share captiva part 02

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: share captiva part 02

Post by Deasegara »

Terima kasih masukanya,

Kebetulan saya selama ini pakai MPV generasi kijang, belum ada pengalaman bawa SUV. Saya tertarik Captiva dari sisi exterior nampak gagah namun juga elegan. Saya pernah merasakan Pajero Sport (nebeng) yang saya rasakan kaki/lutut agak nekuk keatas, kursi di seat ke 2 terlalu rendah apalagi di 3rd row. Kalau kita compare SUV-MPV (innova) kira-kira apa plus-minusnya. Saya lebih suka cabin yang senyap/bensin, tapi disisi lain kalau lihat review diesel yang torsinya lebih besar saya jadi kepingin yang diesel. Bingung dech jadinya. Mungkin ada sharing dari teman-teman yang sudah banyak pengalaman handling SUV bensin/diesel. Saya tinggal diluar kota yang jalanya relative masih sepi. Kalau di tol paling kenceng 120 km/jam biasa bawa keluarga 5-7 passengers, kira-kira yang mana ya yang cocok dg style saya.

Saya tunggu feedbacknya.........
hendra138
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu Dec 16, 2010 15:08

Re: share captiva part 02

Post by hendra138 »

Halo

salam kenal saya pengguna captiva diesel '09, dah jalan 19rb km...apakah sudah ada yang merasakan bantingan yang keras?karena sedikit saja kena jalan bergelombang (lubang yang pendek, geronjalan), bodi pun bergetar setelah saya setelah claim ke Sun Motor SBY, mereka beralasan karena captiva memakai suspensi belakang sistem gas, jadi kenyamanan berkendara tergantung penumpang di belakang. Ada yang pernah mengalamin?thx before
didhoetz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 93
Joined: Fri Jul 23, 2010 7:38

Re: share captiva part 02

Post by didhoetz »

@hendra 138: waduh susah utk dijelaskan mksdnya rasanya seperti shock yg udah mati dlm artian gak main sudah ato rasanya keras tp ayunan msh mainnnnn??? Shock captiv emank keras dibanding suv lainnya spt crv, x trail, trutama shock belakangnya krn si captiv sistimnya leveliser alias adjust sndiri bila ada muatan byk dibelakang agar posisi mobil tdk dongak kedepan, oleh sebab itu bila muatan blkang kosong terasa keras sekali bagi sebagian org2, malah ada juga dibilang melayang tdk stabil, pdhl sifatnya keras jd bukan melayang, shock keras cenderung dijalanan gradakan kita berasa mental2 tp dijalan mulus dia sifatnya stabil sebaliknya shock empuk kena jalanan gradakan asik aja tp buat speeding terasa melayang. Yg mana yg menurut om Hendra rasakan kerasnya? Shock mati tdk berfungsi alias umumnya kena polisi tidur bunyi jeduk2 ato emank keras tp bantingan msh berfungsi dan hanya saja terasa gak enak pd saat jalanan rusak???
Discovery
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sat Mar 19, 2011 1:35

Re: share captiva part 02

Post by Discovery »

halo salam kenal, anggota baru nih, kbtulan baru boyong ctv bensin SS ke rumah, jadi sekalian cari2 inpoh dan nemu forum ini.

buat bro Deasegara. saya baru krg lebih 3 mingguan ini pake captiva ss overall puas banget
tadinya saya mau ambil diesel, kebetulan juga emang pernah nyoba pake vcdi sodara selama satu bulan. Bicara tenaga vcdi memang menggiurkan,namun ada beberapa pertimbangan yang saya pikirkan sampai akhirnya memboyong ctv SS ini. Beberapa diantaranya adalah:
- Saya tinggal dijakarta notabene muaceett, jd mubazir juga pake vcdi wong jalan paling kenceng 60km/jam di dalam kota tiap hari.
- Mengenai BBM, solar bagus sekarang mahal sekali mencapai Rp 9000/l untuk shell dan saya yakin akan terus naik. Memang bias diisi dengan BBM yg Rp 4500/l namun sampai berapa lama mobil kita akan tahan? Sementara mesin dipaksa dengan kualitas BBM yg makin lama makikn gak jelas? Memang sih pihak chevy mengatakan aman untuk memakai BBM tsb, namun saya tetap saja ragu. Karena saya ingin pake mobil ini setidaknya tiga tahun kedepan.
- Seringkali saya harus menunggu di dalam mobil, kalo pake diesel mau ngadem nyalain AC kadang2 gak enak krn bnyk org disekitar mobil, tau sendiri kan asep diesel bau apalgi asep vcdi bau asem…
- Yang terakhir denger denger disel perawatnya lbh mahal ya? Ini sih blm tau krn blm pernah tau biaya servisnya…

quick review saya ttg captiva ss:

* kabin cukup lega untuk kursi depan, namun untuk bangku tengah SANGAT lega, kecuali yg bangku ketiga yah, itu sih buat orang2 yg ukuranya kecil masih sangat mencukupi. namun kalau dibandingin inova/fortuner masih kalah captiva, paling bangku tengah jangan terlalu nyender sehingga yg duduk paling belakang kakinya gak terlalu nekuk.

*mengenai kebisingan kabin sih jangan ditanya deh, mesinya haluusss banget, baik idle maupun cruising di kec 100km/jam dikarenakan transmisi baru ini punya 6 percepatan. sebenernya vcdi juga cukup halus untuk ukuran mesin diesel namun berasa halusnya kalau di rpm 2000 keatas, yaahh namanya juga bensin vs diesel jelas soal kebisingan bensin pasti menang.

* dari perfoma mesin harus diakui vcdi masih menang di soal tarikan, apalagi rpm rendah dan tanjakaan, karena titpikal mesin diesel memang torsinya melimpah sejak putaran rendah. captiva ss lebih mengedepankan soal kenyamanan berkendara,kalau mau diajak tarik-tarikan sebaiknya gunakan triptonik saja karena kalau tuas di D transmisinya terasa kurang agresif untuk kebut-kebutan.

konsumsi BBM
* untuk dalam kota jakarta dgn kondisi macet normal MID menunjukan AVG sekitar 13-14l/100km jadi sekitar 1:7-8 isi pertamax, kalo hari minggu jalanan lancar mungkin bisa 1:9.
* namun untuk perjalanan luar kota saya pernah test isi bensin-reset MID- masuk tol jagorawi arah bogor itu bisa tembus di 6.9l/100km dengan kec konstan di 80 kpj.
*Sementare kombinasi TOL-dalam kota menujukan angka MID di sekitar 12km/100km
*paling tragis kalo lg macet parah kyk banjir kmrn di jkt angka MID cmn dpt 16.7 l/100km

Sekian quick reviewnya semoga membantu…
User avatar
ekoagusshm
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Wed Apr 08, 2009 18:53
Location: Purwakarta

Re: share captiva part 02

Post by ekoagusshm »

Bro Discovery, mantap Review Captiva SS nya, mesin Ecotec nya pasti lebih baik dari Captiva Bensin sebelumnya.
1 lagi, gimana sound sistem nya? Soalnya saya ngiler sama 3D Surround Sound dari Arkamys nya itu.

Salam, EKO
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: share captiva part 02

Post by Deasegara »

Discovery wrote:halo salam kenal, anggota baru nih, kbtulan baru boyong ctv bensin SS ke rumah, jadi sekalian cari2 inpoh dan nemu forum ini.

buat bro Deasegara. saya baru krg lebih 3 mingguan ini pake captiva ss overall puas banget
tadinya saya mau ambil diesel, kebetulan juga emang pernah nyoba pake vcdi sodara selama satu bulan. Bicara tenaga vcdi memang menggiurkan,namun ada beberapa pertimbangan yang saya pikirkan sampai akhirnya memboyong ctv SS ini. Beberapa diantaranya adalah:
- Saya tinggal dijakarta notabene muaceett, jd mubazir juga pake vcdi wong jalan paling kenceng 60km/jam di dalam kota tiap hari.
- Mengenai BBM, solar bagus sekarang mahal sekali mencapai Rp 9000/l untuk shell dan saya yakin akan terus naik. Memang bias diisi dengan BBM yg Rp 4500/l namun sampai berapa lama mobil kita akan tahan? Sementara mesin dipaksa dengan kualitas BBM yg makin lama makikn gak jelas? Memang sih pihak chevy mengatakan aman untuk memakai BBM tsb, namun saya tetap saja ragu. Karena saya ingin pake mobil ini setidaknya tiga tahun kedepan.
- Seringkali saya harus menunggu di dalam mobil, kalo pake diesel mau ngadem nyalain AC kadang2 gak enak krn bnyk org disekitar mobil, tau sendiri kan asep diesel bau apalgi asep vcdi bau asem…
- Yang terakhir denger denger disel perawatnya lbh mahal ya? Ini sih blm tau krn blm pernah tau biaya servisnya…

quick review saya ttg captiva ss:

* kabin cukup lega untuk kursi depan, namun untuk bangku tengah SANGAT lega, kecuali yg bangku ketiga yah, itu sih buat orang2 yg ukuranya kecil masih sangat mencukupi. namun kalau dibandingin inova/fortuner masih kalah captiva, paling bangku tengah jangan terlalu nyender sehingga yg duduk paling belakang kakinya gak terlalu nekuk.

*mengenai kebisingan kabin sih jangan ditanya deh, mesinya haluusss banget, baik idle maupun cruising di kec 100km/jam dikarenakan transmisi baru ini punya 6 percepatan. sebenernya vcdi juga cukup halus untuk ukuran mesin diesel namun berasa halusnya kalau di rpm 2000 keatas, yaahh namanya juga bensin vs diesel jelas soal kebisingan bensin pasti menang.

* dari perfoma mesin harus diakui vcdi masih menang di soal tarikan, apalagi rpm rendah dan tanjakaan, karena titpikal mesin diesel memang torsinya melimpah sejak putaran rendah. captiva ss lebih mengedepankan soal kenyamanan berkendara,kalau mau diajak tarik-tarikan sebaiknya gunakan triptonik saja karena kalau tuas di D transmisinya terasa kurang agresif untuk kebut-kebutan.

konsumsi BBM
* untuk dalam kota jakarta dgn kondisi macet normal MID menunjukan AVG sekitar 13-14l/100km jadi sekitar 1:7-8 isi pertamax, kalo hari minggu jalanan lancar mungkin bisa 1:9.
* namun untuk perjalanan luar kota saya pernah test isi bensin-reset MID- masuk tol jagorawi arah bogor itu bisa tembus di 6.9l/100km dengan kec konstan di 80 kpj.
*Sementare kombinasi TOL-dalam kota menujukan angka MID di sekitar 12km/100km
*paling tragis kalo lg macet parah kyk banjir kmrn di jkt angka MID cmn dpt 16.7 l/100km

Sekian quick reviewnya semoga membantu…
Wah sharing yang luar biasa....thanks bro Discovery...
Makin ngiler nich untuk segera indent yang bensin, kebetulan didaerah saya belum ada SPBU yang menyediakan pertadex, maklum diluar kota. Lagian saya seringnya jalan bareng ma keluarga, jadi gak bisa juga tarik-tarikan soalnya istri atau anak-anak pasti teriak, paling sering speed 70-80 km/h. Yang penting keluarga bisa nyaman di boil yang tongkronganya gahar namun juga elegan.

Dari sharing bro Discovery, untuk FC kalau di compare dengan Innova masih lebih irit SS, saya biasa bawa innova V bensin tahun 2009 manual luar kota di MID 11-12 km/l (kalau isi bensin full to full tank 10.5 km/l) kalau Captiva SS bisa dapat 14 km/l dengan berat hampir 2 ton berarti sangat irit.

Sekali lagi thanks sharing dan feedbacknya....
Discovery
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sat Mar 19, 2011 1:35

Re: share captiva part 02

Post by Discovery »

bro EKO: hmmm.. gak tau juga gimana bedanya sama yg mesin lama soalnya gak pernah coba bandingin sama yg lama, pernah bandinginya cuma sama vcdi hehe. kalo soal sound systemnya sih sudah lebih dari cukup menurut saya dibandingin sound system standard mobil2 sekelasnya. suara bass terasa mendentum dengan mantap, diiringi treble yang cukup, sensasi surroundnya juga cukup terasa walau tidak bisa dikatakan super sensasional, kalau dibanding dengan sound captiva yang lama sih cukup jauh rasanya. tersedia dua settingan yaitu driver dan passenger. namun pendapat pribadi saya sound system ini belum bisa mengalahkan kalau kita setting audio sendiri dengan berbagai komponen seperti power,twitter dsb.

Bro deasegara: hmm... yahh kalau memang nggak mentingin tarikan sih saya rasa SS pilihan yang tepat, soalnya kalau vcdi dibejek itu bisa berasa ketarik badan sampe ke bangku, sedangkan SS belum bisa membuat sensasi seperti itu hehe.. mesin bensin baru ini berasa enak tenaganya kalau sudah speed menengah atas sekitar 80 enak deh nariknya ke atas lagi. kalau memang tujuan penggunaan untuk lebih sering diluar kota dengan jalur yang tidak begitu macet sih enak bisa cruising terus apalagi bensinya bisa irit hahaha...
konsumsi 6.9l/100km itu murni di dalam TOL ya pak, tapi kalau habis itu kan kita pasti jelajah dalam kota maka gak mungkin dapet segitu paling-paling bergerak antara 10-12l/100km.

salam.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
ekoagusshm
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Wed Apr 08, 2009 18:53
Location: Purwakarta

Re: share captiva part 02

Post by ekoagusshm »

Bro Discovery, kalo boleh saya tau, bonus apa yang dikasih dari Dealer nih? Dapat cashback ga?

Thanks - EKO
hendradi
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sat Mar 26, 2011 10:12

Re: share captiva part 02

Post by hendradi »

Dear all Captiva user

Saya Adalah pemakai captiva bensin 2.4L th 2010 keluaran sblm ECO sistem
Hm pertama review dr saya adalah kebingungan karena begitu mobil ini dipakai
ternyata eh ternyata memiliki tingkat keborosan yg sangat2 parah
keseharian mobil ini hanya pergi dan pulang untuk ke kantor
dari rumah di cengkareng jam 9 pagi meluncur ke kelapa gading kira2 1jam 10mnt sampai(macet)
dari kelapa gading ke cengkareng dari jam 4 sore sampai kira2 1 jam 30 mnt sampai rumah(macet)
begtulah kesaharian orang tua saya untuk ke kantor
tetapi kenapa mobil ini di memium bensin dengan jarak tersebut bolak2ik kira 80km per hari, jadi setiap 200KM mobil itu berjalan
tangki bensin sudah ada di bawah setengah(setelah pengisian Full di shell) dan di isi di sheel kelapa gading sebanyak 50Lt an.
that very amazing. jadi kalau d hitung secara kasar adalah 1: 4

apakah teman-teman ada yg mengalami keborosan mobil seperti saya?

just share untuk teman2..tidak ada mksud untuk menjatuhkan mobil ini
1. saya sudah memakai sheell super dari mobil ini datang ke rumah sampai sekarang
2. sewaktu mobil ini datang ke rumah dan dipakai kira2 1bulan lebih, konsumsi bbm 1:5
tetapi sekarang sejalan nya waktu dan mobil ini sudah berumur kira 7bulan, fantastic sekali bbm 1:4
dalam usaha pencarian masalah ini, saya sudah datang ke service center di kebun jeruk, sampai sekarang sudah
kira-kira 5 atau 6 kali saya datang ke sana untuk menanyakan kenapa mobil ini boros???mekanik menjawab macet terus pak, tp tidak mungkin sampai 1:4 , setelah injection clenaer and service rutin dan bla bla bla bla, skrg mobil saya baru jalan 15rb KM.
tetap saja tidak ada perubahan untuk msalah bensin boros
dan juga dari general motor memiliki suatu alat untuk mengukur bensin, jadi konsep nya adalah mengukur selama perjalanan bensin yang keluar lalu di konversikan dengan kilometer yang di catat.
untuk pengetesan pertama kali sehabis injection cleaner and bla bla, supir sy dan staff GM mengetes mobil saya lalu di katakan mobil ini sudah jalan 5KM dan sktar 0.6 liter habis, jadi bisa di katakan sktar 1:8-9(kndisi merayap terkadang macet, putar sktar kebun jeruk)
untuk pengetesan pertma saya OK. qta coba dulu kalo memang berhasil yah bagus...

lalu TIdak ada perbahan konsumsi bbm mobil ini.. slalu jalan 200km isi sktar 50lt
WHAT!!

saya lakukan complain lagi... bengkel menjawab " ga mungkin sgtu pak, palaing bros 1:6"
lalu sekalian saya service rutin lagi lalu dilakukan pengetesan 1 minggu dengan alat sama seperti di atas(karena menunggu alat)
selama 1 mgg menunggu alat, mobil tetap 1:4
hari pengetesan: mobil di pasang alat dari GM dan dilakuakan pengetesan
mekanik menjawab: "pak saya test 1:10"
orang tua saya lgz marah" pak, jadi saya berkali-kali datang kesini dikira saya bohong apa!!saya bicara kenyataan 2 hari saya jalan 200km isi 50lt, kalo bapak ga percaya ikut 2 hari sama saya"
lalu advisor dan menager dsana pun terkesan diam, dan akhir nya ada yg mengatakan kalau bengkel ini menyerah untuk melakukan investigasi lebih lanjut!. dan saya pun tidak mau mengahrapkan lagi untuk ke sana.

lalu saya mendapatkan info kalau ada bengkel chevy di daerah gunung sahari yang di recomendasikan
hari pertama saya datang kesana:
1. pak ini mobil boros sampai 1 : 4
lalu di di test CO dan hasil nya 0(nol) dan di engine scnnaer milik GM. ternyata ada kerusakan atau hal yg ganjal di sensor airflow
dan kata mekanik dsana dari suara nya seperti ada kebocoran di bagian kenalpot.
2. hari ke 2 setelah part airflow ready di bengkel
dilakukan penggantian airflow dan pengecekan kenalpot, dikatakann bahwa kenalpot mengalami kebocoran, jadi harus di bubut rata lalu ganti paking smua dan di coba lagi

dan apa hasil nya??
saya pulang dan sebelum pulang saya isi bensin di dekat rumah, di sheel pluit tepattnya
dan pulang, dan besok nya ke kantor, pulang kantor saya sangat kaget!! jalan 98KM trip bensin 1 kotak kecil diatas setengah!
amazing!!!
saya biarkan jalan terus, dan akhir nya pada mobil itu jalan 120km, saya isi 40Lt pertamax..
jadi 1:3
Lalu saya complain lagi ke bengkel dan kepala mekanik hanya bisa bilang, akan di tanyakan ke pihak GM

Saya sebagai pemiliki captiva Hanya ingin SHARING kepada teman2 smua disini, apa yg harus saya lakukan lagi, dan bagaimana menyikapi bengkel, dan berharap adakah info2 baiknya seperti apa mobil sya ini. hal apa lg yg harus dilakukan
karena jujur saya dan ortu saya sudah bingung skali
dan sekali lagi ini hanya sharing Tidak ada maksud untuk menjatuhkan pihak siapa pun!

dan saya selalu ke bengkel RESMI...


Thanks teman2
hendra138
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu Dec 16, 2010 15:08

Re: share captiva part 02

Post by hendra138 »

@om didhoetz

hmm,suspensi menurut ak masih main...tetapi bantinganya sangat keras, meski bawa 5 orang penumpang sekaligus...yg plg parah, karena jalan berlobang dangkal aja atau gronjalan yang pendek, sudah gradakan dan interior pun berbunyi. Suarapun masuk ke dalam kabin...serasa seperti suspensinya mati...tak mantul enak begitu...sudah saya coba ganti nitrpgen 30 30 pun masih tak enak.mohon bantuanya.thx..
pendekar69
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sun Mar 27, 2011 3:58

Re: share captiva part 02

Post by pendekar69 »

halo agan2 nubitol br gabung nih... salam hormat aj buat suhu2 ds :big_peace: n.
mohon dibahas secara mendetil donk mengenai bantingan dan shock yg agak keras berikut saran n solusinya. krn mungkin teman2 diatas pny masalah menetap mengenai jalan n rute sehari2 yg rusak parah dan gak mungkin mulus!! :big_slap: (krn pembangunan saat ini gak jelas).
padahal mereka berharap banyak ma ctv akan mengatasi mslh td.
thq agan2 .... :frm_salut:
User avatar
ekoagusshm
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Wed Apr 08, 2009 18:53
Location: Purwakarta

Re: share captiva part 02

Post by ekoagusshm »

Hai Captiva Lover...

Ada Info menarik nih buat yang mau ganti Head Unit Captiva

How to Install a Chevrolet Captiva GPS DVD Player?
Here is a Chevrolet Captiva GPS DVD Player install Guide. Chevrolet Captiva owners can follow the instructions to install the DVD player step by step with great ease....

http://www.pubarticles.com/article-how- ... 24425.html

Salam

EKO - PURWAKARTA
Discovery
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sat Mar 19, 2011 1:35

Re: share captiva part 02

Post by Discovery »

Bro eko: gak dapet apa2 neh.... parah, cuma kaca film perfection aja. sisanya kalender doangan, kacau dah....

Hendradi: mungkin itu karena kondisinya yang macet parah pak. kalo macet sampe segitu parah sih 1:5 bisa aja terjadi, cuman belom pernah ampe 1:4 sih.. emang konsumsi di MID-nya menunjukkan berapa liter/100km-nya? coba aja dites kalo jalanan lancar muter2 sampe 100km-an. apakah hasilnya segituan juga? kalo iya berarti ada yang salah sama mobilnya, tp kalo ternyata jauh lebih irit berarti kondisi macet itu penyebabnya, dan mungkin bisa cari rute lain atau waktu keberagkatan yang bisa diganti. pernah baca dari forum mana lupa, mobil new xtrail ada yang konsumsi bbm-nya sampe 1:4 juga dalam kota. Ternyata setelah diperiksa, oxygen sensornya rusak, setelah itu bisa dapet 1:6-7an. coba aja minta diperiksa dan direplace kalo perlu, kan masih dalam masa garansi.


btw ada yg pake cativa ss lagi gak nih rekan2? bisa dishare konsumsi bbm-nya buat perbandingan...hehe

semoga membantu...
didhoetz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 93
Joined: Fri Jul 23, 2010 7:38

Re: share captiva part 02

Post by didhoetz »

@hendra 138: ctv sih bawaannya emank keras om cuma sy ga ngarti sejauh apa yg dimaksud ama ente?? Apakah sbelumnya om seringnya pake jenis mobil yg empuk? Krn akan terasa sekali bedanya antara shock empuk aama yg keras. Punya sy sih yah spt itu emank keras ommm bawaannya si ctv. Seumpama dr shock om emank normal semuanya dlm arti tdk ada kerusakan, itu sama spt punya sy kdg kala ketemu jalanan konblok yg ancur naik turun dan bergelombang, bantingannya gak enak dan bener suka bunyi2 dashboardnya. Point sy: umpama kondisi mobil om normal semua dan ada keinginan utk meng upgrade shock yg lbh empuk, di market kaga ada om, seumapama adapun pd umumnya shock aftermarket malah nambah keras, tp sampai saat inipun tdk ada shock aftermarket buat ctv adanya cuma spring alias per yg lower than stock. Cheersssss
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: share captiva part 02

Post by roadtrain99 »

hendra138 wrote:Halo

salam kenal saya pengguna captiva diesel '09, dah jalan 19rb km...apakah sudah ada yang merasakan bantingan yang keras?karena sedikit saja kena jalan bergelombang (lubang yang pendek, geronjalan), bodi pun bergetar setelah saya setelah claim ke Sun Motor SBY, mereka beralasan karena captiva memakai suspensi belakang sistem gas, jadi kenyamanan berkendara tergantung penumpang di belakang. Ada yang pernah mengalamin?thx before
salam...
biasanya pake mobil apa ya bro?
captiva memang agak keras suspensi nya kalau isi penumpangnya 3-4 org, tapi kalo agak penuh baru agak enakan. soal sistem gas/levelizer emang betul, cuma bantu agar bagian belakang mobil tidak terlalu turun ketika isi penuh.

tapi kalo body gemetar, mungkin roda/ban nya bisa di cek balance dulu..
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: share captiva part 02

Post by roadtrain99 »

Deasegara wrote:Terima kasih masukanya,

Kebetulan saya selama ini pakai MPV generasi kijang, belum ada pengalaman bawa SUV. Saya tertarik Captiva dari sisi exterior nampak gagah namun juga elegan. Saya pernah merasakan Pajero Sport (nebeng) yang saya rasakan kaki/lutut agak nekuk keatas, kursi di seat ke 2 terlalu rendah apalagi di 3rd row. Kalau kita compare SUV-MPV (innova) kira-kira apa plus-minusnya. Saya lebih suka cabin yang senyap/bensin, tapi disisi lain kalau lihat review diesel yang torsinya lebih besar saya jadi kepingin yang diesel. Bingung dech jadinya. Mungkin ada sharing dari teman-teman yang sudah banyak pengalaman handling SUV bensin/diesel. Saya tinggal diluar kota yang jalanya relative masih sepi. Kalau di tol paling kenceng 120 km/jam biasa bawa keluarga 5-7 passengers, kira-kira yang mana ya yang cocok dg style saya.

Saya tunggu feedbacknya.........
bawa mpv seperti kijang ke suv sperti captiva ga jauh beda kok.
kalo 3rd row captiva sy pernah coba, lutut mentok tapi masih agak lega dan bukan seperti sempit, mungkin bisa dibilang seperti 3rd row ipah. sy pernah naik fortuner 3rd row malahh masih lebih lega ipah.
bro mau senyap seperti bensin tapi mau torque besar, sulit. harus pilih lebih ingin yg mana. kalo kurang senyap mungkin bisa ditambah peredam.
*imo* captiva diesel kalo sudah rpm di atas 2rb atau lari sekitar 80kmh suara diesel nya mulai senyap hampir tidak terasa diesel. mungkin bisa test di dealer terdekat.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: share captiva part 02

Post by roadtrain99 »

hendradi wrote: dilakukan penggantian airflow dan pengecekan kenalpot, dikatakann bahwa kenalpot mengalami kebocoran, jadi harus di bubut rata lalu ganti paking smua dan di coba lagi

dan apa hasil nya??
saya pulang dan sebelum pulang saya isi bensin di dekat rumah, di sheel pluit tepattnya
dan pulang, dan besok nya ke kantor, pulang kantor saya sangat kaget!! jalan 98KM trip bensin 1 kotak kecil diatas setengah!
amazing!!!
saya biarkan jalan terus, dan akhir nya pada mobil itu jalan 120km, saya isi 40Lt pertamax..
jadi 1:3
Lalu saya complain lagi ke bengkel dan kepala mekanik hanya bisa bilang, akan di tanyakan ke pihak GM

Saya sebagai pemiliki captiva Hanya ingin SHARING kepada teman2 smua disini, apa yg harus saya lakukan lagi, dan bagaimana menyikapi bengkel, dan berharap adakah info2 baiknya seperti apa mobil sya ini. hal apa lg yg harus dilakukan
karena jujur saya dan ortu saya sudah bingung skali
dan sekali lagi ini hanya sharing Tidak ada maksud untuk menjatuhkan pihak siapa pun!

dan saya selalu ke bengkel RESMI...


Thanks teman2
knalpot bocor tapi dibubut gimana tuh?
coba cek pelampung bensin, odometer. apa ada perubahan tenaga? tanki bocor? fuel line ga beres?
Discovery wrote:halo salam kenal, anggota baru nih, kbtulan baru boyong ctv bensin SS ke rumah, jadi sekalian cari2 inpoh dan nemu forum ini.

buat bro Deasegara. saya baru krg lebih 3 mingguan ini pake captiva ss overall puas banget
tadinya saya mau ambil diesel, kebetulan juga emang pernah nyoba pake vcdi sodara selama satu bulan. Bicara tenaga vcdi memang menggiurkan,namun ada beberapa pertimbangan yang saya pikirkan sampai akhirnya memboyong ctv SS ini. Beberapa diantaranya adalah:
- Saya tinggal dijakarta notabene muaceett, jd mubazir juga pake vcdi wong jalan paling kenceng 60km/jam di dalam kota tiap hari.
- Mengenai BBM, solar bagus sekarang mahal sekali mencapai Rp 9000/l untuk shell dan saya yakin akan terus naik. Memang bias diisi dengan BBM yg Rp 4500/l namun sampai berapa lama mobil kita akan tahan? Sementara mesin dipaksa dengan kualitas BBM yg makin lama makikn gak jelas? Memang sih pihak chevy mengatakan aman untuk memakai BBM tsb, namun saya tetap saja ragu. Karena saya ingin pake mobil ini setidaknya tiga tahun kedepan.
- Seringkali saya harus menunggu di dalam mobil, kalo pake diesel mau ngadem nyalain AC kadang2 gak enak krn bnyk org disekitar mobil, tau sendiri kan asep diesel bau apalgi asep vcdi bau asem…
- Yang terakhir denger denger disel perawatnya lbh mahal ya? Ini sih blm tau krn blm pernah tau biaya servisnya…

quick review saya ttg captiva ss:

*mengenai kebisingan kabin sih jangan ditanya deh, mesinya haluusss banget, baik idle maupun cruising di kec 100km/jam dikarenakan transmisi baru ini punya 6 percepatan. sebenernya vcdi juga cukup halus untuk ukuran mesin diesel namun berasa halusnya kalau di rpm 2000 keatas, yaahh namanya juga bensin vs diesel jelas soal kebisingan bensin pasti menang.

* dari perfoma mesin harus diakui vcdi masih menang di soal tarikan, apalagi rpm rendah dan tanjakaan, karena titpikal mesin diesel memang torsinya melimpah sejak putaran rendah. captiva ss lebih mengedepankan soal kenyamanan berkendara,kalau mau diajak tarik-tarikan sebaiknya gunakan triptonik saja karena kalau tuas di D transmisinya terasa kurang agresif untuk kebut-kebutan.
- kalo power mubazir sepertinya ga jg kok, tergantung gimana kita makainya aja
- captiva sy sudah jalan 3thn, bio, shell, petron, total, pertadex, sudah ngalamin semua, dan paling sering pakai bio, sampai skrg masih bagus. yang penting perawatannya dijaga.
- mungkin kalo nunggu nya lama, lebih baik di luar atau cari tempa lain bro, bensin jg jadi lebih irit. bensin jg bau knalpot nya cukup tajem kok.
- biaya service kalo mahalnya relatif dan variasi. menurut sy cukup sebanding, anggap saja service itu asuransi termurah daripada mesinnya kenapa2 gitu bro. krn mobil seperti jazz pun kalo sudah major service bisa 1-2jt, buat perbandingan aja.
- ss sudah 6 speed? keren...
- captiva ss mengedepankan kenyamanan maksudnya gimana bro, apa sudah ada pergantian sistem suspensi dari GM nya bro?
Discovery wrote: konsumsi BBM
* untuk dalam kota jakarta dgn kondisi macet normal MID menunjukan AVG sekitar 13-14l/100km jadi sekitar 1:7-8 isi pertamax, kalo hari minggu jalanan lancar mungkin bisa 1:9.
* namun untuk perjalanan luar kota saya pernah test isi bensin-reset MID- masuk tol jagorawi arah bogor itu bisa tembus di 6.9l/100km dengan kec konstan di 80 kpj.
*Sementare kombinasi TOL-dalam kota menujukan angka MID di sekitar 12km/100km
*paling tragis kalo lg macet parah kyk banjir kmrn di jkt angka MID cmn dpt 16.7 l/100km

Sekian quick reviewnya semoga membantu…
buat comparison nya siapa tau berguna
dalkot jakarta vcdi 1:8-9km, kalo kaki kalem campur macet, masih dapet 1:9km. ini udah coba pertadex, bio, total, petron, mau pake racun atau ga..hasilnya sekitar itu.
lukot vcdi bisa dpt 1:12km tol dan non tol ke lampung. bandung-jkt PP sekitar 1:9km, gaya nyetir betot dan santai.
cara itung manual atau reset trip meter per liter refill, ga pake mid.

: :frm_tumbright:
Discovery
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sat Mar 19, 2011 1:35

Re: share captiva part 02

Post by Discovery »

wahh... bro roadtrain semua di reply, mantap hahaha

1. maksudnya mubazir gini, kan saya tiap hari muter2 jakarta mulu, rute paling sering: tj duren, kemanggisan, roxy, pasar baru, mangga 2. itu daerah "maut" semua macetnya speed rata2 cuman 20km/h, klo pake diesel paling enak hr minggu doang... dan saya jarang keluar kota, sekali-sekali aja. akhirnya mutusin ambil yang bensin ajah deh bro.

2. saya pernah trauma dulu awal 2008 pake apanja 1.5s, jd ceritanya dari pertama itu isi pertamax/super berhubung rasio kompresinya sekitar 10 sekian. setelah 4 bulan pemakaian harga pertamax/shell naik terus mencapai Rp 11.000/liter akhirnya hijrah ke premium. seminggu pertama gpp. eh minggu berikutnya mulai ngelitik sampe 1 bulan akhirnya ngelitik menjadi parah sekali lalu balik lg ke pertamax. tp gak efek, akhirnya belasan kali bolak balik bengkel gak bisa ilang. [padahal baca di forum2 banyak yg mobilnya gak masalah minum premium. sampe akhirnya dibawa ke bengkel pusat gak tau juga diapain tp ktnya mesin dibongkar semua dan nginep 3 minggu sembuh. ternyata.... gk bertahan lama tuh bbrp bulan kemudian kambuh.... cape deh, akhirnya benerin lg, sembuh lg trus jual aja.. pdhl br pake 1 thn.

sejak saat itu tiap beli mobil pokoknya gak mau lagi pake BBM yang gak sesuai rekomendasi, kapok bolak balik bengkel, buang waktu dan biaya, untung waktu itu biayanya msh gratis krn garansi.begitu juga captiva, takutnya aja nanti pake bio terus2an ada efeknya, apalagi kualitasnya BBM-nya kan kdg2 gak jelas. seperti kasus premium kmrn yang tiba2 bikin fuel pump rusak. gitu d bro roadtrain, jdnya saya maunya pake mobil gak ada masalah besar. kecuali kalo emg waktunya ganti parts ya ganti dan perawatan rutin.

3. iya sih mending nunggu diluar irit bensin hehe, tp kdg2 klo lg gk ad tmpt berteduh mending ngadem di mbl bro haha... tp baunya si SS itu kyknya gak gt tajem deh mungkin gara2 euro 3 apalah itu saya gk ngerti juga.., soalnya di rmh jg ada jazz baunya knalpotnya emg mayan tajem.

4. mengenai biaya servis sih blm tau nih, kan 1th/2x servis pertama itu gratis kan, iya betul kalo mbl2 jepun per 20.000km biasanya 1-2jt krn servis besar. btw ada yg bisa share biaya servis captiva bensin, jd punya ancang2 hehehe

5. iya 6 speed, jd klo kita geser ke triptonik itu bisa sampe 6, tp bkn berarti tambah kenceng sih cuman nurunin RPM doang pas high speed, dan giginya lebih rapat, jdnya pendek2. di kec 100 aja udah masuk gigi 6

6. suspensi gk gitu perhatiin tp kyknya sama deh, mksdnya nyaman itu dr tingkat kebisingan aja, apalagi kalo lg konstan di kec 80/100 cukup senyap di kabin.

7. Biasanya sih diesel lbh irit ya bro, emg MID itu gak akurat ya? biasa sih liatin MID aja, soalnya klihatanya cukup sensitif, kalo banyak macet dia tambah boros, kalo abs itu agak lancar dia bisa naek lg lebih irit. kalo baca2 di sini bensin dalkot biasanya 1:7-8nan, berarti msh lbh irit diesel sekitar 1-2km/liternya untuk dalkot.

salam.....
yudi4mail
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Tue Mar 29, 2011 10:13

Re: share captiva part 02

Post by yudi4mail »

hallo smua,...
ikut menyimak ya,...kebetulan sy jg baru dapet 3 mg yg lalu CTV diesel warna putih....
sejak diterima langsung nginep di bengkel audio...
beberapa yg sdh saya coba ganti:

1. AUDIO >> upgrade dengan penambahan power amp dan speaker, dengan tetap mempertahankan original HU nya,... percobaan tapi hasilnya kalo menurut saya sdh sangat luar biasa,... center staging sama bass nya cukup ok,... dan yg penting control unit yg di steer berfungsi
2. PEREDAM >> just sharing : sy sdh coba memakai peredam hampir seluruh body, mulai dari doortrim, lantai, plafon dan....percobaan lagi saya bongkar smua dashboard untuk pasang peredam firewall,....alhasil>>> suara diesel teredam hingga 80%, lumayan dalam kabin jadi cukup sunyi..
3. JOK >> saya bongkar kain bawaannya, diganti sama bahan kulit...>>tambah adem jg....
4. VELG >> saya pake velg ring 22 pake ban achiles 265/35/22, ganti per pake sport kitt eibach
5. Accesorieas lain >> pasang hood protector, bumper guard, fog lamp, cruse control, electric mirror
6. MESIN >> pasang Dastek UNCHIP >> baru dapet 192 HP, tp lumayan kerasa ....

segitu aja om, mohon masukannya......
untuk bro PENYUBALI, head lampnya bagus banget pake LED,.... :frm_tumbright: :frm_tumbleft:
mau jg infonya dong....

Salam,
YUDI bandung
hendra138
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu Dec 16, 2010 15:08

Re: share captiva part 02

Post by hendra138 »

@om didhoetz

hmm, sorry sebelumnya karena saya ga begitu mengerti masalah kaki-kaki....tidak tahu pasti sumber masalahnya dimana....biasanya saya menggunakan innova...yang umurnya sudah 5 tahun pun...getaran tidak begitu terasa...Menginjak gronjalan tidak begitu bergetar . Ya saya juga punya P.Sport juga, tapi baru 1 tahun sih, sama-sama enak (menurut saya untuk dudukanya). Yang dimaksud getaran disini adalah bukan pada setir melainkan bodi sehingga terlihat seolah (kalau orang yang nga ngerti beginian bilang: kabinnya kok sudah bunyi semua), Padahal jalan yang saya lewati itu tidak berlubang besar. Hmm dashboard sih jarang bunyi ya, cm bagian belakang itu bunyi seperti joknya mungkin ya, duk gruduk duk...dak...gitu si...kalau lewat jalan yang nga rata dikit aja.., Sudah 2 tahun dipake harian, 2 penumpang...thx anyway for reply.

@Roadtrain

Biasanya pake pajero sport sama innova om...saya sudah tanya ke orang spooring balancing tidak ada masalah dengan mobil saya. Thx anyway for reply.
didhoetz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 93
Joined: Fri Jul 23, 2010 7:38

Re: share captiva part 02

Post by didhoetz »

@Hendra 138: nah iyahhh tuh jok si ctv yg bunyi2 hehehheehee jd dengernya gak enak, bukan kabinnya. karena si inopa dan pajero suspensinya lebih empuk drpd ctv jd ketemu jalan rusak lebih meredam mreka. Cheerssss......

@Yudi4mail: ayukkkk ommmm lanjutkan lagi naikin power si ctvnya uheuehuehehehheee, masih byk itu yg blom kecolek hehhehehe.......jalur exhaust blom komplit kannn?? intake piping intercooler??header or manifold?? hati2 om dgn power besar kudu diimbangi dgn pemebenahan di sektor exhaust jd bukan sekedar downpipe ajahhhhh hihihihiiiii....jalur pernapasan juga ommmm hehehehhe minim ganti replacement air filter tapi akan lebih bagus lagi bila upgrade air intakenya maap ommm diracun nihhh hihihiiiii

captiva sy lagi on project utk tembusin melewati my own record 248hp and torque 482nm. Soon it will be more, stay tuneeeee, ane juga penasarannnnnn hasil akan dapat berapa nanti pas dyno hihihihiiiii.......
yudi4mail
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Tue Mar 29, 2011 10:13

Re: share captiva part 02

Post by yudi4mail »

didhoetz:
@Yudi4mail: ayukkkk ommmm lanjutkan lagi naikin power si ctvnya uheuehuehehehheee, masih byk itu yg blom kecolek hehhehehe.......jalur exhaust blom komplit kannn?? intake piping intercooler??header or manifold?? hati2 om dgn power besar kudu diimbangi dgn pemebenahan di sektor exhaust jd bukan sekedar downpipe ajahhhhh hihihihiiiii....jalur pernapasan juga ommmm hehehehhe minim ganti replacement air filter tapi akan lebih bagus lagi bila upgrade air intakenya maap ommm diracun nihhh hihihiiiii
betul om saya jd mulai keracunin niy,...
nah kemaren sempet nanya2 ke k*tam*s knalpot untuk perubahan total jalur downpipe hingga header ternyata cukup besar biayanya ya,... (kalo boleh PM dong om didhoetz step2 nya sama biayanya..., kira-kira mana yg penting dulu)

Sukses om didhoetz biar tembus diatas 248 HP :frm_tumbright: :frm_tumbleft:

Salam,
Yudi bandung
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: share captiva part 02

Post by roadtrain99 »

Discovery wrote:wahh... bro roadtrain semua di reply, mantap hahaha

1. maksudnya mubazir gini, kan saya tiap hari muter2 jakarta mulu, ...
2. saya pernah trauma dulu awal 2008 pake apanja 1.5s, ...

3. .. soalnya di rmh jg ada jazz baunya knalpotnya emg mayan tajem.

4. mengenai biaya servis sih blm tau nih, kan 1th/2x servis pertama itu gratis kan, iya betul kalo mbl2 jepun per 20.000km biasanya 1-2jt krn servis besar. btw ada yg bisa share biaya servis captiva bensin, jd punya ancang2 hehehe

5. iya 6 speed, jd klo kita geser ke triptonik itu bisa sampe 6, tp bkn berarti tambah kenceng sih cuman nurunin RPM doang pas high speed, dan giginya lebih rapat, jdnya pendek2. di kec 100 aja udah masuk gigi 6

6. suspensi gk gitu perhatiin tp kyknya sama deh, mksdnya nyaman itu dr tingkat kebisingan aja, apalagi kalo lg konstan di kec 80/100 cukup senyap di kabin.

7. Biasanya sih diesel lbh irit ya bro, emg MID itu gak akurat ya? biasa sih liatin MID aja, soalnya klihatanya cukup sensitif, kalo banyak macet dia tambah boros, kalo abs itu agak lancar dia bisa naek lg lebih irit. kalo baca2 di sini bensin dalkot biasanya 1:7-8nan, berarti msh lbh irit diesel sekitar 1-2km/liternya untuk dalkot.

salam.....
iya bro, biar seru forumnya..

1. kalo jkt macet biasalah. mau diapain jg. ngalamin bensin/solar cc kecil gede jg di jkt. sy ga bs biilang power mubazir jg krn pas sewaktu kita perlu tenaga itu dia ada. apalagi di jkt ini kan kadang perlu tenaga utk mendahului atau nyodok. kalo mubazir bbm terbuang percuma krn macet, itu 100% setuju.

2. sorry kalo oot, avanza nya katanya knp? sepengetahuan sy memang avanza sangat boleh dengan premium. kalo kendala yg akhir2 ini mungkin krn premiumnya banyak yg kotor. tapi kalo dulu2 sebelum jaman2 premium kotor skrg, biasanya stel timing, ngelitik pun bisa diatasi.
memang wajar kapok krn bbm ga sesuai rekomendasi. kt GM sini, mereka memang rekomen ctv diesel pakai pertadex, namun krn availabilitynya susah, jd shell ok, tapi krn shell jg terbatas, pertamina bio jg gpp asal perawatan nya diikutin seperti kuras tanki. selain itu terlepas dr rekomen dealer, biasanya org suka purging diesel nya, atau mungkin carbon cleaning kalo dibensin ya..*cmiiw*, ya intinya apapun yg ngebantu supaya dieselnya ga cepet jebol krn bio solar lah.

3. jazz lama apa baru ya? sebab kalo jazz lama sptnya fume knalpot nya ga tajam.

4. spt honda biasanya kelipatan 40rb, major spt ganti timing belt busi dll. jap jg macem2 perbedaan interval nya skrg. biaya service nya biasanya suka tertera di dealer gm.

5. oo ratio nya diperkecil mungkin supaya bisa akselerasi lebih enteng. mungkin kalo speed 100 sudah @ 6, mungkin supaya lebih ekonomis settingannya. rasanya mungkin 3-4 masih bs kali..cuma rpm nya agak tinggi kali ya...

6. senyap dr mesin di hi speed captiva termasuk ok, cuma sy agak heran aja kalo udah hi speed, suara angin itu jelas sekali. pasti kalo di bensin sangat terasa.

7. soal akurat mid sy kurang tau, itu cuma cara manual yg sy pakai aja, tapi sehrsnya mid akurat.
kalo irit dari hitungan rupiah, bener. tapi kalo dari fuel consumption apalagi solar, spt nya 1:8-9 imo masih agak boros secara cc nya kecil. cuma kalo diliat dr power nya yg cukup bagus, jadi masih imbanglah, drpd boros tp ga ada tenaga..lebih kacau lagi.

:beer:
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: share captiva part 02

Post by roadtrain99 »

hendra138 wrote:@om didhoetz

hmm, sorry sebelumnya karena saya ga begitu mengerti masalah kaki-kaki....tidak tahu pasti sumber masalahnya dimana....biasanya saya menggunakan innova...yang umurnya sudah 5 tahun pun...getaran tidak begitu terasa...Menginjak gronjalan tidak begitu bergetar . Ya saya juga punya P.Sport juga, tapi baru 1 tahun sih, sama-sama enak (menurut saya untuk dudukanya). Yang dimaksud getaran disini adalah bukan pada setir melainkan bodi sehingga terlihat seolah (kalau orang yang nga ngerti beginian bilang: kabinnya kok sudah bunyi semua), Padahal jalan yang saya lewati itu tidak berlubang besar. Hmm dashboard sih jarang bunyi ya, cm bagian belakang itu bunyi seperti joknya mungkin ya, duk gruduk duk...dak...gitu si...kalau lewat jalan yang nga rata dikit aja.., Sudah 2 tahun dipake harian, 2 penumpang...thx anyway for reply.

@Roadtrain

Biasanya pake pajero sport sama innova om...saya sudah tanya ke orang spooring balancing tidak ada masalah dengan mobil saya. Thx anyway for reply.
kalo dibanding ke ipah, memang ctv agak keras. kurang tau kalo dgn pjrsport, tp mungkin kurang lebih sama ya?
sy kira getar krn ban atau apa, kalo itu mungkin ada baut yg kendor. ctv sy dulu pernah, kasusnya baut pengait kunci pintu belakang/bagasi kendor, setelah dikencangkann hilang, tadinya saya kira bunyi tie-rod atau yg bushing rusak dan itu bunyinya kadang terjadi dijalan spt conblock, ga rata, atau sedang nanjak miring.
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: share captiva part 02

Post by Deasegara »

bawa mpv seperti kijang ke suv sperti captiva ga jauh beda kok.
kalo 3rd row captiva sy pernah coba, lutut mentok tapi masih agak lega dan bukan seperti sempit, mungkin bisa dibilang seperti 3rd row ipah. sy pernah naik fortuner 3rd row malahh masih lebih lega ipah.
bro mau senyap seperti bensin tapi mau torque besar, sulit. harus pilih lebih ingin yg mana. kalo kurang senyap mungkin bisa ditambah peredam.
*imo* captiva diesel kalo sudah rpm di atas 2rb atau lari sekitar 80kmh suara diesel nya mulai senyap hampir tidak terasa diesel. mungkin bisa test di dealer terdekat.[/quote]

Thanks bro roadrain,
Setelah banyak membaca sharing dari teman-teman, saya jadi bimbang lagi dech mo ambil ss atau vcdi, saya sudah hub dealer terdekat untuk test drive tapi harus nunggu unitnya tersedia dulu.

Untuk bro hendra138, saya dulu juga pernah punya pengalaman, saya biasa bawa innova yang suspensinya empuk, terus beliin jazz RS/AT buat istri untuk antar jemput anak-anak. Waktu bawa jazz juga gitu keras sekali kena lobang kecil glodak-glodak serasa tak ada suspensinya. Saya sampaikan ke dealer honda jawabnya : Memang jazz di set keras pak, didesign untuk sport/ngebut biar tidak oleng. Saya jadi maklum, memang kalau dikecepatan 100 km/h atau lebih, jazz terasa lebih stabil/flat, kalau innova sudah ada goyangan kekiri/kekanan.

Anyway thanks buat semuanya.