Kualitas Nissan X-Trail Mengecewakan

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

willy76
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Thu Aug 27, 2009 16:24

Re: Kualitas Nissan X-Trail Mengecewakan

Post by willy76 »

psiturism wrote:
coba pake pertamax jgn pertamax plus..

nubie coba share hasil googling nubie.. kalo salah mohon dibenarkan :big_blushing:

kompresi mesin QR25DE itu masih dibawah 10:1, kalo gasalah cuma 9.5:1.. pake pertaplus membuat kesempatan si bahan bakar untuk gagal terbakar akibat oktan yg terlalu tinggi semakin besar.. hasilnya? penumpukan kerak pada ruang bakar.. berbeda dgn xtrail saya yg menggunakan mesin MR20DE.. rasio kompresi MR20DE itu diatas 10:1, yg idealnya minimal menggunakan bensin RON 92.. jadi, saya isi RON 95 pun masih aman karena memang rasio kompresinya cukup tinggi.. sementara untuk QR25DE, dgn rasio kompresi serendah itu, hanya dibutuhkan bahan bakar minimal RON 89.. yg artinya bahkan diisi premium pun masih oke.. jadi, saran saya, coba dulu diganti penggunaan bahan bakarnya dari pertaplus ke pertamax, kalo masih ngelitik ya mgkn karena udh bnyk kerak menumpuk di ruang bakar dan hrs di carbon clean.. dan pengalaman saya ubah2 timing pengapian di livina, bukannya tambah irit + ngelitik ilang malah jadinya power loss, boros, ngelitik tambah parah..
awalnya saya nemakai pertamax dari baru, justru sesudah terdengar suara ngelitik baru beralih ke pertamax plus, ternyata sama saja hasilnya, scr sugesti berasa tarikan lebih smooth, sekali lg sugesti..

ternyata problem transmisi cvt begitu ya, lemot di tarikan awal, yg saya rasa settingan sering berubah sendiri, kadang terasa smooth & lancar akselerasinya, kadang seperti yg berat, gas di rpm 2,000 mobil ngeden, ada sekitar 3-5 detik baru sesudah nya seperti lepas, ifeelingnya seperti naik mobil manual, kita injak gas sambil kaki kiri injak kopling 3/4. dalam kondisi stop &-go ini sangat menyiksa bikin feeling ngaco melulu.

sementara ini problem saya biarkan dulu, walau ngelitik memang ga ada loss power, rencana ingin ganti busi pakai yg iridium, ada yg pernah coba & bagaimana pendapat rekan2?
psiturism
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Fri Sep 18, 2015 17:54
Location: Pagedangan
Daily Vehicle: 2016 Toyota AN140 2GD Q AT

Re: Kualitas Nissan X-Trail Mengecewakan

Post by psiturism »

willy76 wrote:
awalnya saya nemakai pertamax dari baru, justru sesudah terdengar suara ngelitik baru beralih ke pertamax plus, ternyata sama saja hasilnya, scr sugesti berasa tarikan lebih smooth, sekali lg sugesti..

ternyata problem transmisi cvt begitu ya, lemot di tarikan awal, yg saya rasa settingan sering berubah sendiri, kadang terasa smooth & lancar akselerasinya, kadang seperti yg berat, gas di rpm 2,000 mobil ngeden, ada sekitar 3-5 detik baru sesudah nya seperti lepas, ifeelingnya seperti naik mobil manual, kita injak gas sambil kaki kiri injak kopling 3/4. dalam kondisi stop &-go ini sangat menyiksa bikin feeling ngaco melulu.

sementara ini problem saya biarkan dulu, walau ngelitik memang ga ada loss power, rencana ingin ganti busi pakai yg iridium, ada yg pernah coba & bagaimana pendapat rekan2?

coba pake V-Power om, saya biasa pake super terus beralih ke V-Power gara2 ada promo HSBC lgsg terasa beda mobilnya.. tarikan jadi lebih smooth, gas lebih enteng, lepas kopling kecepetan jadi ga terlalu ndut-ndutan (xtrail saya manual).. prnh sekali tes ngisi super lagi setelah make V-Power wah, jauh bedanya om.. dan setau saya additive yg digunakan di V-Power lebih bagus drpd additive di pertaplus

saya ga bisa ngasi pendapat lgsg, scr saya makenya masih manual, tapi saya prnh TD T32 yg 2.0 CVT dan 2.5 CVT, pas nyoba yg 2.5 itu jadi lompat2 mobilnya soalnya digas dikit lgsg loncat.. beda banget sama yg 2.0 CVT, ataupun CVT2 yg prnh saya coba (HRV, mobilio).. kalo emg berasa ga enak, mainin mode gigi virtualnya aja om.. dan coba diliat dulu tombol ECON nya nyala apa ngga, kalo macet2 nyalain ECON justru bikin mesin lemot yg berakibat kita hrs menginjak pedal gas lebih dalam dan utk kondisi stop and go, pasti akan lebih boros bensin

busi setau saya memang sudah iridium dari pabrik, mobil saya jg baru ganti wkt servis 100 rb KM bbrp bln lalu..
2016 Toyota AN140 Q 2GD-FTV 6AT
willy76
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Thu Aug 27, 2009 16:24

Re: Kualitas Nissan X-Trail Mengecewakan

Post by willy76 »

psiturism wrote:
coba pake V-Power om, saya biasa pake super terus beralih ke V-Power gara2 ada promo HSBC lgsg terasa beda mobilnya.. tarikan jadi lebih smooth, gas lebih enteng, lepas kopling kecepetan jadi ga terlalu ndut-ndutan (xtrail saya manual).. prnh sekali tes ngisi super lagi setelah make V-Power wah, jauh bedanya om.. dan setau saya additive yg digunakan di V-Power lebih bagus drpd additive di pertaplus

saya ga bisa ngasi pendapat lgsg, scr saya makenya masih manual, tapi saya prnh TD T32 yg 2.0 CVT dan 2.5 CVT, pas nyoba yg 2.5 itu jadi lompat2 mobilnya soalnya digas dikit lgsg loncat.. beda banget sama yg 2.0 CVT, ataupun CVT2 yg prnh saya coba (HRV, mobilio).. kalo emg berasa ga enak, mainin mode gigi virtualnya aja om.. dan coba diliat dulu tombol ECON nya nyala apa ngga, kalo macet2 nyalain ECON justru bikin mesin lemot yg berakibat kita hrs menginjak pedal gas lebih dalam dan utk kondisi stop and go, pasti akan lebih boros bensin

busi setau saya memang sudah iridium dari pabrik, mobil saya jg baru ganti wkt servis 100 rb KM bbrp bln lalu..
Ga punya credit card hsbc nih, penasaran sama v-power tapi untuk rutin sptnya sayang jg, soalnya saya lebih banyak pakai didalam kota, yg kalo macet bisa depetnya 1:4, sayang banget pake v-power, ini rencana mau balik ke pertamax lagi :mky_01:

betul, di kemacetan, stop & go, ECON malah bikin boros, kita harus bejek gas agak dalem buat imbangin akselerasi dgn mobil depan, sudah terbiasa dgn akselerasi altis yg toel dikit lgs ngacir, ini kaki perlu penyesuaian lagi dgn xtrail, ECON off pun kadang suka ngeden jg, ini yg saya ga ngerti kok settingannya seperti berubah2.

Wah sudah iridium ya, trims infonya.
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Kualitas Nissan X-Trail Mengecewakan

Post by Jambangan »

Masalah QR25DE ngelitik ya?
Dulu saya ada xtrail T30 2003 masalahnya jg ngelitik ga ilang2
Padahal udah pake ron 95 terus entah pertamax plus,shell v-power,total performance 95 tetep ngelitik
Udah carbon clean di beres jg ga ilang ngelitiknya
Sampe mobil dijual di 2013 odo 44rb KM ga ilang masalah ngelitiknya
Entah dimana masalahnya. Bingung
willy76
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Thu Aug 27, 2009 16:24

Re: Kualitas Nissan X-Trail Mengecewakan

Post by willy76 »

Jambangan wrote:Masalah QR25DE ngelitik ya?
Dulu saya ada xtrail T30 2003 masalahnya jg ngelitik ga ilang2
Padahal udah pake ron 95 terus entah pertamax plus,shell v-power,total performance 95 tetep ngelitik
Udah carbon clean di beres jg ga ilang ngelitiknya
Sampe mobil dijual di 2013 odo 44rb KM ga ilang masalah ngelitiknya
Entah dimana masalahnya. Bingung
iya ini problem khas nissan, mulai dari HR15 livina, sampe xtrail pada ngelitik, asal ga merusak sih gpp, tapi tetep bikin kita was2, rasanya bukan problem carbon, baca2 carbon clean ga ada yg solve problem, sempet baca ada yg bilang remap ecu ngurangi gejala, bingung jg, tp selama mengurangi performa mesin saya ga mau utak atik dulu, kuatir nambah problem
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 930
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: Kualitas Nissan X-Trail Mengecewakan

Post by adty »

willy76 wrote:
Jambangan wrote:Masalah QR25DE ngelitik ya?
Dulu saya ada xtrail T30 2003 masalahnya jg ngelitik ga ilang2
Padahal udah pake ron 95 terus entah pertamax plus,shell v-power,total performance 95 tetep ngelitik
Udah carbon clean di beres jg ga ilang ngelitiknya
Sampe mobil dijual di 2013 odo 44rb KM ga ilang masalah ngelitiknya
Entah dimana masalahnya. Bingung
iya ini problem khas nissan, mulai dari HR15 livina, sampe xtrail pada ngelitik, asal ga merusak sih gpp, tapi tetep bikin kita was2, rasanya bukan problem carbon, baca2 carbon clean ga ada yg solve problem, sempet baca ada yg bilang remap ecu ngurangi gejala, bingung jg, tp selama mengurangi performa mesin saya ga mau utak atik dulu, kuatir nambah problem
Saya pake MR20DE (T31 2.0 dan C26) malah gak kerasa ngelitik om, dan semenjak pake pertalite somehow tarikannya lebih enak dari pertamax *abaikan shell super, berasa pake premium jadi ngempos*. Dulu juga pake C24 QR20DE ga ngelitik sampe terakhir dijual km 78rb. Saya kira mesin QR25 malah lebih kuat dicekokin premium drpd yg MR
Penikmat roti tawar beroda
willy76
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Thu Aug 27, 2009 16:24

Re: Kualitas Nissan X-Trail Mengecewakan

Post by willy76 »

teori sementara saya, t32 ini komputernya membaca kebiasaan mengemudi kita, seringnya saya pakai halus & kecepatan rendah krn banyak dipakai di daerah macet kota, kemungkinan saat berada di ramp menanjak & diberi gas spontan, mesin kaget & komputer bereaksi dgn menyesuaikan timing scr mendadak sehingga timbul gejala ngelitik, CMIIW
psiturism
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Fri Sep 18, 2015 17:54
Location: Pagedangan
Daily Vehicle: 2016 Toyota AN140 2GD Q AT

Re: Kualitas Nissan X-Trail Mengecewakan

Post by psiturism »

willy76 wrote:
Ga punya credit card hsbc nih, penasaran sama v-power tapi untuk rutin sptnya sayang jg, soalnya saya lebih banyak pakai didalam kota, yg kalo macet bisa depetnya 1:4, sayang banget pake v-power, ini rencana mau balik ke pertamax lagi :mky_01:

betul, di kemacetan, stop & go, ECON malah bikin boros, kita harus bejek gas agak dalem buat imbangin akselerasi dgn mobil depan, sudah terbiasa dgn akselerasi altis yg toel dikit lgs ngacir, ini kaki perlu penyesuaian lagi dgn xtrail, ECON off pun kadang suka ngeden jg, ini yg saya ga ngerti kok settingannya seperti berubah2.

Wah sudah iridium ya, trims infonya.
yg bener om, 1:4? seboros2nya xtrail manual saya pas macet2 paling 1:8.5, ditambah bonus otot kaki semakin membesar.. :big_weee:

makanya saya bilang, coba pake mode gigi virtualnya om.. pas TD yg 2.0 CVT jg berasanya ini mobil kok ga ada larinya, ngeden banget.. yaudah, saya hajar mode gigi virtual terus, baru lumayan, walopun tetep ga seenak trans manual ya.. kalo yg 2.5, ya spt yg saya bilang sebelumnya, digas dikit loncat.. sampe bingung saya, kok berbeda sekali dgn versi 2.0 nya.. dan sptnya memang komputernya menyesuaikan dgn karakter mengemudi, setelah saya geber2 terus saya bawa halus pas mau geber lagi spt ada jeda di gasnya.. ga terlalu loncat2 spt pas baru keluar showroom (sptnya yg TD sebelum saya bawanya macam sopir angkot :big_peace: )

utk ngelitik, livina lama saya dulu jg ngelitik setelah saya sempet sekali isi premium.. sebelumnya isi pertamax terus ga ngelitik, sekalinya isi premium lgsg ngelitik.. sdh di carb clean, ga berubah.. mainin timing pengapian, tambah parah.. yaudah, saya biarin aja, sampe dijual di KM 30 rb ya ttep aja ngelitik walopun saya udh ga prnh lagi pake premium.. tapi di xtrail saya, ga prnh ngelitik.. diisi premium pun ga ngelitik cm jdnya ga bisa lari.. mgkn mmg sdh jadi karakter mesinnya yg memang ngelitik kali ya..
2016 Toyota AN140 Q 2GD-FTV 6AT
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5703
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Kualitas Nissan X-Trail Mengecewakan

Post by sintoni »

Masa sih yang 2.5 isi 92 aja ngelitik?

Punya saya beli dari baru taun 2005 sampe sekarang sudah jalan 90rb isi premium ga perna ada masalah.

Seinget ane kompresinya kan cuma 9an:1.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Kualitas Nissan X-Trail Mengecewakan

Post by ChZ »

psiturism wrote:
coba pake pertamax jgn pertamax plus..

nubie coba share hasil googling nubie.. kalo salah mohon dibenarkan :big_blushing:

kompresi mesin QR25DE itu masih dibawah 10:1, kalo gasalah cuma 9.5:1.. pake pertaplus membuat kesempatan si bahan bakar untuk gagal terbakar akibat oktan yg terlalu tinggi semakin besar.. hasilnya? penumpukan kerak pada ruang bakar.. berbeda dgn xtrail saya yg menggunakan mesin MR20DE.. rasio kompresi MR20DE itu diatas 10:1, yg idealnya minimal menggunakan bensin RON 92.. jadi, saya isi RON 95 pun masih aman karena memang rasio kompresinya cukup tinggi.. sementara untuk QR25DE, dgn rasio kompresi serendah itu, hanya dibutuhkan bahan bakar minimal RON 89.. yg artinya bahkan diisi premium pun masih oke.. jadi, saran saya, coba dulu diganti penggunaan bahan bakarnya dari pertaplus ke pertamax, kalo masih ngelitik ya mgkn karena udh bnyk kerak menumpuk di ruang bakar dan hrs di carbon clean.. dan pengalaman saya ubah2 timing pengapian di livina, bukannya tambah irit + ngelitik ilang malah jadinya power loss, boros, ngelitik tambah parah..
Mohon maaf oom... Dapat sumbernya dari mana ya?

Kalau yang pernah saya pelajari bilangan oktan itu makin tinggi bukan berarti BBMnya sulit terbakar, (kebetulan pernah disuruh bikin paper sama dosen tentang bilangan octane / cetane) tapi penundaan pengapiannya yang makin baik. Di mobil bensin justru hal ini bagus, karena kalau penundaan pengapiannya makin baik, dia bener-bener hanya akan terbakar kalau "dipantik" oleh busi. Permasalahan dengan BBM oktan rendah kan dia kebakar duluan sebelum dipantik busi, sensitif terhadap temperatur dan tekanan tinggi. Bikin knocking dan kerak di ruang bakar.

Kalau dari postingan oom justru saya nangkepnya kalau gitu mobil balap kenapa gak pakai bensin RON88 aja? Kenapa mobil balap kebanyakan minimal pertamaxplus, malah bahkan pake avgas dan gak pakai premium yang lebih "gampang terbakar" ?

Kalo mobil diesel sih bener... Makin cepet terbakar makin bagus karena dia langsung disemprotin ke ruang bakar dan harus langsung terbakar begitu bercampur dengan udara.

Isi RON95 ke mobil yang mintanya RON90 sih bagus, tapi nggak akan berefek apa-apa. Performa ningkat juga enggak kerasa. Paling response mesin aja yang lebih enak. Buang-buang duit, minta RON92 ya kasih 92 aja.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
psiturism
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Fri Sep 18, 2015 17:54
Location: Pagedangan
Daily Vehicle: 2016 Toyota AN140 2GD Q AT

Re: Kualitas Nissan X-Trail Mengecewakan

Post by psiturism »

ChZ wrote:
Mohon maaf oom... Dapat sumbernya dari mana ya?

Kalau yang pernah saya pelajari bilangan oktan itu makin tinggi bukan berarti BBMnya sulit terbakar, (kebetulan pernah disuruh bikin paper sama dosen tentang bilangan octane / cetane) tapi penundaan pengapiannya yang makin baik. Di mobil bensin justru hal ini bagus, karena kalau penundaan pengapiannya makin baik, dia bener-bener hanya akan terbakar kalau "dipantik" oleh busi. Permasalahan dengan BBM oktan rendah kan dia kebakar duluan sebelum dipantik busi, sensitif terhadap temperatur dan tekanan tinggi. Bikin knocking dan kerak di ruang bakar.

Kalau dari postingan oom justru saya nangkepnya kalau gitu mobil balap kenapa gak pakai bensin RON88 aja? Kenapa mobil balap kebanyakan minimal pertamaxplus, malah bahkan pake avgas dan gak pakai premium yang lebih "gampang terbakar" ?

Kalo mobil diesel sih bener... Makin cepet terbakar makin bagus karena dia langsung disemprotin ke ruang bakar dan harus langsung terbakar begitu bercampur dengan udara.

Isi RON95 ke mobil yang mintanya RON90 sih bagus, tapi nggak akan berefek apa-apa. Performa ningkat juga enggak kerasa. Paling response mesin aja yang lebih enak. Buang-buang duit, minta RON92 ya kasih 92 aja.
wah soal hal itu sih saya gatau sama sekali om, ilmu saya masih cetek haha

saya dpt info begitu sih hasil googling tempo hari, skrg cari lagi sumbernya gak ketemu2 :big_slap:

intinya maksud saya sama spt yg saya bold diatas, kecuali lagi ada promo spt shell skrg ya okelah saya isi V-Power rutin hehe..
2016 Toyota AN140 Q 2GD-FTV 6AT