Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Selama ini saya tahunya Ford Everest adalah Ford Ranger yg dikasi bodi dan sama dengan Ford Ranger yg ada di Amerika. Ternyata setelah main2 Wiki...Ford Ranger North America dengan yg dijual disini sama sekali unrelated. Ford Ranger di Indonesia ternyata developed by Mazda...kalo sumber info ini benar.
The Everest is based on the local (Mazda-based) Ford Ranger pickup truck platform
The Mazda B-series is a 2-door pick-up truck, first manufactured in 1961 by Mazda Motor Corporation. The current model, which was first manufactured in 1999, is the mark 7. The mark 7 can be manufactured with 1 of four body styles and 1 of two engines.
From the first B-Series pickup truck, Mazda has used the engine displacement to determine the name. Thus, the B1500 had a 1.5 L engine, and the new B4000 has a 4.0 L V6. In Japan, Mazda used the Proceed name on its compact pickup trucks, and another line of larger trucks is available called the Mazda Titan. Other names used for this line include Mazda Bravo (Australia), Mazda Bounty (New Zealand), Mazda Magnum / Thunder / Fighter (Thailand), and Mazda Drifter (South Africa).
Mazda's partnership with Ford has resulted in the sharing of this vehicleâ€â€the Mazda B-Series and Ford Ranger are essentially the same. In Australia and New Zealand, since the 1970s, the Ford Courier name is also used and the line continues today.
However, it should be borne in mind that the Mazda B-Series and Ford Ranger twins found inside North America are unrelated to the ones sold elsewhere. These are engineered by Mazda, whereas the North American models are developed by Ford. See Mazda B-Series for more information on the variations on the B-Series line.
Hmm..
Ford Ranger dan Mazda BT memang sharing platform..
Bearti ada perbedaan spec antara Ford Ranger US dan Ford Ranger ID yah..
Ranger Yang di indo Platform dari Mazda
Ranger Yang di US platform dari Ford
kalau dr pengalaman gw yg dulu, sampai beberapa varian spareparts bisa tuker2an.. nah bgitu juga yg gw liat dgn mazda BT-[cencored] dgn ford ranger yang ada disini, tp kalau buat tuker2an spareparts gw belum tahu..
Iya memang, tapi kirain Ford Ranger Indo sama Ford Ranger Amerika itu sama, rupanya beda. Ford Ranger Amerika developed by Ford, Ford Ranger luar Amerika by Mazda.
Tapi hebatnya, gak keliatan "darah" Mazdanya di Ford Ranger/Everest. Terselubung dengan baik sama designernya.
Mungkin platform nya boleh sama, tapi desainnya murni beda..
Makanya body parts nya ampir ga ada yang mirip, tapi IMHO, Design Ford Ranger lebih bagus daripada Desain Mazda BT...
Tapi dari pengalaman saya sih, rasanya Amerika banget. Kokoh nyaman dan cepat (untuk ukuran kendaraan offroad). Tapi mang Mazda rata2 juga gitu. Yg agak non Mazda dan non Amrik adalah : irit.
yaudah mau gado2 dari mana aja, bagi saya sih yg penting produk akhir mobilnya bagus.
Yg produk GM di sini juga buatan Daewoo. Toyota mulai main IMV Thailand, kecuali beberapa produk atas. Suzuki mulai dengan produk India, Daihatsu bekerjasama dengan Malaysia. Kata kuncinya "Globalisasi".
Yg penting end produknya aja IMHO. Toh ukuran badge itu nggak sampai 10 x 10 cm.
Betul bung, tapi menurut saya yang harus kita perhitungkan dari "Badge" itu:
1. Resale Value
2. After sales service
Contoh:
-Ford Ranger sharing Platform sama Mazda BT-50
-Toyota Avanza sharing platform sama Daihatsu Xenia
resale value sama after sales jelas menang Ford..
begitupula dengan Toyota dan Daihatsu.. walaupun produknya 11.9:12 tetapi kalau kita hitung persetase depresiasi menang avanza, walaupun hanya unggul beberapa persen, toyota juga unggul untuk jaringan BeRes-nya walaupun beda sedikit..
Jadi IMHO, "Badge" itu ada pentingnya juga..
Last edited by rocks on Sat Feb 07, 2009 0:40, edited 1 time in total.
IMHO, Jaringan BeRes mazda itu masih belum seluas Ford, kalau pake Mazda Bt-50 di luar pulau (buat pertambangan) cari BeRes nya pasti susah setengah mati.. CMIIW
nescafe wrote:hmm.. setau gw bukannya ford dan mazda sering sharing (tuker2an) paltform yah dr dulu?
yoih..gw tau pas jamannya blue bird msh pake ford laser hehehehe...berita lama lah, mazda tribute juga gitu pform nya.
isuzu suka tuker2an ama chevy..kalo ga salah
asudarsono wrote:
Yg produk GM di sini juga buatan Daewoo. Toyota mulai main IMV Thailand, kecuali beberapa produk atas. Suzuki mulai dengan produk India, Daihatsu bekerjasama dengan Malaysia. Kata kuncinya "Globalisasi".
betul betul, imv nya toyota yg masuk sini dari thailand, tergantung region aja, negara2 south america buat tyt imv jg. Kia ada yg dari india, kalo ga salah visto. gm pabriknya byk jg dimana2. malaysia seinget gw numpang ilmu dari mitsu tuh buat proton nya.
lha emang ford ama mazda memang sodara kentel koq... escape ama tribute bisa berbagi spare parts...... bahkan mesin escape/ tribute sama dengan mesin mazda 6, yang lawas 2300cc yang baru 2500cc..... hehehehehehe
sebenernya byk yg 'saudaraan' p/form atau mesin antar merk. holden commodore (klo ga salah disebut chevy lumina jg) sama tyt lexcen mungkin malah lebih dari sharing, sama persis, cm emblem & mesin beda, seinget gw.
piterr wrote:lha emang ford ama mazda memang sodara kentel koq... escape ama tribute bisa berbagi spare parts...... bahkan mesin escape/ tribute sama dengan mesin mazda 6, yang lawas 2300cc yang baru 2500cc..... hehehehehehe
Ya betul..sharing platform/parts lumrah, tapi tetap ada "developed by" nya, ada yang developed by Ford, developed by Mazda, atau joint develpment. Kalo Escape kan joint development, platformnya Mazda 626. In this case, Everest/Ranger Indonesia adalah Mazda developed...berbeda dgn Ranger America yang kerjaan Ford.
Tidak berarti buruk atau jelek secara dua2nya perusahaan otomotif bonafid.
Daihatsu mah nggak main di cc besar bro.
Toyota Fortuner (2500 cc 102 HP Rp 285 jt) = Toyota Hilux (2000 cc 136 HP Rp 115 jt). Bahkan (kata orang) dashboardnya sama persis. Apa iya sih?
Mungkin OP lebih arahnya : kenapa Ford pakai nama Everest untuk 2 produk beda. Ntar pembeli bingung lagi, terus bisa terkecoh soalnya misalnya Everest udah punya nama besar di AS, ternyata waktu kita beli di sini, barangnya lain sama sekali.
Jangan2 ada Ford Mustang buat Asia, ternyata basis Mazda 2?