Nyundul trid yg ditinggal penghuninya... :mky_05:

Kali ini, ingin sharing trik2 modif kecil.

Terinspirasi trid DIY-nya Panther ala pak Unta, saya mau sharing utak-atik dikit di sektor kenyamanan. Meski kalau dibilang DIY, itu sebenarnya bohong, secara yg ngerjakan tukang, saya bahkan tidak ikut nungguin :mky_01:

Dulu dulu, kalau otak-atik, yg dipikirkan hanya gimana optimalkan mesin. Sekali ini, saya otak-atik utk optimalkan kenyamanan.
Awalnya dari komplain penumpang baris 2, dimana kalau panas terik, sering ngga kebagian hembusan AC.
Kalau blower dibesarkan, giliran penumpang depan (dan sopir) yg protes.

Dari situ mikir, gimana caranya ada rear ventilator (atau kalau perlu rear blower/evap), tanpa modifikasi masif, atau yg sifatnya merusak/mengubah permanen kondisi mobil.

Lantas kepikiran, gimana kalau console tengah yg berisi aid/glove box, ashtray (asbak) dan cup holder, apa bisa ditebengi rear ventilator?
Terutama kompartemen ashtray yg makan tempat banyak.

Saya sendiri ahli hisab yang mumpuni (maksudnya perokok berat :mrgreen: ), tapi sudah sejak dulu, saya ngelarang siapapun merokok di dalam mobil.
Jadi dipikir2, ashtray ini ngga ada fungsinya.

Pagi2, sekitar pk0700-0730an, mobil dibawa ke tukang AC langganan, secara kebetulan memang jadwalnya servis besar AC tahunan.
Ketemu bos bengkel-nya, saya kasih tantangan bikin rear vent tapi ngga boleh sama sekali modif yg sifatnya ngerusak/permanen.
Si bapak, dapat tantangan mendadak, cuma garuk2 kepala, tapi bilang...ok deh, saya coba.

Berjam jam, sambil servis AC, si bapak masih tengok2, ukur sana sini, duduk ngerokok, gitu bolak balik.
Saya akhirnya bosan, trus bilang ke si Bapak, "pak, saya bosan nungguin. Saya tinggal pulang saja, kalau sampai nanti ngga ngabari, modif berarti sukses.

Akhirnya, lepas maghrib, bos bengkel telpon, "pak, servis beres, modif juga beres, silakan dicek dan diambil mobilnya"
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking