About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by billyd1773dz »

sting wrote:
maskopat wrote:
cokino wrote:
Hmmm....sepertinya Gen 2 ga dilengkapi LSD baik di roda depan maupun belakang.
Pas cuci mobil iseng2 gw puter roda belakangnya ternyata roda belakang kiri dan kanan berputar berlawanan arah.
Atau mungkin Gen 2 tahun yg lebih muda sudah dilengkapi LSD (Punya gw thn 1995) ?
sudah coba tuas transfer case dipasang di 4HLc atau 4LLc? karena kalo gak salah, LSD aktif di mode tersebut. cmiiw.
om kopat, om gmx dan om cokino, ikutan nimbrung ya, dari manual Pajero yg ane baca LSD hanya ada di roda belakang dan tdk berhubungan dengan differential lock. juga disebut LSD hanya berfungsi kalau salah satu roda slip saja, kalau kedua roda slip misalnya kedua roda kejebak dilumpur dan ngak ada traksi maka LSD tdk berfungsi. Sebaiknya kalau masuk lumpur atau medan jelek aktifkan saja differential lock jadi ngak pusing satu atau 2 orang karena semua roda depan belakang sudah di kunci abis dengan diff lock. benar ngak om Billy ?
umm.. klw yg namanya LSD di gardan sebenarnya bersidat pasif sehingga selalu bekerja kapan pun dan dimanapun,hanya saja "fungsinya" baru kelihat saat diff ngerasa ada pembagian daya yg berlebih antara roda kanan dan kiri atau tepatnya saat terjadi slip. sejauh mana LSD bisa menekan selisih putaran roda kanan dan kiri, itu bergantung system dan umur+kesehatan unit LSDny itu sendiri.
LSD juga bisa aja bekerja saat di aspal, coba aja klw tenaga mencukupi d 2H hentak gas di belokan pasti gampang ngegeserin pantat berasa "ngeDrif" gtu deh.. hehehe
dan LSD di gardan tidak ada hubungannya dgn posisi Tuas Transfercase hehe... makanya Ford Ranger HiRider atw truk hino ygkecil(engkel gtu sebutannya) yang 4x2 namun ada LSD di gardan blkng, keduanya sudah lumayan d pke di jalan jelek/perkebunan. "lumayan" dari pada polos hehehe....

stw ane pajero gen2 ada LSD di blkng, tpi nda tw dgn versi yg di indo yah... klw nda salah cirinya klw ban didongkrak kanan dan kiri ban di puter sebelah maka keduanya berputar searah, dan oli pun harus di kasih oli khusus LSD.. tpi gtw juga klw beda merk beda system LSDnya...

klw difflok sih beda lagi... umumnya Difflock yg bawaan pabrik bersifat aktif atw bisa di aktifkan secara manual, sedangkan yg aftermarket ada yg aktif ada juga yg pasif mirip LSD namun lebih "galak".

pajero yg umum di indo kebanyakan tidak ada yang berDifflok di gardan. kec opsi atw aftermarket.

cmiiw
thx
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by zweifellos »

gmx wrote:kalo yang ngerem roda yang slip jadi roda yang ada traksi dipaksa muter itu bukannya traction control?
seingat saya gitu om, seperti video intronya new pajero sport tentang cara kerja ngerem buat dapetin traksi maksimal.
gmx wrote:eh perasaan gw pernah quote tulisan mengenai difflock dan LSD deh yang cukup jelas, di mana ya
kalo ga salah di thread yang saya tanya2 tentang 4WD. yang saya tangkep sih kerja LSD ya seperti yang saya jelasin tadi tapi bisa jadi saya salah ingat. :mrgreen:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
cokino
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Fri Aug 15, 2008 17:05

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by cokino »

billyd1773dz wrote:stw ane pajero gen2 ada LSD di blkng, tpi nda tw dgn versi yg di indo yah... klw nda salah cirinya klw ban didongkrak kanan dan kiri ban di puter sebelah maka keduanya berputar searah, dan oli pun harus di kasih oli khusus LSD.. tpi gtw juga klw beda merk beda system LSDnya...
thx
Ini nih Om Billy yg bikin gw ragu kalo Gen 2 sudah ada LSD nya. Pas cuci kemaren iseng2 gw puter roda belakang Pajero Gen 2 dan ternyata Roda Kiri dan Kanan berputar berlawanan arah. Berbeda dengan Ranger, begitu roda belakang diputer...roda kiri dan kanan berputar searah.

Kalo liat di manual book dari forum2 luar sepertinya Oli gardan Gen 2 juga ga butuh spek yang rumit kayak Oli gardan Cherokee misalnya.

Gw pernah baca2 di forum luar juga (lupa lagi Linknya) kalo untuk yang Gen 2 3500cc V6 sudah ada yang dilengkapi Electric Locker untuk gardan belakang. Mungkin untuk Gen 2 versi luar negeri defaultnya sudah dikasi LSD. Ga tau kalo buat yg di Indo.

Untuk Pajero Sport gw yakin kalo defaultnya udah di kasi LSD di gardan belakang soalnya sejak jaman L200 Strada (2500 cc Turbo Intercooler) gardan belakang sudah dikasi LSD.
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by Abu2 »

"lagi mangut2 tidak mengerti"..

apa ada yang bisa jelasin pake bahasa Indonesia? ,

Limited Slip Differential/LSD = ?
Traction Control = ?
Differential Locker/DiffLock = ?
Yaw Control = ?


:thanks:

(kalo ada yg bilang ane malas searching, ane terima dah cercaan tsb :shrug: )
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by gmx »

^^sama om, gw juga kagak ngarti..
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by maskopat »

Abu2 wrote:"lagi mangut2 tidak mengerti"..

apa ada yang bisa jelasin pake bahasa Indonesia? ,

Limited Slip Differential/LSD = ?
Traction Control = ?
Differential Locker/DiffLock = ?
Yaw Control = ?


:thanks:

(kalo ada yg bilang ane malas searching, ane terima dah cercaan tsb :shrug: )
wan, ane yang sotoy ini coba ngejelasin. koreksi kalo salah..
LSD itu membatasi gerak roda yang slip...
Traction Control ane kagak ngarti apaan...
Diff Lock menjamin roda kanan dan kiri muter bersamaan. seperti poros roda mobil remote control yang tanpa differential. tapi diff lock ini haram dipake di jalan aspal (roda kanan dan kiri dapet traksi) karena bisa mematahkan gardan.

Yaw control, ini satu istilah di mitsu. ane juga kagak ngarti, tapi berhubungan dengan mobil ketika melibas di tikungan.. http://www.mitsubishi-cars.co.uk/features/ayc.asp

btw, ane baca di sini http://www.mitsubishi-cars.co.uk/featur ... skills.asp, ada kalimat ini:
REAR DIFFERENTIAL LOCK
Various Mitsubishi 4x4s have a lockable rear differential, and this can help in extreme conditions when not even 4WD low ratio is enough.

Because the diff lock gives side-to-side locking on the rear axle, it's particularly useful when one of the rear wheels loses traction, say when crossing a ditch at a diagonal angle. Normally the drive would disappear out of the spinning wheel, but with the lock on you can keep moving provided one rear wheel has traction.
emang pajero gen 4 sudah ada diff lock di diff belakang ya? :e-think:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by zweifellos »

Abu2 wrote:"lagi mangut2 tidak mengerti"..

apa ada yang bisa jelasin pake bahasa Indonesia? ,

Limited Slip Differential/LSD = ?
Traction Control = ?
Differential Locker/DiffLock = ?
Yaw Control = ?


:thanks:

(kalo ada yg bilang ane malas searching, ane terima dah cercaan tsb :shrug: )
kalo ada yang bilang males searching, keterlaluan kali lah orang itu. :mrgreen:

saya jawab yang saya ngerti, kalo salah mohon koreksinya.

LSD adalah differential pembatas slip. maksudnya ketika salah satu roda slip maka torsi tidak langsung 100% diberikan pada roda yang slip (kondisi tanpa LSD atau differential lock) tapi dibatasi dengan beberapa cara (kalo ga salah). jadi si LSD seperti menahan torsi yang diarahkan ke roda slip. makanya sebelumnya saya bilang, dengan LSD maka torsi yang mungkin didapat roda yang punya traksi (yang tidak slip) tidak mungkin mencapai 50% (angka 50 karena 50 lagi buat yang slip). jadi 50% torsi (yang dialirkan ke gardan) untuk roda yang tidak slip ditahan oleh LSD supaya tidak semuanya (50% dari torsi ke gardan) berpindah ke roda yang slip (sehingga yang slip jadi 100% torsi yang diterimanya).

Traction control adalah kontrol traksi dalam artian suatu pengaturan untuk mencari traksi. penggunaannya pada kondisi medan offroad (ada juga penggunaan di kondisi yang lain) yaitu ketika roda slip atau kurang traksi, si roda yang slip (atau kurang traksi) ini direm yang efeknya, roda lain yang tidak di rem (yang ada traksi atau yang lebih punya traksi) dianggap oleh differential sebagai roda yang kurang traksi. akibatnya torsi akan disalurkan ke roda yang kurang traksi yaitu roda yang tidak direm (kalo kondisi slip tanpa LSD atau diffrential locker, roda yang slip yang menerima aliran torsi dari roda yang tidak slip).

Differential Lokcer adalah pengunci differential. artinya, differential ini bersifat mengunci, bukan bersifat mengalirkan torsi dari roda yang lebih besar traksinya kepada roda yang lebih kecil traksinya atau kondisi differential biasa. yang saya ngerti, differential lock mengunci pembagian torsi ke gardan menjadi fixed 50:50 apapun kondisinya seperti kondisi slip. jadi ketika slip, torsi yang semestinya mengalir secara alami (jika yang terpasang ada differential biasa) ke roda yang slip akan 'diblock' oleh difflock sehingga tetap pembagian torsi 50:50 (jadi si roda yang slip tetap akan mengalami slip namun torsi ini roda cuman 50% dari yang diterima gardan).

yaw control saya ga ngerti.

itu yang saya ngerti dengan gaya penjelasan yang saya bisa. mohon koreksinya. :thanks:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by zweifellos »

maskopat wrote:emang pajero gen 4 sudah ada diff lock di diff belakang ya? :e-think:
kalo locker di belakang saya ga tau om, tapi kalo ga salah ingat pajero gen 4 ada traction controlnya dan menurut saya ini lebih ganas dari locker untuk menghadapi kondisi rawan slip karena logikanya si roda yang ga slip teorinya bisa dapat 100% torsi yang mengalir ke gardan, dibandingkan dengan difflock yang bikin tiap roda dibatasi maksimal 50%.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by gmx »

solar_kerosen wrote:Lihat di Mall, ma baca baca reviewnya jadi tertarik juga nih ma PS tapi gue mau yang GLX 4x4 MT jantan beneran karena Double Gardan. biar Joss tarikan dan aman ke jalan rusak sementara Taft gue buat latihan mobil berhubung gue baru aktif ngendarain mobil akhir akhir ini . :big_peace:
senasib om, di rumah saya juga ada, bandel banget nih mobil

Image
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by gmx »

maskopat wrote: Traction Control ane kagak ngarti apaan...
traction control pake ECU om, jadi saat sensor membaca ada roda yang slip atau kehilangan traksi, ECU akan memerintahkan roda itu di rem dan tenaga putaran disalurkan ke roda yang masih ada traksi
sarbon17
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sun Jan 24, 2010 9:56

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by sarbon17 »

oom2 punggawa pajero sekalian...
saya tertarik nih sama pajero yg tipe short
ada gak sich yg jual bekasnya di indonesia? kira2 berapa harganya? CC berapa yach...?
terima kasih atas pencerahannya
foto2 dibawah ini saya ambil dari fb

Image
Image
Image
Image
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by Abu2 »

@kopat, fellos....thanks...makin ndak ngerti......hahahahhaha...aslii....... :off_no:


1.yg membatasi distribusi torsi/tenaga ke roda yg gantung/slip/gak napak/gak ada traksi , dan menyalurkannya ke roda yg masih ada traksi, apa ya namanya? (mdh2an gak salah soal)

2.trus, pada saat kondisi, roda yang masih napak/masih ada traksi, menerima limpahan torsi dari roda yang lain, lalu ada mekanisme/system yg mengontrol putaran roda (yang masih ada traksi tsb) sehingga tidak spin/ torsi berlebih, apa ya namanya?

3.trus, yang menjaga puteran roda kiri dan kanan seimbang (bukan sama jmlh puterannya) agar mobil tetap bergerak lurus, ada yg tau namanya? (krn setau ane di permukaan licin, jika puteran roda ki-ka gak sama, mobil bisa melintir)-cmiiw..

sory yah, ane banyak nanya,....karena blm nemu penjelasan yg bisa ane cerna.. :mrgreen:

anenya idiot kali yeee,.....
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by zweifellos »

1. kalo term 'membatasi' menurut saya ini Limited Slip Differential. jadi torsi milik roda yang masih ada traksi tidak lantas pindah ke roda yang slip (kasus ketika salah satu roda slip). Tapi kalo mengunci pembagian torsi kiri-kanan 50-50 apapun kondisinya (slip atau ga) ini disebut Differential Lock.

soal nomor 3 saya nebaknya Stability Control atau Traction Control. lupa pula lagi saya bedanya apa. :mrgreen:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by zweifellos »

maskopat wrote:wah, thanks untuk informasinya... ane pikir LSD itu bekerja kalo tuas transfer case dipasang di Lc mode... :thanks:

keren juga yak dengan gen 2. kalo gak salah siapa yang bilang gitu, masuk ke rute dia pake pajero gen 2 di mode 2H aja sudah bisa lewat, kalo pake mobil ranger perlu pake 4H atau 4L biar lewat. mungkin karena LSD nya ini ya di gen 2.. :frm_tumbright:
baru ngerti dah maksudnya apa setelah nyoba. adanya LSD di PS bikin mobil serasa jadi mobil 1,5 gardan pas kondisi masih 2H. :mrgreen:
LSD ini memungkinkan mobil gempar gempor (alias mobil tidak berjalan sesuai arah setir tapi pantat belakang bisa bergerak ke kiri ke kanan). kondisi gempar gempor ini sering sekali saya rasakan pas 4WD udah aktif (mobil Rocky yang sempat dicoba) dan kondisi jalan minim traksi (licin). terasa benar mobil susah buat slip kecuali memang jalannya udah ga memungkinkan buat salah satu roda belakang 'mencari-cari' traksi.

jadi benar menurut saya kalo ada om sapa itu yang bilang bahwa dengan 2H aja bisa melalui offroad ringan (jadi kalo mobil 2H tanpa LSD bakal slip).
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by zweifellos »

mo tanya, kalo di Triton itu 4WD nya Super Select 4WD ala Pajero? kalo liat situs triton indonesia sih tertulis Easy Select 4WD. apa ini beda ama Super Select 4WD? :thanks:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by maskopat »

sarbon17 wrote:oom2 punggawa pajero sekalian...
saya tertarik nih sama pajero yg tipe short
ada gak sich yg jual bekasnya di indonesia? kira2 berapa harganya? CC berapa yach...?
terima kasih atas pencerahannya
foto2 dibawah ini saya ambil dari fb
yang beginian langka om... biasanya masuk dari IU.. kurang tahu juga yang masuk yang mana.
tapi kalo di luar sana, mesinnya bisa diesel 2.5L (sama dengan L200 strada, bukan triton) dan 2.8L.
kalo yang bensin kalo gak salah cuman V6 3L.. cmiiw.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by maskopat »

Abu2 wrote:@kopat, fellos....thanks...makin ndak ngerti......hahahahhaha...aslii....... :off_no:


1.yg membatasi distribusi torsi/tenaga ke roda yg gantung/slip/gak napak/gak ada traksi , dan menyalurkannya ke roda yg masih ada traksi, apa ya namanya? (mdh2an gak salah soal)

2.trus, pada saat kondisi, roda yang masih napak/masih ada traksi, menerima limpahan torsi dari roda yang lain, lalu ada mekanisme/system yg mengontrol putaran roda (yang masih ada traksi tsb) sehingga tidak spin/ torsi berlebih, apa ya namanya?

3.trus, yang menjaga puteran roda kiri dan kanan seimbang (bukan sama jmlh puterannya) agar mobil tetap bergerak lurus, ada yg tau namanya? (krn setau ane di permukaan licin, jika puteran roda ki-ka gak sama, mobil bisa melintir)-cmiiw..

sory yah, ane banyak nanya,....karena blm nemu penjelasan yg bisa ane cerna.. :mrgreen:

anenya idiot kali yeee,.....
pusing dan lieur... :big_slap:

yang ane tangkep, poros penggerak suatu mobil dipasangin differential biar poros (gardan) gak melintir kalo belok. karena pada saat belok, roda bagian dalam berputar lebih lambat daripada roda bagian luar. tapi efeknya kalau salah satu roda mengalami slip, mobil jadi gak bisa gerak. dikembanginlah LSD dan diff lock. setahu ane 2 teknologi ini yang dipake untuk mengatasi kekurangan differential. cmiiw.

tentang LSD, seperti yang dijelaskan oleh om Billy. tapi ane masih gak ngerti, yang ngebatasi putaran itu apa... kalo dari wiki, pergerakan slip ini dibatasi oleh clutch dan gear..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
afatchur
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: Sat Sep 26, 2009 14:02

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by afatchur »

Bro-bro,
Salam kenal. Gw menikmati diskusi SUV di SM, terutama setelah bekerja di Aceh, pake mobil kantor Ford Everest.
Dulu waktu kerja di tambang, biasa pakai LC Prado punya bos.

Kebetulan sekarang lebih banyak di Jakarta, dan selalu baik kereta dari stasiun Sudimara ke Sudirman.

Eh, tadi pagi gw lihat sebuah Pajero Sport warna merah (?) nangkring di parkiran stasiun. Rupanya PS hanya kalah dengan kemacetan Jakarta, dan pemiliknya milih naik kereta hahaha
siinoi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Wed Oct 15, 2008 9:26

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by siinoi »

sarbon17 wrote:oom2 punggawa pajero sekalian...
saya tertarik nih sama pajero yg tipe short
ada gak sich yg jual bekasnya di indonesia? kira2 berapa harganya? CC berapa yach...?
terima kasih atas pencerahannya
foto2 dibawah ini saya ambil dari fb
om sarbon,
kemarin ada yang nawarin pajero gen 2 short canvas...hihi tapi maaf g ga bisa share karena g pribadi masih pengen sebenarnya tapi ragu dengan keuangan hihihihi.
siinoi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Wed Oct 15, 2008 9:26

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by siinoi »

om...kemarin pas liat pajero gen 2 swb kan ada warna ijo di roda kiri belakang, nah sesuai saran senior disini kemarin akhirnya g foto lah posisi 4WDnya dan terlampir fotonya. trus g coba2 (dlm kondisi diem) gigi2nya tapi masih aja tuh indikator roda kiri belakang nyala ijo.....rusak ya??
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by gmx »

sarbon17 wrote:oom2 punggawa pajero sekalian...
saya tertarik nih sama pajero yg tipe short
ada gak sich yg jual bekasnya di indonesia? kira2 berapa harganya? CC berapa yach...?
terima kasih atas pencerahannya
foto2 dibawah ini saya ambil dari fb
Om hendra pernah nyobain pajero short gen I SWB mesin 4D56T, deket rumah gw ada SWB kanvas warna hitam, gw pernah ditawarin SWB putih kanvas warna putih tapi mobilnya ada di semarang.. mobil jarang sih..
siinoi wrote: om sarbon,
kemarin ada yang nawarin pajero gen 2 short canvas...hihi tapi maaf g ga bisa share karena g pribadi masih pengen sebenarnya tapi ragu dengan keuangan hihihihi.
hehehe.. kalo ngga diambil, kayaknya ada yang udah ngantri nih
siinoi wrote:om...kemarin pas liat pajero gen 2 swb kan ada warna ijo di roda kiri belakang, nah sesuai saran senior disini kemarin akhirnya g foto lah posisi 4WDnya dan terlampir fotonya. trus g coba2 (dlm kondisi diem) gigi2nya tapi masih aja tuh indikator roda kiri belakang nyala ijo.....rusak ya??
itu posisi 2H, mode 4x2.. btw, itu lampu hijau di ban belakang seumur hidup akan selalu nyala om, karena lampu hijau itu menandakan ban mana yang engage dengan drive train.. di pajero mode-nya ada 4x2 RWD dan 4x4, artinya seumur hidup roda belakang akan selalu engage dengan drive train.. yang saya pertanyakan kenapa lampu roda kanan malah mati.. paling2 lampunya yang perlu diganti..
zweifellos wrote:1. kalo term 'membatasi' menurut saya ini Limited Slip Differential. jadi torsi milik roda yang masih ada traksi tidak lantas pindah ke roda yang slip (kasus ketika salah satu roda slip). Tapi kalo mengunci pembagian torsi kiri-kanan 50-50 apapun kondisinya (slip atau ga) ini disebut Differential Lock.

soal nomor 3 saya nebaknya Stability Control atau Traction Control. lupa pula lagi saya bedanya apa. :mrgreen:
bingung2 ngebahas, mending learning by doing om.. ngga akan terpuaskan kalo cuma dipikir2 aja hehehehe
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by zweifellos »

gmx wrote:bingung2 ngebahas, mending learning by doing om.. ngga akan terpuaskan kalo cuma dipikir2 aja hehehehe
cemana lagi om, baru bisanya cuman baca teori2nya doang. sesekali kalo ada kesempatan baru dah nyoba. :mrgreen:

tapi benar bgt, emang mesti praktek. tinggal bandingin satu-satu mana yang pake mana yang ga. sukur2 bisa ngeliatin langsung itu barangnya seperti apa, cara kerjanya seperti apa. kaya weekend barusan, nyobain LSD Pajero Sport. efeknya emang beda cukup signifikan ama yang tanpa LSD (ntah mode 4x4 atau 4x2).

kalo di jakarta enak juga, tersedia tempat buat nyobain fitur2 4WD. kalo di medan sepertinya mesti nyari kebun sawit/karet baru dah bisa nyobain.

om, kan om punya Pajero (gen 2) serta adek (kalo ga salah) punya Taft. masalah kenyamanan gimana om perbandingannya? trus ketahanan spare part Pajero khususnya yang berhubungan dengan penggunaan di jalan non aspal (ga mesti lumpur) gimana kira2 om? kalo pasaran gen 2 ama 3 tau ga om kira2 rentang harganya? cuman sempat terlintas di pikiran, kira-kira kalo ngeganti Rocky dengan Pajero (gen 2 misalnya) buat penggunaan di jalanan non-aspal (sesekali masuk lumpur kelas ringan-medium, bukan untuk dihajar mobilnya tapi sekadar ngelewati doang) gimana menurut om? trus masalah bengkel, kalo di daerah (ibukota kabupaten di sumatera) susah ga ya kira2 kalo ngebenerin Pajero?

bos pengen rekondisi (ngebagusin luar-dalam) mobil Rocky biar mobil enak diliat dan enak dipake. cuman mungkin biayanya bisa 20-30 juta. sempat terpikir dengan Pajero karena terpikir tentang kenyamanan pajero. blom lagi masalah seperti AC semestinya jauh lebih bagus (kalo rocky yang ada AC nya sekadar buat ga panas2 bgt aja serta buat ga bikin berembun kaca2 depan dan samping kalo pas lagi hujan).

kalo om2 yang lain punya tanggapan mohon sharingnya. :thanks:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by Abu2 »

@gmx : tau ndak,atau apakah pernah liat di jkt, pajero gen 2 warna putih (two tone), kaca bening, pelek gramplights ..?
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by gmx »

rockynya yang F75 atau F78? kalo dibandingin pajero gw dengan taft adik gw, ketahanan pajero lebih unggul, tapi dengan catatan taft umurnya 12 tahun lebih tua, kondisi pajero terawat sekali dan kondisi taft cukup terawat namun ngga ada record mengenai pemakaian dan perawatan taft oleh pemilik sebelumnya, tapi kalo liat kondisinya sih taft adik gw cukup bagus dibanding taft-taft lain kebanyakan..

pajero gw dipake nyebur beberapa kali, main kontur juga sering, Alhamdulillah ngga ada masalah, kalo taft nyebur belum pernah, paling main2 kontur, udah pernah bengkok shockbreaker, terus kaki2 depan bunyi2, mungkin gardan perlu di cek.

mesin dan kaki2 pajero ngga rumit, spare part banyak kalo di jkt, di daerah bisa mesen. spare part banyak yang bisa tuker2an dengan mobil lain, dan juga banyak pakai spare part OEM. minggu lalu ada yang kesulitan IC alternator pajero di balikpapan, gw kasih no telp toko langganan di atrium, beberapa hari kemudian dia bilang dapet IC orisinil murah 300rb dibanding mesti ganti sebonggol alternator di bengkel resmi seharga 7jt.. dan ternyata dia belanja macem2 spare part dari toko itu dan pengirimannya hanya sehari dari jakarta sampai balikpapan.

kenyamanan pajero dibanding taft, ya jangan ditanya,, kalo kata adik gw, kalo jalan jauh bawa ketiga mobil di rumah trus ketemu pom bensin, land rover pasti isi bensin karena tankinya kecil, taft ngelurusin badan, kalo pajero udah ga sabaran pengen lari lagi..

beberapa bulan lalu gw jalan2 keluar kota selama beberapa hari, penumpangnya 6 dewasa dan 1 bayi umur 4 bulan, semua baik2 aja termasuk si bayi enjoy the trip hehehe

harga pasaran gen 2 antara 100-140jt tergantung kondisi. gen 3 antara 260-300jt.. terus terang, bukan nyombong, gw belum pernah liat gen 2 yang kondisinya secara keseluruhan lebih bagus daripada pajero gw hehehe..
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: About Mitsubishi SUV (Pajero, Pajero Sport, Pajero IO, dll)

Post by gmx »

Abu2 wrote:@gmx : tau ndak,atau apakah pernah liat di jkt, pajero gen 2 warna putih (two tone), kaca bening, pelek gramplights ..?
kayaknya belum pernah, knp wan..?

btw, ini postingan di forum sebelah, kira2 2 bulan lalu, wan abu mungkin juga udah baca
buat yang cari pajero mulus, di lebak bulus (lebak lestari) ada yang mo jual lho...warna biru tahun 97...mulus abesss...tangan I dari baru dan doi eks direktur di KTB...dulu ane sempet liat tapi nda jadi karena beralih ke pilihan lain...