share captiva part 02

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Locked
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: 12 Feb 2009, 16:13

Re: share captiva part 02

Post by Captivated »

Abu2 wrote:coba peleknya CTV om captivated diganti dgn ukuran R20" lebar 8", model palang besar2

pasti guannteng deh ctv nya.....yg punya pun ikutan nambah gantengnya.....
:mrgreen:
maca cih?
klo kata nyonya, ga perlu ganti pelek gede ane dah ganteng kok :mrgreen:

lg bokek nih om, budget buat gedein pelek msh dicari :ngacir:
Bartimuz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: 05 May 2010, 15:58

Re: share captiva part 02

Post by Bartimuz »

didhoetz wrote:Thank u om Hansen yg dah ksh infonya. Ini foto ctv saya

Image
Image
wewww kerenn....klo bole tau velg n ban abis berapa tu boss???
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: 12 Feb 2009, 16:13

Re: share captiva part 02

Post by Captivated »

penyubali wrote: Met kenal juga brow! Keren2 ctvnya :frm_tumbleft: Kalo filter JFC itu sdh plug and play ama ctv? and tipenya yg pake oli? Sy utk filter pake BMC Italy dan performance chip pake smart diesel bikinan Korea yg ada G sensor (auto mode) yg selain bisa pilih manually (power/eco) bisa jg otomatis bikin chip kasi power pas jalan naek ato pindah ke eco mode pas jalanan turun ato macet. Utk strut bar sy pake hanya di depan aja. Kalo dynotest sayang di sini belum ada jd ga bisa ngetesnya. Btw itu hasil dynonya on wheel? Cheers brow.
kok punya gw ga silver ya, cm item biasa? apa itu mesti beli (aksesoris)?
ato hanya ctv keluaran2 tertentu yg dpt itu?
pdhl di brosur ctv dulu warnanya silver....
Attachments
penyubali-1.jpg
Bartimuz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: 05 May 2010, 15:58

Re: share captiva part 02

Post by Bartimuz »

Oh ya bro penyu...kapan ke korea lagi nih.....
klo bisa I mo cari speedometer yg seperti gambar ini...hehehe
Attachments
speedometer.jpg
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: 12 Feb 2009, 16:13

Re: share captiva part 02

Post by Captivated »

wuih... keren amit :frm_tumbright:
punya gw ga sekeren itu (numpang beli ama bro penyu jg)
didhoetz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 93
Joined: 23 Jul 2010, 14:38

Re: share captiva part 02

Post by didhoetz »

@stingray 1 : met kenal juga yahh...utk diameter downpipe terdiri dr 3ukuran: 2,5 in, 3in dan 3,5in lalu ke pipa sampai percabangan itu diameter 2,5in lalu dicabang duanya pipanya 2in. Sy tdk pake catalitic dan hanya menggunakan muffler satu saja yaitu ditengah saja. Dan semuanya custom made bos, menggunakan bahan all stainless steel. Utk lbh detilnya akan saya upload nanti semuanya krn teman2 yg lainnya jg sdh minta sy utk upload picnya. Sy lom sempat saja motonya krn mobil hrs di lift up jd kliatan semuanya. Oh ya kalo mau hasilnya maksimal kita hrs ganti dr ujung depan ampe ke keblakang dan menganut free flow sistim. Power yg naik akan siknifikan baik itu di diesel turbo maupun yg bensin. Yg penting dan hrs diperhatikan design dan diameternya hrs pas....cheerssss

@bartimuz : met kenal yahhhh....utk velgnya 12,5jt dan ban nya 9,6jt dan per eibach nya 3,6jt. Ayooooo kita kerenin ctv kita yukkkkkk....
Bartimuz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: 05 May 2010, 15:58

Re: share captiva part 02

Post by Bartimuz »

didhoetz wrote:@stingray 1 : met kenal juga yahh...utk diameter downpipe terdiri dr 3ukuran: 2,5 in, 3in dan 3,5in lalu ke pipa sampai percabangan itu diameter 2,5in lalu dicabang duanya pipanya 2in. Sy tdk pake catalitic dan hanya menggunakan muffler satu saja yaitu ditengah saja. Dan semuanya custom made bos, menggunakan bahan all stainless steel. Utk lbh detilnya akan saya upload nanti semuanya krn teman2 yg lainnya jg sdh minta sy utk upload picnya. Sy lom sempat saja motonya krn mobil hrs di lift up jd kliatan semuanya. Oh ya kalo mau hasilnya maksimal kita hrs ganti dr ujung depan ampe ke keblakang dan menganut free flow sistim. Power yg naik akan siknifikan baik itu di diesel turbo maupun yg bensin. Yg penting dan hrs diperhatikan design dan diameternya hrs pas....cheerssss

@bartimuz : met kenal yahhhh....utk velgnya 12,5jt dan ban nya 9,6jt dan per eibach nya 3,6jt. Ayooooo kita kerenin ctv kita yukkkkkk....
met kenal juga broo didhoetz

mo nanya neh secara g masi noobie banget.....kamu ganti velg ada pasang center ring ndak?? g baru ganti velg dan kata orangnya center ring tuk ctv mesti bikin...dan juga kondisi velg ini selisih nya tipis banget cuman kira2 3mm....pake center ring mungkin ketipisan bisa pecah.

klo kondisi velg ente begimana tuch??? gile bisa lari ampe 200km kakaa???!!!

thx
User avatar
penyubali
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: 20 Jun 2008, 18:24

Re: share captiva part 02

Post by penyubali »

Bartimuz wrote:Oh ya bro penyu...kapan ke korea lagi nih.....
klo bisa I mo cari speedometer yg seperti gambar ini...hehehe
Kemungkinan akhir taon brow. Itu speedo hanya facianya saja jd kalo mo kaya gitu speedo asli harus dibongkar dan diganti facianya dan juga lampu2 LED di dalamnya. Pengerjaan speedo ini butuh skill yg mumpuni dan tidak di recommend utk DIY. Cheers.
didhoetz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 93
Joined: 23 Jul 2010, 14:38

Re: share captiva part 02

Post by didhoetz »

@penyubali : iya ommm betullll punya sy sudah dipakein center ring tujuannya utk mencegah getar dan jg sbg penopang bantuan selain bautnya, kalo sy liad emank rada tipis kok center ringnya, dan iya pd saat pemasangan velg baru dibuat tp cpt sekali kokkk....

Captiv bs kok 200km\jam hihihihiii......dicoba yg punya om juga hihihii

Kapan2 bila kita ada waktu senggang kita kumpul2 yukkk....
Bartimuz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: 05 May 2010, 15:58

Re: share captiva part 02

Post by Bartimuz »

didhoetz wrote:@penyubali : iya ommm betullll punya sy sudah dipakein center ring tujuannya utk mencegah getar dan jg sbg penopang bantuan selain bautnya, kalo sy liad emank rada tipis kok center ringnya, dan iya pd saat pemasangan velg baru dibuat tp cpt sekali kokkk....

Captiv bs kok 200km\jam hihihihiii......dicoba yg punya om juga hihihii

Kapan2 bila kita ada waktu senggang kita kumpul2 yukkk....
Bole2 ayu...bro jadi EO nya ye hahahahha
fox777geo
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 07 Aug 2010, 01:10

Re: share captiva part 02

Post by fox777geo »

Bro Penyubali, mau tanya untuk ganti LED speedometer captiva dimana ya? saya di sby sulit sekali ketemu yg jual aksesories captiva, boro boro mau modif seperti itu.

Juga bro masih jual aksesories nya ga, saya ada beberapa yg tertarik nih.

Thanks
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: 07 May 2008, 21:47

Re: share captiva part 02

Post by roadtrain99 »

penyubali wrote:
Ini foto BMC Air Filter yg plug and play buat Captiva (oiled type).

Image

Strut bar

Image
dari filter bmc nya, terasa efek nya significant ga? improvement on fc atau performance?

sy masih nyari yg open air sekaligus mau ganti rampod / air intake pipe nya tapi belum ketemu.
Sy pernah liat di ford focus diesel, open air nya bisa pas dengan bentuk airbox nya, jadi bagus sekali udara panas tidak tercampur.

btw, pakai strut bar nya apa pengaruh nya terasa sekali thd handling?
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: 07 May 2008, 21:47

Re: share captiva part 02

Post by roadtrain99 »

share dikit nih, jika daerah dalam mesin sudah di utak atik, entah itu piggyback, unichip dll, apalagi sampe perubahan exhaust system sepertinya garansi nya jadi batal.
tapi kalo udah berani modif sih, soal garansi ga usah dikhawatirkan lah, udah resiko.
Michelin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: 30 Jul 2009, 13:37

Re: share captiva part 02

Post by Michelin »

didhoetz wrote:@penyubali : iya ommm betullll punya sy sudah dipakein center ring tujuannya utk mencegah getar dan jg sbg penopang bantuan selain bautnya, kalo sy liad emank rada tipis kok center ringnya, dan iya pd saat pemasangan velg baru dibuat tp cpt sekali kokkk....

Captiv bs kok 200km\jam hihihihiii......dicoba yg punya om juga hihihii

Kapan2 bila kita ada waktu senggang kita kumpul2 yukkk....

salam kenal bro didhoetz,untuk penggantian downpipe full set dari manifold sampai ke muffler dimana bro?custom made atau sudah ready in set?jika berkenan boleh dibisikin costnya?thk u
didhoetz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 93
Joined: 23 Jul 2010, 14:38

Re: share captiva part 02

Post by didhoetz »

@michelin : Utk full set dr downpipe ampe ke muffler bs dikontek ke kotamas knalpot di no telp:08161492255 sampai saat ini baru dua mobil captiv diesel yg baru upgrade sampai ke tahap ini. Hrg sesuai dgn hasil yg didapat kokkkkk. Dikontak aja lgs ommm...semuanya full custom made dan pake bahan stainless steel, ampe ke piping intake ke intercoolernya om brikut selang silicon heavy dutynya. Pengerjaan sekitar 3 hr ommm..

@roadtrain99 : strut bar atas tdk trlalu berasa dihandling krn dia terpasang di dudukan bagian atas shock depan yg notabene tdk bergerak itu batok body mobil kecuali pd saat mobil jumping ato sbg penahan struktrur ruang mesin pd saat crash. Yg sbnarnya kerja berat ada di bagian kolong disebut lower braces dan anti roll bar ato stabiliser. Bagian ini mencakup depan dan blakang, nah kalo bagian ini terpasang dan dengan diameter pipe yg ckp ideal nah akan terasa sekali efeknya dihandling mobil kita. NB: anti roll bar bagian depan captiv sdh ckp besar hanya diganti yg bagian blakang saja, tetapi utk lower braces kudu front and rear baru akan kaku itu mobil secara struktur lohhh bukan kerja suspensinya...tetapi semua balik lagi ke kebutuhan kita msg2 sejauh mana driving style kita?? Apakah agresif stiap di corner ato normal2 aja? Apakah kita butuh tambahan bars ato tdk. Cheersssssss ommm.....
Michelin
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: 30 Jul 2009, 13:37

Re: share captiva part 02

Post by Michelin »

didhoetz wrote:@michelin : Utk full set dr downpipe ampe ke muffler bs dikontek ke kotamas knalpot di no telp:08161492255 sampai saat ini baru dua mobil captiv diesel yg baru upgrade sampai ke tahap ini. Hrg sesuai dgn hasil yg didapat kokkkkk. Dikontak aja lgs ommm...semuanya full custom made dan pake bahan stainless steel, ampe ke piping intake ke intercoolernya om brikut selang silicon heavy dutynya. Pengerjaan sekitar 3 hr ommm..

@roadtrain99 : strut bar atas tdk trlalu berasa dihandling krn dia terpasang di dudukan bagian atas shock depan yg notabene tdk bergerak itu batok body mobil kecuali pd saat mobil jumping ato sbg penahan struktrur ruang mesin pd saat crash. Yg sbnarnya kerja berat ada di bagian kolong disebut lower braces dan anti roll bar ato stabiliser. Bagian ini mencakup depan dan blakang, nah kalo bagian ini terpasang dan dengan diameter pipe yg ckp ideal nah akan terasa sekali efeknya dihandling mobil kita. NB: anti roll bar bagian depan captiv sdh ckp besar hanya diganti yg bagian blakang saja, tetapi utk lower braces kudu front and rear baru akan kaku itu mobil secara struktur lohhh bukan kerja suspensinya...tetapi semua balik lagi ke kebutuhan kita msg2 sejauh mana driving style kita?? Apakah agresif stiap di corner ato normal2 aja? Apakah kita butuh tambahan bars ato tdk. Cheersssssss ommm.....

thk u bro untuk infonya!
roymhs31
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 149
Joined: 28 Jul 2010, 16:05

Re: share captiva part 02

Post by roymhs31 »

Senior2 minta ilmunya dikit ttg ctv dong

td pagi pas saya mau berangkat kantor pas mundur ane liat di garasi ada cairan warna ijo tua, gak banyak sih ad 2 titik gt
nah selidik punya selidik, ternyata berasal dari knalpot dan kliatan memang ad semacam cairan gt.
pas saya bawa jalan ud ampe senayan (rumah ane di bintaro) ud jd kerak gt gan
terus saya teleponj bengkel di andalan arteri situ, mnurut mekaniknya itu wajar di captiva vcdi, klo pake shell diesel emg warnanya ijo tua ato biru tua, tp klo pake bio solar warnanya hitam.
kata mekaniknya itu endapan aj, biasa ditemukan dan mempengaruhi mesin.

cm bingung aj, dulu waktu masi pke panther gk ad rembes2an cairan gt d knalpot. tp kok skrg malah ada ya?
temans ad yg punya pengalaman kyk saya?amankah gan?

terus saya iseng2 nanya ama mekaniknya, bagusan mana shell diesel ama bio solar. Dia bilang, klo sulfurnya tinggian Shell, tp klo power (cetane numbernya) bagusan Shell dibandingkan bio solar. Saya juga gan klo shell sulfurnya lbh tinggi drpd bio solar, diliat dr harganya yng beda jauh.

Ada saran temans?
tengkyu berat seniors
adr889
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: 20 Dec 2006, 19:17

Re: share captiva part 02

Post by adr889 »

coba membantu menjawab

cairan di muffler tip memang ada kalau untuk mesin baru dihidupin (mesin dingin) kalau dipanther nga ada mungkin catalic converternya nga ada. dicaptiva kan udah common rail beda sama panther pembakarannya jauh lebih sempurna vcdi yg berujung polusinya lebih dikit.

shell memang kadang sulfurnya lebih tinggi dari biosolar menurut specnya yg beredar diinternet. kalau bio solar memang centananya lebih rendah dari shell dan sulfurnya lebih dikit itu menurut info aja yg beredar. mungkin kalau mau centana lebih tinggi dan low sulfur boleh pakai pertamina DEX. Kalau masalah harga shell sama bio bisa beda dikarenakan satu subsidi satu bukan subsidi hehe, dan peningkatan centana juga mempengaruhi harga seperti premium dgn pertamax plus.
roymhs31 wrote:Senior2 minta ilmunya dikit ttg ctv dong

td pagi pas saya mau berangkat kantor pas mundur ane liat di garasi ada cairan warna ijo tua, gak banyak sih ad 2 titik gt
nah selidik punya selidik, ternyata berasal dari knalpot dan kliatan memang ad semacam cairan gt.
pas saya bawa jalan ud ampe senayan (rumah ane di bintaro) ud jd kerak gt gan
terus saya teleponj bengkel di andalan arteri situ, mnurut mekaniknya itu wajar di captiva vcdi, klo pake shell diesel emg warnanya ijo tua ato biru tua, tp klo pake bio solar warnanya hitam.
kata mekaniknya itu endapan aj, biasa ditemukan dan mempengaruhi mesin.

cm bingung aj, dulu waktu masi pke panther gk ad rembes2an cairan gt d knalpot. tp kok skrg malah ada ya?
temans ad yg punya pengalaman kyk saya?amankah gan?

terus saya iseng2 nanya ama mekaniknya, bagusan mana shell diesel ama bio solar. Dia bilang, klo sulfurnya tinggian Shell, tp klo power (cetane numbernya) bagusan Shell dibandingkan bio solar. Saya juga gan klo shell sulfurnya lbh tinggi drpd bio solar, diliat dr harganya yng beda jauh.

Ada saran temans?
tengkyu berat seniors
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: 07 May 2008, 21:47

Re: share captiva part 02

Post by roadtrain99 »

didhoetz wrote:@michelin : Utk full set dr downpipe ampe ke muffler bs dikontek ke kotamas knalpot di no telp:08161492255 sampai saat ini baru dua mobil captiv diesel yg baru upgrade sampai ke tahap ini. Hrg sesuai dgn hasil yg didapat kokkkkk. Dikontak aja lgs ommm...semuanya full custom made dan pake bahan stainless steel, ampe ke piping intake ke intercoolernya om brikut selang silicon heavy dutynya. Pengerjaan sekitar 3 hr ommm..

@roadtrain99 : strut bar atas tdk trlalu berasa dihandling krn dia terpasang di dudukan bagian atas shock depan yg notabene tdk bergerak itu batok body mobil kecuali pd saat mobil jumping ato sbg penahan struktrur ruang mesin pd saat crash. Yg sbnarnya kerja berat ada di bagian kolong disebut lower braces dan anti roll bar ato stabiliser. Bagian ini mencakup depan dan blakang, nah kalo bagian ini terpasang dan dengan diameter pipe yg ckp ideal nah akan terasa sekali efeknya dihandling mobil kita. NB: anti roll bar bagian depan captiv sdh ckp besar hanya diganti yg bagian blakang saja, tetapi utk lower braces kudu front and rear baru akan kaku itu mobil secara struktur lohhh bukan kerja suspensinya...tetapi semua balik lagi ke kebutuhan kita msg2 sejauh mana driving style kita?? Apakah agresif stiap di corner ato normal2 aja? Apakah kita butuh tambahan bars ato tdk. Cheersssssss ommm.....
Mengenai modif exhaust system, resultnya terasa significant thd power? tenaga di lower rpm nya dpt? apa fc nya juga ada improvement? Menarik jg kalo diupgrade. Gw blm pernah kalo modif exhaust utk diesel secara nafas diesel memang pendek2. bengkel kotamas nya di kota apa nih?

Betul, kalo driving utk sehari2 mungkin blm perlu lah strut bar, lower braces, walaupun sesekali mungkin kita suka nikung tajem2. Gw ngerasa malah sepertinya lebih enak kalo ganti shock. Krn shock std nya cenderung keras, dan jika dipermukaan jalan rata/bergelombang terutama jika tikungan, mobil terasa gamang/terhuyung2 jika penumpang hanya 2-4org. Cuma ya itu, shock std ctv sudah ada rear levelizer..jd bingung jg.
nah lower braces utk captiva gw belum pernah liat, ada foto nya ga tuh?

trims!
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: 07 May 2008, 21:47

Re: share captiva part 02

Post by roadtrain99 »

adr889 wrote:coba membantu menjawab

cairan di muffler tip memang ada kalau untuk mesin baru dihidupin (mesin dingin) kalau dipanther nga ada mungkin catalic converternya nga ada. dicaptiva kan udah common rail beda sama panther pembakarannya jauh lebih sempurna vcdi yg berujung polusinya lebih dikit.

shell memang kadang sulfurnya lebih tinggi dari biosolar menurut specnya yg beredar diinternet. kalau bio solar memang centananya lebih rendah dari shell dan sulfurnya lebih dikit itu menurut info aja yg beredar. mungkin kalau mau centana lebih tinggi dan low sulfur boleh pakai pertamina DEX. Kalau masalah harga shell sama bio bisa beda dikarenakan satu subsidi satu bukan subsidi hehe, dan peningkatan centana juga mempengaruhi harga seperti premium dgn pertamax plus.
Biasa di keesokan hari nya ditemukan tetesan hitam kehijauan di lantai bawah knalpot captiva diesel. Dan diujung tip nya bisa dilihat ampas pembakaran. Kalo dibandingin dgn navara, patrol, lc vx100 yg juga sudah commonrail, mereka ga seperti itu. malah ini captiva diesel mungkin seperti mobil bensin, terkadang kan kalo mobil bensin asepnya seperti lembab.

Soal bbm diesel, sebenernya mana sih yg bagus, total, shell, petronas, bio solar atau pertadex? sebab ada yg bilang shell ga bagus. Sedangkan kalo petronas di supply oleh pertamina.
Selama ini gw pake semua nya, pengaruh ke fc nya hampir sama, berkisar antara 1:9. performa ga terasa beda.
roymhs31
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 149
Joined: 28 Jul 2010, 16:05

Re: share captiva part 02

Post by roymhs31 »

adr889 wrote:coba membantu menjawab

cairan di muffler tip memang ada kalau untuk mesin baru dihidupin (mesin dingin) kalau dipanther nga ada mungkin catalic converternya nga ada. dicaptiva kan udah common rail beda sama panther pembakarannya jauh lebih sempurna vcdi yg berujung polusinya lebih dikit.

shell memang kadang sulfurnya lebih tinggi dari biosolar menurut specnya yg beredar diinternet. kalau bio solar memang centananya lebih rendah dari shell dan sulfurnya lebih dikit itu menurut info aja yg beredar. mungkin kalau mau centana lebih tinggi dan low sulfur boleh pakai pertamina DEX. Kalau masalah harga shell sama bio bisa beda dikarenakan satu subsidi satu bukan subsidi hehe, dan peningkatan centana juga mempengaruhi harga seperti premium dgn pertamax plus.
roymhs31 wrote:Senior2 minta ilmunya dikit ttg ctv dong

td pagi pas saya mau berangkat kantor pas mundur ane liat di garasi ada cairan warna ijo tua, gak banyak sih ad 2 titik gt
nah selidik punya selidik, ternyata berasal dari knalpot dan kliatan memang ad semacam cairan gt.
pas saya bawa jalan ud ampe senayan (rumah ane di bintaro) ud jd kerak gt gan
terus saya teleponj bengkel di andalan arteri situ, mnurut mekaniknya itu wajar di captiva vcdi, klo pake shell diesel emg warnanya ijo tua ato biru tua, tp klo pake bio solar warnanya hitam.
kata mekaniknya itu endapan aj, biasa ditemukan dan mempengaruhi mesin.

cm bingung aj, dulu waktu masi pke panther gk ad rembes2an cairan gt d knalpot. tp kok skrg malah ada ya?
temans ad yg punya pengalaman kyk saya?amankah gan?

terus saya iseng2 nanya ama mekaniknya, bagusan mana shell diesel ama bio solar. Dia bilang, klo sulfurnya tinggian Shell, tp klo power (cetane numbernya) bagusan Shell dibandingkan bio solar. Saya juga gan klo shell sulfurnya lbh tinggi drpd bio solar, diliat dr harganya yng beda jauh.

Ada saran temans?
tengkyu berat seniors
Klo bgitu mending pke bio solar dong ya? soalnya sulfurnya lbh rendah dbanding shell klo ingin mengejar keawetan injektornya ya?
klo dex kbetulan deket rumah belum ad om
trima kasih sarannya
I-Com
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: 23 Nov 2007, 16:18

Re: share captiva part 02

Post by I-Com »

Ini kutipan yang mungkin bisa berguna buat temen2, kalo salah juga minta maaf yaa

Kl pertanyaannya bisa pake solar biasa/bio, jawabannya sih bisa.

Namun ada pertimbangan2an teknis utk menggunakan solar yg lebih bagus, yakni :

1.Alasan kualitas, utk solar biasa/bio biasa juga disebut HSD 45 (High Speed Diesel Cetane Index 45), masih diragukan kualitas nya dalam hal :
- Angka Cetane atau Cetane Number (beda dgn Cetane Index), utk spec HSD 45, harus nya Cetane Number minimal 48, namun masih banyak ditemukan dalam hasil test lab diperoleh Cetane Number hanya 45 (mungkin biar sama dgn index nya kali...he he he)

Untuk Cetane Index 48 memiliki Cetane number diatas minimal 50, jenis (atau brand) solar yg masuk kategori ini adalah Pertamina Dex, Shell, Petronas dan Total.
Hasil test lab utk Shell, Total dan Petronas menunjukkan angka berkisar 52-53, bahkan Pertamina Dex di atas 53 (bisa masuk kategori Cetane Index 50 yg memiliki persyaratan Cetane Number minimum 53)

Cetane Index tertinggi saat ini adalah 52 yg memiliki Cetana Number minimum 55.

Cetane Number ini yg menentukan kualitas pembakaran, semakin tinggi semakin bagus krn semakin mudah terbakar sehingga menghasilkan pembakaran lebih sempurna dan menghasilkan power yg lbh tinggi, akhirnya menghasilkan gas buang yg lebih ramah lingkungan

- Kandungan Sulfur, ketentuan pemerintah saat ini adalah kandungan sulfur maks 3500 ppm utk bahan bakar HSD 45 dan 500 ppm utk HSD 48.

Kabar baiknya, Solar biasa/bio sdh cukup rendah kandungan sulfur nya, yakni perkisar 1200-1500 ppm, Pertamina Dex sudah mendekati angka 350 ppm.
Celakanya, Shell yg masuk kategori Index Cetane 48 dengan Cetane Number 52, ternyata masih cukup tinggi kandungan sulfur nya, yakni 2800 ppm, bagaimana dgn Petronas ? Setali tiga uang, krn kabarnya Petronas dan Shell memiliki supplier dari Pertamina juga. Tp gmn dgn Total ? Katanya dari Singapura, tp idem, Singapura jg msh menerapkan kandungan sulfur tinggi, yakni maks 3500 ppm (sama dgn di Indo, kalo Malaysia maks 500 ppm)

Sulfur bersifat korosif, makin jahat kalo ketemu air, bayangkan bisa jadi H2SO4 atau asam sulfat, kayak air zuur.

Kl bersifat korosif, yah akan menggerus metal, daerah rawan adalah Injection Pump, Injector dan Katalitic Converter, juga gqas buang yg bisa mengakibatkan hujan asam.

- Kandungan Air, nah ini teman baiknya sulfur, bisa koloborasi menjadi teroris. Selain itu menjadi tempat paling subur bagi Bakteri yg bisa hidup dalam solar. Makin tinggi kandungan air, makin sulit mesin dihidupkan dan membuat pembakaran menjadi tidak sempurna. Ini yg sering terlihat dari kentutnya ngebul (akibat dari unsur air terikat), juga asap putih tipis saat hidupin mesin pertama kali di pagi hari (unsur air bebas).

- Bakteri, air menjadi media tempat hidup nya bakteri ini dan celaka nya, bakteri ini bisa makan unsur2 yg ada dalam solar, sehingga membuat solar menjadi turun kualitasnya. Pernah dengar atau nonton berita di TV ketika di Teluk Meksiko ketumpahan minyak bumi ? Salah 1 cara penanganan nya adalah menyebarkan bakteri utk memakan minyak bumi tersebut. Jadi jgn heran kenapa Solar Ber-Cetane Number tinggi lbh irit dari Solar biasa.

2. Faktor Performa Mesin, diatas sdh dijelaskan, makin tinggi Cetane Number makin tinggi performa mesin nya

3. Faktor Perawatan, dgn kualitas dari sisi kandungan sulfur, kandungan air, maka jelas sekali bahwa kualitas solar yg kurang bagus akan membuat repot dalam perawatan seperti harus rajin melakukan pembersihan atau purging.
Kl kedodoran dalam hal perawatan, maka umur komponen akan lebih pendek, bahkan bisa terjadi kegagalan kerja komponen2 yg berkaitan dgn system supply bahan bakar.
Tapi ada jg yang mengatakan, cukup dgn solar biasa bisa aman asal rajin dirawat, khan bisa irit biaya beli solar mahal.

Nah, soal pilihan solar apa yg akan dipakai, kembali ke kepentingan masing2, tentu nya dengan segala pertimbangan termasuk masalah biasa konsumsi bahan bakar.

Yg jelas, masing2 punya kelebihan dan kekurangan
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: 23 Feb 2007, 20:26

Re: share captiva part 02

Post by mpvlover »

didhoetz wrote: Yg menjadi kendala diruang mesin captiv yg sdh sempit apakah bisa disisipkan utk tangki WMInya, nah ini sy msh blum jelas. Jujur saja, semakin banyak yg modif captiv diselnya sy jg senang.
solusinya gampang bos. mgkn bos gak tau kalo wiper fluid itu water metanol 70 : 30. emang sih kalo buat performa 50:50 tp hrs campur2 sendiri beli metanol murni campur air tp lbh praktis pake wiper fluid aja udah ada metanolnya 30% dan jdnya utk WMI bs pake tangki air wiper ga usah pasang tangki lg. Tinggal tambah selang aja ke injectornya
logictunes
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 14 Aug 2010, 23:10

Re: share captiva part 02

Post by logictunes »

halo rekans, salam kenal saya new user nih di forum ini. abis searchiing ttg captiva trnyt rame bener forum ini jd ikutan d...

jadi ceritanya saya beru beli captiva diesel second, berhubung belum pernah pake diesel jadi pengen tanya satu hal, semoga teman-teman ada yang bisa bantu. udah ngubek forum ini dari part 1 tp blm ketemu jawabanya.

captiva yg saya beli km 37000-an abis beli langsung servis ganti filter bahan bakar dan kalibrasi injektor, serta ikutin prosedur servis 37.500, dan kata orang bengkel gak ada masalah apa2 semua bagus

pertanyaan saya:
mesinya kok berisik bgt ya kalo lagi digas mau ke rpm 1500, jadi seperti ada 3 tahap, digas pertama bunyinya halus, seperti waktu idle "krkrkrkkrkr", lalu kalo digas kencengan pas udah jalan dikit mulai bunyi "klek-klek-klek-klek" ditambah bunyi halus "klik-klik-klik" seperti bunyi mesin bensin ngelitik, sisanya sampai rpm mendekati 2000 baru bunyinya halus, namun kalo sudah jalan kenceng mulai 40km/h-an suara sudah halus. btw saya br perhatiin ini setelah ngisi solar biasa.

apakah ini memang karakter mesin VCDI atau ada masalah dengan mesin saya? atau gara2 isi solar biasa, masa sih sampe sekasar itu buyi mesinya gara2 solar? soale br 2x isi, yg pertama full tank shell diesel, yg kedua ngisi solar biasa 40 ltr ditambah sisa diesel shell di tangki (20 literan). rencana kedepan sih pengenya isi biosolar 50:50 sama shell. atau mending isi biosolar full tank tapi ditambah additif ya?
soalnya kalo dengerin bunyi mesin commonrail lain kyk D4-D atau mesin mobil PS kok kayaknya gak sekasar mesin saya pas digas

trims teman-teman buat perhatianya.....
salam
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: 19 Jul 2009, 20:23

Re: share captiva part 02

Post by zweifellos »

hmm ga tau ya nyambung apa ga, kalo dari pengalaman di pajero sport, pake solar petronas suara mesin jadi lebih halus dibanding pas pake solar pertamina. saya rasa cukup signifikan beda suaranya.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
Locked
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post